Saturday, June 23, 2012

Modul Diklat Pendalaman Materi Bahasa Inggris Aspek Descriptive


BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Mata pelajaran bahasa Inggris saat ini telah menjadi mata pelajaran yang memiliki bobot tinggi. Ada beberapa alasan yang mendukung kenyataan tersebut; diantaranya bahwa mata pelajaran bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan secara nasional dengan standar nasional pula. Alasan lain yang sangat umum adalah karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan oleh kebanyakan komunikator. Dengan alasan-alasan inilah dunia pendidikan memiliki tanggung jawab untuk menjawab tantangan nyata yang dihadapi oleh anak didiknya.

Peraturan Menteri Nomor 24 Tahun 2006 tentang pemberlakuan Kurikulum  Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) telah mencantumkan Bahasa Inggris sebagai salah satu mata pelajaran dalam kegiatan pembelajaran pada tingkat SMP/ MTs di kelas VII, VIII, dan IX. Permen ini ditandatangani oleh Menteri Pendidikan Nasional pada tanggal 2 Juni 2006. Artinya, struktur kurikulum tersebut sudah harus diberlakukan mulai tanggal ditetapkannya Permen tersebut.
Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMP/MTs bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.      Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulis untuk mencapai tingkat literasi functional  
2.      Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global
3.      Mengembangkan  pemahaman peserta didik tentang keterkaitan antara bahasa dengan budaya.
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Inggris di SMP/MTs meliputi:
1.      kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yakni mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis secara terpadu untuk mencapai tingkat literasi functional;
2.      kemampuan memahami dan menciptakan berbagai teks fungsional pendek dan monolog serta esei berbentuk procedure, descriptive, recount, narrative, dan report. Gradasi bahan ajar tampak dalam penggunaan kosa kata, tata bahasa, dan langkah-langkah retorika;
3.      kompetensi pendukung, yakni kompetensi linguistik (menggunakan tata bahasa dan kosa kata, tata bunyi, tata tulis), kompetensi sosiokultural (menggunakan ungkapan dan tindak bahasa secara berterima dalam berbagai konteks komunikasi), kompetensi strategi (mengatasi masalah yang timbul dalam proses komunikasi dengan berbagai cara agar komunikasi tetap berlangsung), dan kompetensi pembentuk wacana (menggunakan piranti pembentuk wacana).

Modul atau bahan ajar bahasa Inggris memuat materi ajar yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa. Keterampilan tersebut secara integrated meliputi keterampilan mendengarkan (listening skill), berbicara (speaking skill), membaca (reading skill), menulis (writing skill), dan juga aspek struktur bahasa (grammar). Oleh karena itu sangat diperlukan  bahan-bahan yang terkait dengan materi sehingga guru memiliki pengetahuan dalam rangka penyempurnaan proses pembelajaran.
Modul pendalaman materi Bahasa Inggris terdiri atas berbagai topik yang disesuaikan dengan ruang lingkup, standar kompetensi, dan kompetensi dasar yang terdapat dalam Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Modul yang sedang Saudara baca ini mengurai tentang aspek membaca dan menulis teks jenis Descriptive dan secara Spesifik membahas Standar Kompetensi: Membaca; Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive yang berkaitan dengan lingkungan terdekat, yang akan dijabarkan dalam Kompetensi Dasar: Merespon makna dan langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dalam esai sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive serta Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esai pendek dan sangat sederhana berbentuk descriptive dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima.
Pada Standar Kompetensi: Menulis; Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat, akan dijabarkan dalam Kompetensi Dasar: Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esai pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive.

B.     Deskripsi Singkat
Modul pendalaman materi bahasa Inggris tentang teks descriptive ini memuat dari lima bab. Kelima bab tersebut meliputi bab pendahuluan yang ada pada bab I, kegiatan belajar 1 yang ada pada bab II, kegiatan belajar dua yang dimuat pada bab III, bab evaluasi, dan penutup.
Pada bab pertama; yaitu pendahuluan memuat latar belakang, deskripsi singkat, standar kompetensi, peta konsep, relevansi/ manfaat, tujuan pembelajaran, dan petunjuk penggunaan modul. Bab ini disajikan di awal dengan tujuan pembaca dapat menggunakan modul ini dengan benar.
Kegiatan belajar 1 dimuat pada bab II. Pada bab ini pembahasan difokuskan pada “membaca teks descriptive”. Pokok pembahasan pada kegiatan belajar ini meliputi pengertian, fungsi/ manfaat teks descriptive, generic structure teks descriptive, dan linguistic feature teks descriptive. Masing-masing materi pokok dijelaskan dalam uraian materi pada bab tersebut. Selain itu kegiatan belajar ini juga dilengkapi dengan rangkuman materi, latihan/ tugas, dan tes mandiri.
Pada kegiatan belajar 2 pembahasan materi terfokus pada keterampilan menulis teks descriptive. Pada bab ini menyajikan standar kompetensi yang menjadi pembahasan, materi pokok, uraian materi, rangkuman, latihan/ tugas, dan tes mandiri. Materi pokok yang termuat dalam kegiatan belajar ini meliputi pengertian dan langkah retorika penulisan teks descriptive.Keseluruhan pembahasan diuraikan secara lengkap pada uraian materi. Pada rangkuman diberikan inti sari dari pembahasan.
Bagian evaluasi yang disajikan setelah keseluruhan kegiatan belajar dilengkapi dengan soal-soal evaluasi. Bab ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam setelah seluruh kegiatan belajar terlalui. Selain itu, soal-soal evaluasi dapat sekaligus memberikan pengayaan materi dari keseluruhan materi yang dibahas dalam kegiatan belajar.
Bagian akhir dari modul ini adalah bab penutup. Bab ini memuat langkah yang ditempuh setelah menyelesaikan kegiatan belajar yang ada dalam modul ini. Hal tersebut dimuat dalam tidk lanjut. Selain itu, bab ini juga mengemukakan harapan yang ingin dicapai setelah kegiatan belajar menggunakan modul ini terselesaikan.

C.     Standar Kompetensi
1.    Bahasa Inggris tingkat MTs tentang Descriptive (Menulis)
a.    SK: Membaca; Memahami berbagai makna (interpersonal, ideasional, tekstual) dalam berbagai teks tulis interaksional dan monolog terutama yang berbentuk descriptive.
b.    KD: Menjelaskan membaca teks descriptive.
c.    Indikator:
1)   Mampu mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks descriptive
2)   Mampu mengidentifikasi fungsi komunikatif teks descriptive
3)   Mampu menyebutkan ciri kebahasaan teks descriptive
4)   Mampu mengidentifikasi langkah retorika teks descriptive
5)   Membaca nyaring teks descriptive dengan baik dan benar

2.    Bahasa Inggris tingkat MTs tentang Descriptive (Menulis)
a.       SK: Menulis; Mengungkapkan berbagai makna (interpersonal, ideasional, tekstual) dalam berbagai teks tulis interaksional dan menolong terutama yang descriptive.
b.      KD: Menjelaskan menulis teks descriptive
c.       Indikator:
1)   Mampu menyusun teks descriptive
2)   Mampu menulis teks berbentuk descriptive dengan langkah retorika yang benar

D.     Peta Konsep

E.      Relevansi / Manfaat
Modul ini bermanfaat bagi peserta diklat agar:
1.    Menguasai dalam pengembangan indikator pencapaian berdasarkan contoh pengembangan yang tersedia.
2.    Menguasai materi-materi pembelajaran Bahasa Inggris tentang teks descriptive.
3.    Menguasai kompetensi membaca dan menulis teks berjenis descriptive.
4.    Manjadi bahan kajian dalam rangka peningkatan penguasaan meteri pembelajaran Bahasa Inggris, khususnya teks descriptive.

F.      Tujuan Pembelajaran
1.    Tujuan Pembelajaran Umum
Setelah mempelajari bahan ajar ini, peserta diklat diharapkan mampu memahami tentang teks berjenis descriptive. Pemahaman tidak hanya berhenti pada sekedar mengetahui pengertian teks descriptive, namun juga memahami bagian-bagian nya, dan ciri-ciri kebahasaannya.

