BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Mata pelajaran
bahasa Inggris saat ini telah menjadi mata pelajaran yang memiliki bobot
tinggi. Ada beberapa alasan yang mendukung kenyataan tersebut; diantaranya
bahwa mata pelajaran bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang
diujikan secara nasional dengan standar nasional pula. Alasan lain yang sangat
umum adalah karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan
oleh kebanyakan komunikator. Dengan alasan-alasan inilah dunia pendidikan memiliki
tanggung jawab untuk menjawab tantangan nyata yang dihadapi oleh anak didiknya.
Peraturan Menteri Nomor 24 Tahun 2006 tentang pemberlakuan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) telah mencantumkan Bahasa Inggris sebagai salah satu mata pelajaran dalam kegiatan pembelajaran pada tingkat SMP/ MTs di kelas VII, VIII, dan IX. Permen ini ditandatangani oleh Menteri Pendidikan Nasional pada tanggal 2 Juni 2006. Artinya, struktur kurikulum tersebut sudah harus diberlakukan mulai tanggal ditetapkannya Permen tersebut.
Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMP/MTs bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan sebagai berikut:
1. Mengembangkan kompetensi
berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulis untuk mencapai tingkat literasi functional
2. Memiliki kesadaran tentang
hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa
dalam masyarakat global
3. Mengembangkan pemahaman peserta didik tentang keterkaitan
antara bahasa dengan budaya.
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Inggris di SMP/MTs meliputi:
1.
kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks
lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yakni mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis
secara terpadu untuk mencapai tingkat literasi functional;
2.
kemampuan memahami dan menciptakan berbagai teks fungsional pendek dan
monolog serta esei berbentuk procedure, descriptive, recount, narrative,
dan report. Gradasi bahan ajar tampak dalam penggunaan kosa kata, tata
bahasa, dan langkah-langkah retorika;
3.
kompetensi pendukung, yakni kompetensi linguistik
(menggunakan tata bahasa dan kosa kata, tata bunyi, tata tulis), kompetensi
sosiokultural (menggunakan ungkapan dan tindak bahasa secara berterima dalam
berbagai konteks komunikasi), kompetensi strategi (mengatasi masalah yang
timbul dalam proses komunikasi dengan berbagai cara agar komunikasi tetap
berlangsung), dan kompetensi pembentuk wacana (menggunakan piranti pembentuk
wacana).
Modul atau bahan
ajar bahasa Inggris memuat materi ajar yang bertujuan untuk meningkatkan
keterampilan berbahasa. Keterampilan tersebut secara integrated meliputi
keterampilan mendengarkan (listening skill), berbicara (speaking skill), membaca (reading skill), menulis (writing skill), dan juga aspek
struktur bahasa (grammar). Oleh karena itu sangat diperlukan bahan-bahan yang terkait dengan materi
sehingga guru memiliki pengetahuan dalam rangka penyempurnaan proses
pembelajaran.
Modul pendalaman
materi Bahasa Inggris terdiri atas berbagai topik yang disesuaikan dengan ruang
lingkup, standar kompetensi, dan kompetensi dasar yang terdapat dalam Standar
Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Modul yang sedang Saudara baca ini
mengurai tentang aspek membaca dan menulis teks jenis Descriptive dan
secara Spesifik membahas Standar Kompetensi: Membaca; Memahami makna teks tulis
fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive yang
berkaitan dengan lingkungan terdekat, yang akan dijabarkan dalam Kompetensi
Dasar: Merespon makna dan langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima
dalam esai sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam
teks berbentuk descriptive serta Membaca nyaring bermakna teks
fungsional dan esai pendek dan sangat sederhana berbentuk descriptive
dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima.
Pada Standar
Kompetensi: Menulis; Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esai
pendek sangat sederhana berbentuk descriptive untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat, akan dijabarkan dalam Kompetensi Dasar: Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam esai pendek sangat sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive.
B. Deskripsi Singkat
Modul pendalaman materi bahasa Inggris tentang teks descriptive
ini memuat dari lima bab.
Kelima bab tersebut meliputi bab pendahuluan yang ada pada bab I, kegiatan
belajar 1 yang ada pada bab II, kegiatan belajar dua yang dimuat pada bab III,
bab evaluasi, dan penutup.
Pada bab pertama; yaitu pendahuluan memuat latar belakang,
deskripsi singkat, standar kompetensi, peta konsep, relevansi/ manfaat, tujuan
pembelajaran, dan petunjuk penggunaan modul. Bab ini disajikan di awal dengan
tujuan pembaca dapat menggunakan modul ini dengan benar.
Kegiatan belajar 1 dimuat pada bab II. Pada bab ini
pembahasan difokuskan pada “membaca teks descriptive”. Pokok pembahasan
pada kegiatan belajar ini meliputi pengertian, fungsi/ manfaat teks descriptive,
generic structure teks descriptive, dan linguistic feature teks
descriptive. Masing-masing materi pokok dijelaskan dalam uraian materi
pada bab tersebut. Selain itu kegiatan belajar ini juga dilengkapi dengan
rangkuman materi, latihan/ tugas, dan tes mandiri.
Pada kegiatan belajar 2 pembahasan materi terfokus pada
keterampilan menulis teks descriptive. Pada bab ini menyajikan standar
kompetensi yang menjadi pembahasan, materi pokok, uraian materi, rangkuman,
latihan/ tugas, dan tes mandiri. Materi pokok yang termuat dalam kegiatan
belajar ini meliputi pengertian dan langkah retorika penulisan teks descriptive.Keseluruhan
pembahasan diuraikan secara lengkap pada uraian materi. Pada rangkuman
diberikan inti sari dari pembahasan.
Bagian evaluasi yang disajikan setelah keseluruhan kegiatan
belajar dilengkapi dengan soal-soal evaluasi. Bab ini bertujuan untuk
memberikan pemahaman yang lebih mendalam setelah seluruh kegiatan belajar
terlalui. Selain itu, soal-soal evaluasi dapat sekaligus memberikan pengayaan
materi dari keseluruhan materi yang dibahas dalam kegiatan belajar.
Bagian akhir dari modul ini adalah bab penutup. Bab ini
memuat langkah yang ditempuh setelah menyelesaikan kegiatan belajar yang ada
dalam modul ini. Hal tersebut dimuat dalam tidk lanjut. Selain itu, bab ini
juga mengemukakan harapan yang ingin dicapai setelah kegiatan belajar
menggunakan modul ini terselesaikan.
C. Standar Kompetensi
1.
Bahasa Inggris tingkat MTs tentang Descriptive (Menulis)
a.
SK: Membaca; Memahami berbagai makna (interpersonal, ideasional,
tekstual) dalam berbagai teks tulis interaksional dan monolog terutama yang
berbentuk descriptive.
b.
KD: Menjelaskan membaca teks descriptive.
c.
Indikator:
1) Mampu mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks descriptive
2) Mampu mengidentifikasi fungsi komunikatif teks descriptive
3) Mampu menyebutkan ciri kebahasaan teks descriptive
4) Mampu mengidentifikasi langkah retorika teks descriptive
5)
Membaca nyaring teks descriptive
dengan baik dan benar
2.
Bahasa Inggris tingkat MTs tentang Descriptive (Menulis)
a.
SK: Menulis; Mengungkapkan
berbagai makna (interpersonal, ideasional, tekstual) dalam berbagai teks tulis
interaksional dan menolong terutama yang descriptive.
b.
KD: Menjelaskan menulis teks descriptive
c.
Indikator:
1)
Mampu menyusun teks descriptive
2)
Mampu menulis teks berbentuk descriptive
dengan langkah retorika yang benar
D. Peta Konsep
Modul ini
bermanfaat bagi peserta diklat agar:
1.
Menguasai dalam pengembangan indikator
pencapaian berdasarkan contoh pengembangan yang tersedia.
2.
Menguasai materi-materi pembelajaran
Bahasa Inggris tentang teks descriptive.
3.
Menguasai kompetensi membaca dan menulis
teks berjenis descriptive.
4.
Manjadi bahan kajian dalam rangka
peningkatan penguasaan meteri pembelajaran Bahasa Inggris, khususnya teks descriptive.
