Monday, June 25, 2012

Modul Diklat Pendalaman Materi Bahasa Inggris Aspek Procedure

BAB I
PENDAHULUAN

A.       LATAR BELAKANG
Pada zaman globalisasi seperti sekarang ini, bahasa Inggris merupakan bahasa yang penting dalam komunikasi dunia. Kenyataan seperti ini muncul bukan disebabkan karena bahasa Inggris adalah bahasa yang terbaik di dunia, namun lebih dikarenakan bahasa Inggris adalah bahasa yang banyak digunakan dalam komunikasi di dunia. Dalam rangka mempersiapkan generasi yang akan datang, dunia pendidikan memiliki peranan yang penting juga dalam menyiapkan siswa untuk menghadapi era globalisasi dunia. Pada pendidikan formal, Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang tercantum dalam Struktur Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang penggunaannya ditetapkan dalam Peraturan Menteri Nomor 24 Tahun 2006. Artinya, mata pelajaran tersebut adalah mata pelajaran yang secara resmi disampaikan kepada siswanya di sekolah. Pada tingkatan Madrasah Tsanawiyah, mata pelajaran ini diajarkan pada kelas VII, VIII, dan IX.
Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMP/MTs bertujuan agar siswa memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.      Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulis untuk mencapai tingkat literasi functional  
2.      Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global
3.      Mengembangkan  pemahaman siswa tentang keterkaitan antara bahasa dengan budaya.
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Inggris di SMP/MTs meliputi:
1.      kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yakni mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis secara terpadu untuk mencapai tingkat literasi functional;
2.      kemampuan memahami dan menciptakan berbagai teks fungsional pendek dan monolog serta esei berbentuk procedure, descriptive, recount, narrative, dan report. Gradasi bahan ajar tampak dalam penggunaan kosa kata, tata bahasa, dan langkah-langkah retorika;
3.      kompetensi pendukung, yakni kompetensi linguistik (menggunakan tata bahasa dan kosa kata, tata bunyi, tata tulis), kompetensi sosiokultural (menggunakan ungkapan dan tindak bahasa secara berterima dalam berbagai konteks komunikasi), kompetensi strategi (mengatasi masalah yang timbul dalam proses komunikasi dengan berbagai cara agar komunikasi tetap berlangsung), dan kompetensi pembentuk wacana (menggunakan piranti pembentuk wacana).

Modul pendalaman materi Bahasa Inggris tertdiri atas berbagai topik yang disesuaikan dengan ruang lingkup, standar kompetensi, dan kompetensi dasar yang terdapat dalam Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Modul yang sedang Saudara baca ini mengurai tentang aspek membaca dan menulis teks jenis Procedure dan secara Spesifik membahas Standar Kompetensi: Membaca; Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat, yang akan dijabarkan dalam Kompetensi Dasar: Merespon makna dan langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dalam esai sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk procedure, serta Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esai pendek dan sangat sederhana berbentuk procedure dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima.

Pada Standar Kompetensi: Menulis; Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat akan dijabarkan dalam Kompetensi Dasar: Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esai pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk procedure.

B.       DESKRIPSI SINGKAT
Modul pendalaman materi bahasa Inggris tentang teks procedure ini memuat dua kegiatan belajar. Masing-masing kegiatan belajar terdiri dari kompetensi dasar, materi pokok, uraian materi, rangkuman, latihan/ tugas, dan tes mandiri. Materi pokok yang menjadi pembahasan dalam kegiatan belajar akan diuraiakan dengan lengkap pada tiap-tiap uraian materinya.
Pada kegiatan belajar 1 akan dibahas tentang membaca teks procedure. Materi pokok yang menjadi pembahasan meliputi pengertian, fungsi teks procedure, generic structure teks rocedure, dan linguistic feature teks procedure. Pada sub bahasan pengertian dibahas tentang pengertian “membaca teks procedure”. Sedangkan pada sub bahasan generic structure teks procedure diuraiakan tentang bagian-bagian yang ada dalam teks procedure. Uraian materi linguistic feature teks procedure membahas tentang ciri-ciri kebahasaan yang ada dalam suatu teks procedure.
Pada kegiatan belajar 2 secara khusus pembahasan terpusat pada “menulis teks procedure” . Materi pokok yang manjadi pembahasan dalam kegiatan belajar ini ada dua; yaitu pengertian dan langkah retorika penulisan teks procedure. Pada sub pembahasan pengertian, uraian materi meliputi pengertian “menulis teks procedure”. Sedangkan pada sub pembahasan langkah retorika penulisan teks procedure akan diuraikan tentang langkah-langkah yang harus ditempuh dalam menuliskan teks procedure.
Pada modul ini juga dilengkapi dengan bab evaluasi yang merupakan pengayaan dari kedua kegiatan belajar yang menjadi pembahasan. Pada bab ini terdapat soal-soal latihan yang dapat membantu peserta diklat untuk lebih memahami materi-materi yang telah diuraiakan pada kegiatan belajar sebelumnya. Peserta diklat juga diberikan kesempatan untuk menganalisa dan mempraktekkan untuk menulis teks procedure.

C.       STANDAR KOMPETENSI
1.    Bahasa Inggris tingkat MTs tentang Procedure (Membaca)
a.    SK: Membaca; Memahami berbagai makna (interpersonal, ideasional, tekstual) dalam berbagai teks tulis interaksional dan monolog terutama yang berbentuk procedure.
b.    KD: Menjelaskan membaca teks procedure.
c.    Indikator:
1)   Mampu mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks procedure
2)   Mampu mengidentifikasi fungsi komunikatif teks procedure
3)   Mampu menyebutkan ciri kebahasaan teks procedure
4)   Mampu mengidentifikasi langkah retorika teks procedure  
5)   Membaca nyaring teks procedure dengan baik dan benar
2.    Bahasa Inggris tingkat MTs tentang Procedure (Menulis)
a.   SK: Menulis; Mengungkapkan berbagai makna (interpersonal, ideasional, tekstual) dalam berbagai teks tulis interaksional dan menolong terutama yang procedure.
b.  KD: Menjelaskan menulis teks procedure.
c.   Indikator:
1)   Mampu menyusun teks procedure
2)   Mampu menulis teks berbentuk procedure dengan langkah retorika yang benar

D.       PETA KONSEP


E.     Relevansi / Manfaat
Modul ini bermanfaat bagi peserta diklat agar:
1.    Menguasai dalam pengembangan indikator pencapaian berdasarkan contoh pengembangan yang tersedia.
2.    Menguasai materi-materi pembelajaran Bahasa Inggris tentang teks procedure.
3.    Menguasai kompetensi membaca dan menulis teks berjenis procedure.
4.    Manjadi bahan kajian dalam rangka peningkatan penguasaan meteri pembelajaran Bahasa Inggris, khususnya teks procedure.


F.      Tujuan Pembelajaran
1.    Tujuan Pembelajaran Umum
Setelah mempelajari bahan ajar ini, peserta diklat diharapkan mampu memahami tentang teks berjenis procedure. Pemahaman tidak hanya berhenti pada sekedar mengetahui pengertian teks procedure, namun juga memahami bagian-bagian nya, dan ciri-ciri kebahasaannya.

2.    Tujuan Pembelajaran Khusus:
Secara khusus tujuan pembelajaran ini adalah agar peserta diklat mampu:
a.         Mengembangkan pemahamannya tentang teks procedure
b.        Mampu mengenali teks dalam jenis procedure
c.         Mampu memahami bagian-bagian dalam teks berjenis procedure
d.        Mengembangkan keterampilannya dalam hal pemahaman bacaan berjenis procedure.
e.         Mengembangkan keterampilannya dalam hal menuliskan teks dalam bentuk procedure.

G.     Petunjuk Penggunaan Modul
Modul ini hendaknya digunakan sesuai dengan petunjuk berikut ini:
1.    Keseluruhan materi yang ada dalam modul ini hendaknya dibaca secara seksama;
2.    Bab Pendahuluan merupakan informasi yang menguraikan bagian penting dalam memahami modul ini; karena itu untuk memahami, setiap peserta perlu saling tanya jawab atau diskusi baik dengan sesama peserta maupun dengan pelatih/ narasumber;
3.    Modul akan lebih baik bila dipelajari secara berkelompok untuk memahami hal-hal baik yang terkait dengan teknis maupun teoretis;
4.    Bila ada materi-materi yang kurang dipahami, peserta diklat dapat bertanya langsung kepada narasumber yang menyampaikan materi modul ini;
5.    Tugas dan latihan yang terdapat pada setiap bab harap dikerjakan tanpa melihat kunci jawaban terlebih dahulu.
6.    Untuk menguji kemampuan terhadap penguasaan modul ini, peserta agar mengerjakan soal-soal tes secara individu.