2.    Tujuan Pembelajaran Khusus:
Secara khusus tujuan pembelajaran ini adalah agar peserta diklat mampu:
a.    Mengembangkan pemahamannya tentang teks descriptive
b.    Mampu mengenali teks dalam jenis descriptive
c.    Mampu memahami bagian-bagian dalam teks berjenis descriptive
d.    Mengembangkan keterampilannya dalam hal pemahaman bacaan berjenis descriptive.
e.    Mengembangkan keterampilannya dalam hal menuliskan teks dalam bentuk descriptive.

G.     Petunjuk Penggunaan Modul
Modul ini hendaknya digunakan sesuai dengan petunjuk berikut ini:
1.      Keseluruhan materi yang ada dalam modul ini hendaknya dibaca secara seksama;
2.      Bab Pendahuluan merupakan informasi yang menguraikan bagian penting dalam memahami modul ini; karena itu untuk memahami, setiap peserta perlu saling tanya jawab atau diskusi baik dengan sesama peserta maupun dengan pelatih/ narasumber;
3.      Modul akan lebih baik bila dipelajari secara berkelompok untuk memahami hal-hal baik yang terkait dengan teknis maupun teoretis;
4.      Bila ada materi-materi yang kurang dipahami, peserta diklat dapat bertanya langsung kepada narasumber yang menyampaikan materi modul ini;
5.      Tugas dan latihan yang terdapat pada setiap bab harap dikerjakan tanpa melihat kunci jawaban terlebih dahulu.
6.      Untuk menguji kemampuan terhadap penguasaan modul ini, peserta agar mengerjakan soal-soal tes secara individu.
7.      Bila peserta belum mampu menjawab sebagian besar dar soal yang ditampilkan dalam latihan maupun tes formatif, perserta dapat mengulangi lagi dalam mempelajarinya agar setiap kompetensi yang diharapkan dalam setiap babnya dapat peserta penuhi.




 BAB II
KEGIATAN BELAJAR 1
MEMBACA TEKS DESCRIPTIVE

  1. Kompetensi Dasar
Menjelaskan membaca teks descriptive

  1. Materi Pokok :
1.      Pengertian
2.      Fungsi teks descriptive
3.      Generic Structure teks descriptive
4.      Linguistic Feature teks descriptive

  1. Uraian Materi
Uraian materi pada bab ini akan memeberikan penjelasan dari “membaca teks descriptive”. Kegiatan belajar “membaca teks descriptive” ini memiliki empat pokok materi; yaitu pengertian, fungsi/ tujuan teks descriptive, generic structure teks descriptive, dan linguistic feature teks descriptive. Masing-masing materi pokok akan diuraikan dalam uraian materi berikut ini.
1.      Pengertian
Dalam kegiatan “membaca teks descriptive” kita berkaitan dengan keterampilan berbahasa dalam aspek membaca (reading). Membaca merupakan proses untuk memperoleh pengertian dari kombinasi beberapa huruf dan kata. Juel (1988) mengartikan bahwa membaca adalah proses untuk mengenal kata dan memadukan arti kata dalam kalimat dan struktur bacaan. Untuk mampu membaca dengan benar, pembaca harus memperhatikan spelling, pronunciation, punctuation, serta intonation nya. Sehingga pesan yang ada dalam teks tersebut mampu tersampaikan dengan tepat. Selain itu, reseptor dari pesan tersebut juga dapat memahami dengan tepat.
Kegiatan membaca berkaitan erat dengan produk komunikasi yang disebut dengan teks. Sebuah teks adalah suatu bentuk tulisan yang memiliki makna tertentu. Untuk memahami makna teks ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian.  Terlebih lagi, apabila bahasa yang digunakan dalam teks tersebut bukanlah bahasa asli pembaca. Dalam mata diklat Bahasa Inggris untuk tingkat MTs telah diperkenalkan beberapa jenis teks, salah satunya adalah teks jenis descriptive.
Teks jenis descriptive adalah suatu teks yang memuat penggambaran terhadap sesuatu. Objek penggambaran dapat berupa benda-benda mati, benda bergerak, pemandangan, ataupun makhluk hidup; seperti manusia, tumbuh-tumbuhan, binatang, dan bahkan tempat.
Dari penjelasan-penjelasan di atas, dapat ditarik sebuah pengertian dari “membaca teks descriptive” secara utuh. Membaca teks descriptive sebagai bentuk penggunaan keterampilan berbahasa yang berupa proses pengambilan makna dari suatu produk komunikasi yang memuat penggambaran terhadap sesuatu.

2.      Fungsi/ Tujuan Teks Descriptive
Teks jenis descriptive adalah teks yang cukup sering dijumpai. Untuk mengenalinya, pembaca harus mengetahui tujuan yang tersirat pada teks tersebut. Menurut Hammond, dkk (1992: 78), tujuan teks jenis descriptive adalah to describe a particular person, place or thing. Teks jenis ini bertujuan untuk memberikan gambaran sebagian dari suatu hal; bisa jadi yang digambarkan adalah manusia, tempat, atau benda-benda lainnya. Penggambaran manusia dapat mengungkapkan ciri-cirinya; baik secara fisik ataupun dari segi kepribadian. Sedangkan dalam penggambaran suatu tempat dapat mencakup penggambaran lokasi, lingkungan sekitar, dan bahkan pemandangannya. Penggambaran sesuatu hal dapat mengungkapkan penggambaran suatu benda, baik yang konkret ataupun benda yang abstrak.
Perhatikanlah contoh teks descriptive berikut ini!
Example 1:
My New Classmate, Tina
Tina is my new classmate. She is fifteen years old. She lives in a simple house with her family on Marion Street. She has long black hair. Her skin is fair. She is about 40 kilograms weight and 152 centimeters high. She looks beautiful with her nice smile.
She is also friendly to her classmates and to the teachers. She speaks English fluently. Every body respects her because she is smart and diligent. She always help her friends to understand the lesson.

Pada contoh di atas, dapat dilihat bahwa teks jenis descriptive tersebut bertujuan untuk mendeskripsikan manusia.

Example 2:
Madrasah Tsanawiyah “Al-Fikri”
Madrasah Tsanawiyah “Al-Fikri” is my school. It is located on Jalan Cut Nyak Dien No.3 Semarang. The building is opposite of “Aneka” book store. There is a flag stone in front of the school building. The school has a very large yard.
There are many big trees in the school yard. Therefore, the weather is comfortable. It is not too hot to play outside the classroom. And it is quite comfortable to discuss with other students under the tree, around the school yard.
The school has thirty classrooms. The classrooms are not too large but they are all clean. Every classroom consists of thirty students. Therefore, the situation in the classroom is not too noisy. The atmosphere makes the students enjoying studying at school.
Pada contoh di atas, dapat dilihat bahwa teks jenis descriptive tersebut bertujuan untuk mendeskripsikan suatu tempat.
Example 3:
The Mango Tree in Our School
There are some trees in our school. Among them, there is a mango tree. The tree is in front of our classroom.
The mango tree is very old. Maybe, it is the oldest tree at the school. The trunk is very big. It takes two children with arms outstretched to completely circle it. Surprisingly, it is still bears a lot of fruit. No wonder, when mango season comes, my friends and I get excited. We all like to come to school really early so we can pick all the good ones. Before going home, we can help taking a look at the mouth watering sight on the tree, hoping that we might climb it again the next day.
Pada contoh di atas, dapat dilihat bahwa teks jenis descriptive tersebut bertujuan untuk mendeskripsikan suatu hal; yaitu mango tree.

Latihan: Cobalah untuk mengidentifikasi tujuan dari teks berikut ini!