F. Tujuan Pembelajaran
1.
Tujuan Pembelajaran Umum
Setelah mempelajari bahan ajar ini, peserta diklat
diharapkan mampu memahami tentang teks berjenis descriptive. Pemahaman
tidak hanya berhenti pada sekedar mengetahui pengertian teks descriptive,
namun juga memahami bagian-bagian nya, dan ciri-ciri kebahasaannya.
2.
Tujuan Pembelajaran Khusus:
Secara khusus tujuan pembelajaran ini adalah
agar peserta diklat mampu:
a.
Mengembangkan pemahamannya tentang teks descriptive
b.
Mampu mengenali teks dalam jenis descriptive
c.
Mampu memahami bagian-bagian dalam teks
berjenis descriptive
d.
Mengembangkan keterampilannya dalam hal
pemahaman bacaan berjenis descriptive.
e.
Mengembangkan keterampilannya dalam hal
menuliskan teks dalam bentuk descriptive.
G. Petunjuk Penggunaan Modul
Modul ini
hendaknya digunakan sesuai dengan petunjuk berikut ini:
1.
Keseluruhan materi yang ada dalam modul
ini hendaknya dibaca secara seksama;
2.
Bab Pendahuluan merupakan informasi yang
menguraikan bagian penting dalam memahami modul ini; karena itu untuk memahami,
setiap peserta perlu saling tanya jawab atau diskusi baik dengan sesama peserta
maupun dengan pelatih/ narasumber;
3.
Modul akan lebih baik bila dipelajari
secara berkelompok untuk memahami hal-hal baik yang terkait dengan teknis
maupun teoretis;
4.
Bila ada materi-materi yang kurang
dipahami, peserta diklat dapat bertanya langsung kepada narasumber yang
menyampaikan materi modul ini;
5.
Tugas dan latihan yang terdapat pada
setiap bab harap dikerjakan tanpa melihat kunci jawaban terlebih dahulu.
6.
Untuk menguji kemampuan terhadap
penguasaan modul ini, peserta agar mengerjakan soal-soal tes secara individu.
7.
Bila peserta belum mampu menjawab
sebagian besar dar soal yang ditampilkan dalam latihan maupun tes formatif,
perserta dapat mengulangi lagi dalam mempelajarinya agar setiap kompetensi yang
diharapkan dalam setiap babnya dapat peserta penuhi.
BAB II
KEGIATAN BELAJAR 1
MEMBACA TEKS DESCRIPTIVE
- Kompetensi Dasar
Menjelaskan membaca teks descriptive
- Materi Pokok :
1. Pengertian
2. Fungsi teks descriptive
3. Generic Structure teks descriptive
4. Linguistic Feature teks descriptive
- Uraian Materi
Uraian materi pada bab ini akan memeberikan penjelasan dari
“membaca teks descriptive”. Kegiatan belajar “membaca teks descriptive”
ini memiliki empat pokok materi; yaitu pengertian, fungsi/ tujuan teks descriptive,
generic structure teks descriptive, dan linguistic feature teks
descriptive. Masing-masing materi pokok akan diuraikan dalam uraian
materi berikut ini.
1.
Pengertian
Dalam kegiatan “membaca teks descriptive” kita berkaitan
dengan keterampilan berbahasa dalam aspek membaca (reading). Membaca merupakan
proses untuk memperoleh pengertian dari kombinasi beberapa huruf dan kata. Juel
(1988) mengartikan bahwa membaca adalah proses untuk mengenal kata dan
memadukan arti kata dalam kalimat dan struktur bacaan. Untuk mampu membaca
dengan benar, pembaca harus memperhatikan spelling, pronunciation,
punctuation, serta intonation nya. Sehingga pesan yang ada dalam
teks tersebut mampu tersampaikan dengan tepat. Selain itu, reseptor dari pesan
tersebut juga dapat memahami dengan tepat.
Kegiatan membaca berkaitan erat dengan produk komunikasi
yang disebut dengan teks. Sebuah teks adalah suatu bentuk tulisan yang memiliki
makna tertentu. Untuk memahami makna teks ada beberapa hal yang perlu menjadi
perhatian. Terlebih lagi, apabila bahasa
yang digunakan dalam teks tersebut bukanlah bahasa asli pembaca. Dalam mata
diklat Bahasa Inggris untuk tingkat MTs telah diperkenalkan beberapa jenis
teks, salah satunya adalah teks jenis descriptive.
Teks jenis descriptive adalah suatu teks yang memuat
penggambaran terhadap sesuatu. Objek penggambaran dapat berupa benda-benda
mati, benda bergerak, pemandangan, ataupun makhluk hidup; seperti manusia,
tumbuh-tumbuhan, binatang, dan bahkan tempat.
Dari penjelasan-penjelasan di atas, dapat ditarik sebuah
pengertian dari “membaca teks descriptive” secara utuh. Membaca teks descriptive
sebagai bentuk penggunaan keterampilan berbahasa yang berupa proses
pengambilan makna dari suatu produk komunikasi yang memuat penggambaran
terhadap sesuatu.
2.
Fungsi/ Tujuan Teks Descriptive
Teks jenis descriptive adalah teks yang cukup sering
dijumpai. Untuk mengenalinya, pembaca harus mengetahui tujuan yang tersirat
pada teks tersebut. Menurut Hammond, dkk (1992: 78), tujuan teks jenis descriptive
adalah to describe a particular person, place or thing. Teks jenis
ini bertujuan untuk memberikan gambaran sebagian dari suatu hal; bisa jadi yang
digambarkan adalah manusia, tempat, atau benda-benda lainnya. Penggambaran
manusia dapat mengungkapkan ciri-cirinya; baik secara fisik ataupun dari segi
kepribadian. Sedangkan dalam penggambaran suatu tempat dapat mencakup
penggambaran lokasi, lingkungan sekitar, dan bahkan pemandangannya.
Penggambaran sesuatu hal dapat mengungkapkan penggambaran suatu benda, baik
yang konkret ataupun benda yang abstrak.
Perhatikanlah contoh teks descriptive berikut ini!
Example
1:
My New Classmate,
Tina
Tina is my new classmate. She is fifteen years old. She
lives in a simple house with her family on Marion Street. She has long black
hair. Her skin is fair. She is about 40 kilograms weight and 152 centimeters
high. She looks beautiful with her nice smile.
She is also friendly to her classmates and to the
teachers. She speaks English fluently. Every body respects her because she is
smart and diligent. She always help her friends to understand the lesson.
|
Pada
contoh di atas, dapat dilihat bahwa teks jenis descriptive tersebut
bertujuan untuk mendeskripsikan manusia.
Example
2:
Madrasah
Tsanawiyah “Al-Fikri”
Madrasah Tsanawiyah “Al-Fikri” is my school. It is
located on Jalan Cut Nyak Dien No.3 Semarang. The building is opposite of
“Aneka” book store. There is a flag stone in front of the school building.
The school has a very large yard.
There are many big trees in the school yard. Therefore,
the weather is comfortable. It is not too hot to play outside the classroom.
And it is quite comfortable to discuss with other students under the tree,
around the school yard.
The
school has thirty classrooms. The classrooms are not too large but they are
all clean. Every classroom consists of thirty students. Therefore, the
situation in the classroom is not too noisy. The atmosphere makes the
students enjoying studying at school.
|
Pada
contoh di atas, dapat dilihat bahwa teks jenis descriptive tersebut
bertujuan untuk mendeskripsikan suatu tempat.
Example
3:
The Mango Tree in Our School
There are some trees in
our school. Among them, there is a mango tree. The tree is in front of our
classroom.
The mango tree is very old. Maybe, it is the oldest tree
at the school. The trunk is very big. It takes two children with arms
outstretched to completely circle it. Surprisingly, it is still bears a lot
of fruit. No wonder, when mango season comes, my friends and I get excited.
We all like to come to school really early so we can pick all the good ones.
Before going home, we can help taking a look at the mouth watering sight on
the tree, hoping that we might climb it again the next day.
|
Pada
contoh di atas, dapat dilihat bahwa teks jenis descriptive tersebut
bertujuan untuk mendeskripsikan suatu hal; yaitu mango tree.