7.    Bila peserta belum mampu menjawab sebagian besar dar soal yang ditampilkan dalam latihan maupun tes formatif, perserta dapat mengulangi lagi dalam mempelajarinya agar setiap kompetensi yang diharapkan dalam setiap babnya dapat peserta penuhi.


BAB II
KEGIATAN BELAJAR 1
MEMBACA TEKS PROCEDURE

A.     Kompetensi Dasar
Menjelaskan “Membaca Teks Procedure

B.     Materi Pokok :
1.      Pengertian
2.      Fungsi teks procedure
3.      Generic Structure teks procedure
4.      Linguistic Feature teks procedure

C.     Uraian Materi
Pada kegiatan belajar ini akan kita bahas tentang “membaca teks procedure”. Pembahasan akan meliputi pengertian dari “membaca teks procedure”, fungsi teks procedure, generic structure teks procedure, dan linguistic feature teks procedure. Masing-masing materi pokok dalam uraian materi ini akan dibahas dengan jelas sebagai berikut.
1.      Pengertian
Membaca merupakan suatu kegiatan yang selalu berkaitan dengan teks ataupun bahasa tulis lainnya. Kedua hal antara membaca dan teks (bahasa tulis) adalah hal yang saling berkaitan; membaca memerlukan media bahasa tulis sedangkan suatu teks (bahasa tulis) ada dengan tujuan untuk dibaca. Secara umum membaca dapat dimengeri sebagai proses menangkap gagasan yang terdapat dalam bacaan, selain merupakan pengalihan lambang bahasa tulis ke dalam bentuk bunyi.
Sedangkan media membaca yang disebut dengan teks dapat dimengerti sebagai suatu bentuk tulisan yang memiliki makna tertentu. Oleh sebagian orang teks seringkali diidentikkan dengan suatu tulisan yang terdiri dari banyak kalimat dan bahkan berlembar-lembar, namun sebenarnya suatu teks dapat saja hanya terdiri dari suatu tulisan yang singkat. Pada dasarnya pokok pengertian suatu teks adalah apabila bahasa tulis itu memiliki makna; tidak ada batasan jumlah kalimatnya. Dalam proses pembelajaran bahasa, teks hendaknya diberikan dalam konteks. Dengan demikian pemahaman siswa dapat mencakup pemahaman dalam teks tersebut dan juga konteksnya.
Dalam pembelajaran bahasa Inggris pada tingkat Mts, siswa telah diperkenalkan dengan beberapa jenis teks; salah satunya adalah jenis procedure. Teks procedure adalah suatu teks yang isinya memberikan penjelasan tentang bagaiamana suatu hal dilakukan (Anderson & Anderson, 2003: 50). Dengan demikian teks jenis ini akan memuat langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuannya.
Dari penjelasan-penjelasan di atas dapat ditarik pengertian bahwa “membaca teks procedure” adalah suatu proses menangkap makna dari sutu teks yang isinya tentang penjelasan cara melakukan sesuatu. Meskipun pengertian ini dapat secara singkat dipahami, namun pada prakteknya masih banyak hal yang menjadi perhatian.
Untuk memahami makna teks procedure ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian. Hal-hal yang menjadi perhatian diantaranya fungsi teks procedure, generic structure teks produre, dan linguistic feature teks procedure. Sehingga pesan yang ada dalam teks tersebut mampu tersampaikan dengan tepat. Selain itu, reseptor dari pesan tersebut juga dapat memahami dengan tepat.Dengan mengerti tujuan, bagian-bagian, dan ciri kebahasaan teks pembaca juga akan lebih mudah mengenali jenis teks, sehingga akan lebih mudah merespon makna yang ada dalam teks tersebut.
2.      Fungsi/ Tujuan Teks Procedure
Teks jenis procedure adalah teks yang pada dasarnya mengungkapkan tentang cara dengan langkah-langkah tertentu. Ada beberapa ungkapan ahli bahasa yang menunjukkan tujuan dari teks procedure. Dengan bahasa yang sangat sederhana Anderson & Anderson (2003: 50) mengungkapkan bahwa tijuan atau fungsi teks jenis procedure adalah to explain how something can be done. Pendapat ini mengungkapkan bahwa teks procedure adalah teks yang berisi penjelasan cara sesuatu itu dapat dilakukan. Maka dalam teks tersebut akan memuat langkah-langkah yang harus ditempuh. Seperti yang diungkapkan oleh Macken (1991: 18) dan Hammond, dkk (1992: 86) bahwa teks procedure adalah teks yang termasuk kelompok factual  dengan tujuan to describe how something is accomplished through a sequence of actions or steps. Dengan demikian, karena tujuan utama dari teks jenis procedure adalah untuk memberikan gambaran cara-cara dalam sesuatu hal dengan menempuh langkah-langkah tertentu, maka urutan langkah-langkah yang ada harus tepat.
Berikut ini contoh teks procedure:
Example 1:
How to Use a Rice Cooker
1.      Use the measuring cup to measure the rice. 1 cup of uncooked rice will make about 3 cups of cooked rice. Wash the rice 3 or 4 times with fresh water in  a bowl and wash until the water becomes almost clear.
2.      Put rinsed rice and water into the pan using the water level markings inside the pan (e.g: to cook 6 cups of uncooked rice, rinse it, put it into the pan and then add water up to the indication “6” on the water level marking). The water level of the pan is a guide. Adjust the amount of water to your personal taste.
3.      Place the pan inside the cooker, turn it lightly to the right and left to place the pan directly into the heating plate.
4.      Plug in the power cable to switch on. Make sure the switch lamp is on. Do not switch on without the pan in the body.
5.      When the rice is done, the switch button clicks off. To keep warm the system starts working.
(Adapted fromFriend 06 untuk SMP/ MTs Kelas 9)

Pada contoh di atas dapat diketahui bahwa fungsi teks procedure adalah untuk menjelaskan “How to Use a Rice Cooker”. Fungsi teks procedure di atas dapat diketahui dari judulnya dan juga isi pada stepsnya.
Example 2:
Let me tell you how to browse on the inernet. Go to a cyber cafe. Find a nice place and sit there comfortably. Then, turn on the computer carefully if it is off. Wait patiently until you see the picture on the screen.
Next, fill in that form accurately. Ask the attendant politely when you have trouble. After that, browse on the website. Find the information as you wish.
To end the operation, click the clock on the bottom right side of the screen. You will see a figure indicating the amount of money you must pay. Click “CONTINUE” when you don’t want to end. Click “STOP” when you want to end.
Pay at the cashier before you leave the internet cafe.
(Adapted from Friend 06 untuk SMP/ MTs Kelas 9)

Pada teks di atas juga merupakan salah satu teks jenis procedure yang tidak memiliki judul. Tujuan teks procedure di atas dapat diketahui dari isi teks dalam paragrafnya. Pada kalimat awal diketahui bahwa teks tersebut bertujuan untuk menjelaskan cara browsing internet.
Example 3:
A Photo Fish Fun Frame
You’ll need:
A _mportant tray, coloured tissue paper, any photograph, glue stick, and varnish.
1.      Draw the fish on the tray and cut it out, the fish should be a little smaller than the photograph you want to frame.
2.      Cut different-coloured tissue paper into little pieces
3.      Use a glue stick. Glue the pieces of tissue paper to the tray so that they overlap a little.
4.      Cover the fish cut out, which will serve as the frame’s stand.
(Taken from Detik-Detik Ujian Nasional Bahasa Inggris 2007)
Pada contoh teks procedure di atas disebutkan judul; yaitu a photo fish fun frame. Dari judul tersebut tidak menyebutkan cara, bahkan dari isinya juga tidak menyebutkan fungsi dari teks tersebut secara eksplisit. Namun demikian, fungsi teks dapat ditemukan secara implisit dari koherensi judul dan langkah-langkah yang ditempuh. Teks procedure di atas berfungsi untuk menjelaskan bagaiamana cara pembuatan a photo fish fun frame.
Tugas: cobalah untuk menemukan fungsi dari teks procedure berikut ini!
How to make a balloon-powered rocket

