Thursday, March 28, 2013

Modul Diklat Pendalaman Materi Bahasa Inggris Aspek Recount



BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Mata pelajaran  Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting. Hal ini disebabkan beberapa alas an; diantaranya; bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional, bahasa Inggris adalah bahasa yang sangat penting dalam komunikasi Internasional, dan bahasa Inggris merupakan bekal penting dalam kehidupan yang nyata. Dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai mata diklat tentu menyangkut beberapa keterampilan bahasa (language skill); diantaranya keterampilan mendengarkan (listening), keterampilan berbicara (speaking), keterampilan membaca (reading), dan keterampilan menulis (writing). Mata pelajaran Bahasa Inggris tercantum dalam Struktur Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang penggunaannya ditetapkan dalam Peraturan Menteri Nomor 24 Tahun 2006. Permen ini ditandatangani oleh Menteri Pendidikan Nasional pada tanggal 2 Juni 2006. Artinya, struktur kurikulum tersebut sudah harus diberlakukan mulai tanggal ditetapkannya Permen tersebut. Mata pelajaran ini diajarkan di Madrasah Tsanawiyah (MTs/ SMP) dari kelas VII, VIII, dan IX.
Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMP/MTs bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.      Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulis untuk mencapai tingkat literasi functional  
2.      Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global
3.      Mengembangkan  pemahaman peserta didik tentang keterkaitan antara bahasa dengan budaya.


Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Inggris di SMP/MTs meliputi:
1.      kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yakni mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis secara terpadu untuk mencapai tingkat literasi functional;
2.      kemampuan memahami dan menciptakan berbagai teks fungsional pendek dan monolog serta esei berbentuk procedure, descriptive, recount, narrative, dan report. Gradasi bahan ajar tampak dalam penggunaan kosa kata, tata bahasa, dan langkah-langkah retorika;
3.      kompetensi pendukung, yakni kompetensi linguistik (menggunakan tata bahasa dan kosa kata, tata bunyi, tata tulis), kompetensi sosiokultural (menggunakan ungkapan dan tindak bahasa secara berterima dalam berbagai konteks komunikasi), kompetensi strategi (mengatasi masalah yang timbul dalam proses komunikasi dengan berbagai cara agar komunikasi tetap berlangsung), dan kompetensi pembentuk wacana (menggunakan piranti pembentuk wacana).

Modul pendalaman materi Bahasa Inggris mencakup berbagai pembahasan yang beritegrasi dengan keempat keterampilan berbahasa; yaitu mendengar (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing). Semua topik pembahasannya disesuaikan dengan ruang lingkup, standar kompetensi, dan kompetensi dasar yang terdapat dalam Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Modul yang sedang Saudara baca ini mengurai tentang aspek membaca dan menulis teks jenis Recount dan secara spesifik membahas Standar Kompetensi: Membaca; Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sederhana berbentuk recount yang berkaitan dengan lingkungan sekitar yang dijabarkan dalam Kompetensi Dasar: Membaca nyaring bermakna teks tulis fungsional dan esai berbentuk recount pendek dan sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar serta merespon makna dan langkah retorika dalam esai sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount.
Pada Standar Kompetensi: Menulis; Mengungkapkan makna teks tulis fungsional dan esai pendek sederhana berbentuk recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar akan dijabarkan dalam Kompetensi Dasar: Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esai pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount.


B.     Deskripsi Singkat
Modul ini terdiri dari lima bab. Dari kelima bab tersebut terdapat dua kegiatan belajar. Pada Bab I adalah Pendahuluan yang secara singkat menyajikan latar belakang, deskripsi singkat, kompetensi dasar, peta konsep, relevansi/ manfaat, tujuan, dan petunjuk penggunaan modul ini.
Pada bab berikutnya merupakan kegiatan belajar yang tertuang dalam dua bab. Pada bab II adalah kegiatan belajar 1 yang membahas “membaca teks recount”. Dalam uraian materinya dijelaskan tentang pengertian “membaca teks recount”, fungsi/ tujuan teks recount, generic structure teks recount, dan linguistic teks recount. Pada bab III adalah kegiatan belajar 2 yang membahas “menulis teks recount”. Sebagai materi pokok pembahasannya terdiri dari pengertian “menulis teks recount” dan langkah retorika penulisan teks recount. Masing-masing dari kegiatan belajar juda memuat latihan/ tugas dan tes mandiri yang diharapkan dapat menjadi bahan untuk mengevaluasi pemahaman peserta diklat tentang materi dari tiap kegiatan belajar.
Modul ini juga dilengkapi dengan bab evaluasi. Bab ini menyajikan soal-soal evaluasi yang diharapkan mampu meningkatkan pemahaman peserta diklat setelah mendapatkan penjelasan dari tiap-tiap kegiatan belajar. Dalam bab evaluasi merupakan sajian sebagai bahan review dari seluruh materi dalam modul ini.
Bab penutup disajikan pada akhir penulisan modul ini sebagai petunjuk bahwa modul ini memerlukan tindak lanjut yang dapat memenuhi harapan. Bab ini merupakan pengantar bagi para peserta diklat agar dapat meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan yang telah didapatkan dari modul ini.


C.     Standard Kompetensi
1.      Bahasa Inggris tingkat MTs tentang Recount (Membaca)
a.       SK: Membaca; Memahami berbagai makna (interpersonal, ideasional, tekstual) dalam berbagai teks tulis interaksional dan monolog terutama yang berbentuk recount.
b.      KD: Menjelaskan membaca teks recount
c.       Indikator:
1)      Membaca nyaring teks recount dengan baik dan benar
2)      Mampu mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks recount
3)      Mampu mengidentifikasi fungsi komunikatif teks recount
4)      Mampu menyebutkan ciri kebahasaan teks recount
5)      Mampu mengidentifikasi langkah retorika teks recount

2.      Bahasa Inggris tingkat MTs tentang Report (Menulis)
a.       SK: Menulis; Mengungkapkan berbagai makna (interpersonal, ideasional, tekstual) dalam berbagai teks tulis interaksional dan menolong terutama yang report.
b.      KD: Menjelaskan menulis teks report
c.       Indikator:
1)      Mampu menyusun teks recount
2)      Mampu menulis teks berbentuk recount dengan langkah retorika yang benar



D.     Peta Konsep
 

















E.      Relevansi / Manfaat
Modul ini bermanfaat bagi peserta diklat agar:
1.      Menguasai dalam pengembangan indikator pencapaian berdasarkan contoh pengembangan yang tersedia.
2.      Menguasai materi-materi pembelajaran Bahasa Inggris tentang teks recount.
3.      Menguasai kompetensi membaca dan menulis teks berjenis recount.
4.      Menjadi bahan kajian dalam rangka peningkatan penguasaan meteri pembelajaran Bahasa Inggris, khususnya teks recount.



                                
F.      Tujuan Pembelajaran
1.      Tujuan Pembelajaran Umum:
Setelah mempelajari bahan ajar ini, peserta diklat diharapkan mampu memahami tentang teks berjenis recount. Pemahaman tidak hanya berhenti pada sekedar mengetahui pengertian teks recount, namun juga memahami bagian-bagian nya, dan ciri-ciri kebahasaannya.

