Friday, June 22, 2012

Modul Diklat TIK Aspek Sistem Operasi Komputer II


BAB II
MATERI POKOK 1
KONSEP DASAR SISTEM OPERASI KOMPUTER

A. Indikator Keberhasilan
Setelah mempelajari modul ini, Saudara diharapkan dapat menjelaskan pengertian sistem operasi komputer, menjelaskan jenis-jenis dan fungsi sistem operasi komputer, dan mendeskripsikan tentang posisi sistem operasi terhadap program aplikasi yang terpasang dengan baik.


B. Uraian Materi
     1. Pengertian Sistem Operasi Komputer
Sistem operasi komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem. Sistem operasi komputer juga berfungsi sebagai perantara antara user dengan perangkat keras komputer. Sistem operasi komputer ini digunakan untuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data, angka, dan presentasi yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia serta membuat sistem komputer nyaman digunakan. Sistem operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa disingkat dengan OS.
Secara umum komponen sistem komputer terdiri dari :
1.      Perangkat keras, merupakan sumber daya utama untuk proses komputasi. Perangkat keras komputer terdiri dari : CPU, memory dan perangkat input dan output.
2.      Sistem operasi, mempunyai tugas untuk melakukan kontrol dan koordinasi penggunaan perangkat keras pada berbagai program aplikasi untuk user-user yang berbeda.
3.      Program aplikasi, menentukan cara sumber daya sistem yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan komputasi dari user, contohnya compiler, sistem basis data, video games, program bisnis, dan lain-lain.
4.      User yang menggunakan sistem, terdiri dari orang, mesin atau komputer lain. (Universitas Gunadarma, 2012).
Dalam banyak kasus, sistem operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, di mana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam setiap pembuatan program baru, tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal. Sistem operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
1.      Mekanisme boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory kernel, kernel dapat dikatakan sebagai inti dari sistem operasi.
2.      Command Interpreter atau Shell, berfungsi untuk membaca input berupa  perintah dan menyediakan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar   yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupun piranti lunak lain. Contoh dari Shell adalah : Command Prompt pada Windows XP (DOS   pada Windows 98), XTerm dan konsole di mesin Linux (Unix).
3.      Driver untuk berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware.
4.      Resource Allocator. Sistem operasi bertugas mengatur dan   mengalokasikan sumber daya dari perangkat.
5.      Handler, berperan dalam mengendalikan sistem perangkat agar   terhindar dari kekeliruan (error) dan penggunaan sumber daya yang   tidak perlu. Saat ini, hampir seluruh manusia memiliki PC dan mobile computer. Dikarenakan faktor harga semakin murah dan semakin tingginya kebutuhan manusia akan perangkat otomatis seperti Personal Computer (PC) maka manusia menjadikan PC sebagai kebutuhan utama. Seiring dengan perkembangan teknologi, PC pun dibuat ringkas agar dapat dijadikan sebagai piranti otomatisasi yang mobile. Contoh PC mobile adalah : laptop dan netbook, PCtablet, ketiga piranti tersebut juga memiliki sistem operasi layaknya PC. (Zulhikam, 2012).
Sistem Operasi merupakan komponen penting dari setiap sistem komputer. Konsep sistem operasi dapat lebih mudah dipahami jika juga memahami jenis perangkat keras yang digunakan. Dari sejarah diketahui bahwa sistem operasi dan perangkat keras saling mempengaruhi dan melengkapi. Struktur dari sebuah sistem operasi sangat tergantung pada perangkat keras yang pertama kali digunakan untuk mengembangkannya. Sedangkan perkembangan perangkat keras sangat dipengaruhi dari hal-hal yang diperlukan oleh sebuah sistem operasi.
2. Jenis-jenis Sistem Operasi Komputer
Berbagai macam software sistem operasi kini telah beredar di masyarakat. Banyaknya jenis software ini sangat dipengaruhi oleh kemampuan sebuah sistem operasi dalam melakukan tugasnya. Bahkan dalam satu jenis sistem operasi saja ditemukan versi yang lebih mutakhir dengan kemampuan yang lebih sempurna. Beberapa sistem operasi komputer yang pernah ada dan eksis sampai sekarang seperti: DOS, Microsoft Windows, UNIX, Linux, IBM OS/2, Free BSD, Solaris, Chroome OS, dan Mac OS. (Team Indowhiz, 2010)
Sistem operasi-sistem operasi utama dan populer yang digunakan komputer umum sekarang ini terbagi menjadi 3 kelompok besar:
1.  Kelompok Microsoft Windows
Pengertian Sistem Operasi Komputer         