You will need: a balloon, sticky tape, string, a plastic drinking straw
  1. Thread the string carefully through the drinking straw
  2. Tie one end of the string to an object (tree, door handle, post, and so on)
  3. Tie the other end of the string to something ten metres away, making sure that the string is tight
  4. Cut two pieces of sticky tape
  5. Gently blow a little air into the balloon
  6. Hold the end of the balloon tightly so the air does not escape
  7. Tape the balloon firmly to the straw
  8. Blow more air to the balloon and again hold the end tightly
  9. Quickly release the end of the balloon and watch it travel along the string
(Adapted from Text types in English)
3.      Generic Structure Teks Procedure
Untuk mengenali jenis teks tertentu, maka generic structure (bagian-bagian teks) juga harus dapat dikenali sesuai dengan jenis teksnya. Bagian-bagian teks ini merupakan _mpor yang dapat dikenali dengan pengetahuan yang ada. Artinya tidak dapat diungkapkan hanya dengan kasat mata saja. Namun, pengenalan dapat diperoleh dengan pemahaman terlebih dahulu. Untuk teks jenis procedure, paling sedikit terdiri dari dua bagian utama; yaitu goal dan steps 1-n Macken (1991: 18)
Pada bagian goal akan ditemukan tujuan dari procedure yang ada; misalnya saja how to operate the computer, the way to operate the computer, dsb. Maka pada bagian goal dapat diketahui teks procedure yang ada menjelaskan tentang cara apa. Pada bagian yang ke dua adalah steps. Bagian ini merupakan bagian inti dari suatu teks procedure karena pada bagian inilah diungkapkan tentang cara dan langkah-langkah yang ditempuh.
Menurut Hammond dkk (1992: 86) bagian-bagian pada teks procedure terdiri dari tiga bagian; yaitu goal, materials, dan procedure. Pada bagian goal berisi tentang pengenalan atau nama procedure yang akan dibahas. Bagian ini merupakan identitas dari suatu teks procedure. Bagian yang ke dua adalah materials. Bagian ini merupakan bagian optional dalam suatu teks procedure. Bagian materials berisi daftar bahan-bahan yang diperlukan dalam procedure. Bahan-bahan ini dapat ditemukan dalam teks berupa pointer-pointer saja atau dapat juga berupa kata-kata yang terisat dalam bagian procedure. Bagian yang ketiga adalah bagian inti dari teks procedure. Bagian ini merupakan langkah-langkah yang memberikan gambaran tentang cara untuk mencapai pada goal nya. Langkah-langkah itulah yang menuntun sesuai dengan urutannya untuk mewujudkan suatu teks procedure.
Menurut Anderson & Anderson (2003: 52) generic structure dalam teks procedure juga terdiri dari tiga bagian; yaitu an introductory statement that gives the aim or goal, a list of materials, dan a sequence of steps in the order they need to be done. Bagian-bagian ini pada dasarnya _mport sama dengan pendapat sebelumnya. Hanya saja diungkapkan dengan bahasa yang berbeda. Bagian yang pertama adalah an introductory statement that gives the aim or goal. Bagian ini berisi pengenalan yang menunjukkan tujuan atau goal dari teks yang dibahas. Bagian yang ke dua adalah a list of materials. Bagian ini berisi daftar bahan-bahan yang dibutuhkan dalam teks procedure. Bagian ini dapat ditemukan dalam bentuk pointer-pointer atau _mportant ditemukan dalam bentuk rangkaian kalimat-kalimat. Terkadang, juga dapat pula tersisip dalam bagian yang ke tiga. Bagian yang ketiga adalah a sequence of steps in the order they need to be done. Bagian ini berisi langkah-langkah yang ditempuh dalam teks procedure. Langkah-langkah tersebut dapat berupa _mportant-paragraf descriptive atau juga dapat berupa pointer-pointer numbering.
Perhatikanlah contoh analisa teks procedure berikut ini:
Example 1:
Aim/ Goal
Refill Procedure for Catridge Canon
Steps
Release catridge from printer
Release sticker from catridge
Make a big hole using pin tool that came from the packaging
Insert needle into catridge
Hold the print head with tissue
Inject up to 5-6 cc of ink.
Hold tissue about 4-5 minutes
Clean the print head using wet tissue paper
Catridge ready to use.

Pada contoh di atas dapat dilihat bahwa teks tersebut berjenis procedure dengan terdiri dari dua bagian saja; yaitu goal dan steps. Contoh tersebut adalah contoh teks procedure yang paling sederhana.
Example 2:
Aim/ Goal
The Basic Operation of Digital Camera
Materials
You need:
A digital camera
An object
Steps
Follow the steps below to take pictures:
  1. Hold up the camera and center the object in the LCD
  2. Move closer or use the zoom control for the result you want
  3. When you are ready to take the picture, hold the shutter halfway. It is _mportant, so the camera sets the focus, shutter speed, and various other calculations. This may take a few second.
  4. A light should appear that lets you know the camera is set to go
  5. Press shutter all the way down.
Pada contoh di atas dapat dilihat bahwa teks tersebut berjenis procedure yang terdiri dari tiga bagian; yaitu goal, materials dan steps. Contoh tersebut adalah contoh teks procedure yang lengkap.

Tugas: Cobalah mengidentifikasi bagian-bagian teks berikut ini:
  1. Ada berapa bagian teks procedure berikut ini?
  2. Tunjukkanlah bagian aim/ goal nya!
  3. Apakah Saudara dapat menemukan bagian material? Jika ya, tunjukkan!
  4. Tunjukkan bagian steps nya!
  5. Ada berapa langkah yang dapat Saudara temukan?
How to Make Stickers

Anyone can make home-made stickers. All you need is a little patience and creativity.
What you’ll need: little squirt bottles of fabric paint and a mirror or glass to work on.

Follow the four easy steps below:
§         Take the paint and make a design or drawing on the glass, like a name of a flower, a heart or a star.
§         Let the paint dry for 24 hours or until it isn’t soft to touch or press down. The more paint you use, the longer it will have to dry.
§         After it is dry, peel back the paint and the design will come clearly off the glass. Make sure to take your time so as not to rip the design in pieces. The paint will feel just like thin rubber and is very easy to tear.
§         Rub a little bit of water on the back of the sticker so it will be able to adhere to another surface. Place it anywhere on the mirror or any other surface.

4.      Linguistic Feature Teks Procedure
Untuk mengenali sebuah teks sesuai dengan genre nya, kita dapat melihat pada ciri kebahasaannya. Ciri kebahasaan atau yang lebih dikenal dengan linguistic feature adalah petunjuk yang dapat dikenali dengan kasat mata tentang suatu teks sesuai dengan genre nya. Menurut Macken (1991: 18), linguistic feature teks procedure terdiri dari  focus on generalised human agents, use of simple present tense (plus sometimes imperative), use of mainly temporal conjunctive relations, dan use of mainly material (action) clauses. Dalam teks procedure dapat ditemukan bahwa teks tersebut focus on generalised human agents. Ciri ini menunjukkan bahwa teks tersebut tidak tertuju pada orang tertentu melainkan dapat digunakan secara umum. Ciri yang kedua yang dikemukakan oleh Macken adalah use of simple present tense (plus sometimes imperative).  Ciri ini menunjukkan bahwa dalam teks jenis procedure menggunakan simple present tense untuk merangkai kalimat-kalimatnya. Namun kadang-kadang juga menggunakan kalimat imperative. Selain itu, dalam kalimat procedure juga banyak ditemukan use of mainly temporal conjunctive relations. Ciri ini akan banyak ditemukan pada bagian steps karena penggunaan temporal conjunctive relations; seperti before, after, then, dsb sangat mempengaruhi urutan langkah-langkah yang harus ditempuh dengan tepat. Ciri yang ke empat adalah use of mainly material (action) clauses. Ciri ini menunjukkan bahwa ditemukan kata kerja yang digunakan dalam teks procedure adalah kata kerja action. Kata kerja action adalah kata kerja yang menunjukkan kegiatan; misalnya mix, add, clean, dsb.
Sedangkan menurut Hammond dkk (1992: 86) ciri kebahasaan teks jenis procedure terdiri dari focus on generalised human agents (often implicit), sequence of events marked either explicitly by temporal connectives, or numbering points, or implicitly by the ordering of steps on the page, use of the imperatives and verbs of action, dan use of conditional ‘if’ to indicate alternative paths of action. Ciri-ciri yang diungkapkan memang lebih banyak dari pada yang diungkapkan oleh Macken di atas, namun di sini terdapat beberapa ciri yang sama. Pada ciri yang pertama; yaitu focus on generalised human agents (often implicit) telah disebutkan pada pendapat sebelumnya. Dengan penjelasan ‘often implicit’ menunjukkan bahwa ciri focus on generalised human agents seringkali ditemukan secara tersirat dalam teks dan bukan dengan kalimat terbuka yang tertulis dengan jelas di dalam teks. Pada ciri yang kedua adalah sequence of events marked either explicitly by temporal connectives, or numbering points, or implicitly by the ordering of steps on the page. Ciri ini menunjukkan bahwa teks jenis procedure menggunakan tanda untuk menunjukkan urutan kejadian. Tanda urutan tersebut terkadang dapat ditemukan secara eksplisit namun terkadang juga hanya ditemukan dalam bentuk implisit. Tanda yang dapat ditemukan secara eksplisit misalnya dengan adanya temporal connectives; seperti first, second, then, next, dsb atau dengan numbering points; seperti 1, 2, 3 dsb. Sedangkan tanda irutan yang ditemukan secara implisit dapat berupa urutan langkah-langkah yang harus ditempuh yanng ditemukan dalam teks.
Anderson & Anderson (2003: 52) dalam bukunya “Text Types in English 2” mengungkapkan bahwa ciri kebahasaan teks jenis procedure terdiri dari the use of technical language, sentences that begin with verbs and are stated as commands, the use of time words or numbers that tell the order for doing the procedure, dan the use of adverbs to tell how the action should be done. Ciri yang pertama bahwa dalam teks procedure ditemukan the use of technical language menunjukkan teks jenis ini menggunakan bahasa yang memberikan penjelasan tentang ‘cara’. Hal ini sangat jelas karena teks procedure adalah teks yang ememberikan penjelasan kepada pembacanya tentang ‘cara’. Sehingga bahasa yang digunakan adalah bahasa teknis. Ciri yang ke dua adalah sentences that begin with verbs and are stated as commands.  Ciri ini sebenarnya sudah diungkapkan pada pendapat sebelumnya; yaitu bahwa dalam teks jenis procedure ditemukan kalimat imperative. Maksudnya adalah kalimat-kalimat yang dirangkai untuk bagian steps banyak menggunakan bentuk kalimat perintah. Kalimat perintah biasanya diawali dengan kata kerja dan bisa juga kalimat perintah diwujudkan dalam bentuk ‘command’. Ciri penting selanjutnya adalah the use of time words or numbers that tell the order for doing the procedure. Ciri ini juga telah diungkapkan pada pendapat sebelumnya. Pada ciri ini penggunaan time words dan numbers yang ditemukan pada teks jenis procedure adalah untuk menunjukkan urutan pada bagian steps (langkah-lngkah yang harus ditempuh). Ciri terakhir yang diungkapkan oleh Anderson & Anderson adalah the use of adverbs to tell how the action should be done. Ciri ini belum diungkapkan pada pendapat-pendapat sebelumnya. Ciri ini menunjukkan bahwa dalam teks procedure ditemukan adverbs yanng gunanya untuk memberikan penjelasan kepada pembaca tentang kegiatan yang dilakukan. Dengan kalimat yang lebih sederhana, adverbs dalam teks jenis procedure adalah sebagai penjelas action verbs yang ada pada bagian steps.
Perhatikanlah contoh analisa teks procedure berdasarkan linguistic feature nya:
   