Text1
Gilimanuk Harbour is located in the north of Bali island. It is always busy. It is especially busy before and after Lebaran Day. Porters and passengers look in a hurry; they walk and run.
The porters carry trunks and suitcases. Usually they push the trunks in their trolleys. Some passengers buy their tickets and then show them to the ticket collector. They hurry ro find their seats.
Some passengers are in a hurry when their ship arrives. Others buy a magazine or newspaper to read on the ship.
(Adapted from Smart Steps VII)

Text2
The tiger is the largest of all the cats. The male and female look similar but the male has much longer cheek whiskers. Tigers are shy animals. They hunt at night and usually live alone. They hunt wild pigs, deer and cattle and can climb trees and swim very well. The male and female only stay together for a few days during mating but the tigress and her tiger cubs may stay together for several years.
(Adapted from The Bridge English Competence VIII)

 Text 3
Hendra and Hendrik are friends. They are tall and handsome. Their skin is not fair but not dark either. They always go to school together. When they hang out in certain places, everyone often thinks they are twins. In fact, they are not twins but only close friends. They are popular students at their school because they are very active in many school activities. Their teachers say that they are good students and always respect their teachers.
(Taken from Smart Steps VIII)
3.      Generic Structure Teks Descriptive
Selain memahami tujuan yang ada dalam teks jenis descriptive, pembaca juga harus memahami bagian-bagian yang ada dalam teks. Bagian-bagian ini sering disebut dengan generic structure. Dalam suatu teks, generic structure merupakan identitas dari jenis teks. Sehingga masing-masing jenis teks memiliki genric structure yang berbeda-beda. Dalam teks descriptive terdapat dua bagian yang penting. Menurut Hammond, dkk (1992: 78) kedua bagian tersebut adalah identification dan description. Masing-masing bagian tersebut berisi muatan yang berbeda-beda pula.
Dalam bagian identification berisi tentang identifikasi orang, tempat, atau benda lainnya yang akan dideskripsikan. Misalnya saja, suatu teks jenis descriptive akan memberikan gambaran tentang BOROBUDUR, maka pada bagian identification terdapat identifikasi tentang BOROBUDUR. Idenfikasi tersebut akan memberikan pandangan singkat kepada pembacanya tentang apa yang akan digambarkan dalam teks tersebut. Kalimat yang digunakan dalam identification dapat berupa kalimat yang menyatakan pengertian tentang hal yang akan dideskripsikan dalam teks tersebut.
Bagian yang kedua adalah bagian inti dari teks jenis descriptive. Bagian ini dikenal dengan description. Bagian description ini berisi tentang penggambaran suatu hal yang menjadi pokok pembicaraan dalam suatu teks. Penggambaran tersebut meliputi penggambaran bagian-bagian, kualitas, dan karakteristiknya. Jadi dalam bagian description terdapat penggambaran yang cukup jelas tentang sesuatu yang menjadi pokok pembahasan dalam teks.
Perhatikan contoh teks descriptive dengan bagian-bagiannya berikut ini!
Example 1:
Tittle
The mango tree in our school
Identification
There are some trees in our school. Among them, there is a mango tree. The tree is in front of our classroom.
Description
The mango tree is very old. Maybe, it is the oldest tree at the school. The trunk is very big. It takes two children with arms outstretched to completely circle it. Surprisingly, it is still bears a lot of fruit. No wonder, when mango season comes, my friends and I get excited. We all like to come to school really early so we can pick all the good ones. Before going home, we can help taking a look at the mouth watering sight on the tree, hoping that we might climb it again the next day.

Contoh di atas merupakan contoh teks jenis descriptive yang terdiri dari dua bagian (structure); identification dan description.
Latihan: Cobalah mengidentifikasi bagian-bagian (generic structure) teks jenis descriptive  berikut!
Text 1
Madrasah Tsanawiyah “Al-Fikri”
Madrasah Tsanawiyah “Al-Fikri” is my school. It is located on Jalan Cut Nyak Dien No.3 Semarang. The building is opposite of “Aneka” book store. There is a flag stone in front of the school building. The school has a very large yard.
There are many big trees in the school yard. Therefore, the weather is comfortable. It is not too hot to play outside the classroom. And it is quite comfortable to discuss with other students under the tree, around the school yard.
The school has thirty classrooms. The classrooms are not too large but they are all clean. Every classroom consists of thirty students. Therefore, the situation in the classroom is not too noisy. The atmosphere makes the students enjoying studying at school.


Text 2
I get a new friend. Her name is Aulia. I met her in my classmate’s house, Mitha. She is twelve years old. She has twin sister. Her name is Ananda. Both of them are smart and beautiful. They can sing very beautifully. They are also good at playing music instruments, especially piano.
I’m happy to know them. They are very attracting. They also have a great mother. She is a music teacher. She has a popular studio in this town.
4.       Linguistic Feature Teks Descriptive
Selain mengetahui generic structure yang secara implisit ada dalam teks, maka untuk mengenali jenis teks juga diperlukan pengetahuan tentang linguistic feauture nya. Linguistic feature ini dapat dikenali secara explisit dalam suatu teks. Karena pengenalan linguistic feature dapat dilihat dengan kasat mata pada suatu teks. Dalam teks jenis descriptive, ada beberapa hal yang dapat menjadi identitas teks tersebut sesuai dengan linguistic feature nya. Menurut Hammond, dkk (1992: 78) linguistic feature teks descriptive adalah focus on specific rather than generic participants, simple present tense verbs of being and having, dan use of descriptive adjectives to build up long nominal group.
Pada ciri kebahasaan focus on specific rather than generic participants berarti bahwa teks jenis descriptive membahas hal yang khusus dan bukan hal yang masih umum (general). Dengan kata lain, yang menjadi pokok pembahasan dalam suatu teks berjenis descriptive adalah hal yang sudah spesifik (khusus). Misalkan saja suatu teks descriptive membahas tentang “Ananda’s Hobby”; maka yang dideskripsikan dalam teks tersebut hanyalah yang berkaitan dengan “Ananda’s Hobby”.
Sedangkan ciri kebahasaan simple present tense verbs of being and having berarti bahwa teks jenis descriptive kalimat-kalimat yang digunakan adalah yang dalam bentuk simple present tense. Dan juga kata kerja yang digunakan dalam merangkai kalimat-kalimatnya adalah simple present tense verbs of being and having; yaitu kata kerja yang menunjukkan identitas dan kepemilikan. Misalnya saja dalam kalimat: Amanda is an elementary student; kalimat ini menunjukkan verb of being. Contoh yang lain misalnya saja dalam kalimat: Amanda has some hobbies; kalimat ini menunjukkan penggunaan verb of having.
Ciri kebahasaan yang juga dapat menjadi identitas teks jenis descriptive adalah use of descriptive adjectives to build up long nominal group. Ciri ini menjaelaskan bahwa teks jenis descriptive menggunakan kata sifat yang dapat memberikan gambaran dan ini seringkali berupa rangkaian kata yang panjang. Misalnya saja dalam kalimat: Amanda always wears her beautiful pink ribbon hair accessory. Dalam kalimat ini terdapat penggunaan kata sifat beautiful pink ribbon. Rangkaian kata sifat ini memberikan gambaran yang nyata kepada pembacanya.
Perhatikan contoh teks descriptive berikut ini dengan analisa linguistic feature nya!


My Neighbors

Living just next to my home is Rahmat’s family.
There are four persons in the family. Mr. Rahmat is a retired civil servant. He had worked for the Ministry of Education for twenty years. The ill forced him to stop working. Mrs. Rahmat, formerly a clerk, is now a housewife.
They have a girl who is about my age, named Dewi. She is my good friend and classmate. The Rahmats also have a bright son called Deni. He is studying at the University of Indonesia. He manages to support himself by giving tuition to several Junior High School students in the evenings.
The Rahmats live in a three bedrooms house. They are very simple family and get on well with their neighbors. I have known them ever since they moved in about six years ago.
I am happy to have the Rahmats as my neighbors because they are very friendly and helpful. I am sure that the other families living in our neighborhood agree with my opinion.

Latihan: Cobalah untuk menganalisa ciri kebahasaan teks jenis descriptive berikut ini!