Gambar 1. Tampilan antarmuka Microsoft Windows 7
Kelompok Microsoft Windows antara lain terdiri dari: Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008), Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows 8 yang akan dirilis pada tahun 2012 ini. (Aripriharta, 2007).
Pada tahun 1983, Microsoft mengumumkan pengembangan sebuah antarmuka grafis untuk sistem operasi buatannya, MS-DOS yang telah dibuat untuk sistem IBM PC dan kompatibelnya semenjak tahun 1981 Sistem operasi Windows pertama kali diperkenalkan tahun 1985. Pertamanya sistem operasi windows ini diperkenalkan dengan nama Interface Manager. Pemakaian sistem operasi ini pada awalnya tidak terlalu menarik. Ini terjadi hingga diperkenalkan sistem operasi windows versi 3.0 pada bulan Mei 1990. Microsoft Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak dipakai orang di seluruh dunia. (Aripriharta, 2007)
Beberapa keunggulan windows antara lain:
a.   Tampilan grafik yang lebih menarik karena berbasiskan Graphical User Interface (GUI).
b.  Adanya standarisasi proses, artinya pemakai akan lebih mudah menggunakannya tanpa perlu menghafal.
c.   Kemudahan proses, artinya dengan memakai sistem operasi ini suatu data dapat dipakai bersama dan dapat dipindahkan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dengan mudah.
d.  Investasi yang menarik, artinya semakin banyak produk software aplikasi yang mendukung sistem operasi ini.
e.   Fasilitas multithreading dan pre-emptive multitasking sehingga kinerja multitasking lebih responsif. Dengan fasilitas ini beberapa program dapat dijalankan secara bersamaan. (Anonymous, 2012)

3. Kelompok Linux
Ubuntu-Linux












Gambar 2. Tampilan antarmuka Linux (Ubuntu)
Linux awalnya hanyalah nama kernel atau jantung sistem operasi komputer yang diciptakan oleh Linus Torvalds pada 1991, pada mulanya sekedar emulasi terminal yang dibutuhkan untuk mengakses server UNIX di Universitasnya. Linux merupakan kloningan dari MINIX (Salah satu varian UNIX), peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari operating system GNU. (Zulhikam, 2012).
Ada beberapa varian Linux, diantaranya adalah sebagai berikut: Linux Debian, Linux Redhat, Linux Mandrake, Linux Caldera Open, Linux Slackware, Linux SuSe, Linux Corel, Linux Turbo, Linux Ubuntu, dan Linux Fedora. (Zulhikam, 2012)
Sistem operasi Linux mempunyai beberapa keunggulan dan juga kelemahan. Keunggulan dari Linux antara lain:
a.   Linux adalah sistem yang open source
b.  Freeware yaitu software yang bersifat free tanpa ada tuntutan hak cipta
c.   Minimal hardware yaitu tidak begitu membutuhkan hardware yang terlalu besar kapasitasnya dan mahal.
d.  Stabilitas yaitu stabil digunakan sebagai apa saja, baik server maupun client
e.   Non-fragmentasi (tanpa defrag seperti dalam Microsoft  Windows)
f.    Lebih kebal virus dibandingkan Windows dan OS lainnya.
g.   Multi user dan login user tanpa batas
h.   Multiconsole yaitu dapat menggunakan user yang sama berulang kali tanpa harus menutup sesi yang sebelumnya di buka.
i.     Multitasking memungkinkan mengakses data secara bersamaan tanpa terjadinya hang pada komputer.
j.    Pemanfaatan memory secara optimal dengan membuat virtual memory
k.  Linux dilengkapi juga dengan Proxy Server Local yang biasa digunakan oleh ISP dan juga kampus-kampus di seluruh dunia
l.     Dapat digunakan sebagai Web Server (Scheineder, 2010)
Dengan segala kelebihannya tersebut, Linux sangat cocok untuk dikembangkan di Indonesia khususnya dalam dunia pendidikan. Salah satu pertimbangan utamanya adalah penggunaan hardware yang tidak terlalu tinggi dalam menggunakan sistem operasi ini, open source sehingga bisa dikembangkan dan gratis untuk digunakan oleh siapapun dan diinstalkan ke komputer manapun tanpa terkena tuntutan hak cipta dan melanggar Undang-Undang HAKI.
Meskipun demikian, Linux juga mempunyai beberapa kelemahan yang mesti diketahui sebelum menggunakan Linux, diantaranya adalah sebagai berikut:
a.   Sistem operasi yang digunakan sama sekali berbeda dengan Microsoft Windows sehingga perlu waktu dan tenaga untuk belajar dan terbiasa menggunakannya.
b.  Penggunaan WYSYWYG (What You See is What You Get) belum bisa secara menyeluruh, sehingga diperlukan pembiasaan dan trik tersendiri untuk menggunakannya. (Anonymous, 2012).
3. Kelompok Mac OS
tampilan antar muka sistem operasi mac os x