Example 1:

Pada contoh di atas dapat dilihat bahwa dalam teks procedure dapat ditemukan ciri-kebahasaan seperti penggunaan simple present, action clauses, imperatives, dan temporal conjunctive relation. Ciri kebahasaan yang ada dalam teks di atas sesuai dengan yang diungkapkan oleh Macken.
Example 2:

Pada contoh di atas dapat dilihat bahwa dalam teks procedure dapat ditemukan ciri-kebahasaan seperti penggunaan simple present, action verbs, imperatives, conditional ‘if’ dan numbering points. Ciri kebahasaan yang ada dalam teks di atas sesuai dengan yang diungkapkan oleh Hammond.
  
Dengan analisa yang lebih jelas dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
Linguistic feature
Contoh dalam teks
Conditional ‘if’
If there is no enough time
if there is teeth trouble
Imperatives
Eat food ….
Brush teeth
Visit dentist
Go to dentist
Simple present
there is
Action verbs
Brush, go, cleaned, visit,
Numbering points
1, 2, 3, 4, 5, 6
Example 3:



Pada contoh di atas dapat dilihat bahwa dalam teks procedure dapat ditemukan ciri-kebahasaan seperti penggunaan adverbs, sentences that begin with verbs, technical language, dan time words or numbers showing order.

Tugas: Cobalah untuk mengidentifikasi linguistic feature teks berikut ini!
Let me tell you how to browse on the Internet. Go to a cyber café or an internet café. Find a nice place and sit there comfortably. Then, turn on the computer carefully if it is off. Wait patiently untill you see picture on the screen.
Next, fill in the form accurately. Ask the oprator politely when you have trouble. After that, browse on the website. Find the information as you wish. To end the operation, click the clock on the bottom right side of the screen. You will see a figure indicating the amount of money you must pay. Click “CONTINUE” when you don’t want to end. Click “STOP” when you want to end.
(Adapted from Friends o6)

D.     Rangkuman
Membaca teks procedure merupakan suatu kegiatan untuk menangkap makna dari sebuah teks yang memberikan penjelasan tentang cara melakukan sesuatu. Dalam membaca teks procedure ada hal-hal yang harus diperhatikan; yaitu tujuan/ fungsi teks procedure, generic structure teks procedure, dan linguistic feature teks procedure.
Tujuan dari teks berjenis procedure adalah untuk memberikan informasi tentang cara melakukan sesuatu. Tujuan teks procedure dapat ditemukan secara eksplisit pada judul teks, pada paragraf pengenalan, dan secara implisit dari koherensi judul dan isi teks.
Teks procedure secara lengkap terdiri dari tiga bagian; yaitu goal/ aim, materials, dan steps. Namun dalam bentuk yang sederhana teks ini terdiri dari dua bagian; yaitu goal dan steps. Goal adalah bagian yang memuat tujuan teks tersebut. Bagian ini biasanya sekaligus sebagai judul teks. Bagian yang kedua adalah materials. Yaitu bagian yang berisi bahan-bahan yang diperlukan. Bagian ini terkadang tidak ditemukan dalam suatu teks berjenis procedure. Bagian yang ketiga adalah steps. Bagian ini memuat langkah-langkah yanng harus ditempuh untuk mencapai tujuan yang telah disebutkan dalam goal.
Untuk mengenali teks jenis procedure, maka perlu mengenali ciri kebahasaannya. Ciri kebahasaan ini sering disebut dengan linguistic feature. Diantara ciri kebahasaannya adalah adanya penggunaan simple present, imperative, temporal conjunction, dan  numbering points.

E.      Latihan / Tugas
1.      Tentukan anggota kelompok Saudara yang terdiri dari 3-4 orang!
2.      Diskusikan teks procedure berikut ini!
How to Make a New Folder
You have just written a new document in your computer. Now, you want to save it on your hard disk that is in your own folder. Unfortunately, you don’t have it yet. Follow these instructions to make a new folder:
  1. Click start, usually located on the left bottom monitor
  2. Place the pointer on program
  3. Place the pointer on windows Explorer and click. You have now entered or opened your electronic cabinet. Here, you can see every document, file, and program that is in your computer.
  4. You are going to create your folder in the My Document folder. Find it on the left side column of the Windows Explorer.
  5. Move the pointer to My Document and double click on it. You will be presented with a list of some folders that are created inside the My Document folder, and notice that this folder is highlited which means the folder you create will be located inside the My Document folder.
  6. Move the pointer to file and click.
  7. Move the pointer to new.
  8. Move the pointer to folder and click.
  9. Type in the name of your new folder and press return or enter
(Adapted from Friends 06 Kelas 9)

Pertanyaan berikut ini dapat menjadi bahan diskusi:
a.    Apakah fungsi dari teks di atas?
b.    Sebutkan bagian-bagiannya!
c.    Cobalah untuk menganalisa linguistic feature teks di atas!

Cobalah mengidentifikasi bagian-bagian teks berikut ini bersama partner Saudara!
Making Recycled Paper
What you need: blender, screen, wooden plank/ board, plastic container, scraper, shredded used paper (same colour and type), paper glue (white colour), water.
Steps:
1.      Soak the shredded paper in water for about 3 hours.
2.      Blend the soaked paper into pulp.
3.      Add water and glue at the following ratio: 15 liter water: 3 liter of pulp: 1 spoonful of glue. Pour the mixture into a plastic container.
4.      Dip the screen into the mixture
5.      Gently, raise the screen with a layer of the mixture
6.      Place the screen with the mixture in it on the plank/ board.
7.      Scrape the back of the screen to reduce water content in the mixture.
8.      Remove the screen from the mixture on the plank/ board.
9.      Leave the mixture to dry in the air.
(Adapted from Detik-Detik Ujian Nasional Bahasa Inggris 2007)

Setelah Saudara menemukan generic structure teks di atas, cobalah menganalisa berdasarkan linguistic feature nya!