Latihan: Cobalah untuk mengidentifikasi tujuan dari teks
berikut ini!
Text1
Gilimanuk Harbour is located in the north of Bali island.
It is always busy. It is especially busy before and after Lebaran Day.
Porters and passengers look in a hurry; they walk and run.
The porters carry trunks and suitcases. Usually they push
the trunks in their trolleys. Some passengers buy their tickets and then show
them to the ticket collector. They hurry ro find their seats.
Some passengers are in a hurry when their ship arrives.
Others buy a magazine or newspaper to read on the ship.
(Adapted from Smart
Steps VII)
|
Text2
The tiger is the largest of all the cats. The male and
female look similar but the male has much longer cheek whiskers. Tigers are
shy animals. They hunt at night and usually live alone. They hunt wild pigs,
deer and cattle and can climb trees and swim very well. The male and female
only stay together for a few days during mating but the tigress and her tiger
cubs may stay together for several years.
(Adapted from The
Bridge English Competence VIII)
|
Text 3
Hendra and Hendrik are friends. They are tall and
handsome. Their skin is not fair but not dark either. They always go to
school together. When they hang out in certain places, everyone often thinks
they are twins. In fact, they are not twins but only close friends. They are
popular students at their school because they are very active in many school
activities. Their teachers say that they are good students and always respect
their teachers.
(Taken from Smart
Steps VIII)
|
3.
Generic Structure Teks Descriptive
Selain memahami tujuan yang ada dalam teks jenis descriptive,
pembaca juga harus memahami bagian-bagian yang ada dalam teks.
Bagian-bagian ini sering disebut dengan generic structure. Dalam suatu
teks, generic structure merupakan identitas dari jenis teks. Sehingga
masing-masing jenis teks memiliki genric structure yang berbeda-beda. Dalam
teks descriptive terdapat dua bagian yang penting. Menurut Hammond, dkk
(1992: 78) kedua bagian tersebut adalah identification dan description.
Masing-masing bagian tersebut berisi muatan yang berbeda-beda pula.
Dalam bagian identification berisi tentang
identifikasi orang, tempat, atau benda lainnya yang akan dideskripsikan.
Misalnya saja, suatu teks jenis descriptive akan memberikan gambaran
tentang BOROBUDUR , maka pada bagian identification terdapat
identifikasi tentang BOROBUDUR . Idenfikasi tersebut akan
memberikan pandangan singkat kepada pembacanya tentang apa yang akan
digambarkan dalam teks tersebut. Kalimat yang digunakan dalam identification
dapat berupa kalimat yang menyatakan pengertian tentang hal yang akan
dideskripsikan dalam teks tersebut.
Bagian yang kedua adalah bagian inti dari teks jenis descriptive.
Bagian ini dikenal dengan description. Bagian description ini
berisi tentang penggambaran suatu hal yang menjadi pokok pembicaraan dalam
suatu teks. Penggambaran tersebut meliputi penggambaran bagian-bagian,
kualitas, dan karakteristiknya. Jadi dalam bagian description terdapat
penggambaran yang cukup jelas tentang sesuatu yang menjadi pokok pembahasan
dalam teks.
Perhatikan contoh teks descriptive dengan
bagian-bagiannya berikut ini!
Example
1:
Tittle
|
The
mango tree in our school
|
Identification
|
There
are some trees in our school. Among them, there is a mango tree. The tree is
in front of our classroom.
|
Description
|
The
mango tree is very old. Maybe, it is the oldest tree at the school. The trunk
is very big. It takes two children with arms outstretched to completely
circle it. Surprisingly, it is still bears a lot of fruit. No wonder, when
mango season comes, my friends and I get excited. We all like to come to
school really early so we can pick all the good ones. Before going home, we
can help taking a look at the mouth watering sight on the tree, hoping that
we might climb it again the next day.
|
Contoh
di atas merupakan contoh teks jenis descriptive yang terdiri dari dua
bagian (structure); identification dan description.
Latihan: Cobalah mengidentifikasi bagian-bagian (generic
structure) teks jenis descriptive berikut!
Text
1
Madrasah
Tsanawiyah “Al-Fikri”
Madrasah Tsanawiyah “Al-Fikri” is my school. It is
located on Jalan Cut Nyak Dien No.3 Semarang. The building is opposite of
“Aneka” book store. There is a flag stone in front of the school building.
The school has a very large yard.
There are many big trees in the school yard. Therefore,
the weather is comfortable. It is not too hot to play outside the classroom.
And it is quite comfortable to discuss with other students under the tree,
around the school yard.
The
school has thirty classrooms. The classrooms are not too large but they are
all clean. Every classroom consists of thirty students. Therefore, the
situation in the classroom is not too noisy. The atmosphere makes the
students enjoying studying at school.
|
Text
2
I get a new friend. Her name is Aulia. I met her in my
classmate’s house, Mitha. She is twelve years old. She has twin sister. Her
name is Ananda. Both of them are smart and beautiful. They can sing very
beautifully. They are also good at playing music instruments, especially
piano.
I’m
happy to know them. They are very attracting. They also have a great mother.
She is a music teacher. She has a popular studio in this town.
|
4.
Linguistic
Feature Teks Descriptive
Selain mengetahui generic structure yang secara
implisit ada dalam teks, maka untuk mengenali jenis teks juga diperlukan
pengetahuan tentang linguistic feauture nya. Linguistic feature
ini dapat dikenali secara explisit dalam suatu teks. Karena pengenalan linguistic
feature dapat dilihat dengan kasat mata pada suatu teks. Dalam teks jenis descriptive,
ada beberapa hal yang dapat menjadi identitas teks tersebut sesuai dengan linguistic
feature nya. Menurut Hammond, dkk (1992: 78) linguistic feature teks
descriptive adalah focus on specific rather than generic participants,
simple present tense verbs of being and having, dan use of descriptive
adjectives to build up long nominal group.
Pada ciri kebahasaan focus on specific rather than
generic participants berarti bahwa teks jenis descriptive membahas
hal yang khusus dan bukan hal yang masih umum (general). Dengan kata
lain, yang menjadi pokok pembahasan dalam suatu teks berjenis descriptive adalah
hal yang sudah spesifik (khusus). Misalkan saja suatu teks descriptive
membahas tentang “Ananda’s Hobby”; maka yang dideskripsikan dalam teks tersebut
hanyalah yang berkaitan dengan “Ananda’s Hobby”.
Sedangkan ciri kebahasaan simple present tense verbs of being
and having berarti bahwa teks jenis descriptive kalimat-kalimat yang
digunakan adalah yang dalam bentuk simple present tense. Dan juga kata
kerja yang digunakan dalam merangkai kalimat-kalimatnya adalah simple
present tense verbs of being and having; yaitu kata kerja yang menunjukkan
identitas dan kepemilikan. Misalnya saja dalam kalimat: Amanda is an
elementary student; kalimat ini menunjukkan verb of being. Contoh
yang lain misalnya saja dalam kalimat: Amanda has some hobbies; kalimat
ini menunjukkan penggunaan verb of having.
Ciri kebahasaan yang juga dapat menjadi identitas teks
jenis descriptive adalah use of descriptive adjectives to build up
long nominal group. Ciri ini menjaelaskan bahwa teks jenis descriptive
menggunakan kata sifat yang dapat memberikan gambaran dan ini seringkali berupa
rangkaian kata yang panjang. Misalnya saja dalam kalimat: Amanda always
wears her beautiful pink ribbon hair accessory. Dalam kalimat ini terdapat
penggunaan kata sifat beautiful pink ribbon. Rangkaian kata sifat ini
memberikan gambaran yang nyata kepada pembacanya.
Perhatikan
contoh teks descriptive berikut ini dengan analisa linguistic feature
nya!
My
Neighbors
Living
just next to my home is Rahmat’s family.
There are four persons in the family. Mr. Rahmat is a
retired civil servant. He had worked for the Ministry of Education for twenty
years. The ill forced him to stop working. Mrs. Rahmat, formerly a clerk, is
now a housewife.