2.      Tujuan Pembelajaran Khusus:
Secara khusus tujuan pembelajaran ini adalah agar peserta diklat mampu:
a.       Mengembangkan pemahamannya tentang teks recount
b.      Mampu mengenali teks dalam jenis recount
c.       Mampu memahami bagian-bagian dalam teks berjenis recount
d.      Mengembangkan keterampilannya dalam hal pemahaman bacaan berjenis recount
e.       Mengembangkan keterampilannya dalam hal menuliskan teks dalam bentuk recount


G.     Petunjuk Penggunaan Modul
Modul ini hendaknya digunakan sesuai dengan petunjuk berikut ini:
1.      Keseluruhan materi yang ada dalam modul ini hendaknya dibaca secara seksama;
2.      Bab Pendahuluan merupakan informasi yang menguraikan bagian penting dalam memahami modul ini; karena itu untuk memahami, setiap peserta perlu saling tanya jawab atau diskusi baik dengan sesama peserta maupun dengan pelatih/ narasumber;
3.      Modul akan lebih baik bila dipelajari secara berkelompok untuk memahami hal-hal baik yang terkait dengan teknis maupun teoretis;
4.      Bila ada materi-materi yang kurang dipahami, peserta diklat dapat bertanya langsung kepada narasumber yang menyampaikan materi modul ini;
5.      Tugas dan latihan yang terdapat pada setiap Bab harap dikerjakan tanpa melihat kunci jawaban terlebih dahulu.
6.      Untuk menguji kemampuan terhadap penguasaan modul ini, peserta agar mengerjakan soal-soal tes secara individu.
7.      Bila peserta belum mampu menjawab sebagian besar dar soal yang ditampilkan dalam latihan maupun tes formatif, perserta dapat mengulangi lagi dalam mempelajarinya agar setiap kompetensi yang diharapkan dalam setiap Babnya dapat peserta penuhi.

  


BAB II
KEGIATAN BELAJAR 1
MEMBACA TEKS RECOUNT

A.     Kompetensi Dasar
Menjelaskan membaca teks recount

B.     Materi Pokok:
1.      Pengertian
2.      Fungsi Teks Recount
3.      Generic Structure Teks Recount
4.      Linguistic Feature Teks Recount

C.     Uraian Materi
Uraian materi pada kegiatan belajar 1 ini akan menguraikan tentang pengertian dari membaca teks recount, fungsi teks recount, generic structure teks recount, dan linguistic feature teks recount. Berikut ini penjelasan dari masing-masing sub pembahasan.

1.      Pengertian
Membaca adalah kegiatan yang termasuk dalam ketrampilan berbahasa. Kegiatan ini erat kaitannya dengan bahasa tulis. Secara umum pengertian membaca dapat kita peroleh dari Wikipedia; Reading is a multi-dimensional cognitive process of decoding symbols for the purpose of deriving meaning (reading comprehension) and/ or constructing meaning (Free encyclopedia 13 Agustus 2008; 11.30). Pada intinya membaca merupakan proses pemahaman simbol-simbol atau tulisan untuk menangkap maknanya. Simbol-simbol ataupun tulisan yang menjadi bahan bacaan seringkali dalam bentuk teks.
Sebuah teks adalah suatu bentuk tulisan yang memiliki makna tertentu. Dalam mata pelajaran bahasa Inggris yang lekat dengan ketrampilan berbahasa  dalam hal mendengar (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing) teks memiliki peranan yang sangant penting. Anderson & Anderson (2003: 1) memaknai teks sebagai kumpulan kata-kata yang memiliki makna untuk berkomunikasi. Teks dengan jenis recount adalah teks yang memiliki spesifikasi sebagai teks yang menceritakan kejadian yangn telah lampau dengan urutan waktu tertentu.
Dari penjelasan di atas, dapat kita ambil pengertian dari “membaca teks recount” adalah suatu proses pemahaman simbol-simbol yang terdapat dalam suatu teks yang berisi informasi kejadian yang telah lampau. Kejadian ini diceritakan sesuai dengan urutan waktunya.
Secara teknis, untuk menangkap pesan yang ada dalam teks recount pembaca harus mengerti tujuan teks, bagian-bagian teks, dan juga ciri kebahasaannya. Dengan mengerti tujuan, bagian-bagian, dan ciri kebahasaan teks pembaca juga akan lebih mudah mengenali jenis teks, sehingga akan lebih mudah merespon makna yang ada dalam teks tersebut.

2.      Fungsi/ Tujuan Teks Recount
Ada berbagai pernyataan dan pendapat yang diungkapkan menegenai tujuan atau fungsi dari teks jenis recount. Anderson & Anderson (2003: 48) dalam bukunya “Text Types in English 1” mengatakan the purpose of recount is to give the audience a description of what occurred and when it occurred. Dengan kalimat yang berbeda namun masih dalam maksud yang tidak terlalu jauh berbeda Macken (1990: 24) mengatakan the function of recount is to tell events for the purpose of informing or entertaining. Events are usually arranged in a temporal sequence. Dengan bahasa yang lebih sederhana, Hammond, dkk (1992: 88) mengungkapkan the social function of recount is to record events for the purpose of informing. Dari berbagai ungkapan kalimat tentang tujuan teks recount di atas, dapat dipahami bahwa pada intinya teks berjenis recount adalah teks yang bertujuan untuk menceritakan kejadian yang telah lampau. Meskipun kepentingan dalam teks berbeda; dapat berfungsi untuk memberi informasi atau hanya sekedar untuk memberikan hiburan.