F.      Tes Mandiri
Jawablah pertanyaan-pernyataan berikut dengan memberi tanda pada pilihan jawaban a, b, c, atau d!

Text 1
Princess Rice Cooker
  1. Measure out required quality of rice using measuring cup provided. Wash rice plan, then put rice in the cooking pot and add water up to the level as recommended by the marking. However, the quality of water used will depend on the age and strain of the rice, as well as personal taste.
·        Do not exceed the maximum water levelmark.
  1. Set the cooking pot the rice cooker, making certain that the base is dry. Ensure that cooking pot is in direct contact with the heating element by rotating it slightly until it seats properly. The rice cooker malfunctions if the cooking pot is incorrectly positoned.
·        Always keep the exterior bottom of the cooking pot and heating plate clean and dry.
  1. When ready to cook, plug power supply cord into an AC wall outlet. Press “COOK”. Once rice is cooked, a build-in beat censer will automatically switch the “COOK” mode to “WARM” mode. Allow rice to rest for about 15 minutes before serving.
1.      The brief description of the way to cook rice using the Princess rice cooker is …
a.       Plug the power cord into the rice cooker socket, then put the cooking switch.
b.      Plug the power cord, press cook and switch the cook mode for about 15 minutes
c.       Measure the quality of rice and set the cooking pot inside the rice cooker.
d.      Wash rice, put it in the cooking pot with some water, plug the power cord, and press “COOK”.
2.      How long should we allow rice to rest before serving?
  1. 10 minutes
  2. 15 minutes
  3. 20 minutes
  4. 30 minutes
3.      The rice cooker malfunctions if the cooking pot is incorrectly positoned.
The underlined words mean ….
  1. It fails to work properly
  2. It can’t warm the cooker rice
  3. It automatically switch of the cook mode
  4. It need more than 15 minutes to rest before serving
4.      The goal of the text above is …
  1. How to warm the rice
  2. How to make the princes rice cooker
  3. How to cook rice using the princess rice cooker
  4. How to repair the princess rice cooker

Text 2
The Basic Operation of Digital Camera
You need:
  • A digital camera
  • An object
Follow the steps below to take pictures:
  1. Hold up the camera and center the object in the LCD
  2. Move closer or use the zoom control for the result you want
  3. When you are ready to take the picture, hold the shutter halfway. It is importan, so the camera sets the focus, shutter speed, and various other calculations. This may take a few second.
  4. A light should appear that lets you know the camera is set to go
  5. Press shutter all the way down.
5.      What does the text tell you about?
a.       About how to take pictures using a digital camera
b.      About how to use a digital camera properly
c.       About how to turn off the LCD of the camera
d.      About how to manage a digital camera

6.      Where can you see the picture of the object in a digital camer?
a.       On the zoom control
b.      In a camera
c.       In the LCD
d.      On the view finder

7.      Why do you have to turn off the LCD when there is extreme light?
a.       Because it is too bright
b.      Because it takes few seconds to focus
c.       Because it is to conserve battery life
d.      Because it doesn’t work well with gright light

Text 3
Wet Air
You need:
  • 2 small jars with firm-fitting lids
  • Table salt
  • Crushed ice
  • Water
  • Teaspoon
  • Paper towel
What to do:
  1. Fill one of the jars about three-quarters full with crushed ice
  2. Add about 2 teaspoons of salt and stir around to mix well. Seal the jar and wipe it dry
  3. Fill the other jar about three-quarters full with tap water at room temperature and seal the jar. Wipe it dry
  4. Now wait several minutes and compare the two jars. Note what happens.
8.      Here is the generic structure of the text above: …
a.       Goal – steps
b.      Materials – steps
c.       Indentification – materials – steps
d.      Goal – materials – steps
9.      The followings are what we need to do the experiment, except …
  1. Paper towel and small jars
  2. Water and teaspoon
  3. Table salt
  4. Iced tea
10.  What did you observe on the outside of the two jars?
  1. Water droplets formed on the outside of the jar containing tap water
  2. Water droplets formed on the outside of the jar containing the water-ice mixture
  3. Gases formed on the outside of the jar containing tap water
  4. Ice formed on the outside of the jar containing tap water

Lengkapilah kalimat-kalimat berikut ini!
1.      Teks berjenis procedure secara sederhana memiliki …. bagian
2.      Teks berjenis procedure yang lengkap terdiri dari …. bagian
3.      Tujuan atau fungsi dari teks procedure adalah untuk memberikan informasi tentang ….
4.      Bagian yang memberikan pengenalan tentang isi teks adalah …..
5.      Bagian yang berisi bahan-bahan untuk mencapai tujuan adalah ….
6.      Bagian yang berisi langkah-langkah yang harus ditempuh adalah …
7.      Ciri kebahasaan teks sering dikenal dengan ….
8.      first, then, after that, before adalah contoh penggunaan ….
9.      carefully, slowly, accurately adalah contoh penggunaan ….
10.  Commands adalah sentences begin with ......
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan tepat!
1)      Sebutkan tujuan / fungsi teks procedure!
2)      Ada berapa bagian kah pada teks jenis procedure sederhana? Sebutkan!
3)      Ada berapa bagian kah pada teks jenis procedure yang lengkap? Sebutkan!
4)      Apakah yang saudara ketahui tentang linguistic feature?
5)      Sebutkan linguistic feature teks jenis procedure!

Cobalah untuk mengidentifikasi generic structure teks berikut ini!
Popcorn crunch
You will need;
  • 1.5 cups of sugas
  • 1 cup of golden syrup
  • 0.5 cup of butter
  • 8 cups of popcorn, already popped
  • 2 cups of puffed wheat cereal
  • 1 cup of toasted flaked almonds
  • 1 teaspoon of vanilla
  • 3/4 teaspoon of cinnamon

Place sugar and golden syrup in a heatpot dish, stir and cook until sugar is dissolved (approximately four minutes). Add butter and cook for six minutes. While this is cooking, place popcorn, puffed wheat cereal and almonds into separate bowl. Add cinnamon and vanilla to golden syrup mixture. Combine syrup with popcorn, cereal and almonds and spread over a lightly grased 25 centimetre x 30 centimetre baking tray. Allow to cool, and then cut into pieces. Store in an airtight container.
(Adapted from Text Type in English)

Cobalah untuk menganalisa linguistic feature teks procedure di atas!



BAB III
KEGIATAN BELAJAR 2
MENULIS TEKS PROCEDURE

A.     Kompetensi Dasar
Menjelaskan menulis teks procedure

B.     Materi Pokok :
1.    Pengertian
2.    Langkah penulisan teks procedure

C.     Uraian Materi
Pada kegiatan belajar sebeumnya kita telah membahas tentang membaca teks procedure yang mencakup tujuan/ fungsi teks procedure, generic structure teks procedure, dan linguistic feature teks procedure. Jika pada kegiatan sebelumnya membahas keterampilan membaca, maka pada kegiatan belajar ini akan dibahas tentang ketrampilan menulis. Kegiatan belajar 2 tentang “menulis teks procedure” akan mennguraikan dua su pembahasan; yaitu pengertian dan langkah penulisan teks procedure.

1.    Pengertian
Pengertian menulis dapat diperleh dari makna leksikalnya yang dalam bahasa Inggris adalah writing dengan kata dasar write; yaitu activity of writing. Sedangkan kata “write” dalam oxford learner’s dictionary didefinisikan mark (letters or other symbols) on a surface. Dari pengertian ini didapatkan definisi “menulis” secara teknis yaitu kegiatan penggoresan tanda atau huruf-huruf. Dengan pengertian yang lebih mendalam, Wikipedia Indonesia memaknai “menulis” dengan suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara. Hasil dari suatu kegiatan menulis adalah informasi dalam bentuk tulisan.
Tulisan sebagai hasil dari kegiatan menulis seringkali disebut dengan teks. Namun demikian, pengertian suatu teks sebenarnya adalah suatu tulisan yang memiliki makna tertentu. Suatu teks tidak selalu berupa tulisan yang terdiri dari rangkaian kalimat dalam paragraf yang banyak. Selama tulisan memiliki makna saesuai dengan konteksnya, maka tulisan tersebut sudah disebut teks.
Procedure adalah salah satu jenis teks yang menjadi materi dalam pembelajaran bahasa Inggris tingkat SMP/ MTs. Teks jenis procedure adalah suatu teks yang memuat informasi tentang bagaimana cara melakukan sesuatu. Karena memberikan informasi tentang cara melakukan sesuatu, maka didalamnya memuat langkah-langkah yang harus ditempuh.
Secara singkat berdasarkan penjelasan-penjelasan di atas dapat diberkan pengertian “menulis teks procedure” dengan suatu kegiatan memberikan informasi yang berisi penjelasan tentang bagaimana melakukan sesuatu. Informasi yang diberikan tersebut dalam bentuk catatan atau informasi tertulis.