They are Not Twins
I would like to write about my pen friends. Their names are Yudha and Adit. Almost everyone who meets them thinks they are twins, because they look similar and are always together. In fact, they are not twins but only friends. When they go out to work, everyone in their profession knows and respects them. They work as a team. Adit is a journalist and Yudha is a photographer.
They both work for a famous picture magazine. Adit writes the articles and Yudha takes the pictures. They not only cover the domestic events but foreign ones as well. So the magazine often sends them all over the world to cover important events. They have won many awards.
(Adapted from Smart Steps VIII)

D.     Rangkuman
Membaca teks descriptive adalah suatu kegiatan dengan keterampilan berbahsa yang merupakan suatu proses menangkap makna. Objek dari kegiatan ini adalah produk komunikasi yang disebut dengan teks. Lebih khusus lagi, teks yang menjadi objek dalm kegiatan ini memuat penggambaran dari sesuatu. Bisa saja yang digambarkan adalah suatu tempat, benda, ataupun manusia.
Teks jenis descriptive adalah jenis teks yang termasuk dalam kelompok factual; yaitu teks yang menyatakan kenyataan yang ada. Tujuan dasar dari teks jenis descriptive adalah untuk memberikan penggambaran. Penggambaran yang diberikan dapat berupa penggambaran manusia, tempat, dan benda-benda lainnya.
Seperti halnya pada teks jenis yang lain, untuk mengenali teks descriptive juga harus mengetahui bagian-bagian (generic structure) nya.  Teks jenis descriptive terdiri dari dua bagian yang tersirat dalam teks; yaitu identification dan description. Pada bagian dentification memuat pengenalan tentang hal yang akan menjadi objek penggambaran. Pada bagian description memuat inti pokok dari teks descriptive karena bagian ini memuat pennggambaran tentang hal yang menjadi pokok pembahasan.
Selain mengenali ciri-ciri khusus yang tersirat dalam teks, dalam membaca juga harus mengenali ciri khusus yang terlihat dengan kasat mata.  Ciri khusus itu dapat dilihat dalam ciri kebahasaan atau yang lebih dikenal dengan linguistic feature. Linguistic feature teks jenis descriptive adalah adanya focus on specific rather than generic participants, simple present tense, verbs of being and having, dan use of descriptive adjectives to build up long nominal group. Dengan demikian dapat dilihat bahwa dalam teks jenis descriptive terdapat pokok pembahasan yang khusus bukan lagi umum, menggunakan simple present tense, terdapat kata kerja “being” dan “having”, dan juga terdapat penggunaan kata sifat (adjective) untuk memberikan gambaran.


  1. Latihan / Tugas
1.      Cobalah mendiskusikan teks berikut ini bersama dengan partner Saudara!
2.      Setelah itu, cobalah untuk membandingkan dengan hasil diskusi dari kelompok yang lain!

My new friend, Anne, is a junior high school student. She has long straight hair with fair skin. She always dresses neatly in her school uniform. She goes to school by bicycle because her school is not far from her house.
Almost everyone in her school knows her. She is talkative and friendly. She has many hobbies. She likes corresponding with boys and girls of her age. She loves making new friends and always replies the letters she receives. She also likes collecting stamps and keyholders. In her spare time, she goes to the movies or plays baseball.

Pertanyaan – pertanyaan berikut ini akan menuntun saudara;
a.       Apakah tujuan dari teks tersebut?
b.      Tunjukkan bagian identification teks tersebut!
c.       Tunjukkan bagian description teks tersebut!
d.      Apakah Saudara dapat menemukan specific participant dalam teks tersebut?
e.       Cobalah untuk menemukan penggunaan simple present tense dalam teks tersebut!
f.        Cobalah untuk menemukan penggunaan verbs of being and having dalam teks di atas!
g.       Tunjukkan adjective yang saudara temukan dalam teks di atas!

  1. Tes Mandiri
Choose the correct answer by crossing A, B, C, or D!
Text 1
My Timmy
I have some pets. However, my favorite pet is Timmy.
Timmy is a male tabby cat. He is very adorable with his doft stripes fur. He has innocent round eyes and feeble sweet voice. He always meows when he feels hungry.
Actually, his voice is not suitable with his giant body. When I come home, he usually gives me a kiss.
Timmy is a nice playmate. I’m happy to spend my time with him. Most of the times, he is a good cat. It’s almost impossible for me to be angry with him. In the morning, he always wakes up early. When he wakes up earlier, he waits queitly by my bedside until I wake up.

1.      The following statement belongs to identification
  1. Timmy is a male tabby cat.
  2. Timmy is a nice playmate.
  3. He always wakes up early.
  4. My favorite pet is Timmy.

2.      The following sentences are the physical description of Timmy, except ….
  1. Timmy is a male tabby cat.
  2. He has innocent round eyes.
  3. He usually gives me a kiss.
  4. He is very adorable with his doft stripes fur.

3.      The following sentences are correct based on the text, except …
  1. The writer is always angry with Timmy.
  2. His body is big but his voice is not as big as his body.
  3. Timmy usually gives the writer a kiss.
  4. Timmy always wakes up early.

4.      The goal of the text above is …
A.     To describe a place
B.     To describe Timmy
C.     To describe Timmy’s owner
D.     To describe cat’s favorite

Text 2
Everybody has a hobby. A hobby is something we do for pleasure in our spare time. My hobby is collecting stamps. I like to collect many kinds of stamps from all over the world. Sometimes I must buy new stamps. I put my collections in a stamp album.
I have a brother. His name is Andre. He likes to go camping. He always goes camping on holidays. My sister, Putri, likes cooking. She likes baking cakes but she hates preparing our meals.
My mother and father like gardening. They like to spend their time in the garden. There are many flowers in their garden. There are roses, jasmines, orchids, and hibiscuses. They also plant vegetables. There are carrots, tomatoes, and lettuce.
(Adapted from Detik-Detik Ujian Nasional Bahasa Inggris SMP/MTs)

5.      What is a hobby?
  1. It is whatever everybody has
  2. Something we like to collect
  3. Something we do for fun
  4. Pleasure in our spare time
6.      Which sentence is true according to the text?
  1. The writer is the only son in the family
  2. There are five persons in the writer’s family
  3. Andre’s hobby is collecting stamps
  4. The writer’s sister likes to prepare their meal.
7.      The following statement includes indentification: …
  1. She likes baking cakes but she hates preparing our meals
  2. There are many flowers in their garden
  3. A hobby is something we do for pleasure in our spare time
  4. My mother and father like gardening
Text 3
Our school has three parking lots. Two of them are near the front yard. You must put your bicycles there. The other parking lot is for the staff’s motorcycles. It is next to the staff room, opposite room IIC.
The headmaster’s room is between the staff room and the school office.
There are six toilets in the school. Four of them are in the corner, at the back. They are for students. And the other two are next to room III B. They are for the staff and guests.
We have a sport hall at the back, behind room I A, B, and C. Next to the sport hall there are two small dressing rooms.
The science lab is between room II A and library. Between the library and the sport hall there is a small mosque to pray.
If you want to have snacks and drinks, you can go to the school cafeteria.
(Adapted from Detik-Detik Ujian Nasional Bahasa Inggris SMP/MTs)
8.      What is the goal of the text above?
  1. To describe the place
  2. To describe the classroom
  3. To describe people
  4. To describe the library
9.      The linguistic feature that cannot be found in the text above is …
  1. The use of simple present tense
  2. The use of past tense
  3. The use of adjectives
  4. The use of verbs of having
10.  Where are the parking lots for the students?
  1. Opposite the library
  2. Between the staff rooms
  3. Next to the school office
  4. Near the front yard
Lengkapilah kalimat berikut ini dengan tepat!
1.      Teks descriptive adalah teks yang bertujuan …..
2.      Dalam teks descriptive terdapat …. bagian
3.      Bagian – bagian teks sering dikenal dengan ……
4.      Bagian – bagian dalam teks descriptive adalah …. dan ….
5.      Bagian yang memberikan pengenalan adalah …
6.      Bagian yang memberikan penggambaran adalah ….
7.      Ciri kebahasaan sering disebut dengan ….
8.      smart, beautiful, friendly merupakan contoh penggunaan …..
9.      live, prepares, go adalah contoh penggunaan ………. tense
10.  Yang dimaksud dengan specific participant adalah pokok pembahasannya bersifat ….
Complete the following text using the words provided in the box!

writes               to                     Jakarta             37 English             two                  Manado           his
guitar                boys                 Indonesian        stays    
 









Marco is a musician from Philipines but he lives and works in ______(1)______, the capital city of Indonesia. He is a ______(2)______ years old and he is married. His wife is from ______(3)______, Sulawesi. They have ______(4)______ children, and they are both ______(5)______ . He speaks ______(6)______ and his children speak Indonesian and ______(7)______ . He plays the ______(8)______ and he works with ______(9)______ band. He practices from Monday ______(10)______ Friday and he gives two or three concerts every week. In his free time he ______(11)______ at home and ______(12)______ songs.