3.      Generic Structure Teks Recount
Setelah mengenali tujuan dari teks recount, maka pembaca juga harus mengerti bagian-bagian teks jenis recount. Sehingga makna yang tertangkap dari teks jenis recount dapat dipahami dengan tepat. Untuk memahami teks berjenis recount, pembaca harus mengenali bagian-bagian dari teks itu. Bagian-bagian teks yang disebut generic structure dalam teks yang berjenis recount ada tiga; yaitu orientation, series of events, dan re-orientation. Secara lebih detail, masing-masing bagian akan di jelaskan pada paragraph berikut.
Bagian orientation merupakan bagian pengenalan dari suatu teks. Maka, pada bagian ini akan memuat who, when, where, dan what. “WHO” maksudnya bagian ini mengemukakan siapa tokoh yang berperan dalam teks. “WHEN” maksudnya bagian ini memuat waktu kejadian yang ada dalam teks. “WHERE” maksudnya mengemukakan tempat dimana kejadian dalam teks itu berlangsung. “WHAT” maksudnya mengemukakan secara singkat tentang apa yang terjadi dalam teks.
Bagian yang kedua dari teks bergenre recount adalah series of events. Pada bagian ini memuat urutan-urutan kejadian yang ada dalam teks. Pada bagian ini, kejadian yang diceritakan harus berurutan sesuai dengan kejadian sebenarnya. Artinya, tidak boleh terjadi salah urutan kejadian. Sehingga, pada bagian ini sering kali menggunakan temporal conjunction untuk membantu mengungkapkan urutan kejadian.
Bagian yang ketiga pada teks dengan genre recount adalah re-orientation. Bagian ini memang tidak mutlak harus ada. Artinya, suatu teks recount _ias saja tidak ditemukan bagian ini. Re-orientation adalah bagian teks yang memuat opini dari penulis atau kesimpulan dari kejadian-kejadian yang telah diceritakan dalam suatu teks recount.
Para ahli Bahasa mengemukakan bahwa teks jenis recount memiliki beberapa bagian penting. Yang paling sederhana, teks recount terdiri dari tiga bagian; yaitu orientation, events, dan re-orientation (optional) (Macken, 1991: 24). Pada bagian re-orientation disebutkan bahwa bagian tersebut optional. Maksudnya, bagian tersebut bukanlah bagian pokok; dengan kata lain bagian tersebut boleh ada boleh juga tidak ada. Sehingga suatu teks sudah dapat  disebut teks recount apabila sudah memiliki bagian orientation, dan events.
Secara lebih detail, Hammond dkk (1992: 88) mengatakan bahwa bagian teks jenis recount terdiri dari orientation, records of events, re-orientation, dan coda. Pada bagian orientationnya Hammond memuat information on the context of the recount. Pada bagian ini terdapat konteks cerita yang dimuat dalam teks tersebut. Pada bagian records of events memuat a record of events in a temporal sequence. Pada bagian ini akan ditemukan rangkaian kejadian yang sudah sesuai dengan urutannya. Bagian yang ketiga adalah re-orientation­ yang isinya adalah closure of events; yaitu penutup cerita. Teks ini belum berakhir disini karena masih ada bagian coda. Bagian ini memuat comment on events. Bagian coda adalah bagian optional, jadi teks recount boleh saja tidak memuat bagian coda.
Dengan istilah yang tidak sama, Anderson & Anderson (2003: 50) mengemukakan bahwa teks berjenis recount terdiri dari tiga bagian; yaitu orientation, series of events, dan concluding paragraph. Tidak jauh berbeda dengan pendapat sebelumnya, bagian orientation gives background information about who, what, where, and when. Bagian ini memberikan informasi latarbelakang kejadian yang juga pengenalan tentang siapa yang menjadi tokoh dalam teks, apa tokoh yang diperankannya, dimana tempat kejadiannya, dan kapan waktu kejadin dalam teks tersebut. Bagian series of events adalah paragraphs that retell events in the order in which they happened. Bagian ini dapat terdiri dari beberapa paragraf dengan pokok pikiran yang berbeda-beda. Paragraf-paragraf ini menceritakan urut-urutan kejadian yang ada dalam teks tersebut. Teks jenis recount  menurut Anderson & Anderson sudah dapat diakhiri dengan dua bagian tersebut. Namun, apabila dilengkapi maka akan ada bagian yang ke tiga; concluding paragraph. Bagian ini memuat penutup cerita recount.

Perhatikan contoh teks recount dengan bagian-bagiannya berikut ini!
Example: 1
Title
My Big Day
Orientation
Last Sunday was my big day. Dad took me to the show in the morning.
Event 1
First we bought some tickets and went to the Ferris Wheel.
Event 2
Then we went to the grandstand and saw some people riding their horses in the ring.
Event 3
After that, we ate some salad rolls and drank some lemonade
etc

Pada contoh di atas, teks recount hanya terdiri dari dua bagian. Yaitu orientation dan events. Pada teks di atas tidak ditemukan re-orientation ataupun coda. Teks seperti ini adalah contoh jenis teks recount yang paling sederhana.

Example 2:
Title
Visit to the Borobudur Temple
Orientation
Last week, my classmates, my teachers, and I visited Borobudur Temple.
Records of Events
Firstly we gathered in front of the gate to get the instructions from the teachers.
Then we entered the temple through the artistic gate. During the tour we saw relieves on the walls of the temple telling about the history.
After this, we gathered again to listen to the tour guide’s explanations.
Re-Orientation
Finally we went home in the afternoon.
Coda
We had a wonderful experience.

Pada contoh di atas, teks recount terdiri dari orientation, records of events, re-orientation, dan coda. Contoh teks jenis recount di atas adalah contoh teks recount yang lengkap.

Latihan: Cobalah menganalisa bagian-bagian (generic structure) dari teks berikut ini!
a)      Apakah teks berikut ini dapat dianalisa dengan tiga bagian (orientation, events, dan re-orientation )?
b)      Apakah teks berikut ini dapat dianalisa dengan tiga bagian (orientation, series of events, dan concluding paragraph)?
c)      Apakah teks berikut ini dapat dianalisa dengan empat bagian (orientation, records of events, re-orientation, dan coda)?

A Terrible Day
Mrs. Yani had a terrible day last Monday. You see, her entire life is in her appoinment book, and she lost it.
She went to Yogyakarta for recreation. In the hotel, she looked in her briefcase for her appoinment book, but it was not there.
She thought that maybe she put it in her bag, but it wasn’t there either.
After breakfast, she reported it to the police and called her son. Then, she returned to the hotel. At the hotel she got a surprise. There was a message from the receptionists. They said that they found her appoinment book. She left it under the mattress.

4.      Linguistic Feature Teks Recount
Untuk mengenali sebuah teks sesuai dengan genre nya, kita dapat melihat pada ciri kebahasaannya. Linguistic feature (ciri kebahasaan) teks recount menurut Anderson & Anderson (2003: 50) terdiri dari proper nouns to identify those involved in the text, descriptive words to give details about who; what; when; where; and how, the use of past tense to retell the events, dan words that show the order of events. Dalam teks jenis recount ditemukan proper nouns. Yang dimaksud dengan proper nouns adalah nama jelas, dalam hal ini bisa saja nama jelas tokoh, tempat; seperti nama kota, nama negara, dsb. Dalam teks recount juga ditemukan descriptive words; yaitu penggambaran yang dapat memberikan gambaran kepada pembaca. Descriptive words biasanya penggambaran itu hanya merupakan penjelasan saja. Dan penggambaran itu meliputi pelaku, tokoh yang diperankan, waktu kejadian, tempat kejadian, dan penggambaran secara fisik. Teks recount juga memiliki ciri kebahasaan yang menggunakan past tense. Dan kata-kata yang menunjukkan urutan kejadian; misalnya then, after that, next, dsb.

Berikut ini adalah contoh teks recount yang dapat dikenali dengan ciri-ciri kebahasaan yang tersbut di atas:
Visit to the Borobudur Temple
Last week, my classmates, my teachers, and I visited Borobudur Temple. It is one of the historical heritages for Indonesian.
Firstly we gathered in front of the gate to get the instructions from the teachers.
Then we entered the temple through the artistic gate. During the tour we saw relieves on the walls of the temple telling about the history.
After this, we gathered again to listen to the tour guide’s explanations.
Finally we went home in the afternoon.
We had a wonderful experience.

Dapat dilihat dengan jelas bahwa dalam teks recount di atas ditemukan ciri kebahasaan yaitu adanya proper nouns: my classmates, my teachers, Borobudur. Dapat pula dilihat ciri bahasa penggunaan past tense; misalnya: visited, gathered, entered. Ciri kebahasaan yang juga menunjukkan teks jenis recount adalah adanya kata yang menunjukkan urutan kejadian; misalnya: firstly, then, after that. Dalam teks tersebut juga dapat ditemukan descriptive words; it is one of the historical heritages for Indonesian.
Linguistic feature teks recount juga dapat terdiri dari focus on specific participants, past tense, verbs of action, use of temporal connectives to indicate sequence of events, circumtances of time and place (Hammond et.al, 1992: 88). Pendapat ini memberikan petunjuk kepada pembaca bahwa teks recount dapat dikenali dari ciri teks yang fokus pada tokoh khusus. Jadi dalam teks tersebut tokohnya disebutkan dengan jelas. Teks juga dapat dikenali dengan penggunaan past tense dalam kalimat-kalimatnya. Kalimat-kalimat yang ada dalam teks menggunakan kata kerja yang menunjukkan kegiatan (action). Teks juga dapat dikenali dengan penggunaan penghubung waktu; misalnya before, after, then, dsb. Jenis teks recount juga dapat dikenali dengan disebutkannya waktu yang jelas dan tempat yang jelas pada saat kejadian.