2.    Langkah Retorika Penulisan Teks Procedure
Setelah mengerti tentang teks jenis procedure, bagian-bagiannya dan cara pemahamannya, selanjutnya akan disajikan cara menuliskan teks berjenis procedure. Pada penulisa teks procedure, penulis harus mampu memunculkan identitas teks procedure. Identitas tersebut dapat tersirat dari tujuannya. Selain itu, secara eksplisit, identitas juaga harus dapat dikenali dengan linguitic feature nya. Penulisan teks berjenis procedure juga tidak boleh mengabaikan bagian-bagian (generic structure) nya.
Pertama kali yang harus ditentukan dalam menulis teks ini adalah goal/ aim. Goal/aim yang memuat tujuan teks akan memberikan arah yang jelas terhadap isi teks. Dalam penulisannya, goal dapat sekaligus sebagai judul. Hal ini karena teks berjenis procedure adalah teks yang tidak selalu berupa rangkaian paragraf namun dapat juga berupa pointer-pointer urutan. Perlu diingat juga bahwa teks berjenis procedure adalah teks yang berisi tentang cara melakukan sesuatu, maka seringkali judul yang tercantum itulah goal/ aim nya. Namun demikian, ada juga judul yang tidak secara langsung menyatakan aim/goal.
Setelah bagian terpenting ditentukan, maka penulisan dilanjutkan dengan bagian berikutnya; yaitu materials. Bagian ini memang bukan bagian penentuan karena bagian ini boleh tidak dimuat dalam teks. Bagian ini adalah bagian yang berisi bahan-bahan yang dibutuhkan dalam mencapai goal. Penulisan pada bagian ini juga dapat berupa pointer dan dapat juga berupa rangkaian paragraf.
Bagian terakhir yang terpenting dalam teks procedure adalah steps. Bagian ini memuat langkah-langkah yang harus ditempuh dalam mencapai goal/aim. Steps ini tidak juga harus berupa pointer angka-angka namun juga bisa berupa rangkaian paragraf yang menggunakan temporal conjunction. Karena dalam steps tidak boleh terjadi instruksi yang terbalik, maka temporal conjunction sangat membantu penulis untuk menyampaikan urutan langkah-langkah.
Teks procedure yang sederhana seperti yang diungkapkan oleh Macken (1991: 18) terdiri dari goal dan steps 1-n. Maka pada penulisannya pun juga hanya memperhatikan kedua bagian tersebut. Dalam teks procedure seperti ini tidak ditemukan bagian material, namun biasanya materials juga surah tersirat pada bagian steps

Berikut ini adalah skema langkah penulisan teks jenis procedure procedure yang terdiri dari dua bagian:







Sedangkan menurut Hammond, dkk (1992: 86), teks jenis procedure terdiri dari tiga bagian; yaitu goal, materials, dan steps. Karena terdiri dari tiga bagian, sehingga pada penulisannya pun juga harus memperhatikan tiga bagian. Dengan demikian, penulis harus memperhatikan tahapan penulisannya. Pada tahapan goal, penulis memunculkan nama atau judul dari teks tersebut. Disini, goal nya tidak selalu dalam bentuk ungkapan (statement) yang menunjukkan tujuan dari teks. Goal dapat juga hanya berupa rangkaian kata atau frasa sebagai nama teks procedure yang ditulis; tujuan teks kemudian akan diketahui dari koherensi judul dan isi teks. Pada bagian kedua, penulis harus mengungkapkan bahan-bahan yang diperlukan. Bagian ini dapat ditulis dalam bentuk pointer-pointer saja, atau juga dapat berupa rangkaian kalimat dalam paragraf. Tahapan selanjutnya adalah steps, yang menunjukkan uraian langkah-langkah yang harus ditempuh. Bagian ini dapat diungkapkan dalam bentuk numbering pointers (urutan nomor-nomor), atau juga dapat diungkapkan dalam bentuk rangkaian kalimat dalam paragraf yang menggunakan temporal conjunction (penghubung yang berupa keterangan waktu).

Berikut ini adalah skema langkah penulisan teks jenis procedure yang terdiri dari tiga bagian; yaitu goal, materials, dan steps



Dalam penulisan yang terdiri dari tiga langkah juga dikemukakan oleh Anderson & Anderson (2004: 52). Hanya saja bentuk penulisannya agak sedikit berbeda dengan yang diungkapkan oleh pendapat di atas. Ketiga bagian dalam teks procedure tersebut adalah an introductory statement that gives the aim or goal, a list of materials, dan a sequence of steps in the order they need to be done. Pada tahapan yang pertama, penulis memunculkan introdoctory statement; yaitu kalimat atau ungkapan yang menunjukkan tujuan dari procedure. Goal ini terkadang juga sekaligus menjadi judul. Pada tahapan yang kedua, penulis memberikan daftar tentang apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai goal. Dan pada bagian yanng terpenting; yaitu sequence of steps in the order they need to be done, penulis memunculkan langkah-langkah yang harus ditempuh. Pada bagian ini dapat ditulis dalam bentuk numbering pointers, atau pun juga dengan merangkai kalimat, atau hanya sekedar mengurutkan dalam penulisannya. Yang terpenting dapat memberikan penjelasan kepada pembaca tentang urutan langkah yang harus ditempuh.
Berikut ini adalah skema langkah penulisan teks jenis procedure yang terdiri dari tiga bagian; yaitu an introductory statements, a list of materials, dan a sequence of steps:





Tugas : Cobalah merangkai teks jenis procedure dengan tema bebas namun dengan urutan langkah sebagai berikut!
Isilah bagan langkah-langkah dengan paragraf yang tepat!
  

                                                      Menentukan Goal/ Aim
                                         …………………………………………….
 





Menyebutkan Materials
…………………………………………….
…………………………………………….
…………………………………………….
 







                                          Memberikan urutan langkah-langkah

                              ………………………………………………..……………….
                              ………………………………………………..……………….
                             ………………………………………………..………………. 
                              ………………………………………………..………………. 
                             ………………………………………………..………………. 
                             ………………………………………………..………………. 
 













D.     Rangkuman
Menulis teks procedure dapt dimengerti sebagai suatu kegiatan menciptakan informasi dalam bentuk tulisan yang memuat penjelasan tentang bagaimana melakukan sesuatu. Kegiatan ini merupakan salah satu keterampilan berbahasa Inggris; yaitu menulis (writing). Dalam menulis teks procedure ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
Teks berjenis procedure adalah jenis teks yang termasuk dalam kelompok teks factual. Teks jenis ini memiliki tujuan untuk memberikan gambaran tentang bagaimana melakukan sesuatu. Penulisan teks berjenis procedure harus mengikuti langkah-langkah yang tepat. Secara sederhana, penulisan teks procedure  dpat mengikuti dua langkah saja; yaitu goal dan steps. Namun dengan bentuk yang lebig lengkap, teks procedure ditulis dengan tiga tahapan. Pertama kali harus mementukan goal/aim yang merupakan tujuan dari penulisan teks. Kemudian dilanjutkan dengan menyebutkan materials; yaitu bahan-bahan yang dibutuhkan. Langkah selanjutnya adalah memberikan urutan langkah-langkah yang harus ditempuh (steps).
  
  1. Latihan / Tugas
1.    Buatlah kelompok yang berpasang-pasangan!
2.    Siapkan daftar pertanyaan tentang suatu hal yang inginanda ketahui cara melakukannya!
Pertanyaan berikut dapat sebagai contoh:
a.    What are the material for .....?
b.    How many steps should we follow to ....?
c.    What is the first step?
d.    What is the next step?
e.    What is the last step?
3.    Tanyakan pertanyaan yang sudah Saudara siapkan kepada pasangan Saudara!
4.    Praktekkan secara bergantian!
5.    Susunlah informasi yang Saudara dapatkan untuk menjadi sebuah teks procedure!

Selamat mencoba!

  1. Tes Mandiri
Pilihlah jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut dengan memberi tanda pada pilihan jawaban a, b, c, dan d!