Read the following text and answer the questions!
The Bird Park
One of the most interesting places to visit in Singapore is the bird park. It is located in the industrial area of Singapore, called Jurong. The bird park is about twelve kilometers from the center of the city, and it’s easy to get there by bus or taxi.
It is one of the largest bird parks in the world. The birds are kept in large cages, and there are hundreds of beautiful birds from many different parts of the world, including penguins, parrots, eagles, and ostriches. There is a large lake in the park, with a restaurant beside it, and there is also a very large cage which you can walk inside to get closer looking at the birds.
It takes about two hours to see all the birds. You can walk around the park or ride on the bus. The best time to visit the park is in the early morning or late afternoon, when it is cooler.
(Adapted from The Bridge English Competence VIII)

  1. What is the goal of the text?
  2. What is the special place for recreation in Singapore?
  3. How far is it from the city center?
  4. How do we get there?
  5. Where are the birds kept?
  6. How long do the visitors need to enjoy the park?
  7. Why is it better to visit the park early in the morning or late afternoon?
  8. In which paragraph do you find the identification?

Read the text above once again then analyze the linguistic feature!


 BAB III
KEGIATAN BELAJAR 2
MENULIS TEKS DESCRIPTIVE

A.     Kompetensi Dasar
Menjelaskan menulis teks descriptive

B.     Materi Pokok :
  1. Pengertian
  2. Langkah retorika penulisan teks descriptive

C.     Uraian Materi
Kegiatan belajar 2 pada modul ini membahas tentang “menulis teks descriptive”. Uraian materi pada bab ini akan membahas tentang materi-materi pokok yang menjadi pembahasan dalam kegiatan belajar 2; yaitu tentang menulis teks descriptive. Materi pokok yang akan diuraikan adalah pengertian tentang “menulis teks descriptive” dan langkah retorika penulisan teks descriptive. Masing-masing pembahasannya akan diuraikan sebagai berikut.

1.      Pengertian
Menulis teks descriptive berkaitan dengan salah satu keterampilan berbahasa; yaitu menulis (writing). Pengertian “menulis” dapat diperoleh dari wikipedia yang menyatakan bahwa writing is the representation of language in a textual medium through the use of a set of signs or symbols (known as a writing system). Berdasarkan pengertian tersebut, kita dapat memahami bahwa menulis merupakan pengejawantahan bahasa dalam bentuk tulisan.
Hasil dari kegiatan menulis ini adalah bahasa tulis yang disebut dengan teks. Teks merupakan rangkaian simbol-simbol yang memiliki makna tertentu sesuai dengan konteksnya. Suatu teks tidak perlu harus berupa rangkaian kalimat-kalimat panjang dan belembar-lembar, namun yang penting tulisan tersebut memiliki makna maka dapat disebut sebagai teks.
Dalam bahasa Inggris dapat ditemukan berbagai macam bentuk teks, salah satunya adalah jenis descriptive. Secara harfiah “descriprive” berasal dari kata dasar “describe”. Arti kata describe adalah say what something/ somebody is like (Hornby, 1987: 233). Dari pengertian tersebut berarti bahwa descriptive adalah memberikan penggambaran. Sedangkan teks jenis descriptive adalah teks yang memuat inormasi yang memberikan penggambaran terhadap sesuatu.
Dari penjelasan-penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa menulis teks descriptive adalah kegiatan mengekspresikan bahasa dalam bentuk bahasa tulis yang memuat informasi tentang penggambaran sesuatu. Penggambaran tersebut dapat menggunakan objek manusia, tempat, dan benda-benda lainnya.

2.      Langkah Retorika Penulisan Teks Descriptive
Dalam menulis teks berjenis descriptive, perlu diperhatikan hal-hal yang menunjukkan ciri-ciri teks jenis tersebut. Seperti halnya dalam mengenali teks descriptive, maka dalam penulisan pun penulis juga harus mampu menunjukkan identitas teks descriptive. Hal-hal yang perlu diperhatikan secara explisit adalah linguistic feature (ciri kebahasaan) nya. Ciri kebahasaan yang dapat menjadi identitas teks jenis descriptive diantaranya adalah focus on specific rather than generic participants, simple present tense, verbs of being and having, dan use of descriptive adjectives to build up long nominal group (Hammond, dkk, 1992: 78). Selain itu ciri implisit seperti tujuan teks, bagian-bagian teks yang sangat dipengaruhi oleh pikiran utama juga harus diperhatikan dalam penulisan.
Dalam penulisan teks jenis descriptive, penulis harus mampu menunjukkan identitas yang berupa tujuan dari teks tersebut. Maka tujuan teks descriptive seperti yang diungkapkan oleh Hammond, dkk (1992: 78) to describe a particular person, place or thing harus dapat benar-benar tercapai. Dengan demikian, rangkaian kata, kalimat, dan juga paragraph yang digunakan dalam teks tersebut harus benar-benar mampu meberikan gambaran kepada pembacanya.
Setelah jelas betul tujuan dari penulisan suatu teks descriptive, maka penulis pun juga harus memunculkan identitas yang lain seperti generic structure nya. Dalam hal ini, generic structure (bagian-bagian) teks descriptive meliputi dentification dan description. Bagian – bagian ini harus dituliskan dengan berurutan, sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami pesan yang ada dalam teks tersebut. Bagian – bagian dalam teks descriptive tersebut bisa saja terdapat lebih dari satu dalm suatu teks. Artinya, masing-masing bagian dapat dimunculkan lagi dalam suatu teks. Misalnya saja dalam suatu teks descriptive terdapat lebih dari satu identification dan lebih dari satu description.
Pada bagian identification, penulis memberikan pengenalan tentang hal yang akan digambarkan dalam teks tersebut. Bagian ini biasanya muncul pada paragraph pertama. Namun, apabila suatu teks descriptive memiliki lebih dari satu identification, maka identification yang lainnya dimunculkan pada paragraf berikutnya setelah deskripsi dari identification sebelumnya. Demikian seterusnya.
Sedangkan pada bagian description, penulis memberikan diskripsi atau penggambaran tentang hal yang menjadi pokok pembahasan dari identification nya. Apabila yang menjadi pokok pembahasan adalah manusia, maka isi description nya adalah penggambaran manusia. Penggambaran ini dapat meliputi penggambaran secara fisik dan juga penggambaran personality (kepribadian). Apabila yang menjadi pokok pembahasan adalah tempat, maka isi dari description nya adalah penggambaran tempat tersebut. Penggambaran dapat meliputi lokasi, suasana, dan lingkungannya. Demikian pula apabila yang menjadi pokok pembahasan adalah benda-benda yang lain, maka penggambaran dalam description harus disesuaikan.

Berikut ini adalah bagan langkah-langkah penulisan teks descriptive:
















Tugas: Cobalah untuk menyusun kalimat-kalimat berikut ini agar menjadi teks descriptive yang baik!
Rearrange the jumbled sentences to make a paragraph about Mario Bellini. The first sentence has been done for you.