Berikut ini adalah contoh teks jenis recount yang memiliki ciri kebahasaan seperti yang diungkapkan oleh Hammond, dkk.

Yesterday my mother was ill. My father and I took her to the doctor. First, my father enrolled my mother to a lady who was in charge of it. She typed the data of my mother on the computer. Then, we waited for my mother’s turn.
When her turn came, I accompanied her to enter the doctor’s room. The doctor listened to my mother’s complaint patiently, then he examined her by putting a stethoscope on her chest. After that he checked my mother’s blood pressure by using a blood tensimeter. He also asked his assistant, a nurse, to take my mother’s temperature. She put a thermometer in my mother’s armpit. The doctor told me that my mother had a serious influenza. He wrote a prescription and gave it to me. He advised my mother to stay in bed for three days and come back after a week.
Father took my mother home directly while I went to the nearest dispensary. It was not far from the doctor’s house. I asked the pharmacist for generic ones. They were cheaper but better. It’s the good way of buying the medicines.

Dari contoh di atas dapat dikenali specific participant berupa my mother, my father, she. Pada teks di atas ditemukan circumstance of time, yaitu: yesterday. Dapat pula dilihat ciri bahasa penggunaan past tense; misalnya: listened, examined, had. Apabila dilihat dari kata kerjanya, dapat ditemukan action verbs; seperti: typed, checked, gave. Ciri kebahasaan yang juga menunjukkan teks jenis recount adalah adanya kata yang menunjukkan urutan kejadian; misalnya: firstly, then, after that.
Teks jenis recount juga dapat dikenali dengan ciri kebahasaan yang dikemukakan oleh Macken (1991: 24); yaitu terdiri dari focus on individual participants, use of past tense, focus on temporal sequence of events, use of material (or action) clauses and processes. Pada dasarnya ciri kebahasaan tersebut tidak jauh berbeda dengan ciri kebahasaan yang dikemukakan oleh Hammond. Sehingga penjelasan yang ada dalam teks pun juga tidak jauh berbeda. Pada ciri focus on individual participants berarti pada tersebut terdapat partisipan yang khusus. Teks recount memiliki ciri menggunakan past tense dalam kalimatnya. Ciri utama yang lain adalah focus on temporal sequence of events; yaitu menitk beratkan pada keterangan waktu yang menunjukkan urutan kejadian. Pada cirri penggunaan kata kerjanya menggunakan material (or action) clauses and processes; yaitu kata kerja yang menunjukkan kegiatan atau proses.


Berikut ini adalah contoh teks recount yang dapat dikenali dengan ciri-ciri kebahasaan yang tersebut di atas:

My Big Day
Last Sunday was my big day. Dad took me to the show in the morning.
First we bought some tickets and went to the Ferris Wheel.
Then we went to the grandstand and saw some people riding their horses in the ring.
After that, we ate some salad rolls and drank some lemonade











Dari contoh teks jenis recount di atas, maka dapat dikenali dengan adanya specific participants; yaitu: Dad. Dapat dilihat ciri kebahasaan kalimat yang menggunakan past tense; misalnya: was, took, bought, went. Dalam teks tersebut juga terdapat action verbs; misalnya: went, bought. Teks tersebut juga dapat dikenali sebagai teks recount dengan adanya temporal connectives; seperti: first, then, after that.


Latihan: Cobalah mengenali teks berikut ini dengan menemukan ciri-ciri kebahasaan teks recount!
a)      Ciri kebahasaan apa saja yang dapat saudara temukan dalam teks berikut ini?
b)      Apakah saudara dapat menemukan specific participant?
c)      Sebutkan kata kerja yang menunjukkan penggunaan past tense!
d)      Temporal connective apa saja yang dapat saudara temukan dalam teks berikut ini?


A Terrible Day
Mrs. Yani had a terrible day last Monday. You see, her entire life is in her appoinment book, and she lost it.
She went to Yogyakarta for recreation. In the hotel, she looked in her briefcase for her appoinment book, but it was not there.
She thought that maybe she put it in her bag, but it wasn’t there either.
After breakfast, she reported it to the police and called her son. Then, she returned to the hotel. At the hotel she got a surprise. There was a message from the receptionists. They said that they found her appoinment book. She left it under the mattress.



D.     Rangkuman
Membaca teks recount adalah suatu kegiatan untuk memahami simbol-simbol yang berupa rangkaian kata-kata yang berjenis recount. Secara sederhana dapat dimaknai dengan proses pemahaman suatu teks yang berisi tentang informasi kejadian yang telah lampau.
Anderson & Anderson (2003: 48) mengungkapkan teks recount sebagai teks yang bertujuan untuk menceritakan peristiwa yang telah lampau. Dalam bahasa Inggris, hal ini sering diungkapkan dengan ‘retell past events’. Peristiwa yang telah lampau ini diceritakan kembali sesuai dengan urutan kejadiannya (in sequence).
Teks berjenis recount adalah teks yang bertujuan untuk menceritakan kejadian yang telah lampau. Karena menceritakan kejadian yang telah lampau, maka teks jenis ini termasuk teks kelompok story. Yaitu teks yang memuat cerita dengan urutan kejadian.
Bagian-bagian atau structure dalam teks jenis recount terdiri dari orientation, series of events, dan re-orientation. Bagian orientation memuat pengenalan yang dapat menjawab “who”, “when”, dan “where”. Bagian series of events memuat urutan kejadian yang sesuai dengan urutan waktunya. Teks bergenre recount biasanya diakhiri dengan bagian re-orientation. Pada bagian ini memuat opini penulis terhadap kejadian-kejadian yang diceritakan.
Dalam teks recount ada beberapa ciri kebahasaan yang dapat digunakan untuk mengenali teks jenis recount. Ciri kebahasaan ini lebih dikenal dengan istilah linguistic feature. Secara sederhana, linguistic feature teks recount terdiri dari focus on individual participants, use of past tense, focus on temporal sequence of events, use of material (or action) clauses and processes.

E.      Latihan / Tugas
1.      Buatlah kelompok-kelompok kecil yang terdiri 4-5 orang!
2.      Cobalah untuk menganalisa generic structure teks berikut ini dengan melengkapi tabel!
3.      Bandingkan isi tabel kelompok saudara dengan kelompok yang lain!

A Long Trip by Train

Last week, Rifqy and I went to Surabaya by train. Traveling by train is not only safer than by bus, but also nicer. We can see villages and green rice fields along the way. Trains have no traffic jams and they usually run on time.
We left Balapan railway station in Solo at nine o’clock in the morning. Rifqy sat near the window, and I sat beside her. During the journey, we could talk about our experiences. We often passed villages and rice fields where farmers were working.
We passed many railway crossroads where many people were waiting on their vehicles lead passing. At about three o’clock in the afternoon, the train arrived at Gubeng railway station.
After we had got off the train, we continued to Rifqy’s uncle house. We stayed there for two days. During our stay in Surabaya, we visited many interesting places and tourism objects.