They have a girl who is about my age, named Dewi. She is
my good friend and classmate. The Rahmats also have a bright son called Deni.
He is studying at the University of Indonesia. He manages to support himself
by giving tuition to several Junior High School students in the evenings.
The Rahmats live in a three bedrooms house. They are very
simple family and get on well with their neighbors. I have known them ever
since they moved in about six years ago.
I am happy to have the Rahmats as my neighbors because
they are very friendly and helpful. I am sure that the other families living
in our neighborhood agree with my opinion.
|
Latihan: Cobalah untuk menganalisa ciri kebahasaan teks
jenis descriptive berikut ini!
They are Not
Twins
I would like to write about my pen friends. Their names
are Yudha and Adit. Almost everyone who meets them thinks they are twins,
because they look similar and are always together. In fact, they are not
twins but only friends. When they go out to work, everyone in their
profession knows and respects them. They work as a team. Adit is a journalist
and Yudha is a photographer.
They both work for a famous picture magazine. Adit writes
the articles and Yudha takes the pictures. They not only cover the domestic
events but foreign ones as well. So the magazine often sends them all over
the world to cover important events. They have won many awards.
(Adapted from Smart
Steps VIII)
|
D. Rangkuman
Membaca teks descriptive adalah suatu kegiatan
dengan keterampilan berbahsa yang merupakan suatu proses menangkap makna. Objek
dari kegiatan ini adalah produk komunikasi yang disebut dengan teks. Lebih
khusus lagi, teks yang menjadi objek dalm kegiatan ini memuat penggambaran dari
sesuatu. Bisa saja yang digambarkan adalah suatu tempat, benda, ataupun manusia.
Teks jenis descriptive adalah jenis teks yang
termasuk dalam kelompok factual; yaitu teks yang menyatakan kenyataan yang ada.
Tujuan dasar dari teks jenis descriptive adalah untuk memberikan
penggambaran. Penggambaran yang diberikan dapat berupa penggambaran manusia,
tempat, dan benda-benda lainnya.
Seperti halnya pada teks jenis yang lain, untuk mengenali
teks descriptive juga harus mengetahui bagian-bagian (generic
structure) nya. Teks jenis descriptive
terdiri dari dua bagian yang tersirat dalam teks; yaitu identification
dan description. Pada bagian dentification memuat pengenalan
tentang hal yang akan menjadi objek penggambaran. Pada bagian description
memuat inti pokok dari teks descriptive karena bagian ini memuat
pennggambaran tentang hal yang menjadi pokok pembahasan.
Selain mengenali ciri-ciri khusus yang tersirat dalam teks,
dalam membaca juga harus mengenali ciri khusus yang terlihat dengan kasat
mata. Ciri khusus itu dapat dilihat
dalam ciri kebahasaan atau yang lebih dikenal dengan linguistic feature.
Linguistic feature teks jenis descriptive adalah adanya focus on
specific rather than generic participants, simple present tense, verbs of being
and having, dan use of descriptive adjectives to build up long nominal
group. Dengan demikian dapat dilihat bahwa dalam teks jenis descriptive terdapat
pokok pembahasan yang khusus bukan lagi umum, menggunakan simple present
tense, terdapat kata kerja “being” dan “having”, dan juga
terdapat penggunaan kata sifat (adjective) untuk memberikan gambaran.
- Latihan / Tugas
1. Cobalah mendiskusikan teks berikut ini bersama dengan partner Saudara!
2.
Setelah itu, cobalah untuk membandingkan
dengan hasil diskusi dari kelompok yang lain!
My new friend, Anne, is a junior high
school student. She has long straight hair with fair skin. She always dresses
neatly in her school uniform. She goes to school by bicycle because her
school is not far from her house.
Almost everyone in her school knows her. She is talkative
and friendly. She has many hobbies. She likes corresponding with boys and
girls of her age. She loves making new friends and always replies the letters
she receives. She also likes collecting stamps and keyholders. In her spare
time, she goes to the movies or plays baseball.
|
Pertanyaan – pertanyaan berikut ini akan menuntun saudara;
a.
Apakah tujuan dari teks tersebut?
b.
Tunjukkan bagian identification teks
tersebut!
c.
Tunjukkan bagian description teks
tersebut!
d.
Apakah Saudara dapat menemukan specific
participant dalam teks tersebut?
e.
Cobalah untuk menemukan penggunaan simple
present tense dalam teks tersebut!
f.
Cobalah untuk menemukan penggunaan verbs
of being and having dalam teks di atas!
g.
Tunjukkan adjective yang saudara
temukan dalam teks di atas!
- Tes Mandiri
Choose the correct answer by crossing A, B, C, or D!
Text 1
My Timmy
I have some pets. However, my favorite pet is Timmy.
Timmy is a male tabby cat. He is very adorable with his
doft stripes fur. He has innocent round eyes and feeble sweet voice. He always
meows when he feels hungry.
Actually, his voice is not suitable with his giant body.
When I come home, he usually gives me a kiss.
Timmy is a nice playmate. I’m happy to spend my time with
him. Most of the times, he is a good cat. It’s almost impossible for me to be
angry with him. In the morning, he always wakes up early. When he wakes up
earlier, he waits queitly by my bedside until I wake up.
1. The following statement belongs to identification
- Timmy is a male tabby cat.
- Timmy is a nice playmate.
- He always wakes up early.
- My favorite pet is Timmy.
2. The following sentences are the physical description of Timmy, except
….
- Timmy is a male tabby cat.
- He has innocent round eyes.
- He usually gives me a kiss.
- He is very adorable with his doft stripes fur.
3. The following sentences are correct based on the text, except …
- The writer is always angry with Timmy.
- His body is big but his voice is not as big as his body.
- Timmy usually gives the writer a kiss.
- Timmy always wakes up early.
4. The goal of the text above is …
A. To describe a place
B. To describe Timmy
C. To describe Timmy’s owner
D. To describe cat’s favorite
Text
2
Everybody has a hobby. A hobby is something we do for
pleasure in our spare time. My hobby is collecting stamps. I like to collect
many kinds of stamps from all over the world. Sometimes I must buy new stamps.
I put my collections in a stamp album.
I have a brother. His name is Andre. He likes to go
camping. He always goes camping on holidays. My sister, Putri, likes cooking.
She likes baking cakes but she hates preparing our meals.
My mother and father like gardening. They like to spend
their time in the garden. There are many flowers in their garden. There are
roses, jasmines, orchids, and hibiscuses. They also plant vegetables. There are
carrots, tomatoes, and lettuce.
(Adapted from Detik-Detik
Ujian Nasional Bahasa Inggris SMP/MTs)
5. What is a hobby?
- It is whatever everybody has
- Something we like to collect
- Something we do for fun
- Pleasure in our spare time
6. Which sentence is true according to the text?
- The writer is the only son in the family
- There are five persons in the writer’s family
- Andre’s hobby is collecting stamps
- The writer’s sister likes to prepare their meal.
7. The following statement includes indentification: …
- She
likes baking cakes but she hates preparing our meals
- There are many flowers in their garden
- A hobby is something we do for pleasure in our spare time
- My mother and father like gardening
Text 3
Our school has three parking lots. Two of them are near the
front yard. You must put your bicycles there. The other parking lot is for the
staff’s motorcycles. It is next to the staff room, opposite room IIC.
The headmaster’s room is between the staff room and the
school office.
There are six toilets in the school. Four of them are in
the corner, at the back. They are for students. And the other two are next to
room III B. They are for the staff and guests.
We have a sport hall at the back, behind room I A, B, and
C. Next to the sport hall there are two small dressing rooms.
The science lab is between room II A and library. Between
the library and the sport hall there is a small mosque to pray.
If you want to have snacks and drinks, you can go to the
school cafeteria.
(Adapted from Detik-Detik
Ujian Nasional Bahasa Inggris SMP/MTs)
8. What is the goal of the text above?
- To describe the place
- To describe the classroom
- To describe people
- To describe the library
9. The linguistic feature that cannot be found in the text above is
…
- The use of simple present tense
- The use of past tense
- The use of adjectives
- The use of verbs of having
10. Where are the parking lots for the students?
- Opposite the library
- Between the staff rooms
- Next to the school office
- Near
the front yard
Lengkapilah kalimat berikut ini
dengan tepat!