Teks 1
OMELET
You need:
  • Egg
  • Leek
  • Salt
  • Gourmet powder
  • Butter
  1. Shake a quarter kilogram of eggs for two minutes in a bowl.
  2. Wash one ounce of leek, cut into pieces. Put the pieces of leek into a bowl.
  3. Add a teaspoonful of salt and a little gourmet powder.
  4. Stir them for one minute
  5. Prepare the frying pan with two spoonful of butter on the stove
  6. Fry the mixing for about three minutes
  7. The omelet is reasy to be served
1.      How many eggs do we need to make an omelet?
  1. A quarter kilogram of eggs
  2. A kilogram of eggs
  3. A half kilogram of eggs
  4. Four eggs
2.      What must we do with the leek?
  1. Cut the leek in big aize
  2. Cut the leek into pieces
  3. Cut the leek freely
  4. Cut the leek in many size
3.      Ada berapa bagian yang digunakan dalam menulis teks procedure di atas?
  1. Dua
  2. Tiga
  3. Empat
  4. Satu


Teks 2
How to Clean Refrigerator
1)      Unplug refrigerator from electric power supply
2)      Take all of content from the fridge
3)      Scrub inside part with wet and soft clothes
4)      Next, go on to outside part
5)      Dry inside part with dry soft napkin
6)      Then, outside part
7)      Plug in the refrigerator
8)      Put the contents back into the fridge

4.      When do we dry inside part?
  1. Before drying the outside part
  2. After plugging in the refrigerator
  3. After drying the outside part
  4. Before cleaning the outside part

5.      How do we scub inside and outside part?
  1. With soap and cleaner
  2. With dry and rough clothes
  3. With wet and soft clothes
  4. With wet and dirty clothes

6.      How many steps do we have to clean the refrigerator?
  1. Five
  2. Six
  3. Seven
  4. Eight

7.      The following is the generic structure used in the text: …
  1. Goal – steps
  2. Goal – materials
  3. Goal – introductory statement – steps
  4. Goal – materials – steps

Text 3
A Photo Fish Fun Frame
You’ll need:
A styrofoam tray, coloured tissue paper, any photograph, glue stick, and varnish.

  1. Draw the fish on the tray and cut it out, the fish should be a little smaller than the photograph you want to frame.
  2. Cut different-coloured tissue paper into little pieces
  3. Use a glue stick. Glue the pieces of tissue paper to the tray so that they overlap a little.
  4. Cover the fish cut out, which will serve as the frame’s stand.
  5. After you have covered the frame and the fish, varnish both.
  6. Let the pieces dry, then glue the fish cut out to the back and use it to hold up the frame.
  7. Attach the photo to the back of the frame with sellotape. Pretty fish, isn’t it?
(Adapted from Detik-Detik ujian nasional Bahasa Inggris 2007)

8.      How many materials do we need to make a photo fish fun frame?
  1. Four
  2. Five
  3. Six
  4. Seven

9.      Draw the fish … (step 1), cut… (step 2), cover… (step 4) belong to …. in linguistic feature of procedure text.
  1. Adverb
  2. Imperative
  3. Temporal conjunction
  4. Introductory statement

10.  Glue the pieces of tissue paper to the tray …(step 5)
The underlined word means ….
  1. Put
  2. Set up
  3. Stick
  4. Take care

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan tepat!
  1. Apa saja yang harus diperhatikan dalam penulisan suatu teks?
  2. Apakah yang dimaksud dengan generic structure?
  3. Apakah yang dimaksud dengan linguistic feature?
  4. Gambarkan skema langkah penulisan teks procedure yanng paling sederhana!
  5. Gambarkan skema langkah-langkah penulisan teks procedure yang lengkap!


Choose the appropriate words in the box to complete the following procedure text!

fry                    Taste                Chop                put
Place                make                steam  
 







First, …(a)… the rice until it is cooked. …(b)… the red onions into very small pieces and fry them together with the red chilles and the garlic until the onion becomes partly brown. Then add the sliced tomato and the shrimp past.
Add a little salt and pepper on the beef and …(c)… it in the pan, stirring it. After about three or four minutes add the red chillies, the chopped celery and finally the cooked rice, stirring well all the time. …(d)… and see if more salt and pepper is needed.
Place a little salt on the chicken legs, turn them into the flour and …(e)… them until they are golden brown. Take two eggs and …(f)… an omelette, cut the omelette into slices and use these together with the fried onion to put on the fried rice. …(g)… the chicken legs on one side of the dish, the vegetables on the other, and pour fried eggs on the top.
(Adapted from Inovasi: Supplementary English 10A)
Answer the following questions based on the text above!
1.      What is the goal of the teaxt above?
2.      Mention the ingredients of the fried rice!
3.      What do you do if you want to make fried rice for the first time?
4.      How do you prepare the spice of the fried rice?
5.      How do you serve the fried rice?

Susunlah teks procedure dengan berdasarkan pada gambar berikut!
(Adapted from Text Types in English 2)



BAB IV
EVALUASI

A.     Maksud dan Tujuan Evaluasi
Bab evaluasi pada modul ini disajikan setelah keseluruhan kegiatan belajar disampaikan. Bab ini merupakan pelengkap yang dapat dimanfaatkan oleh peserta diklat untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan yang tertuang dalam modul secara keseluruhan, sehingga akan lebih memahami bahan ajar yang seharusnya dimiliki oleh seorang guru Bahasa Inggris. Dengan bekal itu, peserta diklat akan mampu menjelaskan kepada anak didik secara memadai serta mampu menerapkannya melalui metode mengajar yang tepat.
Tujuan dan maksud penyajian bab evaluasi ini adalah untuk memberikan pengayaan dari kegiatan belajar sebelumnya. Dengan adanya evaluasi dapat diketahui apakah para peserta diklat telah menerima, memahami, dan mampu mencerna materi terutama mengenai Bahasa Inggris tentang teks procedure yang diberikan instruktur tanpa ada penyimpangan dari garis besar isi modul, dan selanjutnya akan disebarluaskan kepada anak didik tingkat MTs/ SMP.
Pengetahuan yang mendalam tentang materi yang ada dalam modul ini sangatlah penting karena untuk selanjutnya para peserta diklat akan meneruskan pengetahuan ini kepada para siswa di tingkat SMP/ MTs. Oleh karena itu, bab evaluasi ini diharapkan dapat menjadi inspirasi juga bagi para peserta diklat untuk lebih mengembangkan wawasannya. Pengembangan wawasan akan terus berubah sesuai dengan pengalaman, kemampuan menganalisa, dan hal yang lainnya.

B.     Materi Evaluasi
Materi evaluasi ini diambil dari Kegiatan Belajar 1 dan 2 dari modul ini. Pada kegiatan belajar 1 telah memberikan penjelasan tentang membaca teks procedure dan pada kegiatan belajar 2 telah dijelaskan tentang menulis teks procedure. Oleh sebab itu, peserta diklat diharapkan telah benar-benar memahami seluruh materi tersebut dalam modul ini.
 Materi evaluasi disusun menurut kompetensi yang ditinjau dari aspek pemahaman atau pengetahuan, aspek daya ingat, dan aspek keterampilan, mulai dari bagian awal modul sampai dengan bagian akhir modul ini. Karena dalam modul ini menyajikan dua kegiatan belajar, maka materi evaluasi yang disajikan juga mencakup materi-materi pembahasan yang disajikan dari keseluruhan kegiatan belajar.

C.     Soal-Soal Evaluasi
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan memberi tanda pada pilihan jawaban a, b, c, atau d!

Text 1
How to Maintain Oral Hygiene and Dental Health
  • Eat food in the right order
  • Brush teeth after eating
  • If there is no enough time, the teeth can be cleaned with mouthwash or water or eat some fresh fruit; such as an apple
  • Visit dentist every six months for check up
  • Go to dentist early if there is teeth trouble
  • Spare time to pay attention to teeth

1.      What is the purpose of the text?
  1. To tell the reader how to maintain the health of oral and dental
  2. To inform that keeping the oral and dental healthy is important
  3. To tell the reader what is the hygiene oral and dental
  4. To describe the healthy oral and dental
2.      What should we do if we have no time to brush our teeth after eating?
  1. Keep our teeth dirty
  2. It is not necessary to clean them
  3. Brush them with hand
  4. Wash them with water
3.      How many times should we visit the dentist every year?
  1. Once
  2. Twelve times
  3. Twice
  4. Four times

Text 2
How to make a balloon-powered rocket
You will need: a balloon, sticky tape, string, a plastic drinking straw
  1. Thread the string carefully through the drinking straw
  2. Tie one end of the string to an object (tree, door handle, post, and so on)
  3. Tie the other end of the string to something ten metres away, making sure that the string is tight
  4. Cut two pieces of sticky tape
  5. Gently blow a little air into the balloon
  6. Hold the end of the balloon tightly so the air does not escape
  7. Tape the balloon firmly to the straw
  8. Blow more air to the balloon and again hold the end tightly
  9. Quickly release the end of the balloon and watch it travel along the string
(Adapted from Text types in English)
4.      The following structure is not exsist in the text above!
  1. Goal
  2. Materials
  3. Orientation
  4. Steps
5.      These are the materials to make a balloon-powered rocket, except …
  1. sticky tape
  2. a plastic drinking straw
  3. a ball
  4. string
6.      What should we do to make the balloon sticks to the plastic drinking straw?
  1. By holding both of them together
  2. By taping the balloon to the straw
  3. By entering the straw to the balloon
  4. By blowing the balloon to the straw



