Friday, July 6, 2012

Cara Mengoptimalkan Perfomance PC Kita I


       Bagi yang mendapatkan komputernya sering not responding alias heng alias mati rasa, lalot (lambat loading), munculnya kotak dialog yang aneh-aneh dan kejadian-kejadian sejenis yang sering bikin stress, solusinya yang paling gampang adalah bawa ke tukang servis, bayar cemban (lima pulo se'bu), selesai semua urusan. Yang jadi masalah kalau jatah cemban itu utk kehidupan HP kita, mungkin itu dilema besar bagi kita (lebai...).   
    Mungkin langkah-langkah di bawah ini bisa menjadi solusi sebelum membawa PC/NB kita ke tukang service. Sistem operasi atau aplikasi yang lambat, solusinya tidak selalu harus dengan mengupgrade perangkat kerasnya. Masalah tersebut bisa muncul karena adanya masalah pada hardisk, overheat pada perangkat keras seperti prosessor, terlalu banyak program yang berfungsi sebagai "security program", virus, registry yang sudah rusak, akumulasi program aplikasi yang terlalu banyak, tidak memenuhinya minimum requirement spesifikasi komputer kita dengan sistem operasi dan aplikasi yang kita installkan, dan lain-lain. 
        Untuk masalah virus, tentunya harus dengan menggunakan antivirus yang terbaru dan selalu terbaharui - karena antivirus terbaik adalah antivirus terbaru dan selalu berbaharui. Update antivirus anda dan scan dengan antivirus tersebut. Untuk akumulasi program yang terlalu banyak, tinggal uninstall program-program yang tidak diperlukan. Untuk menguninstall program yang tidak diperlukan, pilih start - control panel - uninstall a program (Programs) - pilih program yang tidak dipakai yang mau di uninstall (dihapus). 
      Untuk memenuhi minimum requirement sebuah sistem operasi atau aplikasi tentunya tidak ada cara lain selain mengupgrade PC/NB kita atau kalau kelebihan duit bisa juga di  lem biru atau disedekahkan ke saya. Ini langkah kalau kita mau tetap menggunakan sistem operasi dan aplikasi tersebut. Minimum requirement adalah permintaan spesifikasi perangkat keras minimum untuk menjalankan sistem operasi atau aplikasi yang mau diinstallkan ke komputer kita. Misalnya, di Windows 7 mensyaratkan sebuah komputer yang mau diinstallkan Windows 7 harus memiliki prosessor dengan clock sekian, memory sekian, hardisk sekian dan sebagainya (lihat di Website Microsoft). 
         To be Continue........
        
       

  
Post a Comment