1. Teks descriptive adalah teks yang bertujuan …..
2. Dalam teks descriptive terdapat …. bagian
3. Bagian – bagian teks sering dikenal dengan ……
4. Bagian – bagian dalam teks descriptive adalah …. dan ….
5. Bagian yang memberikan pengenalan adalah …
6. Bagian yang memberikan penggambaran adalah ….
7. Ciri kebahasaan sering disebut dengan ….
8. smart, beautiful, friendly merupakan contoh penggunaan …..
9. live, prepares, go adalah contoh penggunaan ………. tense
10. Yang dimaksud dengan specific participant adalah
pokok pembahasannya bersifat ….
Complete the following text using the words provided in
the box!
|
Marco
is a musician from Philipines but he lives and works in ______(1)______, the
capital city of Indonesia .
He is a ______(2)______ years old and he is married. His wife is from
______(3)______, Sulawesi . They have ______(4)______
children, and they are both ______(5)______ . He speaks ______(6)______ and his
children speak Indonesian and ______(7)______ . He plays the ______(8)______
and he works with ______(9)______ band. He practices from Monday
______(10)______ Friday and he gives two or three concerts every week. In his
free time he ______(11)______ at home and ______(12)______ songs.
Read the following text and answer the questions!
The Bird Park
One
of the most interesting places to visit in Singapore is the bird park. It is
located in the industrial area of Singapore, called Jurong. The bird park is
about twelve kilometers from the center of the city, and it’s easy to get
there by bus or taxi.
It
is one of the largest bird parks in the world. The birds are kept in large
cages, and there are hundreds of beautiful birds from many different parts of
the world, including penguins, parrots, eagles, and ostriches. There is a
large lake in the park, with a restaurant beside it, and there is also a very
large cage which you can walk inside to get closer looking at the birds.
It
takes about two hours to see all the birds. You can walk around the park or
ride on the bus. The best time to visit the park is in the early morning or
late afternoon, when it is cooler.
(Adapted from The
Bridge English Competence VIII)
|
- What is the goal of the text?
- What is the special place for recreation in Singapore?
- How far is it from the city center?
- How do we get there?
- Where are the birds kept?
- How long do the visitors need to enjoy the park?
- Why is it better to visit the park early in the morning or late afternoon?
- In which paragraph do you find the identification?
Read the text above once again then analyze the linguistic
feature!
BAB III
KEGIATAN BELAJAR 2
MENULIS TEKS DESCRIPTIVE
A. Kompetensi Dasar
Menjelaskan menulis teks descriptive
B. Materi Pokok :
- Pengertian
- Langkah retorika penulisan teks descriptive
C. Uraian Materi
Kegiatan belajar 2 pada modul ini membahas tentang “menulis
teks descriptive”. Uraian materi pada bab ini akan membahas tentang
materi-materi pokok yang menjadi pembahasan dalam kegiatan belajar 2; yaitu
tentang menulis teks descriptive. Materi pokok yang akan diuraikan
adalah pengertian tentang “menulis teks descriptive” dan langkah
retorika penulisan teks descriptive. Masing-masing pembahasannya akan
diuraikan sebagai berikut.
1.
Pengertian
Menulis teks descriptive berkaitan dengan salah satu
keterampilan berbahasa; yaitu menulis (writing). Pengertian “menulis”
dapat diperoleh dari wikipedia yang menyatakan bahwa writing is the representation of language in a
textual medium through the use of a set of signs or
symbols (known as a writing system). Berdasarkan pengertian tersebut, kita dapat
memahami bahwa menulis merupakan pengejawantahan bahasa dalam bentuk tulisan.
Hasil dari
kegiatan menulis ini adalah bahasa tulis yang disebut dengan teks. Teks
merupakan rangkaian simbol-simbol yang memiliki makna tertentu sesuai dengan
konteksnya. Suatu teks tidak perlu harus berupa rangkaian kalimat-kalimat
panjang dan belembar-lembar, namun yang penting tulisan tersebut memiliki makna
maka dapat disebut sebagai teks.
Dalam bahasa
Inggris dapat ditemukan berbagai macam bentuk teks, salah satunya adalah jenis descriptive.
Secara harfiah “descriprive” berasal dari kata dasar “describe”.
Arti kata describe adalah say what something/ somebody is like (Hornby,
1987: 233). Dari pengertian tersebut berarti bahwa descriptive adalah
memberikan penggambaran. Sedangkan teks jenis descriptive adalah teks yang
memuat inormasi yang memberikan penggambaran terhadap sesuatu.
Dari
penjelasan-penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa menulis teks descriptive
adalah kegiatan mengekspresikan bahasa dalam bentuk bahasa tulis yang memuat
informasi tentang penggambaran sesuatu. Penggambaran tersebut dapat menggunakan
objek manusia, tempat, dan benda-benda lainnya.
2.
Langkah Retorika Penulisan Teks Descriptive
Dalam menulis teks berjenis descriptive, perlu
diperhatikan hal-hal yang menunjukkan ciri-ciri teks jenis tersebut. Seperti
halnya dalam mengenali teks descriptive, maka dalam penulisan pun
penulis juga harus mampu menunjukkan identitas teks descriptive. Hal-hal
yang perlu diperhatikan secara explisit adalah linguistic feature
(ciri kebahasaan) nya. Ciri kebahasaan yang dapat menjadi identitas teks jenis descriptive
diantaranya adalah focus on specific rather than generic participants, simple
present tense, verbs of being and having, dan use of descriptive
adjectives to build up long nominal group (Hammond, dkk, 1992: 78). Selain
itu ciri implisit seperti tujuan teks, bagian-bagian teks yang sangat
dipengaruhi oleh pikiran utama juga harus diperhatikan dalam penulisan.
Dalam penulisan teks jenis descriptive, penulis
harus mampu menunjukkan identitas yang berupa tujuan dari teks tersebut. Maka
tujuan teks descriptive seperti yang diungkapkan oleh Hammond ,
dkk (1992: 78) to describe a particular person, place or thing harus
dapat benar-benar tercapai. Dengan demikian, rangkaian kata, kalimat, dan juga
paragraph yang digunakan dalam teks tersebut harus benar-benar mampu meberikan
gambaran kepada pembacanya.
Setelah jelas betul tujuan dari penulisan suatu teks descriptive,
maka penulis pun juga harus memunculkan identitas yang lain seperti generic
structure nya. Dalam hal ini, generic structure (bagian-bagian) teks
descriptive meliputi dentification dan description. Bagian
– bagian ini harus dituliskan dengan berurutan, sehingga pembaca dapat dengan
mudah memahami pesan yang ada dalam teks tersebut. Bagian – bagian dalam teks descriptive
tersebut bisa saja terdapat lebih dari satu dalm suatu teks. Artinya,
masing-masing bagian dapat dimunculkan lagi dalam suatu teks. Misalnya saja
dalam suatu teks descriptive terdapat lebih dari satu identification
dan lebih dari satu description.
Pada bagian identification, penulis memberikan
pengenalan tentang hal yang akan digambarkan dalam teks tersebut. Bagian ini
biasanya muncul pada paragraph pertama. Namun, apabila suatu teks descriptive
memiliki lebih dari satu identification, maka identification yang
lainnya dimunculkan pada paragraf berikutnya setelah deskripsi dari identification
sebelumnya. Demikian seterusnya.
Sedangkan pada bagian description, penulis
memberikan diskripsi atau penggambaran tentang hal yang menjadi pokok
pembahasan dari identification nya. Apabila yang menjadi pokok
pembahasan adalah manusia, maka isi description nya adalah penggambaran
manusia. Penggambaran ini dapat meliputi penggambaran secara fisik dan juga
penggambaran personality (kepribadian). Apabila yang menjadi pokok
pembahasan adalah tempat, maka isi dari description nya adalah
penggambaran tempat tersebut. Penggambaran dapat meliputi lokasi, suasana, dan
lingkungannya. Demikian pula apabila yang menjadi pokok pembahasan adalah
benda-benda yang lain, maka penggambaran dalam description harus
disesuaikan.