Title
…………………………………………………………….
Orientation
……………………………………………………………. …………………………………………………………….
…………………………………………………………….
Events
……………………………………………………….…… ……………………………………………………………
……………….…………………………………………… ……….……………………………………………………
…………………………………………………………….
Re-Orientation
…………………………………………………………….
…………………………………………………………….

4.      Cobalah untuk menganalisa linguistic feature teks di atas dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Sebutkan specific participant yang ada dalam teks!
  2. Apakah dalam tes di atas terdapat descriptive words? Jika ya sebutkan!
  3. Sebutkan contoh penggunaan past tense dalam teks di atas!
  4. Sebutkan contoh penggunaan temporal connectives!


  1. Tes Mandiri
Read the following text then answer the questions by crossing a, b, c, or d!
Text 1
Last week, my family and I went to a sea food restaurant. We went there to have dinner together.
We sat on the table facing to the rose garden. Not long after we had our seat, a friendly waiter came and greeted us. He offered a list of menu.
Father directly ordered a toasted squid as the main menu. Mother ordered fried shells for me and her. Then, the waiter asked us to wait in a minutes. While waiting, we enjoyed the beauty of roses and some cakes.
After some minutes, the waiter came with our meals. We really enjoyed the dinner because the food was really tasty and delicious.
We went home after we got full.

1.      The statements below belong to the series of event, except …
a.       Last week, my family and I went to a sea food restaurant.
b.      a friendly waiter came and greeted us.
c.       Father directly ordered a toasted squid
d.      Then, the waiter asked us to wait in a minutes.

2.      What is the purpose of the text?
  1. to tell the process
  2. to entertain the reader
  3. to report the research
  4. to tell past event

3.      What is the content of paragraph 1?
a.       Reorientation
b.      Resolution
c.       orientation
d.      Identification

Text 2
Last Sunday was a hot day. The sun shone brightly and the sea was calm. My brother, Jack, and his friend, Andy, went to the seaside.
When they got there, there were many people. They were boating, swimming or playing on the sand. Andy wanted to swim but Jack didn’t like swimming. He preferred boating to swimming. However he didn’t have enough money to rent a boat. So, he was confused.
Andy suggested swimming. He thought that swimming was cheaper and more enjoyable. Most people liked swimming, he added.
Then, they decided to swim. Andy was really a good swimmer. He had much practice. But Jack wasn’t good at swim. When Andy was swimming energetically, he heard a shout for help. There was a boy struggling in the water. It was Jack. He caught and held him. Then, he dragged him to the shore.
Although Andy was very tired, he was very happy because he could save his friend, jack, from drowning.
(Adapted from Smart Steps Grade VIII)

4.      Where did Jack and Andy go last Sunday?
a.       Swimming pool
b.      Seashore
c.       River
d.      Waterfall

5.      Here are the situations at that time, except ….
a.       It was a hot day
b.      The sun shone brightly
  1. The sea was calm
  2. There were many clouds

6.      Why did Andy suggest swimming?
a.       They had much money
b.      Jack preferred swimming to boating
c.       Swimming was cheaper and more enjoyable
d.      They could not find the sand to play


Text 3
Last year I left New Zealand for Bunaken island. I went there with a group of New Zealand divers. There were thirteen of us going together. Getting there was not quite easy.
Soon after our arrival at Bunaken, we got a general briefing. It included a description about how to take pictures under water. We were also told what we may and may not do.
Then, we began our diving. In our diving, we saw groups of tiny fish. In order to identify them, we need a good guide. Without some knowledge of their habitat and behavior, it would be difficult to identify them.
In summary, the trip was mostly enjoyable. This place is so impressive with its marine.
(Taken from Smart Steps Grade VIII)

7.      Where did the writer go last year?
a.       Marina’s house
b.      New Zealand
c.       Bunaken island
d.      Driving

8.      What is the content of the second paragraph?
a.       Orientation
b.      Event 1
c.       Event 2
d.      Title

9.      What is the best title for the text?
a.       Trip to New Zealand
b.      Taking Pictures under Water
c.       Trip to Bunaken
d.      Diving in New Zealand


10.  What is the purpose of the text?
a.       to tell past events
b.      to amuse the readers
c.       to describe diving
d.      to tell how to dive

Isilah titik-titik pada kalimaat-kalimat di bawah ini dengan tepat!
  1. Teks berjenis recount termasuk teks dalam kelompok ….
  2. Teks recount bertujuan untuk …
  3. Teks recount biasanya memiliki ….. bagian
  4. Bagian pengenalan disebut ….
  5. Urutan kejadian diceritakan pada bagian …..
  6. Bagian re-orientation berisi …..
  7. Ciri kebahasaan yang digunakan untuk menali jenis teks dikenal dengan …
  8. Yang dimaksud dengan focus on specific participants adalah bahwa teks recount dapat dikenali dari ciri teks yang fokus pada ….
  9. Tense dalam kalimat-kalimat teks recount menggunakan ….
  10. then, after, before adalah contoh dari …. connectives.


Bacalah text di bawah ini kemudian jawablah pertanyaan dengan tepat!

My Big Day
Last Sunday was my big day. Dad took me to the show in the morning.
First we bought some tickets and went to the Ferris Wheel.
Then we went to the grandstand and saw some people riding their horses in the ring.
After that, we ate some salad rolls and drank some lemonade

Answer the questions below based on the text above!
  1. Who had the big day?
__________________________________________________________
  1. Where did the writer’s Dad take her last Sunday?
__________________________________________________________
  1. What did the writer do in the grandstand?
__________________________________________________________
  1. What did the writer do before going to the grandstand?
__________________________________________________________
  1. What did the writer do after going to the grandstand?
__________________________________________________________

Read the text carefully!
One day Brian went to school by bicycle because he didn’t have any money to take a bus. It was a busy hour so the street was very crowded.
When he rode on his bicycle a car hit him from behind. He fell and was unconscious. Some people helped him and a policeman called an ambulance to take him to the nearest health center.
As soon as the ambulance arrived at the hospital he was conscious. Some nurses took him to doctor’s room by stretcher. A doctor examined him accurately and then gave an injection. The doctor said that Brian needed a crutch to walk.
Brian was not injured seriously but he had to stay in bed for few days.
(Adapted from Smart Steps Grade VIII)

Answer the questions based on the text above!
  1. Why did Brian go to school by bicycle?
­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­___________________________________________________
  1. Why was the street very crowded?
___________________________________________________
  1. What happened when he rode on his bicycle?
___________________________________________________
  1. How was Brian after he fell from his bicycle?
___________________________________________________
  1. How did the people take him to the hospital?
___________________________________________________
  1. What did the doctor do?
___________________________________________________
  1. What did Brian need to walk?
___________________________________________________

Cobalah untuk menganalisa generic structure dan linguistic feature yang ada dalam teks di atas!

 




BAB III
KEGIATAN BELAJAR 2
MENULIS TEKS RECOUNT

A.     Kompetensi Dasar
Menjelaskan menulis teks recount

B.     Materi Pokok :
1.      Pengertian
2.      Langkah Retorika Penulisan Teks Recount

C.     Uraian Materi
Kegiatan belajar 2 pada modul ini membahas tentang “menulis teks recount”. Pada uraian materinya kita akan membahas pengertian “menulis teks recount” dan langkah-langkah retorika penulisan teks recount. Msing-masing sub pembahasan akan diuraikan sebagai berikut.

