Friday, August 10, 2012

Mengaktifkan Keyboard Arab pada Windows 7, Microsoft Word dan Powerpoint

      Untuk dapat menulis tulisan Arab pada Microsoft Word atau Powerpoint pada Operating system Windows 7, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan:
1. Masuk di Control Panel dan pilih Change Keyboard or Other Input Methods

2. Pilih Change Keyboards

3. Pilih Add dan akan muncul Add Input Language dan pilih Arabic (Saudi Arabia) dan beri 
    tanda centang pada Keyboard - Arabic (101)



4. Pilih OK  dan OK lagi
5. Keyboard Arabic pada Windows 7 anda telah aktif.
6. Untuk mengaktifkan Masuk di Microsoft Word 2010 dan klik Kanan pada kiri atas dan
    pilih Costumize Quick Access Toolbar


7. Pilih Advanced dan centang pada Automatically Swicth Keyboard to Match Language of 
    Surrounding Text


8. Gulung layar ke bawah dan rubah Arabic pada Show Document Content dengan
    Context


9. Pilih OK. 
10. Untuk mengaktifkan tulisan Arab pada Microsoft Word tekan bersamaan Ctrl (sebelah
      kiri) dengan Shift (sebelah kanan) dan ketikkan.
11. Untuk mengaktifkan tulisan latin tekan tekan bersamaan Ctrl (sebelah kiri) dengan Shift
      (sebelah kiri) dan ketikkan.
12. Bisa juga dipilih icon Left to Right Text Direction untuk menulis latin dan icon Right to 
      Left Text Direction untuk menulis Arab.


13. Pada Microsoft Powerpoint 2010 juga dilakukan cara yang sama seperti pada Microsoft
      Word 2010. Klik kanan di sebelah kiri atas Microsoft Word dan pilih Costumize Quick     
      Access Toolbar. Pada Advanced pilih Automatically Swicth Keyboard to Match 
      Language of Surrounding Text. Pilih OK dan lakukan cara yang sama seperti pada
      Microsoft Word 2010
14. Semoga Bermanfaat.
      Untuk kurang jelas silahkan diberikan komennya........










Post a Comment