Berikut ini adalah bagan langkah-langkah penulisan teks descriptive:
Tugas: Cobalah untuk menyusun kalimat-kalimat berikut ini
agar menjadi teks descriptive yang baik!
Rearrange the jumbled sentences to make a paragraph about
Mario Bellini. The first sentence has been done for you.
Mario Bellini is an Italian, but he lives and works
in Britain.
His wife is from England.
He is thirty-two years old and he is married.
He plays the piano and he works with the Philharmonic
Orchestra.
They have two children, a daughter and a son.
He speaks English and his children speak English and
Italian.
He is a musician.
In his free time, he reads books and he goes swimming.
He practices from Monday to Friday and he gives one or two
concerts every week.
(Taken from
English on Sky 2)
|
D. Rangkuman
Menulis teks descriptive adalah suatu kegiatan
mengekspresikan bahasa dalam keterampilan menulis (writing). Kegiatan
ini menghasilkan suatu produk komunikasi yang disebut dengan teks. Teks dalam
bahasa Inggris ada berbagai macam jenis, salah satunya adalah descriptive. Teks
jenis ini adalah suatu teks yang memberikan penggambaran. Jadi, menulis teks descriptive
adalah suatu kegiatan mengungkapkan bahasa dalam bentuk tulisan yang isinya
memuat penggambaran terhadap sesuatu hal.
Dalam penulisan teks berjenis descriptive, penulis
harus memperhatikan beberapa hal. Diantaranya ciri teks yang harus muncul
secara eksplisit; yaitu linguistic feature (ciri kebahasaan) dan ciri
teks yang secara implisit menjadi identitas jenis teks; yaitu generic
structure. Pada teks jenis descriptive, linguistic feature nya
adalah focus on specific rather than generic participants, simple present
tense, verbs of being and having, use of descriptive adjectives to build up
long nominal group.
Hal penting yang juga harus diperhatikan dalam penulisan
teks descriptive adalah tujuan penulisan teks. Karena tujuan teks descriptive
adalah to describe a particular person, place or thing, maka dalam
penulisan harus jelas object yang akan digambarkan. Setelah itu langkah-langkah
penulisan dapat mengikuti bagian-bagian teks descriptive. Generic
structure (bagian-bagian) dalam teks descriptive meliputi identification
dan description.
Pada bagian identification, penulis mengungkapkan
pengenalan tentang hal yang menjadi object pembahasan dalam teks. Langkah
selanjutnya, setelah mengungkapkan identification, maka penulis
memberikan deskripsi tentang object yang menjadi pokok pembahasan dalam teks
pada bagian description.
E. Latihan / Tugas
1.
Carilah partner untuk berdialog!
2.
Tanyakan kepada partner Saudara tentang
gambar di bawah ini!
3.
Praktekkan bergantian!
4.
Cobalah untuk merangkai teks descriptive
berdasarkan gambar di atas!
Petunjuk berikut ini akan
membantu saudara:
- Tentukan tujuan penggambaran (apakah menggambarkan manusia, tempat, atau benda lainnya)
- Tentukan temanya
- Berikan identification nya.
- Berikan deskripsinya (dapat dari segi fisik dan juga non-fisik)
- Perhatikan penggunaan tense nya
- Perhatikan penggunaan verbs nya
- Perhatikan penggunaan adjectives nya
- Tes Mandiri
Choose the correct answer by crossing A, B, C, or D!
Text 1
Cibodas Botanic
Garden
Cibodas Botanic Garden is situated 1300-1424 m high on the
slopes of Mount Gede Pangrango. It contains beautiful mountain scenery with
impressive views across the Cipanas valley of West Java.
The Garden covers about 125 ha of wavy surface area, with
large grassy expanses, rocky coniferous areas, and valleys filled with tree
ferns and waterfalls. Cibodas Botanic Garden is a popular recreational center
for the Greater Jakarta area as well as a research station for students and
scientists studying tropical montane flora.
The Garden currently maintains a collection of 5831 living
specimens from 1206 species. It also maintains a herbarium and seed museum for
research, development and conservation purposes. The 4521 herbarium specimens
from 1503 species consist of those collected from the Garden and from the
Gede-Pangrango National Park which is annexed to the Garden. The 649 species in
the seed museum are used as a reference for seed identification.
Facilities such as a guest house, library and nursery are
available for scientists, research workers and students who wish to study the
Garden and the mountain flora of Mount Gede-Pangrango.
(Taken from Smart Steps VIII)
1. What is the goal of the text above?
- To describe the people
- To give the description of museum
- To describe Cibodas Botanic Garden
- To give the information to the gardener
2. Cibodas Botanic Garden is located in …
A. West Sumatera
B. West java
C. East Java
D. Greater Jakarta
3. The land area of the Garden is …
- Flat
- Round
- Wavy
- Square
4. What are the purposes of the herbarium and seed museum?
- For research, development and conservation
- For recreation or leisure
- For protection of the plants
- For maintaining the distinct species
5. Which of the followings are not available in the Garden?
- Hospital
- Nursery
- Library
- Guest house
6. Arrange the sentences to make a good paragraph.
1. They can’t fly.
2. They swim and dive well.
3. Penguins are swimming birds.
4. Penguins
use their wings to “row” themselves through the sea.
5. Because their wings are shaped
as flippers.
6. A penguin
in the water can leap up nearly 2 meters to land on a rock or ice.
- 3, 2, 1, 5, 4, 6
- 3,
4, 1, 2, 5, 6
- 3,
1, 5, 4, 2, 6
- 6,
4, 5, 1, 2, 3
Text 2
Mr.Kartono is my uncle. He is about forty years old now. He
is strong and healthy. He has curly hair and brown eyes. Many people know him
well, because he is a famous tailor in my village.
Mrs. Kartini is his wife. She is about thirty years old,
but she looks older than her husband.
Dono and Dini are their children. Dono is tall and thin
with dark, curly hair. His face is like his father’s. He is a serious, quiet,
and gently, but sometimes he is very funny. His friends like him because he is
so helpful. What about Dini? Dini is fat and short. Her face looks like her
mother’s. She is a cute, talkative, and smart girl but sometimes she is very
serious. Her friends like her because she is so kind.
(Taken from Bahan Ajar Bahasa Inggris SMP Kelas VII)
7. What is the best title based on the text above?
- The Kartono’s family
- My family
- The description of Mr. Kartono
- A famous tailor.
8. The following sentence belongs to identification
- He has curly hair and brown eyes
- His face is like his father’s
- She is a cute, talkative, and smart girl
- Mrs. Kartini is his wife
9. How many identification can find in the text above?
A. Only one
B. There are two
C. There are three
D. There is none
10. The following adjectives are used to describe Mr. Kartono, except …
A. Curly
B. Talkative
C. Strong
D. Healthy
Lengkapilah kalimat – kalimat berikut ini dengan tepat!
1.
Langkah yang ditempuh dalam penulisan
teks descriptive setelah menentukan tema adalah ….
2. Yang tertuang pada bagian identification adalah ….
3. Yang tertuang pada bagian description adalah ….
4. “Tense” yang digunakan dalam teks descriptive adalah …
5. Tujuan dari teks descriptive dapat menggambarkan ….., …., atau
…..
Arrange these sentences into a proper descriptive text!
My Sister’s Bigfoot
Stamp
- He knows that my sister likes Bigfoot
- A set of these four stamps tells legendary Cnadian animals
- The Bigfoot stamp is a Canadian stamp
- She has various stamps, and her favorite one is Bigfootstamp.
- The other stamps are kraken, the loup Garou (werewolf), and Ogopogo.
- That’s why he sent my sister those stamps
- My sister’s hobby is collecting stamps.
- The stamps are a birthday present from Jack, my sister’s pen-friens in Canada.
Lengkapilah paragraph berikut ini dengan kata-kata yang
ada dalam kotak!