1.      Pengertian
Istilah menulis seringkali dikaitkan dengan keterampilan berbahasa yang bersifat aktif. Hal ini dikarenakan menulis adalah suatu kegiatan berproduksi atau menghasilkan suatu tulisan. Pengertian menulis yang diungkapkan dalam “Wikipedia” secara umum adalah writing is the representation of language in a textual medium through the use of a set of signs or symbols (known as a writing system). Dari pengeritan di atas dapat dipahami bahwa menulis sebenarnya juga merupakan pengungkapan penggunaan bahasa namun dalam bentuk simbol dengan sistem penulisannya.
Sedangkan pengertian teks dapat dipahami sebagai rangkaian kalimat dalam paragrf-paragraf dengan pokok pikiran tertentu. Suatu teks tentu memiliki makna yang sesuai dengan konteksnya. Secara lebih khusus, teks recount telah dimengerti sebagai salah satu jenis teks yang memuat informasi yang telah lampau. Kejadian-kejadian yang telah lampau ini diceritakan sesuai dengan urutan kejadiannya.
Dari penjelasan-penjelasan di atas, dapat kita tarik pengertian dari “menulis teks recount” dengan suatu kegiatan pengungkapan yang menggunakan bahasa tulis dalam wujud simbol-simbol atau tulisan dengan konteks memberikan informasi tentang kejadian yang telah lampau. Kejadian tersebut diceritakan sesuai dengan urutan waktunya.

2.      Langkah Retorika Penulisan Teks Recount
Dalam menulis teks berjenis recount, perlu diperhatikan hal-hal yang menunjukkan ciri-ciri teks jenis tersebut. Seperti halnya dalam mengenali teks recount, maka dalam penulisan pun penulis juga harus mampu menunjukkan identitas teks recount. Hal-hal yang perlu diperhatikan secara eksplisit adalah linguistic feature (ciri kebahasaan) nya. Selain itu ciri implisit seperti tujuan teks, bagian-bagian teks yang sangat dipengaruhi oleh pikiran utama juga harus diperhatikan dalam penulisan.
Menurut Anderson & Anderson (2003: 54), langkah penulisan teks jenis recount  ada dua macam; yaitu three-part scaffold dan two-part scaffold. Three-part scaffold adalah langkah penulisan teks jenis recount yang terdiri dari tiga bagian. Sedangkan two-part scaffold adalah langkah penulisan teks jenis recount yang terdiri dari dua bagian.
Dalam Three-part scaffold terdiri dari introductory paragraph, sequence of events, dan conclusion. Bagian yang pertama adalah introductory paragraph. Bagian in berisi tentang pengenalan teks yang memuat “who”, “what”, “where”, dan “when”; artinya pada teks ini penulis menceritakan siapa tokoh dalam teks, apa yang diperankan, dimana setting tempat kejadian, dan kapan waktu kejadiannya. Pada bagian kedua; yaitu sequence of events, penulis menceritakan urutan kejadian yang sesuai dengan urutan waktunya. Boleh saja cerita mundur ke belakang namun dengan menggunakan flashback. Hal ini penting karena agar makna dalam teks dapat tersampaikan kepada pembaca dengan tepat. Bagian terakhir adalah conclusion. Bagian ini sifatnya optional, yaitu penulis bisa memilih untuk menggunakan bagian ini atau tidak. Pada bagian ini penulis menuangkan opini atau kesimpulannya terhadap cerita yang sudah diungkapkan pada paragraf-paragraf sebelumnya.

Berikut ini skema dari penulisan teks recount dengan three-part scaffold:


 



















(Anderson & Anderson, 2003: 54)






Contoh langkah penulisan teks recount dengan menggunakan three-part scaffold adalah sbagai berikut:


 



Example:

























Dalam two-part scaffold terdiri dari introductory paragraph dan sequence of events. Bagian yang pertama; yaitu introductory paragraph memuat pengenalan tentang teks recount yang akan ditulis. Sama dengan cara penulisan yang menggunakan Three-part scaffold, bagian ini menuliskan siapa tokoh dalam teks, apa yang diperankan, dimana setting tempat kejadian, dan kapan waktu kejadiannya. Pada bagian yanng kedua pun juga sama dengan bagian kedua dari langkah penulisa yang menggunakan Three-part scaffold. Pada bagian itu, penulis menceritakan urutan kejadian yang sesuai dengan urutan waktunya. Namun pada cara penulisan ini penulis tidak perlu mengungkapkan opini dan kesimpulannya. Sehingga, langkah penulisan teks recount telah berakhir pada langkah yang kedua. Meskipun demikian, teks jenis recount tetap dianggap lengkap dan tidak terkurangi substansinya.

Berikut ini skema dari penulisan teks recount dengan Three-part scaffold:


 












(Anderson & Anderson, 2003: 54)




Apabila dibandingkan dengan cara yang pertama, maka cara yang kedua ini sebenarnya sama. Namun, perbedaan yang cukup jelas tampak pada bagian yang ke tiga. Pada bagian tersebut tidak muncul pada cara penulisan yang kedua. Hal ini tidak mempengaruhi substansi dari tulisan berjenis recount. Karena bagian conclusion (kesimpulan) adalah bagian optional, yang boleh saja ada ataupun tidak ada.

Example:


 























Tugas: Cobalah mengikuti langkah-langkah berikut untuk menyusun suatu teks recount dengan menggunakan cara three-part scaffold!


 





























Tugas: Cobalah mengikuti langkah-langkah berikut untuk menyusun suatu teks recount dengan menggunakan cara two-part scaffold!


 





















D.     Rangkuman
Menulis adalah suatu kegiatan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa tulis sebagai medianya. Menuliskan suatu teks recount merupakan penggunaan bahasa dalam bentuk tulisan untuk mengungkapkan kejadian yang telah lampau sesuai dengan urutan kejadiannya.
Langkah penulisan teks recount ada dua macam; yaitu Three-part scaffold dan two-part scaffold. Teks berjenis recount dapat dituliskan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini. Langkah pertama adalah menuliskan paragraph pengenalan yang memuat “who”, “what”, “where”, dan “when”. Kemudian di bagian kedua, disajikan urutan-urutan kejadian sesuai dengan urutan waktunya. Apabila cara yang digunakan adalah two-part scaffold, maka langkah penulisan sudah selesai. Namun, apabila yang digunakan adalah Three-part scaffold maka masih ada satu langkah lagi. Yaitu penulisan conclusion. Bagian ini memuat opini atau kesimpulan dari penulis.


E.      Latihan / Tugas
1.      Carilah teman pasangan untuk berdialog!
2.      Tanyakan pada teman Saudara tentang kegiatannya semingggu yang lalu!
3.      Catatlah jawabannya!
4.      Praktekkan bergantian!
5.      Kemudian, susunlah jawaban dari hasil dialog Saudara agar menjadi suatu teks recount!