Mario Bellini is an Italian, but he lives and works in Britain.
His wife is from England.
He is thirty-two years old and he is married.
He plays the piano and he works with the Philharmonic Orchestra.
They have two children, a daughter and a son.
He speaks English and his children speak English and Italian.
He is a musician.
In his free time, he reads books and he goes swimming.
He practices from Monday to Friday and he gives one or two concerts every week.
(Taken from English on Sky 2)


D.     Rangkuman
Menulis teks descriptive adalah suatu kegiatan mengekspresikan bahasa dalam keterampilan menulis (writing). Kegiatan ini menghasilkan suatu produk komunikasi yang disebut dengan teks. Teks dalam bahasa Inggris ada berbagai macam jenis, salah satunya adalah descriptive. Teks jenis ini adalah suatu teks yang memberikan penggambaran. Jadi, menulis teks descriptive adalah suatu kegiatan mengungkapkan bahasa dalam bentuk tulisan yang isinya memuat penggambaran terhadap sesuatu hal.
Dalam penulisan teks berjenis descriptive, penulis harus memperhatikan beberapa hal. Diantaranya ciri teks yang harus muncul secara eksplisit; yaitu linguistic feature (ciri kebahasaan) dan ciri teks yang secara implisit menjadi identitas jenis teks; yaitu generic structure. Pada teks jenis descriptive, linguistic feature nya adalah focus on specific rather than generic participants, simple present tense, verbs of being and having, use of descriptive adjectives to build up long nominal group.
Hal penting yang juga harus diperhatikan dalam penulisan teks descriptive adalah tujuan penulisan teks. Karena tujuan teks descriptive adalah to describe a particular person, place or thing, maka dalam penulisan harus jelas object yang akan digambarkan. Setelah itu langkah-langkah penulisan dapat mengikuti bagian-bagian teks descriptive. Generic structure (bagian-bagian) dalam teks descriptive meliputi identification dan description.
Pada bagian identification, penulis mengungkapkan pengenalan tentang hal yang menjadi object pembahasan dalam teks. Langkah selanjutnya, setelah mengungkapkan identification, maka penulis memberikan deskripsi tentang object yang menjadi pokok pembahasan dalam teks pada bagian description.

E.      Latihan / Tugas
1.      Carilah partner untuk berdialog!
2.      Tanyakan kepada partner Saudara tentang gambar di bawah ini!
3.      Praktekkan bergantian!

4.      Cobalah untuk merangkai teks descriptive berdasarkan gambar di atas!


Petunjuk berikut ini akan membantu saudara:
  1. Tentukan tujuan penggambaran (apakah menggambarkan manusia, tempat, atau benda lainnya)
  2. Tentukan temanya
  3. Berikan identification nya.
  4. Berikan deskripsinya (dapat dari segi fisik dan juga non-fisik)
  5. Perhatikan penggunaan tense nya
  6. Perhatikan penggunaan verbs nya
  7. Perhatikan penggunaan adjectives nya

  1. Tes Mandiri
Choose the correct answer by crossing A, B, C, or D!
Text 1
Cibodas Botanic Garden

Cibodas Botanic Garden is situated 1300-1424 m high on the slopes of Mount Gede Pangrango. It contains beautiful mountain scenery with impressive views across the Cipanas valley of West Java.
The Garden covers about 125 ha of wavy surface area, with large grassy expanses, rocky coniferous areas, and valleys filled with tree ferns and waterfalls. Cibodas Botanic Garden is a popular recreational center for the Greater Jakarta area as well as a research station for students and scientists studying tropical montane flora.
The Garden currently maintains a collection of 5831 living specimens from 1206 species. It also maintains a herbarium and seed museum for research, development and conservation purposes. The 4521 herbarium specimens from 1503 species consist of those collected from the Garden and from the Gede-Pangrango National Park which is annexed to the Garden. The 649 species in the seed museum are used as a reference for seed identification.
Facilities such as a guest house, library and nursery are available for scientists, research workers and students who wish to study the Garden and the mountain flora of Mount Gede-Pangrango.
(Taken from Smart Steps VIII)

1.      What is the goal of the text above?
  1. To describe the people
  2. To give the description of museum
  3. To describe Cibodas Botanic Garden
  4. To give the information to the gardener
2.      Cibodas Botanic Garden is located in …
A.     West Sumatera
B.     West java
C.     East Java
D.     Greater Jakarta
3.      The land area of the Garden is …
  1. Flat
  2. Round
  3. Wavy
  4. Square
4.      What are the purposes of the herbarium and seed museum?
  1. For research, development and conservation
  2. For recreation or leisure
  3. For protection of the plants
  4. For maintaining the distinct species
5.      Which of the followings are not available in the Garden?
  1. Hospital
  2. Nursery
  3. Library
  4. Guest house
6.      Arrange the sentences to make a good paragraph.
1. They can’t fly.
2. They swim and dive well.
3. Penguins are swimming birds.
4. Penguins use their wings to “row” themselves through the sea.
5. Because their wings are shaped as flippers.
6. A penguin in the water can leap up nearly 2 meters to land on a rock or ice.
  1. 3, 2, 1, 5, 4, 6
  2. 3, 4, 1, 2, 5, 6
  3. 3, 1, 5, 4, 2, 6
  4. 6, 4, 5, 1, 2, 3

Text 2
Mr.Kartono is my uncle. He is about forty years old now. He is strong and healthy. He has curly hair and brown eyes. Many people know him well, because he is a famous tailor in my village.
Mrs. Kartini is his wife. She is about thirty years old, but she looks older than her husband.
Dono and Dini are their children. Dono is tall and thin with dark, curly hair. His face is like his father’s. He is a serious, quiet, and gently, but sometimes he is very funny. His friends like him because he is so helpful. What about Dini? Dini is fat and short. Her face looks like her mother’s. She is a cute, talkative, and smart girl but sometimes she is very serious. Her friends like her because she is so kind.
(Taken from Bahan Ajar Bahasa Inggris SMP Kelas VII)

7.      What is the best title based on the text above?
  1. The Kartono’s family
  2. My family
  3. The description of Mr. Kartono
  4. A famous tailor.
8.      The following sentence belongs to identification
  1. He has curly hair and brown eyes
  2. His face is like his father’s
  3. She is a cute, talkative, and smart girl
  4. Mrs. Kartini is his wife
9.      How many identification can find in the text above?
A.     Only one
B.     There are two
C.     There are three
D.     There is none
10.  The following adjectives are used to describe Mr. Kartono, except …
A.     Curly
B.     Talkative
C.     Strong
D.     Healthy

Lengkapilah kalimat – kalimat berikut ini dengan tepat!
1.      Langkah yang ditempuh dalam penulisan teks descriptive setelah menentukan tema adalah ….
2.      Yang tertuang pada bagian identification adalah ….
3.      Yang tertuang pada bagian description adalah ….
4.      “Tense” yang digunakan dalam teks descriptive adalah …
5.      Tujuan dari teks descriptive dapat menggambarkan ….., …., atau …..

Arrange these sentences into a proper descriptive text!

My Sister’s Bigfoot Stamp
  1. He knows that my sister likes Bigfoot
  2. A set of these four stamps tells legendary Cnadian animals
  3. The Bigfoot stamp is a Canadian stamp
  4. She has various stamps, and her favorite one is Bigfootstamp.
  5. The other stamps are kraken, the loup Garou (werewolf), and Ogopogo.
  6. That’s why he sent my sister those stamps
  7. My sister’s hobby is collecting stamps.
  8. The stamps are a birthday present from Jack, my sister’s pen-friens in Canada.


Lengkapilah paragraph berikut ini dengan kata-kata yang ada dalam kotak!
Text Box: Is    Are   Contain consist  get
Bloom    Have   Carry  give
Attract    Carry   Are  absorb
Give    Have  Change  hold







Parts of Flowering Plants

A flowering plant ___________ (1) of roots, stalk, leaf and flower. The roots ____________ (2) minerals and water from the soil. They also ___________ (3) the plant upright in the ground. The stalk _______ (4) support to the flower. It also ________ (5) minerals and water to the leaves and _________ (6) food from the leaves to the other parts of the plant. The flower _______ (7) the productive unit of a plant. The outer part of the flower _______ (8) of petals and sepals. The sepals __________ (9) green colour. They protect a flower bud before it ________ (10). The petals usually ______ (11) bright colours. Their bright colours ______ (12) insects to come to the flower. The leaves _______ (13) the food factories of a plant. They _______ (14) usually flat and _________ (15) chlorophyll. The chlorophyll ____________ (16) green colour to the leaves. It also ________ (17) the energy from the sunlight into food through photosynthesis.
(Adapted from English on Sky 2)






Jawablah pertanyaan – pertanyaan berikut ini dengan tepat!
1.      Jelaskan tentang menulis teks descriptive!
2.      Sebutkan tujuan dari penulisan teks jenis descriptive!
3.      Sebutkan generic structure teks descriptive!
4.      Apakah yang harus dimuat dalam identification?
5.      Apakah yang harus dimuat dalam description?
6.      Sebutkan linguistic feature dalam teks descriptive!
7.      Berikan contoh kalimat yang menggunakan verbs of having!
8.      Berikan contoh kalimat yang menggunakan adjectives!