Parts of Flowering
Plants
A flowering plant ___________ (1) of roots, stalk, leaf and
flower. The roots ____________ (2) minerals and water from the soil. They also
___________ (3) the plant upright in the ground. The stalk _______ (4) support
to the flower. It also ________ (5) minerals and water to the leaves and _________
(6) food from the leaves to the other parts of the plant. The flower _______
(7) the productive unit of a plant. The outer part of the flower _______ (8) of
petals and sepals. The sepals __________ (9) green colour. They protect a
flower bud before it ________ (10). The petals usually ______ (11) bright
colours. Their bright colours ______ (12) insects to come to the flower. The
leaves _______ (13) the food factories of a plant. They _______ (14) usually
flat and _________ (15) chlorophyll. The chlorophyll ____________ (16) green
colour to the leaves. It also ________ (17) the energy from the sunlight into
food through photosynthesis.
(Adapted from English on Sky 2)
Jawablah pertanyaan – pertanyaan berikut ini dengan
tepat!
1. Jelaskan tentang menulis teks descriptive!
2. Sebutkan tujuan dari penulisan teks jenis descriptive!
3. Sebutkan generic structure teks descriptive!
4. Apakah yang harus dimuat dalam identification?
5. Apakah yang harus dimuat dalam description?
6. Sebutkan linguistic feature dalam teks descriptive!
7. Berikan contoh kalimat yang menggunakan verbs of having!
8. Berikan contoh kalimat yang menggunakan adjectives!
Rearrange the paragraphs to make a good descriptive text!
Cobalah untuk mendeskripsikan gambar berikut ini!
BAB IV
EVALUASI
A. Maksud dan Tujuan Evaluasi
Modul pendalaman materi ini juga menyajikan bab evaluasi di
samping kegiatan belajar. Diharapkan peserta diklat dapat meningkatkan
pemahaman dan pengetahuan yang tertuang dalam modul secara keseluruhan,
sehingga akan lebih memahami bahan ajar yang seharusnya dimiliki oleh seorang
guru Bahasa Inggris. Dengan bekal itu, peserta diklat akan mampu menjelaskan
kepada anak didik secara memadai serta mampu menerapkannya melalui metode
mengajar yang tepat.
Bab evaluasi ini sengaja disajikan setelah penyajian
keseluruhan kegiatan belajar. Tujuan dan maksud evaluasi ini sebenarnya untuk
mengetahui sejauh mana para peserta diklat telah menerima, memahami, dan mempu
mencerna materi yang diberikan instruktur tanpa ada penyimpangan dari garis
besar isi modul, dan selanjutnya akan disebarluaskan kepada anak didik tingkat
MTs/ SMP.
Di samping itu, setelah membaca dan menerima pengetahuan
dari modul ini, para peserta diklat akan dapat mengembangkan wawasannya sendiri
dengan mengambil contoh-contoh yang terdapat di lingkungan sekitar. Evaluasi
ini sekaligus dapat menjadi bahan pengayaan dari keseluruhan materi yang telah
diuraikan dalam kegiatan belajar 1 dan 2. Pengambangan lebih lanjut akan
membuka wawasan bagi para peserta diklat yang tentunya memperkaya referensi
bahan pembelajaran pada peserta didik di tingkat SMP/ MTs.
B. Materi Evaluasi
Materi evaluasi ini diambil dari Kegiatan Belajar 1 dan 2 dalam
modul ini. Pada kegiatan belajar 1 telah dibahas tentang membaca teks descriptive
yang meliputi pembahasan pengertian, fungsi/ tujuan teks descriptive,
generic structure teks descriptive, dan linguistic feature teks
descriptive. Sedangkan kegiatan belajar 2 telah memberikan penjelasan
tentang menulis teks descriptive yang meliputi pembahasan tentang
pengertian dan langkah retorika penulisan teks descriptive. Oleh sebab
itu, peserta diklat diharapkan telah benar-benar memahami seluruh materi
tersebut dalam modul ini.
Materi evaluasi dapat dibedakan menurut kompetensi yang ditinjau
dari aspek pemahaman atau pengetahuan, aspek daya ingat, dan aspek
keterampilan, mulai dari bagian awal modul sampai dengan bagian akhir modul
ini. Aspek pemahaman dan pengetahuan dapat tertuang dalam materi evaluasi dalam
bentuk soal-soal pemahaman, aspek daya ingat tertuang dalam soal-soal yang
mengevaluasi teori-teori dari materi pada kegiatan belajar, sedangkan materi
keterampilan tersirat pada soal-soal yang memerlukan kreatifitas dalam
pengungkapan dan analisa.
C. Soal-soal Evaluasi
Pilihlah jawaban yang tepat dengan memberi tanda (x) pada
pilihan A, B, C, atau D!
Text 1
My
lovely Home
My house is only a five minute- walk from school.
It is not very big, but very cosy and quiet. This is the
place where we can relax and find our own space. In our home, we really enjoy
our relaxing time from the pressure of school and work.
It has a nice and warm living room. There is a beautiful
painting of scenery hanging on the wall. My father is a keen gardener. He puts
some pots of indoor plants near the door. In a low cabinet, you will seee the
trophies, pictures of my family, small toys, and some books.
I am lucky to have a room to myself. I paint the wall
yellow honey. It’s my favorite color. There is a desk. I do my homework there.
I also put a portable radio tape there.
The kitchen is my mother’s domain. My mother keeps it clean
all day. There is a blue wall cabinet in it. It harmonizes with the grey wall
tiles.
However, only few will give my home a second glance. Still
we are very proud of it. It may not be a perfect one but, all the same, it is
home sweet home.
1. The following sentence belongs to identification
- It has a nice and warm living room
- The kitchen is my mother’s domain
- My house is only a five minute- walk from school
- My father is a keen gardener
2. The following sentences describe the living room, except …
- It’s my favorite color.
- There is a beautiful painting
- There are some pots of indoor plants near the door
- It is nice and warm
3. The writer’s house is …
- Not very big, very cosy and quiet
- Very big, very cosy and quiet
- Not very big, not cosy and quiet
- Very big, cosy and not quiet
Text 2
Dengue fever is one of the
most dangerous diseases in the world. Dengue fever is endemic in most tropical
countries of the south Pacific, Asia, the Carribean, the USA, and Africa.
This disease rapidly spreads
in most tropical urban areas of the world. It means people in these areas have
high risks of infection of the disease.
Dengue fever is caused by a
virus. The virus is transmitted into human by the bite of infected mosquitoes,
usually Aedes aegypti. In other words, the disease cannot spread directly from
person to person.
The disease is characterized by the high fever, severe
headache, backache, joint and muscle pains. Sometimes, many patients get
nausea, vomitting, and rash on arms, face and legs. There is no specific
treatment of the disease.
(Adapted from Detik-Detik Ujian Nasional 2007)
4. What does the text tell about?
- Many kinds of virus
- The tropical countries
- The symptoms of diseases
- Dengue fever
5. The disease rapidly spread in … country
- Big
- Endemic
- Tropical
- Infected
6. The disease …., severe headache, backache, joint and muscle
pains.
What does the underlined word
mean?
- Serious
- Risky
- Hard
- Infected
Text 3
Borobudur is one of the largest and most beautiful temples
in Asia. It is about 42 kilometers west of Jogjakarta
or 93 kilometers south of Semarang .
It was constructed during the golden age of the Sailendra dynasty in the eighth
century and dedicated to the glory of Budha.
For Indonesian people, Borobudur is
not only a temple, it is also a proof that our forefathers had achieved a very
advanced civilization a long time a go. Indonesian will continue to develop the
environment of the temple for the purpose of education. The temple, the
archeological garden, the archeological museum, and the library will draw more
attention from scientist and researchers, as well as tourists.
(Adapted from Bahan Ajar Bahasa Inggris SMP Kelas
VII )
7. How far is the Borobudur temple from Jogjakarta?
- Twenty four kilometers
- Forty two kilometers
- Ninety three kilometers
- Thirty nine kilometers
8. Who built the temple?
- People from Jogjakarta
- People from Semarang
- Budha
- The Sailendra dynasty
Lengkapilah pernyataan-pernyataan berikut ini!