F.      Tes Mandiri
Choose the best answer by crossing a, b, c, or d!

Text 1
Yesterday was a holiday and I ….(1) my time in the kitchen to try a new recipe. It’s about making a yoghurt milkshake. I … (2) it from my friend in Australia.
This is what I did yesterday. Before I …(3), I prepared one cup of yoghurt, two cups of milk, one tablespoon of honey, and some fruit like banana and strawberry. First, I put the yoghurt, milk and honey into a blender. Then, I put the fruit to the milk and yoghurt. Finally, I …(4)  the milkshake into a tall glass.
It …(5) a delicious milkshake.
(Adapted fromEnglish on Sky 2)

1.       
a.       spend
b.      spends
c.       spent
d.      spending

2.        
a.       get
b.      got
c.       gotten
d.      geted

3.       
a.       started
b.      starts
c.       starting
d.      start

4.       
a.       pour
b.      pours
c.       poured
d.      poor

5.       
a.       is
b.      was
c.       are
d.      were


6.      Arrange the sentences in to a good order!
1)      They went to the railway station
2)      They were very happy
3)      Last week Mr. Harun and his family visited uncle John in Majalengka
4)      They took the train to go to Majalengka
5)      The got up early in the morning

a.       3 – 5 – 1 – 4 – 2
b.      5 – 4 – 2 – 1 – 3
c.       3 – 2 – 1 – 4 – 5
d.      5 – 3 – 2 – 4 – 1


Text 2
I spent my holiday in Surabaya last week. I decided to go by bus. I bought a ticket from a ticket agent two days before my departure day. My bus departed at seven o’clock sharp in the morning; it would take three hours to reach Surabaya. In the middle of the trip, the bus suddenly stopped and the passengers asked, “Why did the bus stop?” Then, the driver’s assistant got off the bus to find out. After he returned, he told us that there was an accident, but the police had already handled it. Our bus was trapped in the queue for about one and a half hours. We continued our trip at ten o’clock and finally we arrived at Surabaya at twelve. My uncle and my cousins were waiting for me.

7.      When did the writer buy the ticket?
a.       At the day of departure
b.      Two days after the departure day
c.       Two days before the departure day
d.      Two hours before the departure day



8.      How long it would take to Surabaya from the writer home?
a.       Three days
b.      Seven hours
c.       One and a half hours
d.      Three hours

9.      Why did the bus suddenly stop?
a.       Because it was broken
b.      Because there was an accident
c.       Because the bus had the machine problem
d.      Because there was a policeman

10.  What time did the writer finally arrive at Surabaya?
a.       At seven o’clock
b.      At ten o’clock
c.       At two o’clock
d.      At twelve o’clock


Jawablah dengan melengkapi kalimat-kalimat berikut!

1.      Yang dimuat dalam introductory paragraph adalah …
2.      Yang dimuat dalam paragraph telling events adalah ….
3.      Yang dimuat dalam concluding paragraph adalah …
4.      Penulisan teks Recount yang terdiri dari tiga langkah disebut ….
5.      Penulisan teks Recount yang terdiri dari dua langkah disebut …




Cobalah untuk menulis teks jenis recount dengan mengikuti pokok pikiran yang telah ditentukan!



 




























Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1.      Jelaskan secara singkat yang Saudara pahami tentang teks Recount!
2.      Jelaskan secara singkat yang Saudara pahami tentang menulis teks Recount!
3.      Apa yang dimaksud dengan Three-part scaffold?
4.      Apa yang dimaksud dengan two-part scaffold?
5.      Jelaskan perbedaan Three-part scaffold dan two-part scaffold!
6.      Apa yang dituliskan dalam introductory paragraph?
7.      Apa yang dituliskan dalam a series of paragraph telling events?
8.      Apa yang dituliskan dalam conclusion?






















BAB IV
EVALUASI

A.     Maksud dan Tujuan Evaluasi
Penjelasan dalam modul ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada peserta diklat terutama dalam mata pelajaran Bahasa Inggris untuk MTs tentang teks recount. Dengan demikian, peserta diklat akan mampu menjelaskan kepada anak didik secara memadai serta mampu menerapkannya melalui metode mengajar yang tepat. Modul pendalaman materi ini juga dilengkapi dengan bab evaluasi.
Bab evaluasi ini memiliki maksud dan tujuan untuk memberikan pengayaan kepada peserta diklat tentang keseluruhan materi yang ada di dalamnya. Dengan adanya soal-soal evaluasi maka diharpakan dapat diketahui apakah para peserta diklat telah menerima, memahami, dan mampu mencerna materi yang diberikan instruktur tanpa ada penyimpangan dari garis besar isi modul. Hal seperti ini menjadi sangat penting mengingat materi ini kemudian akan disebarluaskan kepada anak didik yang berada di tingkat MTs/ SMP.
Di samping itu, setelah membaca dan menerima pengetahuan dari modul ini, para peserta diklat akan dapat mengembangkan wawasannya sendiri dengan mengambil contoh-contoh yang terdapat di lingkungan sekitar, sebagai verivikasi dan juga klarifikasi sesuai dengan apa yang diberikan secara teoretik oleh para instruktur. Pengembangan wawasan oleh para peserta diklat tertentu saja tidak sama, bergantung pengalaman, kemampuan merangkum, dan menganalisis bahan modul.

B.     Materi Evaluasi
Materi evaluasi dalam modul pendalaman materi Bahasa Inggris tentang recount ini diambil dari Kegiatan Belajar 1 dan 2. Pada kegiatan belajar 1 telah diberikan penjelasan tentang membaca teks recount yang memuat pengertian, tujuan/ fungsi teks recount, generic structure teks recount, dan linguistic feature teks recount. Pada kegiatan belajar 2 memuat penjelasan tentang menulis teks recount yang termasuk di dalamnya penjelasan tentang pengertian dan langkah retorika penulisan teks recount. Oleh sebab itu, peserta diklat diharapkan telah benar-benar memahami seluruh materi tersebut dalam modul ini.
Materi evaluasi dapat dibedakan menurut kompetensi yang ditinjau dari aspek pemahaman atau pengetahuan, aspek daya ingat, dan aspek keterampilan, mulai dari bagian awal modul sampai dengan bagian akhir modul ini. Tingkat kemampuan orang dalam kecepatan mengerti, menafsirkan, sampai tingkat memahami materi yanng tertuang dalam materi modul tidak sama antara satu dan yang lainnya; bergantung pada kondisi psikologis dan kebiasaan seseorang memahami suatu bacaan.


C.     Soal-soal Evaluasi
Choose the correct answer!
1.      Arrange these sentences to make a good paragraph.
  1. So, early in the morning we left home for the airport.
  2. My family went to Bali for sightseeing last month.
  3. We wanted to go there by plane.
  4. At the airport we had to weigh our luggage first before boarding.
  5. At half past eight the plane took off.
  6. After boarding we waited for the plane to take off.

a.       2 – 3 – 1 – 4 – 6 – 5   
b.      2 – 1 – 3 – 4 – 5 – 6
c.       2 – 4 – 5 – 6 – 1 – 3
d.      2 – 5 – 4 – 6 – 3 – 1


Text 1
Last month my brother and I …2... our grand parents in Solo. We went there by bus. The bus …3... air conditioned and new. I reserved the…4…a day before leaving. We sat…5…..the driver. The Bus reached Solo at 7 p.m. The Bus stopped at Tirtonadi, Solo. We got off and had dinner. Then we …6… an Angkota to our grand parent’s house.
                                     