Text 3

To make stained glass figures
First you take a piece of cardboard and one piece of chalk.
Then you draw something on the cardboard.
Next you cut it out where you want light to go through.
The use a text to trace around the thing you drew.
Stick different coloured cellophane paper over the areas that have a hole.
When you have finished this, stick it on the window.
7.      The generic structure of the text above:
  1. Materials – steps
  2. Goal – material
  3. Goal – step – materials
  4. Goal – steps
8.      What did the writer use to show the order?
  1. Pointer
  2. Number
  3. Temporal conjunction
  4. paragraf
Text 4
Refill Procedure for Catridge Canon
  • Release catridge from printer
  • Release sticker from catridge
  • Make a big hole using pin tool that came from the packaging
  • Insert needle into catridge
  • Hold the print head with tissue
  • Inject up to 5-6 cc of ink.
  • Hold tissue about 4-5 minutes
  • Clean the print head using wet tissue paper
  • Catridge ready to use.
9.      What is the goal of the text?
a.       To give instruction to make the ink refill
b.      To give the description how to refill the catridge canon
c.       To tell the way how to use the catridge
d.      To show the way to produce the catridge canon
10.  What should we use to make a big hole on the catridge?
  1. Using the needle
  2. Using the pin tool
  3. Using the package
  4. Using the nail

Text 5
How to Make a New Folder
You have just written a new document in your computer. Now, you want to save it on your hard disk that is in your own folder. Unfortunately, you don’t have it yet. Follow these instructions to make a new folder:
  1. Click start, usually located on the left bottom monitor
  2. Place the pointer on program
  3. Place the pointer on windows Explorer and click. You have now entered or opened your electronic cabinet. Here, you can see every document, file, and program that is in your computer.
  4. You are going to create your folder in the My Document folder. Find it on the left side column of the Windows Explorer.
  5. Move the pointer to My Document and double click on it. You will be presented with a list of some folders that are created inside the My Document folder, and notice that this folder is highlited which means the folder you create will be located inside the My Document folder.
  6. Move the pointer to file and click.
  7. Move the pointer to new.
  8. Move the pointer to folder and click.
  9. Type in the name of your new folder and press return or enter
(Adapted from Friends 06 Kelas 9)

11.  The text above is called a ….
a.       Narrative text
b.      Descriptive text
c.       Procedure text
d.      Report text
12.  What is the generic structure of the text above?
a.       Orientation – events – reorientation
b.      General classification – description
c.       Orientation – complication – evaluation
d.      Goal – materials – steps
13.  How many steps are there to create a new folder?
a.       Eight steps
b.      Nine steps
c.       Ten steps
d.      Eleven steps
14.  The first step to make a new folder is …
a.       Place the pointer on windows
b.      Place the pointer on Programs
c.       Click Start
d.      Move the pointer to New
15.  What do we see in the Windows Explorer file cabinet?
a.       Every document, file and program
b.      Clip art
c.       Winamp
d.      My document folder
16.  The last step of making a new folder is ….
a.       Press return or enter
b.      Move the pointer to File and click
c.       Move the pointer to New
d.      Move the pointer to My Document and double click on it


Text 6
Making Recycled Paper
What you need: blender, screen, wooden plank/ board, plastic container, scraper, shredded used paper (same colour and type), paper glue (white colour), water.
Steps:
1.      Soak the shredded paper in water for about 3 hours.
2.      Blend the soaked paper into pulp.
3.      Add water and glue at the following ratio: 15 liter water: 3 liter of pulp: 1 spoonful of glue. Pour the mixture into a plastic container.
4.      Dip the screen into the mixture
5.      Gently, raise the screen with a layer of the mixture
6.      Place the screen with the mixture in it on the plank/ board.
7.      Scrape the back of the screen to reduce water content in the mixture.
8.      Remove the screen from the mixture on the plank/ board.
9.      Leave the mixture to dry in the air.
(Adapted from Detik-Detik Ujian Nasional Bahasa Inggris 2007)

17.  Here are some what we need to make recling paper, except …
a.       Paper glue
b.      Plastic container
c.       Digital camera
d.      Screen
18.  What do we do first if we want to make pulp?
a.       Mix the shredded paper with 15 liter of water and 1 spoonful of glue
b.      Soak the shredded paper in water for about 3 hours
c.       Pou the shredded paper into a plastic container
d.      Dip the shredded paper into water
19.  If we use 6 liter of pulp, and 2 spoonful of glue, how much water do we need to make a good mixture?
a.       15 liter
b.      7.5 liter
c.       45 liter
d.      30 liter
20.  When should we remove the screen from the mixture on the plank?
a.       When the mixture is dry
b.      After leaving the mixture to dry in the air
c.       After scraping the back of the screen
d.      Before making the mixture
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan tepat!
  1. Sebutkan bagian-bagian teks procedure menurut Macken!
  2. Sebutkan bagian-bagian teks procedure menurut Hammond, dkk!
  3. Bagian (structure) apakah yang menjadi optional dalam teks procedure?
  4. Bagian apakah yang menunjukkan pengenalan dan menyatakan goal (tujuan) teks proceduremenurut Anderson & Anderson?
  5. Gambarkan skema langkah penulisan teks procedure menurut Anderson & Anderson!



Cobalah menganalisa bagian-bagian teks berikut ini!

How to make jelly
You will need one packet of jelly crystals, a 500 ml jug, 250 ml of boiling water, 200 ml of cold water, a bowl.
  1. Empty contents of a packaket of jelly crystals into the jug.
  2. Add boiling water.
  3. Stir well until crystals dissolve.
  4. Add the cold water and stir
  5. Pour mixture into a bowl
  6. Refrigerate until firm
(Adapted from Text Types in English)

Cobalah menganalisa linguistic feature teks di atas!

Susunlah teks procedure dengan berdasarkan pada skema berikut ini!

  

BAB V
PENUTUP

A.     Tindak Lanjut

Kegiatan pembelajaran adalah kegiatan yang tidak ada batas selesainya. Begitu pula dengan modul ini, modul ini bukanlah suatu tujuan akhir dalam mendalami materi bahasa Inggris. Seluruh kegiatan yang ada dalam modul ini memang sudah dipersiapkan sebaik-baiknya untuk mendalami materi bahasa Inggris terutama tentang teks procedure, namun untuk pengembangan lebih lanjut masih memerlukan kegiatan-kegiatan yang lain. Untuk menindaklanjuti pembelajaran dalam modul ini, diperlukan pendalaman materi secara lebih lanjut dengan membaca dan memahami materi terkait dari berbagai sumber yang terdapat di perpustakaan Diklat setempat, sumber dari internet, dan sumber-sumber yang lain. Cobalah untuk memahami lebih dalam dengan tidak mengabaikan materi yang sudah Saudara dapatkan dari modul ini.
Dengan berbagai kegiatan yang ada dalam modul ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada peserta diklat untuk memahami materi bahasa Inggris, terutama tentang teks procedure. Secara khusus, bagi peserta diklat yang belum dapat menyelesaikan tugas dengan baik (nilai evaluasi di bawah standar) diminta untuk lebih banyak menambah wawasan dengan terus mencoba berbagai macam latihan yang serupa.


B.     Harapan

Materi yang harus dikuasai oleh peserta diklat telah diuraikan dengan jelas pada tiap-tiap kegiatan belajar. Dari tiap-tiap uraian materi dengan detail juga menjelaskan materi-materi pokok yang menjadi pembahasan dalam modul ini. Bahkan dalam tiap-tiap kegiatan belajar dilengkapi dengan latihan/ tugas dan tes mandiri.
Dengan sajian berbagai kegiatan yang berintegrasi dalam modul ini peserta diklat diharapkan akan mampu mengaplikasikan isi modul ini dengan dikombinasikan dengan berbagai sumber belajar yang terdapat di lapangan. Dengan sumber informasi yang bervariasi, diharapkan peserta diklat mendapatkan wawasan yang luas tentang bahasa Inggris, khususnya tentang teks procedure. Sehingga para siswa akan banyak terbantu oleh para pengajar yang telah menguasai materi yang telah disesuaikan dengan SK dan KD mata diklat yang sesuai dengan tingkatan masing-masing.

Glossarium

Generic Structure
:
Bagian-bagian teks
Genre
:
Jenis teks
Goal
:
Bagian yang berisi tujuan dari suatu procedure
Linguistic feature
:
Ciri-ciri kebahasaan
Materials
:
Bagian teks procedure yang menunjukkan bahan-bahan yang diperlukan
Procedure
:
Teks teks yang isinya mengungkapkan tentang cara dengan langkah-langkah tertentu
Sequence of events
:
Urutan kejadian
Temporal sequence
:
Penghubung yang menunjukkan urutan waktu







Post a Comment