11. Dalam teks descriptive terdapat …. bagian
12. Bagian – bagian teks sering dikenal dengan ……
13. Bagian – bagian dalam teks descriptive adalah …. dan ….
14. Bagian yang memberikan penggambaran adalah ….
15. Ciri kebahasaan sering disebut dengan ….
16. smart, beautiful, friendly merupakan contoh penggunaan …..
17. Yang dimaksud dengan specific participant adalah
pokok pembahasannya bersifat ….
18. Yang tertuang pada bagian identification adalah ….
19. “Tense” yang digunakan dalam
teks descriptive adalah …
20. Tujuan dari teks descriptive dapat menggambarkan ….., …., atau
…..
Answer the following questions based on the text!
Ondel-Ondel
Ondel-ondel is a popular tradition in Jakarta. It is a
giant with a horrible face. The male Ondel-ondel is dressed like a man. He has
a sword at his shawl over shoulder. The female ondel-ondel has a pair of
earrings. She also has a shawl over her shoulder. Their heads are decorated
with colourful paper strings.
Ondel-ondel is made of bamboo structure. Its face is made
of wood-mask. Its hair is made of palm fibre. A man inside the structure moves
it. The movement is very clumsy. Its arms are dropping.
A pair of ondel-ondel are usually performed to celebrate
circumcision. Traditional music, i.e gambang kromong, qosidah, tanjidor, or
gendang pencak, accompanies the procession. Of course children are
interested to follow it.
In the old days, people believed that a couple of
ondel-ondel were manifestations of a God and a Goddess who would protect the
circumcised boy from danger or evil. Now, ondel-ondel is performed to welcome
guests in opening ceremonies held in Jakarta and places nearby.
(Adapted
from Buku Ajar Bahasa Inggris SMP Kelas IX)
- What is the subject described on the text above?
- How does the male ondel-ondel look like?
- What does the female ondel-ondel have?
- What is ondel-ondel made of?
- What is the performance of ondel-ondel for, now?
Combine the following paragraphs to make a good descriptive
text!
(Taken from Smart Steps VIII)
|
(Taken from Smart Steps VIII)
Put the verbs in the correct form to make a good
description text!
My
name is Barly. I ____(1)____ {be} fourteen years old, rather tall and I
____(2)____ {have} brown eyes and short black hair. I ____(3)____ {wear} casual
clothes when I ____(4)____ {not go} to school. I ____(5)____ {enjoy, be} a
student because I always ____(6)____ {meet} friends and ____(7)____ {help} them
when they ____(8)____ {have} problems. During my spare time, I ____(9)____
{like, play} football which I ____(10)____ {play} at least three times a week.
I also ____(11)____ {love, listen} to hip hop music and I must admit that I
____(12)____ {spend} a lot of money on buying new CDs! ____(13)____ {live} in a
beautiful city, Yogyakarta . I ____(14)____ {enjoy, eat}
great Javanese food and ____(15)____ {play} with friends who live in my
neighborhood.
(Adapted from English on Sky 2)
Bacalah teks berikut ini kemudian idenfikasikan generic
structure nya!
Salsa
This is Salsa. Salsa is an Indian elephant, but now it
lives in the National Zoo in Washington, D. C.
Salsa is young. It is 20 years old. It weighs up 2500 kg
and 2.1 m high at the shoulder. It may consume up to 200 kg of grass a day.
It is fond of banana, plants, gingers, and leaves of various plants.
Salsa doesn’t have sweat glands so it likes to cool off
by rolling in a pond in the zoo. The mud that dries on its skin protects it
from the sun. Salsa also likes taking a bath. It makes her fresh and relaxed.
Mike, the zookeeper, helps Salsa to take a bath. Mike does it everyday. Also
feeds and talk to Salsa. Salsa likes this nice guy very much.
(Adapted from Smart
Steps VIII)
|
Bacalah
teks berikut ini kemudian idenfikasikan linguistic feature nya!
There is a good hospital in my town. It is “Saras
Hospital”. It is located in Sumberwaras Street. It is a well known hospital
because almost all people in my town know it. When they are sick they go to
this hospital. Although it is not a state hospital, it is not expensive.
The hospital consists of many parts. The first part is
the room for staffs. The director and his staffs work there. The second part
is rooms for patients. The other parts are nurses’ room, radiology room,
surgical room, doctor’s room, dispensary, maternity section, laboratory, and
ICU (Intensive Care Unit) room.
The patients’ rooms consist of many classifications.
Pavilion is the best class and followed by the first class, second class,
third class, etc. The classification will differentiate the money people must
pay. Pavilion will be very expensive because the patients get the best
services, luxurious room, and facilities. If people stay in awards (one room
with many rows of beds), they must only pay less money. That is the cheapest
room for the patients. The hospital has two ambulances with two drivers. The
drivers are also the hospital’s staffs. They have worked in the hospital for
three years. They are always ready to carry sick people if they are needed.
(Taken from Buku
Ajar Bahasa Inggris IX)
|
Perhatikan
gambar berikut ini kemudian deskripsikan dalam bentuk teks descriptive!
BAB V
PENUTUP
A. Tindak Lanjut
Pembelajaran dalam rangka mendalami materi bahasa Inggris
tidak hanya berhenti sampai pada selesainya kegiatan pembelajaran modul ini. Pengembangan
yang lebih luas lagi masih sangat diperlukan untuk memberikan wawasan yang
seluas-luasnya. Untuk itu diperlukan tindak lanjut dari pembelajaran pendalaman
materi. Prinsip belajar sepanjang hayat harus terus diterapkan karena ilmu
pengetahuan akan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Tindak
lanjut dari pembelajaran modul ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara;
diantaranya dengan mencari dan membaca lebih lanjut materi terkait dari
berbagai sumber yang terdapat di perpustakaan Diklat setempat, sumber dari
internet, dan sumber-sumber yang lain. Pengetahuan yang Saudara dapatkan
tersebut dapat kemudian didiskusikan dengan para ahli di bidangnya, sehingga
didapatkan pemahaman yang maksimal dan menyeluruh.
Bagi para peserta diklat yang masih kurang pemahamannya
tentang isi dari modul ini dapat meningkatkan pemahaman dengan cara dan
kemampuan masing-masing. Mencari referensi yang lain dan terkait adalah salah
satu cara untuk memperbaiki pemahaman yang masih kurang. Selain itu bagi peserta
diklat yang belum dapat menyelesaikan tugas dengan baik (nilai evaluasi di
bawah standar) diminta untuk lebih banyak menambah wawasan dengan terus mencoba
berbagai macam latihan yang serupa.
B. Harapan
Materi yang diberikan dalam modul ini merupakan materi tentang
teks descriptive yang harus dikuasai oleh peserta diklat. Penguasaan
atas materi dalam modul ini bersifat mutlak mengingat inilah materi minimal
yang harus dikuasai peserta diklat yang akan disajikan dalam proses
pembelajaran di kelas. Materi yang ada dalam modul ini masih sangat potensial
untuk dikembangkan di lingkungan pendidikan para peserta diklat.
Untuk langkah ke depan, diharapkan peserta diklat akan
mampu mengaplikasikan isi modul ini dengan dikombinasikan dengan berbagai
sumber belajar yang terdapat di lapangan. Dengan demikian materi ajar akan
menjadi sangat bervariatif dan tidak monoton. Sehingga para peserta didik akan
banyak terbantu oleh para pengajar yang telah menguasai materi yang telah
disesuaikan dengan SK dan KD mata diklat yang sesuai dengan tingkatan
masing-masing.
Glossarium
Descriptive
|
:
|
Teks
teks yang isinya mengungkapkan tentang penggambaran sesuatu
|
Description
|
:
|
Bagian
teks descriptive yang berisi tentang penggambaran
|
Generic Structure
|
:
|
Bagian-bagian
teks
|
Generic participant
|
:
|
Pokok
pembahasan yang umum
|
Genre
|
:
|
Jenis
teks
|
Identification
|
:
|
Bagian
teks descriptive yang berisi tentang pengenalan
|
Linguistic feature
|
:
|
Ciri-ciri
kebahasaan
|
Specific participant
|
:
|
Pokok
pembahasan yang khusus
|
No comments:
Post a Comment