2.       
a.       visit
b.      visits
c.       visited
d.      visiting

3.       
a.       will
b.      was
c.       were
d.      is


4.       
a.       Meals
b.      Tickets
c.       Drink
d.      Bus

5.       
a.       In front of
b.      Behind
c.       Beside
d.      Opposite to

6.       
a.       Took
b.      Take
c.       Get
d.      Have

Text 2
My cousin, Wildan, and I went to a volleyball match yesterday. It was between our school team and MTs Nurul Fikri. Our team wore yellow T-shirts, bue shorts, and blue knee shocks. The opposite team wore white and green T-shirts, green shorts and red knee shocks.
During the game, both teams were playing seriously. Our team performed like top volleyball players. It seemed that they had a good strategy, especially in managing the ball passed by the opponent. Spiking became the main characteristic of our team. Their opponent could not take their spikes passing the net. It made the opponent team defenseless. When this happened, the spectators yelled and clapped their hands. The game ended with the score of 25 – 17 and 25 – 20. Of course our team was the winner.
Our principal, Mr. Muchtar, was proud of the team because they could win the game. Then, he gathered all the players and said, “Let’s go to the most expensive restaurant. I will treat you all.” They were very happy and shouted, “Yeaaaach, let’s go!s”
(Adapted from Bahan Ajar Bahasa Inggris SMP Kelas VIII)


7.      What is the goal of the text?
  1. To retell the writer’s plan
  2. To tell the writer’s activity yesterday
  3. To describe the writer’s volleyball team
  4. To tell how to play volleyball

8.      Which team won the game?
  1. The writer’s school team
  2. The Nurul Fikri’s valleyball team
  3. The principal’s team
  4. The opponent team

Text 3
I had a bad experience when I did shopping because of the shop assistant’s fault. However, the security officer of the shop really embarrassed me. He accused me of stealing a pair of blue jeans.
That was a Sunday afternoon. I went to a fashion shop with my friends. I choose a pair of blue jeans to buy and paid for them at cashier. Unfortunately, the shop assistant was careless. She forgot to take the censor clip on the blue jeans. So, when I left the shop, the detector beeped. The security officer shouted at me, “Hey, you! Stop!” Then, he took me to the manager’s room.
After examining, the security officer and the manager realized that it was not my fault. They said they were very sorry about what had happened. Finally, the manager asked me to take one piece of clothing for free.
(Adapted from Detik_detik Ujian Nasional Bahasa Inggris SMP/ MTs 2007)

9.      Where did the story happen?
  1. At a market
  2. At a shoe store
  3. In a fashion store
  4. At a canteen

10.  Why did the censor beep?
  1. Because it was broken
  2. Because the shop assistant forgot to take the censor clip on the blue jeans
  3. Because the writer did not pay for the blue jeans
  4. Because the manager asked him to take one piece of clothing for free


Read the following text carefully, and then answer the questions appropriately!

Last summer holiday, my family and I spent one night at the countryside. We stayed in a small house. It had a big garden with lots of colorful flowers and a swimming pool.
First, we made a fire in front of the house. Then, we sat around the fire and sang lots of songs together. After that, we came into the house and had dinner. Next, we sat in the living room and watched a movie. Finally, everybody fell asleep there.
We woke up very late in the morning and had breakfast. In the afternoon we went home. We were all very happy.
(Adapted from English on Sky 2)

Questions:
1.      Where did they spend the holiday?
2.      What did the writer do first?
3.      When did they have dinner?
4.      What did they watch in the living room?
5.      How were they?
Dari teks di atas cobalah untuk menganalisa bagian-bagian dari teks recount!
Orientation
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
Series of events
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
Cobalah menganalisa linguistic feature teks di atas dengan melengkapi isian berikut!
Specific participants      : ______________________________________________________
Use of past tense          : ______________________________________________________
Use of action verbs       : ______________________________________________________
Temporal connectives   : ______________________________________________________
Change the verbs in the brackets to make a recount text!
Last Sunday I (go) to the village to see my grandma.
I (leave) at eight in the morning. I (wait) for the bus at the bus stop. Five minutes later, a bus (come) but it (be) full. I (can) not get in. I (wait) for the next bus. In a few minutes another bus (come). It (be) not full so I (get) in. I (see) all beautiful scenery on the road side because I (sit) by the window. When a conductor (come) towards me, I (buy) a ticket from him. It (cost) two thousand rupiah. I (get) off when the bus (reach) my grandma’s house.
I (be) glad because I (enjoy) my trip.
(Adapted from Smart Steps Grade VIII)
Setelah teks di atas utuh menjadi teks recount, cobalah menganalisa structurenya!
Orientation
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
Records of events
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
Conclusion
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………


Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan tepat!
1.      Jelaskan secara singkat yang Saudara pahami tentang membaca teks Recount!
2.      Sebutkan tujuan/ fungsi teks recount!
3.      Sebutkan bagian-bagian dalam teks recount!
4.      Berikan contoh dalam kalimat penggunaan action verbs!
5.      Jelaskan yang dimaksud dengan ciri kebahasaan specific participant!
6.      Jelaskan secara singkat yang Saudara pahami tentang menulis teks Recount!
7.      Jelaskan perbedaan Three-part scaffold dan two-part scaffold!
8.      Berikan contoh temporal conjunction yang dapat digunakan dalam teks recount

Cobalah untuk menyusun teks jenis recount dengan cara two-part scaffold!


 



















Setelah Saudara menyusun teks recount, cobalah untuk menganalisa teks yang saudara susun dengan melihat ciri kebahasaannya.









BAB V
PENUTUP

A.     Tindak Lanjut
Modul pendalaman materi ini bukanlah satu-satunya sumber bagi guru mata diklat Bahasa Inggris MTs, untuk mendalami materi Bahasa Inggris terutama tentang teks recount Saudara diminta untuk mencari dan membaca lebih lanjut materi terkait dari berbagai sumber yang terdapat di perpustakaan Diklat setempat, sumber dari internet, dan sumber-sumber yang lain. Saudara dapat menyusun resume dari berbagai sumber yang telah di dapatkan.
Bagi peserta diklat yang masih kurang memahami materi diklat dalam modul ini diharapkan dapat memperluas wawasannya dengan lebih banyak mengenali jenis-jenis teks dan mencoba berbagai latihan yang serupa.

B.     Harapan
Harapan yang ditujukan kepada peserta diklat setelah mempelajari bahan ajar (modul) ini adalah dapat menguasai dengan baik. Penguasaan modul pendalaman materi Bahasa Inggris tentang recount ini meliputi aspek membaca dan juga aspek menulis. Mengingat inilah materi minimal yang harus dikuasai peserta diklat yang akan disajikan dalam proses pembelajaran di kelas maka penguasaan atas materi dalam modul ini bersifat mutlak.
Untuk langkah lebih lanjut diharapkan peserta diklat akan mampu mengaplikasikan isi modul ini dengan dikombinasikan dengan berbagai sumber belajar yang terdapat di lapangan. Sehingga para peserta didik akan banyak terbantu oleh para pengajar yang telah menguasai materi yang telah disesuaikan dengan SK dan KD mata diklat yang sesuai dengan tingkatan masing-masing.





Glossarium

Coda
:
Bagian dalam teks recount yang memuat komentar tentang kejadian
Closure of events
:
Penutup cerita
Generic Structure
:
Bagian-bagian teks
Genre
:
Jenis teks
Introductory
:
Pengenalan
Linguistic feature
:
Ciri-ciri kebahasaan
Proper nouns
:
Kata benda yang jelas
Record
:
Kenangan
Recount
:
Teks yang isinya bertujuan untuk menceritakan kejadian yang telah lampau
Re-orientation
:
Bagian dalam teks recount yang memuat opini penulis atau kesimpulan dari kejadian-kejadian yang telah diceritakan
Scaffold
:
Langkah penulisan
Sequence of events
:
Urutan kejadian
Temporal sequence
:
Penghubung yang menunjukkan urutan waktu

             



Post a Comment