Rearrange the paragraphs to make a good descriptive text!










Cobalah untuk mendeskripsikan gambar berikut ini!




BAB IV
EVALUASI

A.     Maksud dan Tujuan Evaluasi
Modul pendalaman materi ini juga menyajikan bab evaluasi di samping kegiatan belajar. Diharapkan peserta diklat dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan yang tertuang dalam modul secara keseluruhan, sehingga akan lebih memahami bahan ajar yang seharusnya dimiliki oleh seorang guru Bahasa Inggris. Dengan bekal itu, peserta diklat akan mampu menjelaskan kepada anak didik secara memadai serta mampu menerapkannya melalui metode mengajar yang tepat.
Bab evaluasi ini sengaja disajikan setelah penyajian keseluruhan kegiatan belajar. Tujuan dan maksud evaluasi ini sebenarnya untuk mengetahui sejauh mana para peserta diklat telah menerima, memahami, dan mempu mencerna materi yang diberikan instruktur tanpa ada penyimpangan dari garis besar isi modul, dan selanjutnya akan disebarluaskan kepada anak didik tingkat MTs/ SMP.
Di samping itu, setelah membaca dan menerima pengetahuan dari modul ini, para peserta diklat akan dapat mengembangkan wawasannya sendiri dengan mengambil contoh-contoh yang terdapat di lingkungan sekitar. Evaluasi ini sekaligus dapat menjadi bahan pengayaan dari keseluruhan materi yang telah diuraikan dalam kegiatan belajar 1 dan 2. Pengambangan lebih lanjut akan membuka wawasan bagi para peserta diklat yang tentunya memperkaya referensi bahan pembelajaran pada peserta didik di tingkat SMP/ MTs.

B.     Materi Evaluasi
Materi evaluasi ini diambil dari Kegiatan Belajar 1 dan 2 dalam modul ini. Pada kegiatan belajar 1 telah dibahas tentang membaca teks descriptive yang meliputi pembahasan pengertian, fungsi/ tujuan teks descriptive, generic structure teks descriptive, dan linguistic feature teks descriptive. Sedangkan kegiatan belajar 2 telah memberikan penjelasan tentang menulis teks descriptive yang meliputi pembahasan tentang pengertian dan langkah retorika penulisan teks descriptive. Oleh sebab itu, peserta diklat diharapkan telah benar-benar memahami seluruh materi tersebut dalam modul ini.
Materi evaluasi dapat dibedakan menurut kompetensi yang ditinjau dari aspek pemahaman atau pengetahuan, aspek daya ingat, dan aspek keterampilan, mulai dari bagian awal modul sampai dengan bagian akhir modul ini. Aspek pemahaman dan pengetahuan dapat tertuang dalam materi evaluasi dalam bentuk soal-soal pemahaman, aspek daya ingat tertuang dalam soal-soal yang mengevaluasi teori-teori dari materi pada kegiatan belajar, sedangkan materi keterampilan tersirat pada soal-soal yang memerlukan kreatifitas dalam pengungkapan dan analisa.

C.     Soal-soal Evaluasi
Pilihlah jawaban yang tepat dengan memberi tanda (x) pada pilihan A, B, C, atau D!
Text 1                                                        
My lovely Home
My house is only a five minute- walk from school.
It is not very big, but very cosy and quiet. This is the place where we can relax and find our own space. In our home, we really enjoy our relaxing time from the pressure of school and work.
It has a nice and warm living room. There is a beautiful painting of scenery hanging on the wall. My father is a keen gardener. He puts some pots of indoor plants near the door. In a low cabinet, you will seee the trophies, pictures of my family, small toys, and some books.
I am lucky to have a room to myself. I paint the wall yellow honey. It’s my favorite color. There is a desk. I do my homework there. I also put a portable radio tape there.
The kitchen is my mother’s domain. My mother keeps it clean all day. There is a blue wall cabinet in it. It harmonizes with the grey wall tiles.
However, only few will give my home a second glance. Still we are very proud of it. It may not be a perfect one but, all the same, it is home sweet home.
1.      The following sentence belongs to identification
  1. It has a nice and warm living room
  2. The kitchen is my mother’s domain
  3. My house is only a five minute- walk from school
  4. My father is a keen gardener
2.      The following sentences describe the living room, except …
  1. It’s my favorite color.
  2. There is a beautiful painting
  3. There are some pots of indoor plants near the door
  4. It is nice and warm
3.      The writer’s house is …
  1. Not very big, very cosy and quiet
  2. Very big, very cosy and quiet
  3. Not very big, not cosy and quiet
  4. Very big, cosy and not quiet
Text 2
Dengue fever is one of the most dangerous diseases in the world. Dengue fever is endemic in most tropical countries of the south Pacific, Asia, the Carribean, the USA, and Africa.
This disease rapidly spreads in most tropical urban areas of the world. It means people in these areas have high risks of infection of the disease.
Dengue fever is caused by a virus. The virus is transmitted into human by the bite of infected mosquitoes, usually Aedes aegypti. In other words, the disease cannot spread directly from person to person.
The disease is characterized by the high fever, severe headache, backache, joint and muscle pains. Sometimes, many patients get nausea, vomitting, and rash on arms, face and legs. There is no specific treatment of the disease.
(Adapted from Detik-Detik Ujian Nasional 2007)
4.      What does the text tell about?
  1. Many kinds of virus
  2. The tropical countries
  3. The symptoms of diseases
  4. Dengue fever
5.      The disease rapidly spread in … country
  1. Big
  2. Endemic
  3. Tropical
  4. Infected
6.      The disease …., severe headache, backache, joint and muscle pains.
What does the underlined word mean?
  1. Serious
  2. Risky
  3. Hard
  4. Infected
Text 3
Borobudur is one of the largest and most beautiful temples in Asia. It is about 42 kilometers west of Jogjakarta or 93 kilometers south of  Semarang. It was constructed during the golden age of the Sailendra dynasty in the eighth century and dedicated to the glory of Budha.
For Indonesian people, Borobudur is not only a temple, it is also a proof that our forefathers had achieved a very advanced civilization a long time a go. Indonesian will continue to develop the environment of the temple for the purpose of education. The temple, the archeological garden, the archeological museum, and the library will draw more attention from scientist and researchers, as well as tourists.
(Adapted from Bahan Ajar Bahasa Inggris SMP Kelas VII )
7.      How far is the Borobudur temple from Jogjakarta?
  1. Twenty four kilometers
  2. Forty two kilometers
  3. Ninety three kilometers
  4. Thirty nine kilometers
8.      Who built the temple?
  1. People from Jogjakarta
  2. People from Semarang
  3. Budha
  4. The Sailendra dynasty
Lengkapilah pernyataan-pernyataan berikut ini!
11.  Dalam teks descriptive terdapat …. bagian
12.  Bagian – bagian teks sering dikenal dengan ……
13.  Bagian – bagian dalam teks descriptive adalah …. dan ….
14.  Bagian yang memberikan penggambaran adalah ….
15.  Ciri kebahasaan sering disebut dengan ….
16.  smart, beautiful, friendly merupakan contoh penggunaan …..
17.  Yang dimaksud dengan specific participant adalah pokok pembahasannya bersifat ….
18.  Yang tertuang pada bagian identification adalah ….
19.   “Tense” yang digunakan dalam teks descriptive adalah …
20.  Tujuan dari teks descriptive dapat menggambarkan ….., …., atau …..