Gambar 3. Tampilan antarmuka sistem operasi Mac OS X
Mac OS merupakan sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.6 (Snow Leopard). Pada tahun 2011 kemarin diluncurkan versi 10.7 (Lion).
Mac OS terkenal sebagai OS yang sangat stabil karena menggunakan UNIX. Beberapa keunggulan dari SO ini adalah....
a.      Multitasking
b.      Bisa mengenal file format windows
c.       Tampilan yang lebih glossy sehingga bagus untuk graphic design / multimedia
d.      Dokumen-dokumen yang dibuat di Mac bisa dibaca di sistem operasi yang lain, dan sebaliknya, baik yang formatnya ‘generik’ (misalnya: pdf, html, mp3, text) maupun yang formatnya khusus (misalnya .doc, .xls, .ppt) asalkan ada program aplikasi (application) di kedua platform (Mac dan Windows) yang bisa membaca format tersebut.
e.       Lebih kebal terhadap virus terkena virus
f.        Open source code sehingga Mac OS sulit dibajak
g.       Ada time machine yang akan bekerja secara otomatis pada background tanpa mengganggu aplikasi yang dijalankan untuk membackup sistem yang sedang berjalan dan perubahan-perubahan pada data
h.       Ada program Sherlock yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan lokal, tapi juga dapat beraksi di internet dan mencari berdasarkan keyword. (Noviana, 2012)
Dengan segala kelebihan tersebut, Macintosh juga memiliki kekurangan, yaitu:
a.       Mahal, karena spesifikasi teknis Mac memang tinggi. Asesorisnya dan sparepart banyak tapi mahal
b.      Lebih cocok digunakan untuk graphic designer
c.       Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license buat perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS
d.      Software di Mac OS tidak begitu lengkap dibandingkan Windows.
e.       Kurang cocok untuk aplikasi server dan game. (Noviana, 2012)
Sedangkan komputer mainframe dan super computer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dan lain-lain.
 3. Fungsi Sistem Operasi Komputer
Sistem operasi dapat dipandang sebagai sebuah antarmuka antara user (pengguna) dengan perangkat keras sistem. Sistem operasi akan menyediakan suatu lingkungan yang nyaman bagi user, sehingga pengguna tidak perlu tahu apa sebenarnya yang terjadi pada operasi perangkat keras. Sistem operasi yang banyak digunakan adalah Windows, Linux, dan Mac sistem operasi.
Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara hardware dan software. Selain itu, sistem operasi komputer juga melakukan semua perintah penting dalam komputer serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem operasi komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memory, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunyai akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka sistem operasi komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.
Secara umum, fungsi sistem operasi komputer yaitu:
a.   Sebagai koordinator, yang memberikan fasilitas sehingga segala aktivitas yang kompleks dapat dikerjakan dalam urutan yang benar.
b.  Sebagai pengawal, yang memegang kendali proses untuk melindungi file dan memberi batasan pada pembacaan, penulisan, eksekusi data dan program.
c.   Sebagai penjaga gerbang, yang akan mengawasi siapa saja yang dapat masuk ke dalam sistem komputer.
d.  Sebagai pengoptimal, yang akan membuat schedule atas beberapa masukan pengguna, akses basis data, komputasi, keluaran, dan lain sebagainya untuk meningkatkan kinerja sistem.
e.   Sebagai akuntan, yang menjaga pewaktuan CPU tetap berada pada jalur yang benar, penggunaan memory, operasi I/O, penyimpanan pada disk dan lain sebagainya.
f.    Sebagai server, yang memberikan pelayanan yang diperlukan pengguna, seperti restrukturisasi direktori file. (Erm Wati, 2009).
4. Posisi Sistem Operasi terhadap Program Aplikasi pada Komputer
Sistem operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memory komputer, (memory komputer dalam hal ini ada harddisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah sistem operasi komputer berjalan. Sistem operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memory, scheduling task, dan antarmuka user sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh sistem operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu sistem operasi. (Nurhady, 2012: 1).
Posisi sistem operasi terhadap program aplikasi yang terpasang pada komputer dapat dilihat pada diagram di bawah ini.




Gambar 4. Diagram yang menunjukkan posisi sistem operasi terhadap program aplikasi yang terpasang pada komputer (Anonymous, 2012).

Jadi, sistem operasi berfungsi sebagai mediator, yang membuat program-program aplikasi lebih mudah mengakses hardware dan berbagai fasilitas lainnya. Sistem operasi juga menyembunyikan detail hardware dari pemrogram dan pengguna komputer dan menyediakan tampilan yang lebih mudah dimengerti bagi pemrogram dan pengguna komputer. Secara umum, sistem operasi bertugas mengontrol eksekusi program-program aplikasi dan berfungsi sebagai penghubung antara pengguna komputer, baik pengguna aplikasi (end user) maupun pemrogram dengan hardware komputer.

C. Latihan
Buatlah kelompok diskusi yang terdiri dari 5 kelompok dan tiap kelompok terdiri dari 6 orang. Setiap kelompok mendiskusikan tentang tema-tema di bawah ini dan kemudian presentasikan ke depan kelas. Tema-tema tersebut adalah....
1.      Konsep dasar sistem operasi komputer?
2.      komponen-komponen dalam sistem komputer?
3.      Kegunaan sistem operasi komputer?
4.      Kelebihan dan kelemahan Microsoft Windows sehingga lebih banyak digunakan daripada Linux dan Mac OS?
5.      Microsoft Windows menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan dalam proses pembelajaran TIK di sekolah. Apa kelebihan dan kekurangannya dari kondisi tersebut dan solusinya?

D. Rangkuman
Sistem operasi komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem. Sistem operasi komputer juga berfungsi sebagai perantara antara user dengan perangkat keras komputer. Beberapa sistem operasi komputer yaitu: DOS, Microsoft Windows, UNIX, Linux, IBM OS/2, Free BSD, Solaris, Chroome OS, dan Mac OS. Sedangkan sistem operasi-sistem operasi utama dan populer yang digunakan oleh komputer pada umumnya sekarang ini terbagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu: Windows, Linux dan Mac OS.
Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara hardware dan software. Selain itu, sistem operasi komputer juga melakukan semua perintah penting dalam komputer serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sistem operasi bertugas mengontrol eksekusi program-program aplikasi dan berfungsi sebagai penghubung antara pengguna komputer baik pengguna aplikasi (end user) maupun pemrogram dengan hardware komputer.


E. Evaluasi Materi
Petunjuk:
Berilah jawaban yang dianggap benar pada pertanyaan di bawah ini, dengan cara memilih salah satu jawaban a., b, c, dan d, yang dianggap paling benar!
1. Sistem operasi komputer adalah....
a. Perangkat keras yang bertugas menjalankan perintah user
b. Perangkat lunak yang berfungsi mengoperasikan komputer
c. Perangkat lunak yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen
    perangkat keras dan operasi-operasi dasar sistem komputer.
d. Program komputer yang bertanggung jawab terhadap komputer
2. Yang tidak termasuk komponen sistem komputer adalah....
a. Program aplikasi                                 c. User
b. Sistem operasi                                    d. Microsoft Windows.
3. Berikut ini adalah bagian-bagian dari sistem operasi, kecuali:
a. Resource Allocator                            c. Driver
b. User                                                  d. Mekanisme boot
4. Yang tidak termasuk sistem operasi adalah....
a. Microsoft Windows                            c. Mac OS
b. Linux                                                  d. Microsoft Office
5. Yang termasuk keunggulan Microsoft Windows adalah....
a. Tampilan grafik yang lebih menarik karena berbasiskan Graphical User
     Interface (GUI).
b. Open source
c. Minimal hardware yaitu tidak begitu membutuhkan hardware yang
    terlalu besar kapasitasnya maupun biayanya.
d. Murah
6. Linux sangat cocok untuk dikembangkan di Indonesia khususnya dalam dunia pendidikan, karena:
a. Freeware dan open source
b. Membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi
c. Memerlukan lisensi dalam peredarannya
d. Berjenis perangkat lunak komersil
7. Berikut ini adalah beberapa fungsi sistem operasi komputer, kecuali:
a.   Sebagai penjaga gerbang, yang akan mengawasi siapa saja yang dapat masuk ke dalam sistem komputer.
b.  Sebagai koordinator, yang memberikan fasilitas sehingga segala aktivitas yang kompleks dapat dikerjakan dalam urutan yang benar.
c.   Sebagai client yang berfungsi memberikan pelayanan kepada pengguna
d.  Sebagai pengoptimal, yang akan membuat schedule atas beberapa masukan pengguna, akses basis data, komputasi, keluaran, dan lain-lain untuk meningkatkan kinerja sistem
8. Berikut ini adalah kelebihan dari Mac OS, kecuali:
a. Lebih kebal terhadap virus terkena virus
b. Murah
c. Open source code sehingga Mac OS sulit dibajak
d. Bisa mengenal file format windows
9. Linux juga mempunyai beberapa kelemahan yang membuatnya kurang digemari, antara lain:
a.   Mahal
b.  Membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi
c.   Penggunaan WYSYWYG (What You See is What You Get) belum bisa secara menyeluruh, sehingga diperlukan trik tersendiri untuk menggunakannya.
d.  Tidak open source
10. Berikut ini adalah beberapa varian Linux, kecuali:
a. Ubuntu                                   c. Mandrake
b. Corel                                      d. Photoshop

F. Umpan Balik dan Tindak Lanjut
 Mata ajar ini mengantarkan peserta untuk memahami tentang pengertian sistem operasi komputer, jenis-jenis dan fungsi sistem operasi komputer dan posisi sistem operasi terhadap program aplikasi yang terpasang. Apabila Saudara telah mampu melakukan latihan dan menjawab pertanyaan dalam evaluasi, maka berarti Saudara telah memahami substansi materi pokok 1 ini.
  Pemahaman tersebut menjadi penting untuk mengantarkan Saudara kepada pembahasan pada bab selanjutnya atau permasalahan yang berkaitan dengan prosedur instalasi sistem operasi dan driver komputer yang akan dibahas pada materi pokok 2 pada bab berikutnya.
Hitunglah jawaban Saudara yang benar, kemudian gunakan rumus di bawah ini untuk mengetahui tingkat kompetensi Saudara dalam materi Konsep Dasar Sistem Operasi Komputer ini.
Rumus : Tingkat Penguasaan = (Jumlah Jawaban yang benar /10  x  100)
Kriteria yang digunakan dalam evaluasi adalah :
90 – 100      : Sangat baik
80 – 89        : Baik
70 – 79        : Cukup
60  – 69        : Kurang
50  – 59        : Sangat Kurang
Jika Saudara mencapai tingkat penguasaan 80% atau lebih maka Saudara dapat melanjutkan pada mata diklat selanjutnya. Tetapi jika nilai Saudara di bawah 80%, maka Saudara harus mengulangi kegiatan belajar pada mata diklat ini, terutama pada bagian yang belum Saudara kuasai.
Post a Comment