Answer the following questions based on the text!
Ondel-Ondel
Ondel-ondel is a popular tradition in Jakarta. It is a giant with a horrible face. The male Ondel-ondel is dressed like a man. He has a sword at his shawl over shoulder. The female ondel-ondel has a pair of earrings. She also has a shawl over her shoulder. Their heads are decorated with colourful paper strings.
Ondel-ondel is made of bamboo structure. Its face is made of wood-mask. Its hair is made of palm fibre. A man inside the structure moves it. The movement is very clumsy. Its arms are dropping.
A pair of ondel-ondel are usually performed to celebrate circumcision. Traditional music, i.e gambang kromong, qosidah, tanjidor, or gendang pencak, accompanies the procession. Of course children are interested to follow it.
In the old days, people believed that a couple of ondel-ondel were manifestations of a God and a Goddess who would protect the circumcised boy from danger or evil. Now, ondel-ondel is performed to welcome guests in opening ceremonies held in Jakarta and places nearby.
(Adapted from Buku Ajar Bahasa Inggris SMP Kelas IX)
  1. What is the subject described on the text above?
  2. How does the male ondel-ondel look like?
  3. What does the female ondel-ondel have?
  4. What is ondel-ondel made of?
  5. What is the performance of ondel-ondel for, now?
Combine the following paragraphs to make a good descriptive text!



Besides the main cave, there are smaller caves, which used to be a meditation place like Dalang Cave, Ledhek Cave, Badhut Cave, and Kaum Cave. On Monday or Tuesday “Wage” nights, many people come to get God’s blessing by performing a kind of thanksgiving ceremony. During holidays, many students and youth also visit the cave. Along the alley of Cerme Cave, the stage that was formerly used as a meeting point is still exist.
 














Cerme Cave is a former meeting place used by “Walisongo” to spread and teach Islam in Java. The word “cerme” comes from the word “ceramah”, a speech that was held during the meeting when Walisongo discussed the plan of the establishment of the Great Mosque in Demak, a city in the northern part of Central Java.
 










Cerme Cave is located in Srunggo of Selopamioro, Bantul Regency. It is about 22 km from Yogyakarta. One must first step on 759 stairs to reach the front gate of the cave. It is better for the visitors to contact the “juru kunci” or the cave guard first to get proper information and guidance.
 










(Taken from Smart Steps VIII)






































(Taken from Smart Steps VIII)
Put the verbs in the correct form to make a good description text!

My name is Barly. I ____(1)____ {be} fourteen years old, rather tall and I ____(2)____ {have} brown eyes and short black hair. I ____(3)____ {wear} casual clothes when I ____(4)____ {not go} to school. I ____(5)____ {enjoy, be} a student because I always ____(6)____ {meet} friends and ____(7)____ {help} them when they ____(8)____ {have} problems. During my spare time, I ____(9)____ {like, play} football which I ____(10)____ {play} at least three times a week. I also ____(11)____ {love, listen} to hip hop music and I must admit that I ____(12)____ {spend} a lot of money on buying new CDs! ____(13)____ {live} in a beautiful city, Yogyakarta. I ____(14)____ {enjoy, eat} great Javanese food and ____(15)____ {play} with friends who live in my neighborhood.
(Adapted from English on Sky 2)

Bacalah teks berikut ini kemudian idenfikasikan generic structure nya!
Salsa

This is Salsa. Salsa is an Indian elephant, but now it lives in the National Zoo in Washington, D. C.
Salsa is young. It is 20 years old. It weighs up 2500 kg and 2.1 m high at the shoulder. It may consume up to 200 kg of grass a day. It is fond of banana, plants, gingers, and leaves of various plants.
Salsa doesn’t have sweat glands so it likes to cool off by rolling in a pond in the zoo. The mud that dries on its skin protects it from the sun. Salsa also likes taking a bath. It makes her fresh and relaxed. Mike, the zookeeper, helps Salsa to take a bath. Mike does it everyday. Also feeds and talk to Salsa. Salsa likes this nice guy very much.
(Adapted from Smart Steps VIII)





Bacalah teks berikut ini kemudian idenfikasikan linguistic feature nya!

There is a good hospital in my town. It is “Saras Hospital”. It is located in Sumberwaras Street. It is a well known hospital because almost all people in my town know it. When they are sick they go to this hospital. Although it is not a state hospital, it is not expensive.
The hospital consists of many parts. The first part is the room for staffs. The director and his staffs work there. The second part is rooms for patients. The other parts are nurses’ room, radiology room, surgical room, doctor’s room, dispensary, maternity section, laboratory, and ICU (Intensive Care Unit) room.
The patients’ rooms consist of many classifications. Pavilion is the best class and followed by the first class, second class, third class, etc. The classification will differentiate the money people must pay. Pavilion will be very expensive because the patients get the best services, luxurious room, and facilities. If people stay in awards (one room with many rows of beds), they must only pay less money. That is the cheapest room for the patients. The hospital has two ambulances with two drivers. The drivers are also the hospital’s staffs. They have worked in the hospital for three years. They are always ready to carry sick people if they are needed.
(Taken from Buku Ajar Bahasa Inggris IX)


Perhatikan gambar berikut ini kemudian deskripsikan dalam bentuk teks descriptive!








BAB V
PENUTUP

A.     Tindak Lanjut
Pembelajaran dalam rangka mendalami materi bahasa Inggris tidak hanya berhenti sampai pada selesainya kegiatan pembelajaran modul ini. Pengembangan yang lebih luas lagi masih sangat diperlukan untuk memberikan wawasan yang seluas-luasnya. Untuk itu diperlukan tindak lanjut dari pembelajaran pendalaman materi. Prinsip belajar sepanjang hayat harus terus diterapkan karena ilmu pengetahuan akan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Tindak lanjut dari pembelajaran modul ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara; diantaranya dengan mencari dan membaca lebih lanjut materi terkait dari berbagai sumber yang terdapat di perpustakaan Diklat setempat, sumber dari internet, dan sumber-sumber yang lain. Pengetahuan yang Saudara dapatkan tersebut dapat kemudian didiskusikan dengan para ahli di bidangnya, sehingga didapatkan pemahaman yang maksimal dan menyeluruh.
Bagi para peserta diklat yang masih kurang pemahamannya tentang isi dari modul ini dapat meningkatkan pemahaman dengan cara dan kemampuan masing-masing. Mencari referensi yang lain dan terkait adalah salah satu cara untuk memperbaiki pemahaman yang masih kurang. Selain itu bagi peserta diklat yang belum dapat menyelesaikan tugas dengan baik (nilai evaluasi di bawah standar) diminta untuk lebih banyak menambah wawasan dengan terus mencoba berbagai macam latihan yang serupa.


B.     Harapan
Materi yang diberikan dalam modul ini merupakan materi tentang teks descriptive yang harus dikuasai oleh peserta diklat. Penguasaan atas materi dalam modul ini bersifat mutlak mengingat inilah materi minimal yang harus dikuasai peserta diklat yang akan disajikan dalam proses pembelajaran di kelas. Materi yang ada dalam modul ini masih sangat potensial untuk dikembangkan di lingkungan pendidikan para peserta diklat.
Untuk langkah ke depan, diharapkan peserta diklat akan mampu mengaplikasikan isi modul ini dengan dikombinasikan dengan berbagai sumber belajar yang terdapat di lapangan. Dengan demikian materi ajar akan menjadi sangat bervariatif dan tidak monoton. Sehingga para peserta didik akan banyak terbantu oleh para pengajar yang telah menguasai materi yang telah disesuaikan dengan SK dan KD mata diklat yang sesuai dengan tingkatan masing-masing.

Glossarium

Descriptive
:
Teks teks yang isinya mengungkapkan tentang penggambaran sesuatu
Description
:
Bagian teks descriptive yang berisi tentang penggambaran
Generic Structure
:
Bagian-bagian teks
Generic participant
:
Pokok pembahasan yang umum
Genre
:
Jenis teks
Identification
:
Bagian teks descriptive yang berisi tentang pengenalan
Linguistic feature
:
Ciri-ciri kebahasaan
Specific participant
:
Pokok pembahasan yang khusus






No comments: