BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Mata pelajaran Bahasa Inggris merupakan salah satu mata
pelajaran yang sangat penting. Hal ini disebabkan beberapa alas an;
diantaranya; bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian
Nasional, bahasa Inggris adalah bahasa yang sangat penting dalam komunikasi
Internasional, dan bahasa Inggris merupakan bekal penting dalam kehidupan yang
nyata. Dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai mata diklat tentu menyangkut
beberapa keterampilan bahasa (language skill); diantaranya keterampilan
mendengarkan (listening), keterampilan berbicara (speaking),
keterampilan membaca (reading), dan keterampilan menulis (writing).
Mata pelajaran Bahasa Inggris tercantum dalam Struktur Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP) yang penggunaannya ditetapkan dalam Peraturan Menteri Nomor
24 Tahun 2006. Permen ini ditandatangani oleh Menteri Pendidikan Nasional pada
tanggal 2 Juni 2006. Artinya, struktur kurikulum tersebut sudah harus
diberlakukan mulai tanggal ditetapkannya Permen tersebut. Mata pelajaran ini
diajarkan di Madrasah Tsanawiyah (MTs/ SMP) dari kelas VII, VIII, dan IX.
1. Mengembangkan kompetensi
berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulis untuk mencapai tingkat literasi functional
2. Memiliki kesadaran tentang hakikat
dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam
masyarakat global
3. Mengembangkan pemahaman peserta didik tentang keterkaitan
antara bahasa dengan budaya.
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Inggris di
SMP/MTs meliputi:
1. kemampuan berwacana, yakni kemampuan
memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan
dalam empat keterampilan berbahasa, yakni mendengarkan,
berbicara, membaca dan menulis secara terpadu untuk mencapai tingkat literasi functional;
2. kemampuan memahami dan menciptakan
berbagai teks fungsional pendek dan monolog serta esei berbentuk procedure,
descriptive, recount, narrative, dan report. Gradasi bahan ajar
tampak dalam penggunaan kosa kata, tata bahasa, dan langkah-langkah retorika;
3. kompetensi
pendukung, yakni kompetensi linguistik (menggunakan tata bahasa dan kosa kata,
tata bunyi, tata tulis), kompetensi sosiokultural (menggunakan ungkapan dan
tindak bahasa secara berterima dalam berbagai konteks komunikasi), kompetensi
strategi (mengatasi masalah yang timbul dalam proses komunikasi dengan berbagai
cara agar komunikasi tetap berlangsung), dan kompetensi pembentuk wacana
(menggunakan piranti pembentuk wacana).
Modul pendalaman materi
Bahasa Inggris mencakup berbagai pembahasan yang beritegrasi dengan keempat
keterampilan berbahasa; yaitu mendengar (listening), berbicara (speaking),
membaca (reading), dan menulis (writing). Semua topik pembahasannya
disesuaikan dengan ruang lingkup, standar kompetensi, dan kompetensi dasar yang
terdapat dalam Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Modul yang
sedang Saudara baca ini mengurai tentang aspek membaca dan menulis teks jenis Recount
dan secara spesifik membahas Standar Kompetensi: Membaca; Memahami makna teks
tulis fungsional dan esai pendek sederhana berbentuk recount yang
berkaitan dengan lingkungan sekitar yang dijabarkan dalam Kompetensi Dasar:
Membaca nyaring bermakna teks tulis fungsional dan esai berbentuk recount
pendek dan sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar serta merespon makna dan langkah retorika dalam esai
sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan
sekitar dalam teks berbentuk recount.
Pada Standar Kompetensi:
Menulis; Mengungkapkan makna teks tulis fungsional dan esai pendek sederhana
berbentuk recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar akan
dijabarkan dalam Kompetensi Dasar: Mengungkapkan makna dan langkah retorika
dalam esai pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam
teks berbentuk recount.
B.
Deskripsi Singkat
Modul ini terdiri dari
lima bab. Dari kelima bab tersebut terdapat dua kegiatan belajar. Pada Bab I adalah
Pendahuluan yang secara singkat menyajikan latar belakang, deskripsi singkat,
kompetensi dasar, peta konsep, relevansi/ manfaat, tujuan, dan petunjuk
penggunaan modul ini.
Pada bab berikutnya
merupakan kegiatan belajar yang tertuang dalam dua bab. Pada bab II adalah
kegiatan belajar 1 yang membahas “membaca teks recount”. Dalam uraian
materinya dijelaskan tentang pengertian “membaca teks recount”, fungsi/
tujuan teks recount, generic structure teks recount, dan linguistic
teks recount. Pada bab III adalah kegiatan belajar 2 yang membahas “menulis
teks recount”. Sebagai materi pokok pembahasannya terdiri dari
pengertian “menulis teks recount” dan langkah retorika penulisan teks recount.
Masing-masing dari kegiatan belajar juda memuat latihan/ tugas dan tes mandiri
yang diharapkan dapat menjadi bahan untuk mengevaluasi pemahaman peserta diklat
tentang materi dari tiap kegiatan belajar.
Modul ini juga dilengkapi
dengan bab evaluasi. Bab ini menyajikan soal-soal evaluasi yang diharapkan
mampu meningkatkan pemahaman peserta diklat setelah mendapatkan penjelasan dari
tiap-tiap kegiatan belajar. Dalam bab evaluasi merupakan sajian sebagai bahan review
dari seluruh materi dalam modul ini.
Bab penutup disajikan
pada akhir penulisan modul ini sebagai petunjuk bahwa modul ini memerlukan
tindak lanjut yang dapat memenuhi harapan. Bab ini merupakan pengantar bagi para
peserta diklat agar dapat meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan yang telah
didapatkan dari modul ini.
C.
Standard
Kompetensi
1.
Bahasa Inggris
tingkat MTs tentang Recount (Membaca)
a.
SK: Membaca; Memahami berbagai makna (interpersonal, ideasional,
tekstual) dalam berbagai teks tulis interaksional dan monolog terutama yang
berbentuk recount.
b.
KD: Menjelaskan
membaca teks recount
c.
Indikator:
1)
Membaca nyaring
teks recount dengan baik dan benar
2)
Mampu
mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks recount
3)
Mampu
mengidentifikasi fungsi komunikatif teks recount
4)
Mampu menyebutkan
ciri kebahasaan teks recount
5)
Mampu
mengidentifikasi langkah retorika teks recount
2.
Bahasa Inggris
tingkat MTs tentang Report (Menulis)
a.
SK: Menulis; Mengungkapkan berbagai makna (interpersonal, ideasional,
tekstual) dalam berbagai teks tulis interaksional dan menolong terutama yang report.
b.
KD: Menjelaskan
menulis teks report
c.
Indikator:
1)
Mampu menyusun
teks recount
2)
Mampu menulis
teks berbentuk recount dengan langkah retorika yang benar
D.
Peta Konsep
E.
Relevansi /
Manfaat
Modul ini
bermanfaat bagi peserta diklat agar:
1.
Menguasai dalam
pengembangan indikator pencapaian berdasarkan contoh pengembangan yang
tersedia.
2.
Menguasai
materi-materi pembelajaran Bahasa Inggris tentang teks recount.
3.
Menguasai
kompetensi membaca dan menulis teks berjenis recount.
4.
Menjadi bahan
kajian dalam rangka peningkatan penguasaan meteri pembelajaran Bahasa Inggris,
khususnya teks recount.
F.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Tujuan
Pembelajaran Umum:
Setelah mempelajari bahan
ajar ini, peserta diklat diharapkan mampu memahami tentang teks berjenis recount.
Pemahaman tidak hanya berhenti pada sekedar mengetahui pengertian teks recount,
namun juga memahami bagian-bagian nya, dan ciri-ciri kebahasaannya.
2.
Tujuan
Pembelajaran Khusus:
Secara
khusus tujuan pembelajaran ini adalah agar peserta diklat mampu:
a.
Mengembangkan
pemahamannya tentang teks recount
b.
Mampu mengenali
teks dalam jenis recount
c.
Mampu memahami
bagian-bagian dalam teks berjenis recount
d.
Mengembangkan
keterampilannya dalam hal pemahaman bacaan berjenis recount
e.
Mengembangkan
keterampilannya dalam hal menuliskan teks dalam bentuk recount
G.
Petunjuk
Penggunaan Modul
Modul ini
hendaknya digunakan sesuai dengan petunjuk berikut ini:
1.
Keseluruhan
materi yang ada dalam modul ini hendaknya dibaca secara seksama;
2.
Bab Pendahuluan
merupakan informasi yang menguraikan bagian penting dalam memahami modul ini;
karena itu untuk memahami, setiap peserta perlu saling tanya jawab atau diskusi
baik dengan sesama peserta maupun dengan pelatih/ narasumber;
3.
Modul akan lebih
baik bila dipelajari secara berkelompok untuk memahami hal-hal baik yang
terkait dengan teknis maupun teoretis;
4.
Bila ada
materi-materi yang kurang dipahami, peserta diklat dapat bertanya langsung
kepada narasumber yang menyampaikan materi modul ini;
5.
Tugas dan latihan
yang terdapat pada setiap Bab harap dikerjakan tanpa melihat kunci jawaban
terlebih dahulu.
6.
Untuk menguji
kemampuan terhadap penguasaan modul ini, peserta agar mengerjakan soal-soal tes
secara individu.
7.
Bila peserta
belum mampu menjawab sebagian besar dar soal yang ditampilkan dalam latihan
maupun tes formatif, perserta dapat mengulangi lagi dalam mempelajarinya agar
setiap kompetensi yang diharapkan dalam setiap Babnya dapat peserta penuhi.
BAB II
KEGIATAN BELAJAR 1
MEMBACA TEKS RECOUNT
A.
Kompetensi Dasar
Menjelaskan
membaca teks recount
B.
Materi Pokok:
1.
Pengertian
2.
Fungsi Teks Recount
3.
Generic
Structure Teks Recount
4.
Linguistic
Feature Teks Recount
C.
Uraian Materi
Uraian materi pada
kegiatan belajar 1 ini akan menguraikan tentang pengertian dari membaca teks recount,
fungsi teks recount, generic structure teks recount, dan linguistic
feature teks recount. Berikut ini penjelasan dari masing-masing sub
pembahasan.
1.
Pengertian
Membaca adalah kegiatan
yang termasuk dalam ketrampilan berbahasa. Kegiatan ini erat kaitannya dengan
bahasa tulis. Secara umum pengertian membaca dapat kita peroleh dari Wikipedia;
Reading is a
multi-dimensional cognitive process of decoding symbols for the
purpose of deriving meaning (reading comprehension) and/ or
constructing meaning (Free
encyclopedia 13 Agustus 2008; 11.30). Pada intinya
membaca merupakan proses pemahaman simbol-simbol atau tulisan untuk menangkap
maknanya. Simbol-simbol ataupun tulisan yang menjadi bahan bacaan seringkali
dalam bentuk teks.
Sebuah teks adalah suatu
bentuk tulisan yang memiliki makna tertentu. Dalam mata pelajaran bahasa Inggris
yang lekat dengan ketrampilan berbahasa dalam
hal mendengar (listening), berbicara (speaking), membaca (reading),
dan menulis (writing) teks memiliki peranan yang sangant penting. Anderson
& Anderson (2003: 1) memaknai teks sebagai kumpulan kata-kata yang memiliki
makna untuk berkomunikasi. Teks dengan jenis recount adalah teks yang
memiliki spesifikasi sebagai teks yang menceritakan kejadian yangn telah lampau
dengan urutan waktu tertentu.
Dari penjelasan di atas,
dapat kita ambil pengertian dari “membaca teks recount” adalah suatu
proses pemahaman simbol-simbol yang terdapat dalam suatu teks yang berisi
informasi kejadian yang telah lampau. Kejadian ini diceritakan sesuai dengan
urutan waktunya.
Secara teknis, untuk
menangkap pesan yang ada dalam teks recount pembaca harus mengerti
tujuan teks, bagian-bagian teks, dan juga ciri kebahasaannya. Dengan mengerti
tujuan, bagian-bagian, dan ciri kebahasaan teks pembaca juga akan lebih mudah
mengenali jenis teks, sehingga akan lebih mudah merespon makna yang ada dalam
teks tersebut.
2.
Fungsi/ Tujuan
Teks Recount
Ada berbagai pernyataan
dan pendapat yang diungkapkan menegenai tujuan atau fungsi dari teks jenis recount.
Anderson & Anderson (2003: 48) dalam bukunya “Text Types in English 1”
mengatakan the purpose of recount is to give the audience a description of
what occurred and when it occurred. Dengan kalimat yang berbeda namun masih
dalam maksud yang tidak terlalu jauh berbeda Macken (1990: 24) mengatakan the
function of recount is to tell events for the purpose of informing or
entertaining. Events are usually arranged in a temporal sequence. Dengan
bahasa yang lebih sederhana, Hammond, dkk (1992: 88) mengungkapkan the
social function of recount is to record events for the purpose of informing.
Dari berbagai ungkapan kalimat tentang tujuan teks recount di atas,
dapat dipahami bahwa pada intinya teks berjenis recount adalah teks yang
bertujuan untuk menceritakan kejadian yang telah lampau. Meskipun kepentingan
dalam teks berbeda; dapat berfungsi untuk memberi informasi atau hanya sekedar
untuk memberikan hiburan.
3.
Generic
Structure Teks Recount
Setelah mengenali tujuan
dari teks recount, maka pembaca juga harus mengerti bagian-bagian teks
jenis recount. Sehingga makna yang tertangkap dari teks jenis recount
dapat dipahami dengan tepat. Untuk memahami teks berjenis recount,
pembaca harus mengenali bagian-bagian dari teks itu. Bagian-bagian teks yang
disebut generic structure dalam teks yang berjenis recount ada
tiga; yaitu orientation, series of events, dan re-orientation.
Secara lebih detail, masing-masing bagian akan di jelaskan pada paragraph
berikut.
Bagian orientation
merupakan bagian pengenalan dari suatu teks. Maka, pada bagian ini akan memuat who,
when, where, dan what. “WHO” maksudnya bagian ini mengemukakan
siapa tokoh yang berperan dalam teks. “WHEN” maksudnya bagian ini memuat
waktu kejadian yang ada dalam teks. “WHERE” maksudnya mengemukakan
tempat dimana kejadian dalam teks itu berlangsung. “WHAT” maksudnya
mengemukakan secara singkat tentang apa yang terjadi dalam teks.
Bagian yang kedua dari
teks bergenre recount adalah series of events. Pada bagian ini
memuat urutan-urutan kejadian yang ada dalam teks. Pada bagian ini, kejadian
yang diceritakan harus berurutan sesuai dengan kejadian sebenarnya. Artinya,
tidak boleh terjadi salah urutan kejadian. Sehingga, pada bagian ini sering
kali menggunakan temporal conjunction untuk membantu mengungkapkan
urutan kejadian.
Bagian yang ketiga pada
teks dengan genre recount adalah re-orientation. Bagian
ini memang tidak mutlak harus ada. Artinya, suatu teks recount _ias saja
tidak ditemukan bagian ini. Re-orientation adalah bagian teks
yang memuat opini dari penulis atau kesimpulan dari kejadian-kejadian yang
telah diceritakan dalam suatu teks recount.
Para ahli Bahasa
mengemukakan bahwa teks jenis recount memiliki beberapa bagian penting.
Yang paling sederhana, teks recount terdiri dari tiga bagian; yaitu orientation,
events, dan re-orientation (optional) (Macken, 1991: 24). Pada
bagian re-orientation disebutkan bahwa bagian tersebut optional.
Maksudnya, bagian tersebut bukanlah bagian pokok; dengan kata lain bagian
tersebut boleh ada boleh juga tidak ada. Sehingga suatu teks sudah dapat disebut teks recount apabila sudah
memiliki bagian orientation, dan events.
Secara lebih detail,
Hammond dkk (1992: 88) mengatakan bahwa bagian teks jenis recount
terdiri dari orientation, records of events, re-orientation, dan coda.
Pada bagian orientationnya Hammond memuat information on the context
of the recount. Pada bagian ini terdapat konteks cerita yang dimuat dalam
teks tersebut. Pada bagian records of events memuat a record of
events in a temporal sequence. Pada bagian ini akan ditemukan rangkaian
kejadian yang sudah sesuai dengan urutannya. Bagian yang ketiga adalah re-orientation
yang isinya adalah closure of events; yaitu penutup cerita. Teks ini
belum berakhir disini karena masih ada bagian coda. Bagian ini memuat comment
on events. Bagian coda adalah bagian optional, jadi teks recount
boleh saja tidak memuat bagian coda.
Dengan istilah yang tidak
sama, Anderson & Anderson (2003: 50) mengemukakan bahwa teks
berjenis recount terdiri dari tiga bagian; yaitu orientation,
series of events, dan concluding paragraph. Tidak jauh berbeda
dengan pendapat sebelumnya, bagian orientation gives background
information about who, what, where, and when. Bagian ini memberikan
informasi latarbelakang kejadian yang juga pengenalan tentang siapa yang
menjadi tokoh dalam teks, apa tokoh yang diperankannya, dimana tempat
kejadiannya, dan kapan waktu kejadin dalam teks tersebut. Bagian series of
events adalah paragraphs that retell events in the order in which they
happened. Bagian ini dapat terdiri dari beberapa paragraf dengan pokok
pikiran yang berbeda-beda. Paragraf-paragraf ini menceritakan urut-urutan
kejadian yang ada dalam teks tersebut. Teks jenis recount menurut Anderson & Anderson sudah dapat
diakhiri dengan dua bagian tersebut. Namun, apabila dilengkapi maka akan ada
bagian yang ke tiga; concluding paragraph. Bagian ini memuat penutup cerita
recount.
Perhatikan contoh teks recount
dengan bagian-bagiannya berikut ini!
Example: 1
Title
|
My Big Day
|
Orientation
|
Last Sunday was my big day. Dad took me to
the show in the morning.
|
Event 1
|
First we bought some tickets and went to
the Ferris Wheel.
|
Event 2
|
Then we went to the grandstand and saw
some people riding their horses in the ring.
|
Event 3
|
After that, we ate some salad rolls and
drank some lemonade
|
etc
|
|
Pada contoh di atas, teks recount
hanya terdiri dari dua bagian. Yaitu orientation dan events. Pada
teks di atas tidak ditemukan re-orientation ataupun coda. Teks
seperti ini adalah contoh jenis teks recount yang paling sederhana.
Example 2:
Title
|
Visit to the Borobudur Temple
|
Orientation
|
Last week, my classmates, my teachers, and
I visited Borobudur Temple.
|
Records of Events
|
Firstly we gathered in front of the gate
to get the instructions from the teachers.
|
Then we entered the temple through the
artistic gate. During the tour we saw relieves on the walls of the temple
telling about the history.
|
|
After this, we gathered again to listen to
the tour guide’s explanations.
|
|
Re-Orientation
|
Finally we went home in the afternoon.
|
Coda
|
We had a wonderful experience.
|
Pada contoh di atas, teks recount
terdiri dari orientation, records of events, re-orientation, dan coda.
Contoh teks jenis recount di atas adalah contoh teks recount yang
lengkap.
Latihan:
Cobalah menganalisa bagian-bagian (generic structure) dari teks berikut
ini!
a)
Apakah teks
berikut ini dapat dianalisa dengan tiga bagian (orientation, events, dan
re-orientation )?
b)
Apakah teks
berikut ini dapat dianalisa dengan tiga bagian (orientation, series of
events, dan concluding paragraph)?
c)
Apakah teks
berikut ini dapat dianalisa dengan empat bagian (orientation, records of
events, re-orientation, dan coda)?
A Terrible Day
Mrs. Yani had a terrible day last Monday. You see, her entire life is in
her appoinment book, and she lost it.
She went to Yogyakarta for recreation. In the hotel, she looked in her
briefcase for her appoinment book, but it was not there.
She thought that maybe she put it in her bag, but it wasn’t there either.
After breakfast, she reported it to the police and called her son. Then,
she returned to the hotel. At the hotel she got a surprise. There was a
message from the receptionists. They said that they found her appoinment
book. She left it under the mattress.
|
4.
Linguistic
Feature Teks Recount
Untuk mengenali sebuah
teks sesuai dengan genre nya, kita dapat melihat pada ciri
kebahasaannya. Linguistic feature (ciri kebahasaan) teks recount
menurut Anderson & Anderson (2003: 50) terdiri dari proper nouns to
identify those involved in the text, descriptive words to give details about
who; what; when; where; and how, the use of past tense to retell the events, dan
words that show the order of events. Dalam teks jenis recount
ditemukan proper nouns. Yang dimaksud dengan proper nouns adalah
nama jelas, dalam hal ini bisa saja nama jelas tokoh, tempat; seperti nama
kota, nama negara, dsb. Dalam teks recount juga ditemukan descriptive
words; yaitu penggambaran yang dapat memberikan gambaran kepada pembaca.
Descriptive words biasanya penggambaran itu hanya merupakan penjelasan
saja. Dan penggambaran itu meliputi pelaku, tokoh yang diperankan, waktu
kejadian, tempat kejadian, dan penggambaran secara fisik. Teks recount juga
memiliki ciri kebahasaan yang menggunakan past tense. Dan
kata-kata yang menunjukkan urutan kejadian; misalnya then, after that, next,
dsb.
Berikut ini adalah contoh
teks recount yang dapat dikenali dengan ciri-ciri kebahasaan yang
tersbut di atas:
Visit to the Borobudur Temple
|
Last week, my classmates, my teachers, and
I visited Borobudur Temple. It is one of the historical
heritages for Indonesian.
|
Firstly we gathered in front of the gate to get the instructions
from the teachers.
|
Then
we entered the temple through the artistic gate. During the
tour we saw relieves on the walls of the temple telling about
the history.
|
After this, we gathered again to listen to the tour guide’s explanations.
|
Finally we went home in the afternoon.
|
We had a wonderful experience.
|
Dapat dilihat dengan jelas bahwa dalam teks recount
di atas ditemukan ciri kebahasaan yaitu adanya proper nouns: my
classmates, my teachers, Borobudur. Dapat pula dilihat ciri bahasa
penggunaan past tense; misalnya: visited, gathered, entered.
Ciri kebahasaan yang juga menunjukkan teks jenis recount adalah adanya
kata yang menunjukkan urutan kejadian; misalnya: firstly, then, after that.
Dalam teks tersebut juga dapat ditemukan descriptive words; it is one of the
historical heritages for Indonesian.
Linguistic feature teks recount juga dapat terdiri dari focus
on specific participants, past tense, verbs of action, use of temporal
connectives to indicate sequence of events, circumtances of time and place (Hammond
et.al, 1992: 88). Pendapat ini memberikan petunjuk kepada pembaca bahwa teks recount
dapat dikenali dari ciri teks yang fokus pada tokoh khusus. Jadi dalam teks
tersebut tokohnya disebutkan dengan jelas. Teks juga dapat dikenali dengan penggunaan
past tense dalam kalimat-kalimatnya. Kalimat-kalimat yang ada dalam teks
menggunakan kata kerja yang menunjukkan kegiatan (action). Teks juga
dapat dikenali dengan penggunaan penghubung waktu; misalnya before, after,
then, dsb. Jenis teks recount juga dapat dikenali dengan
disebutkannya waktu yang jelas dan tempat yang jelas pada saat kejadian.
Berikut ini adalah contoh
teks jenis recount yang memiliki ciri kebahasaan seperti yang
diungkapkan oleh Hammond, dkk.
Yesterday my mother was ill. My father and I took her to the
doctor. First, my father enrolled my mother to a lady who was in charge of
it. She typed the data of my mother on the computer. Then, we waited for my
mother’s turn.
When her turn came, I
accompanied her to enter the doctor’s room. The doctor listened to my
mother’s complaint patiently, then he examined her by putting a stethoscope
on her chest. After that he checked my mother’s blood pressure by using a
blood tensimeter. He also asked his assistant, a nurse, to take my mother’s
temperature. She put a thermometer in my mother’s armpit. The doctor told me
that my mother had a serious influenza. He wrote a prescription and gave it
to me. He advised my mother to stay in bed for three days and come back after
a week.
Father took my mother home directly while I went to the nearest
dispensary. It was not far from the doctor’s house. I asked the pharmacist
for generic ones. They were cheaper but better. It’s the good way of buying
the medicines.
|
Dari contoh di atas dapat dikenali specific
participant berupa my mother, my father, she. Pada teks di atas
ditemukan circumstance of time, yaitu: yesterday. Dapat pula dilihat
ciri bahasa penggunaan past tense; misalnya: listened,
examined, had. Apabila dilihat dari kata kerjanya, dapat ditemukan action
verbs; seperti: typed, checked, gave. Ciri kebahasaan yang
juga menunjukkan teks jenis recount adalah adanya kata yang menunjukkan
urutan kejadian; misalnya: firstly, then, after that.
Teks jenis recount juga
dapat dikenali dengan ciri kebahasaan yang dikemukakan oleh Macken (1991: 24);
yaitu terdiri dari focus on individual participants, use of past tense, focus
on temporal sequence of events, use of material (or action) clauses and
processes. Pada dasarnya ciri kebahasaan tersebut tidak jauh berbeda dengan
ciri kebahasaan yang dikemukakan oleh Hammond. Sehingga penjelasan yang ada
dalam teks pun juga tidak jauh berbeda. Pada ciri focus on individual
participants berarti pada tersebut terdapat partisipan yang khusus. Teks recount
memiliki ciri menggunakan past tense dalam kalimatnya. Ciri utama
yang lain adalah focus on temporal sequence of events; yaitu menitk
beratkan pada keterangan waktu yang menunjukkan urutan kejadian. Pada cirri
penggunaan kata kerjanya menggunakan material (or action) clauses and
processes; yaitu kata kerja yang menunjukkan kegiatan atau proses.
Berikut ini adalah contoh
teks recount yang dapat dikenali dengan ciri-ciri kebahasaan yang
tersebut di atas:
My Big Day
|
Last Sunday was my big day. Dad took
me to the show in the morning.
|
First we bought some tickets and went
to the Ferris Wheel.
|
Then we went to the
grandstand and saw some people riding their horses in the ring.
|
After that, we ate some salad
rolls and drank some lemonade
|
Dari contoh teks jenis recount di
atas, maka dapat dikenali dengan adanya specific participants; yaitu:
Dad. Dapat dilihat ciri kebahasaan kalimat yang menggunakan past
tense; misalnya: was, took, bought, went. Dalam teks
tersebut juga terdapat action verbs; misalnya: went, bought. Teks
tersebut juga dapat dikenali sebagai teks recount dengan adanya temporal
connectives; seperti: first, then, after that.
Latihan:
Cobalah mengenali teks berikut ini dengan menemukan ciri-ciri kebahasaan teks recount!
a)
Ciri kebahasaan
apa saja yang dapat saudara temukan dalam teks berikut ini?
b)
Apakah saudara
dapat menemukan specific participant?
c)
Sebutkan kata
kerja yang menunjukkan penggunaan past tense!
d)
Temporal
connective apa saja yang dapat saudara temukan
dalam teks berikut ini?
A Terrible Day
Mrs. Yani had a terrible day last Monday. You see, her entire life is in
her appoinment book, and she lost it.
She went to Yogyakarta for recreation. In the hotel, she looked in her
briefcase for her appoinment book, but it was not there.
She thought that maybe she put it in her bag, but it wasn’t there either.
After breakfast, she reported it to the police and called her son. Then,
she returned to the hotel. At the hotel she got a surprise. There was a
message from the receptionists. They said that they found her appoinment
book. She left it under the mattress.
|
D. Rangkuman
Membaca teks recount adalah
suatu kegiatan untuk memahami simbol-simbol yang berupa rangkaian kata-kata
yang berjenis recount. Secara sederhana dapat dimaknai dengan proses
pemahaman suatu teks yang berisi tentang informasi kejadian yang telah lampau.
Anderson & Anderson
(2003: 48) mengungkapkan teks recount sebagai teks yang bertujuan untuk menceritakan
peristiwa yang telah lampau. Dalam bahasa Inggris, hal ini sering diungkapkan
dengan ‘retell past events’. Peristiwa yang telah lampau ini diceritakan
kembali sesuai dengan urutan kejadiannya (in sequence).
Teks berjenis recount
adalah teks yang bertujuan untuk menceritakan kejadian yang telah lampau.
Karena menceritakan kejadian yang telah lampau, maka teks jenis ini termasuk
teks kelompok story. Yaitu teks yang memuat cerita dengan urutan
kejadian.
Bagian-bagian atau structure
dalam teks jenis recount terdiri dari orientation, series of events,
dan re-orientation. Bagian orientation memuat pengenalan yang dapat
menjawab “who”, “when”, dan “where”. Bagian series of events
memuat urutan kejadian yang sesuai dengan urutan waktunya. Teks bergenre recount
biasanya diakhiri dengan bagian re-orientation. Pada bagian ini memuat
opini penulis terhadap kejadian-kejadian yang diceritakan.
Dalam teks recount
ada beberapa ciri kebahasaan yang dapat digunakan untuk mengenali teks jenis recount.
Ciri kebahasaan ini lebih dikenal dengan istilah linguistic feature.
Secara sederhana, linguistic feature teks recount terdiri dari focus
on individual participants, use of past tense, focus on temporal sequence of
events, use of material (or action) clauses and processes.
E.
Latihan / Tugas
1.
Buatlah
kelompok-kelompok kecil yang terdiri 4-5 orang!
2.
Cobalah untuk
menganalisa generic structure teks berikut ini dengan melengkapi tabel!
3.
Bandingkan isi
tabel kelompok saudara dengan kelompok yang lain!
A Long Trip by Train
Last
week, Rifqy and I went to Surabaya by train. Traveling by train is not only
safer than by bus, but also nicer. We can see villages and green rice fields
along the way. Trains have no traffic jams and they usually run on time.
We
left Balapan railway station in Solo at nine o’clock in the morning. Rifqy
sat near the window, and I sat beside her. During the journey, we could talk
about our experiences. We often passed villages and rice fields where farmers
were working.
We
passed many railway crossroads where many people were waiting on their
vehicles lead passing. At about three o’clock in the afternoon, the train
arrived at Gubeng railway station.
After we had got off the train, we
continued to Rifqy’s uncle house. We stayed there for two days. During our
stay in Surabaya, we visited many interesting places and tourism objects.
|
Title
|
…………………………………………………………….
|
Orientation
|
…………………………………………………………….
…………………………………………………………….
…………………………………………………………….
|
Events
|
……………………………………………………….……
……………………………………………………………
|
……………….……………………………………………
……….……………………………………………………
|
|
…………………………………………………………….
|
|
Re-Orientation
|
…………………………………………………………….
…………………………………………………………….
|
4.
Cobalah untuk
menganalisa linguistic feature teks di atas dengan menjawab
pertanyaan-pertanyaan berikut!
- Sebutkan specific participant yang ada dalam teks!
- Apakah dalam tes di atas terdapat descriptive words? Jika ya sebutkan!
- Sebutkan contoh penggunaan past tense dalam teks di atas!
- Sebutkan contoh penggunaan temporal connectives!
- Tes Mandiri
Read the
following text then answer the questions by crossing a, b, c, or d!
Text 1
Last
week, my family and I went to a sea food restaurant. We went there to have
dinner together.
We
sat on the table facing to the rose garden. Not long after we had our seat, a
friendly waiter came and greeted us. He offered a list of menu.
Father
directly ordered a toasted squid as the main menu. Mother ordered fried shells
for me and her. Then, the waiter asked us to wait in a minutes. While waiting,
we enjoyed the beauty of roses and some cakes.
After
some minutes, the waiter came with our meals. We really enjoyed the dinner
because the food was really tasty and delicious.
We went
home after we got full.
1.
The statements
below belong to the series of event, except …
a.
Last week, my
family and I went to a sea food restaurant.
b.
a friendly waiter
came and greeted us.
c.
Father directly
ordered a toasted squid
d.
Then, the waiter
asked us to wait in a minutes.
2.
What is the
purpose of the text?
- to tell the process
- to entertain the reader
- to report the research
- to tell past event
3.
What is the
content of paragraph 1?
a.
Reorientation
b.
Resolution
c.
orientation
d.
Identification
Text 2
Last
Sunday was a hot day. The sun shone brightly and the sea was calm. My brother,
Jack, and his friend, Andy, went to the seaside.
When
they got there, there were many people. They were boating, swimming or playing
on the sand. Andy wanted to swim but Jack didn’t like swimming. He preferred
boating to swimming. However he didn’t have enough money to rent a boat. So, he
was confused.
Andy
suggested swimming. He thought that swimming was cheaper and more enjoyable.
Most people liked swimming, he added.
Then,
they decided to swim. Andy was really a good swimmer. He had much practice. But
Jack wasn’t good at swim. When Andy was swimming energetically, he heard a
shout for help. There was a boy struggling in the water. It was Jack. He caught
and held him. Then, he dragged him to the shore.
Although
Andy was very tired, he was very happy because he could save his friend, jack,
from drowning.
(Adapted from Smart
Steps Grade VIII)
4.
Where did Jack
and Andy go last Sunday?
a.
Swimming pool
b.
Seashore
c.
River
d.
Waterfall
5.
Here are the
situations at that time, except ….
a.
It was a hot day
b.
The sun shone
brightly
- The sea was calm
- There were many clouds
6.
Why did Andy
suggest swimming?
a.
They had much
money
b.
Jack preferred
swimming to boating
c.
Swimming was
cheaper and more enjoyable
d.
They could not
find the sand to play
Text
3
Last
year I left New Zealand for Bunaken island. I went there with a group of New
Zealand divers. There were thirteen of us going together. Getting there was not
quite easy.
Soon
after our arrival at Bunaken, we got a general briefing. It included a
description about how to take pictures under water. We were also told what we
may and may not do.
Then, we
began our diving. In our diving, we saw groups of tiny fish. In order to
identify them, we need a good guide. Without some knowledge of their habitat
and behavior, it would be difficult to identify them.
In
summary, the trip was mostly enjoyable. This place is so impressive with its
marine.
(Taken from Smart Steps Grade VIII)
7.
Where did the
writer go last year?
a.
Marina’s house
b.
New Zealand
c.
Bunaken island
d.
Driving
8.
What is the
content of the second paragraph?
a.
Orientation
b.
Event 1
c.
Event 2
d.
Title
9.
What is the best
title for the text?
a.
Trip to New
Zealand
b.
Taking Pictures
under Water
c.
Trip to Bunaken
d.
Diving in New
Zealand
10. What is the purpose of the text?
a.
to tell past
events
b.
to amuse the
readers
c.
to describe
diving
d.
to tell how to
dive
Isilah
titik-titik pada kalimaat-kalimat di bawah ini dengan tepat!
- Teks berjenis recount termasuk teks dalam kelompok ….
- Teks recount bertujuan untuk …
- Teks recount biasanya memiliki ….. bagian
- Bagian pengenalan disebut ….
- Urutan kejadian diceritakan pada bagian …..
- Bagian re-orientation berisi …..
- Ciri kebahasaan yang digunakan untuk menali jenis teks dikenal dengan …
- Yang dimaksud dengan focus on specific participants adalah bahwa teks recount dapat dikenali dari ciri teks yang fokus pada ….
- Tense dalam kalimat-kalimat teks recount menggunakan ….
- then, after, before adalah contoh dari …. connectives.
Bacalah text
di bawah ini kemudian jawablah pertanyaan dengan tepat!
My Big Day
Last Sunday was my big
day. Dad took me to the show in the morning.
First we bought some
tickets and went to the Ferris Wheel.
Then we went to the
grandstand and saw some people riding their horses in the ring.
After that, we ate some salad rolls and drank some lemonade
|
Answer the questions below based on the text above!
- Who had the big day?
__________________________________________________________
- Where did the writer’s Dad take her last Sunday?
__________________________________________________________
- What did the writer do in the grandstand?
__________________________________________________________
- What did the writer do before going to the grandstand?
__________________________________________________________
- What did the writer do after going to the grandstand?
__________________________________________________________
Read the text
carefully!
One day Brian went to
school by bicycle because he didn’t have any money to take a bus. It was a busy
hour so the street was very crowded.
When he rode on his
bicycle a car hit him from behind. He fell and was unconscious. Some people
helped him and a policeman called an ambulance to take him to the nearest
health center.
As soon as the ambulance
arrived at the hospital he was conscious. Some nurses took him to doctor’s room
by stretcher. A doctor examined him accurately and then gave an injection. The
doctor said that Brian needed a crutch to walk.
Brian was not injured
seriously but he had to stay in bed for few days.
(Adapted from Smart
Steps Grade VIII)
Answer the
questions based on the text above!
- Why did Brian go to school by bicycle?
___________________________________________________
- Why was the street very crowded?
___________________________________________________
- What happened when he rode on his bicycle?
___________________________________________________
- How was Brian after he fell from his bicycle?
___________________________________________________
- How did the people take him to the hospital?
___________________________________________________
- What did the doctor do?
___________________________________________________
- What did Brian need to walk?
___________________________________________________
Cobalah untuk menganalisa generic
structure dan linguistic feature yang ada dalam teks di atas!
BAB III
KEGIATAN BELAJAR 2
MENULIS TEKS RECOUNT
A.
Kompetensi Dasar
Menjelaskan
menulis teks recount
B.
Materi Pokok :
1.
Pengertian
2.
Langkah Retorika Penulisan
Teks Recount
C.
Uraian Materi
Kegiatan belajar 2 pada
modul ini membahas tentang “menulis teks recount”. Pada uraian materinya
kita akan membahas pengertian “menulis teks recount” dan langkah-langkah
retorika penulisan teks recount. Msing-masing sub pembahasan akan
diuraikan sebagai berikut.
1.
Pengertian
Istilah menulis
seringkali dikaitkan dengan keterampilan berbahasa yang bersifat aktif. Hal ini
dikarenakan menulis adalah suatu kegiatan berproduksi atau menghasilkan suatu
tulisan. Pengertian menulis yang diungkapkan dalam “Wikipedia” secara umum
adalah writing is
the representation of language in a textual medium
through the use of a set of signs or symbols (known as a writing
system). Dari pengeritan di atas dapat dipahami bahwa menulis
sebenarnya juga merupakan pengungkapan penggunaan bahasa namun dalam bentuk
simbol dengan sistem penulisannya.
Sedangkan pengertian teks dapat dipahami sebagai rangkaian kalimat dalam
paragrf-paragraf dengan pokok pikiran tertentu. Suatu teks tentu memiliki makna
yang sesuai dengan konteksnya. Secara lebih khusus, teks recount telah
dimengerti sebagai salah satu jenis teks yang memuat informasi yang telah
lampau. Kejadian-kejadian yang telah lampau ini diceritakan sesuai dengan
urutan kejadiannya.
Dari penjelasan-penjelasan di atas, dapat kita tarik pengertian dari
“menulis teks recount” dengan suatu kegiatan pengungkapan yang
menggunakan bahasa tulis dalam wujud simbol-simbol atau tulisan dengan konteks
memberikan informasi tentang kejadian yang telah lampau. Kejadian tersebut
diceritakan sesuai dengan urutan waktunya.
2.
Langkah Retorika
Penulisan Teks Recount
Dalam menulis teks
berjenis recount, perlu diperhatikan hal-hal yang menunjukkan ciri-ciri
teks jenis tersebut. Seperti halnya dalam mengenali teks recount, maka
dalam penulisan pun penulis juga harus mampu menunjukkan identitas teks recount.
Hal-hal yang perlu diperhatikan secara eksplisit adalah linguistic feature
(ciri kebahasaan) nya. Selain itu ciri implisit seperti tujuan teks,
bagian-bagian teks yang sangat dipengaruhi oleh pikiran utama juga harus
diperhatikan dalam penulisan.
Menurut Anderson &
Anderson (2003: 54), langkah penulisan teks jenis recount ada dua macam; yaitu three-part scaffold
dan two-part scaffold. Three-part scaffold adalah langkah
penulisan teks jenis recount yang terdiri dari tiga bagian. Sedangkan two-part
scaffold adalah langkah penulisan teks jenis recount yang terdiri
dari dua bagian.
Dalam Three-part
scaffold terdiri dari introductory paragraph, sequence of events, dan
conclusion. Bagian yang pertama adalah introductory paragraph.
Bagian in berisi tentang pengenalan teks yang memuat “who”, “what”, “where”,
dan “when”; artinya pada teks ini penulis menceritakan siapa tokoh dalam
teks, apa yang diperankan, dimana setting tempat kejadian, dan kapan waktu
kejadiannya. Pada bagian kedua; yaitu sequence of events,
penulis menceritakan urutan kejadian yang sesuai dengan urutan waktunya. Boleh
saja cerita mundur ke belakang namun dengan menggunakan flashback. Hal ini
penting karena agar makna dalam teks dapat tersampaikan kepada pembaca dengan
tepat. Bagian terakhir adalah conclusion. Bagian ini sifatnya optional,
yaitu penulis bisa memilih untuk menggunakan bagian ini atau tidak. Pada bagian
ini penulis menuangkan opini atau kesimpulannya terhadap cerita yang sudah
diungkapkan pada paragraf-paragraf sebelumnya.
Berikut ini skema dari penulisan teks recount
dengan three-part scaffold:
(Anderson & Anderson, 2003: 54)
Contoh langkah penulisan teks recount dengan
menggunakan three-part scaffold adalah sbagai berikut:
Example:
Dalam two-part
scaffold terdiri dari introductory paragraph dan sequence of
events. Bagian yang pertama; yaitu introductory paragraph memuat
pengenalan tentang teks recount yang akan ditulis. Sama dengan cara
penulisan yang menggunakan Three-part scaffold, bagian ini menuliskan
siapa tokoh dalam teks, apa yang diperankan, dimana setting tempat kejadian,
dan kapan waktu kejadiannya. Pada bagian yanng kedua pun juga sama dengan
bagian kedua dari langkah penulisa yang menggunakan Three-part scaffold.
Pada bagian itu, penulis menceritakan urutan kejadian yang sesuai dengan urutan
waktunya. Namun pada cara penulisan ini penulis tidak perlu mengungkapkan opini
dan kesimpulannya. Sehingga, langkah penulisan teks recount telah
berakhir pada langkah yang kedua. Meskipun demikian, teks jenis recount tetap
dianggap lengkap dan tidak terkurangi substansinya.
Berikut ini skema dari
penulisan teks recount dengan Three-part scaffold:
(Anderson & Anderson, 2003: 54)
Apabila dibandingkan
dengan cara yang pertama, maka cara yang kedua ini sebenarnya sama. Namun,
perbedaan yang cukup jelas tampak pada bagian yang ke tiga. Pada bagian
tersebut tidak muncul pada cara penulisan yang kedua. Hal ini tidak
mempengaruhi substansi dari tulisan berjenis recount. Karena bagian conclusion
(kesimpulan) adalah bagian optional, yang boleh saja ada ataupun tidak
ada.
Example:
Tugas: Cobalah mengikuti
langkah-langkah berikut untuk menyusun suatu teks recount dengan menggunakan
cara three-part scaffold!
Tugas: Cobalah mengikuti
langkah-langkah berikut untuk menyusun suatu teks recount dengan menggunakan
cara two-part scaffold!
D. Rangkuman
Menulis adalah suatu
kegiatan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa tulis sebagai medianya.
Menuliskan suatu teks recount merupakan penggunaan bahasa dalam bentuk
tulisan untuk mengungkapkan kejadian yang telah lampau sesuai dengan urutan
kejadiannya.
Langkah penulisan teks recount
ada dua macam; yaitu Three-part scaffold dan two-part scaffold.
Teks berjenis recount dapat dituliskan dengan mengikuti langkah-langkah
berikut ini. Langkah pertama adalah menuliskan paragraph pengenalan yang memuat
“who”, “what”, “where”, dan “when”. Kemudian di bagian kedua,
disajikan urutan-urutan kejadian sesuai dengan urutan waktunya. Apabila cara
yang digunakan adalah two-part scaffold, maka langkah penulisan sudah
selesai. Namun, apabila yang digunakan adalah Three-part scaffold maka
masih ada satu langkah lagi. Yaitu penulisan conclusion. Bagian ini
memuat opini atau kesimpulan dari penulis.
E.
Latihan / Tugas
1.
Carilah teman
pasangan untuk berdialog!
2.
Tanyakan pada
teman Saudara tentang kegiatannya semingggu yang lalu!
3.
Catatlah
jawabannya!
4.
Praktekkan
bergantian!
5.
Kemudian,
susunlah jawaban dari hasil dialog Saudara agar menjadi suatu teks recount!
F.
Tes Mandiri
Choose the
best answer by crossing a, b, c, or d!
Text 1
Yesterday was a holiday
and I ….(1) my time in the kitchen to try a new recipe. It’s about making a
yoghurt milkshake. I … (2) it from my friend in Australia.
This is what I did
yesterday. Before I …(3), I prepared one cup of yoghurt, two cups of milk, one
tablespoon of honey, and some fruit like banana and strawberry. First, I put
the yoghurt, milk and honey into a blender. Then, I put the fruit to the milk
and yoghurt. Finally, I …(4) the
milkshake into a tall glass.
It …(5) a delicious
milkshake.
(Adapted fromEnglish on Sky 2)
1.
a.
spend
b.
spends
c.
spent
d.
spending
2.
a.
get
b.
got
c.
gotten
d.
geted
3.
a.
started
b.
starts
c.
starting
d.
start
4.
a.
pour
b.
pours
c.
poured
d.
poor
5.
a.
is
b.
was
c.
are
d.
were
6.
Arrange the
sentences in to a good order!
1)
They went to the
railway station
2)
They were very
happy
3)
Last week Mr.
Harun and his family visited uncle John in Majalengka
4)
They took the
train to go to Majalengka
5)
The got up early
in the morning
a.
3 – 5 – 1 – 4 – 2
b.
5 – 4 – 2 – 1 – 3
c.
3 – 2 – 1 – 4 – 5
d.
5 – 3 – 2 – 4 – 1
Text 2
I
spent my holiday in Surabaya last week. I decided to go by bus. I bought a
ticket from a ticket agent two days before my departure day. My bus departed at
seven o’clock sharp in the morning; it would take three hours to reach
Surabaya. In the middle of the trip, the bus suddenly stopped and the
passengers asked, “Why did the bus stop?” Then, the driver’s assistant got off
the bus to find out. After he returned, he told us that there was an accident,
but the police had already handled it. Our bus was trapped in the queue for
about one and a half hours. We continued our trip at ten o’clock and finally we
arrived at Surabaya at twelve. My uncle and my cousins were waiting for me.
7.
When did the
writer buy the ticket?
a.
At the day of
departure
b.
Two days after
the departure day
c.
Two days before
the departure day
d.
Two hours before
the departure day
8.
How long it would
take to Surabaya from the writer home?
a.
Three days
b.
Seven hours
c.
One and a half
hours
d.
Three hours
9.
Why did the bus
suddenly stop?
a.
Because it was
broken
b.
Because there was
an accident
c.
Because the bus
had the machine problem
d.
Because there was
a policeman
10.
What time did the
writer finally arrive at Surabaya?
a.
At seven o’clock
b.
At ten o’clock
c.
At two o’clock
d.
At twelve o’clock
Jawablah
dengan melengkapi kalimat-kalimat berikut!
1.
Yang dimuat dalam
introductory paragraph adalah …
2.
Yang dimuat dalam
paragraph telling events adalah ….
3.
Yang dimuat dalam
concluding paragraph adalah …
4.
Penulisan teks Recount
yang terdiri dari tiga langkah disebut ….
5.
Penulisan teks Recount
yang terdiri dari dua langkah disebut …
Cobalah untuk menulis teks jenis recount
dengan mengikuti pokok pikiran yang telah ditentukan!
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1.
Jelaskan secara
singkat yang Saudara pahami tentang teks Recount!
2.
Jelaskan secara
singkat yang Saudara pahami tentang menulis teks Recount!
3.
Apa yang dimaksud
dengan Three-part scaffold?
4.
Apa yang dimaksud
dengan two-part scaffold?
5.
Jelaskan
perbedaan Three-part scaffold dan two-part scaffold!
6.
Apa yang
dituliskan dalam introductory paragraph?
7.
Apa yang
dituliskan dalam a series of paragraph telling events?
8.
Apa yang
dituliskan dalam conclusion?
BAB IV
EVALUASI
A.
Maksud dan Tujuan
Evaluasi
Penjelasan dalam modul
ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada peserta
diklat terutama dalam mata pelajaran Bahasa Inggris untuk MTs tentang teks recount.
Dengan demikian, peserta diklat akan mampu menjelaskan kepada anak didik secara
memadai serta mampu menerapkannya melalui metode mengajar yang tepat. Modul
pendalaman materi ini juga dilengkapi dengan bab evaluasi.
Bab evaluasi ini memiliki
maksud dan tujuan untuk memberikan pengayaan kepada peserta diklat tentang
keseluruhan materi yang ada di dalamnya. Dengan adanya soal-soal evaluasi maka
diharpakan dapat diketahui apakah para peserta diklat telah menerima, memahami,
dan mampu mencerna materi yang diberikan instruktur tanpa ada penyimpangan dari
garis besar isi modul. Hal seperti ini menjadi sangat penting mengingat materi
ini kemudian akan disebarluaskan kepada anak didik yang berada di tingkat MTs/
SMP.
Di samping itu, setelah
membaca dan menerima pengetahuan dari modul ini, para peserta diklat akan dapat
mengembangkan wawasannya sendiri dengan mengambil contoh-contoh yang terdapat
di lingkungan sekitar, sebagai verivikasi dan juga klarifikasi sesuai dengan
apa yang diberikan secara teoretik oleh para instruktur. Pengembangan wawasan
oleh para peserta diklat tertentu saja tidak sama, bergantung pengalaman,
kemampuan merangkum, dan menganalisis bahan modul.
B.
Materi Evaluasi
Materi evaluasi dalam
modul pendalaman materi Bahasa Inggris tentang recount ini diambil dari
Kegiatan Belajar 1 dan 2. Pada kegiatan belajar 1 telah diberikan penjelasan
tentang membaca teks recount yang memuat pengertian, tujuan/ fungsi teks
recount, generic structure teks recount, dan linguistic
feature teks recount. Pada kegiatan belajar 2 memuat penjelasan tentang
menulis teks recount yang termasuk di dalamnya penjelasan tentang
pengertian dan langkah retorika penulisan teks recount. Oleh sebab itu,
peserta diklat diharapkan telah benar-benar memahami seluruh materi tersebut
dalam modul ini.
Materi evaluasi dapat
dibedakan menurut kompetensi yang ditinjau dari aspek pemahaman atau
pengetahuan, aspek daya ingat, dan aspek keterampilan, mulai dari bagian awal
modul sampai dengan bagian akhir modul ini. Tingkat kemampuan orang dalam
kecepatan mengerti, menafsirkan, sampai tingkat memahami materi yanng tertuang
dalam materi modul tidak sama antara satu dan yang lainnya; bergantung pada
kondisi psikologis dan kebiasaan seseorang memahami suatu bacaan.
C.
Soal-soal
Evaluasi
Choose the
correct answer!
1.
Arrange these
sentences to make a good paragraph.
- So, early in the morning we left home for the airport.
- My family went to Bali for sightseeing last month.
- We wanted to go there by plane.
- At the airport we had to weigh our luggage first before boarding.
- At half past eight the plane took off.
- After boarding we waited for the plane to take off.
a.
2 – 3 – 1 – 4 – 6
– 5
b.
2 – 1 – 3 – 4 – 5
– 6
c.
2 – 4 – 5 – 6 – 1
– 3
d.
2 – 5 – 4 – 6 – 3
– 1
Text 1
Last month my brother and I …2... our grand
parents in Solo. We went there by bus. The bus …3... air conditioned and new. I
reserved the…4…a day before leaving. We sat…5…..the driver. The Bus reached
Solo at 7 p.m. The Bus stopped at Tirtonadi, Solo. We got off and had dinner.
Then we …6… an Angkota to our grand parent’s house.
2.
a.
visit
b.
visits
c.
visited
d.
visiting
3.
a.
will
b.
was
c.
were
d.
is
4.
a.
Meals
b.
Tickets
c.
Drink
d.
Bus
5.
a.
In front of
b.
Behind
c.
Beside
d.
Opposite to
6.
a.
Took
b.
Take
c.
Get
d.
Have
Text 2
My cousin, Wildan, and I
went to a volleyball match yesterday. It was between our school team and MTs Nurul
Fikri. Our team wore yellow T-shirts, bue shorts, and blue knee shocks. The
opposite team wore white and green T-shirts, green shorts and red knee shocks.
During the game, both
teams were playing seriously. Our team performed like top volleyball players.
It seemed that they had a good strategy, especially in managing the ball passed
by the opponent. Spiking became the main characteristic of our team. Their
opponent could not take their spikes passing the net. It made the opponent team
defenseless. When this happened, the spectators yelled and clapped their hands.
The game ended with the score of 25 – 17 and 25 – 20. Of course our team was
the winner.
Our principal, Mr.
Muchtar, was proud of the team because they could win the game. Then, he
gathered all the players and said, “Let’s go to the most expensive restaurant.
I will treat you all.” They were very happy and shouted, “Yeaaaach, let’s go!s”
(Adapted from
Bahan Ajar Bahasa Inggris SMP Kelas VIII)
7.
What is the goal
of the text?
- To retell the writer’s plan
- To tell the writer’s activity yesterday
- To describe the writer’s volleyball team
- To tell how to play volleyball
8.
Which team won
the game?
- The writer’s school team
- The Nurul Fikri’s valleyball team
- The principal’s team
- The opponent team
Text 3
I had a bad experience when I did shopping because of the shop
assistant’s fault. However, the security officer of the shop really embarrassed
me. He accused me of stealing a pair of blue jeans.
That was a Sunday afternoon. I went to a fashion shop with my
friends. I choose a pair of blue jeans to buy and paid for them at cashier.
Unfortunately, the shop assistant was careless. She forgot to take the censor
clip on the blue jeans. So, when I left the shop, the detector beeped. The
security officer shouted at me, “Hey, you! Stop!” Then, he took me to the
manager’s room.
After examining, the security officer and the manager realized that
it was not my fault. They said they were very sorry about what had happened.
Finally, the manager asked me to take one piece of clothing for free.
(Adapted from
Detik_detik Ujian Nasional Bahasa Inggris SMP/ MTs 2007)
9.
Where did the
story happen?
- At a market
- At a shoe store
- In a fashion store
- At a canteen
10. Why did the censor beep?
- Because it was broken
- Because the shop assistant forgot to take the censor clip on the blue jeans
- Because the writer did not pay for the blue jeans
- Because the manager asked him to take one piece of clothing for free
Read the following text carefully, and
then answer the questions appropriately!
Last summer holiday, my
family and I spent one night at the countryside. We stayed in a small house. It
had a big garden with lots of colorful flowers and a swimming pool.
First, we made a fire in
front of the house. Then, we sat around the fire and sang lots of songs together.
After that, we came into the house and had dinner. Next, we sat in the living
room and watched a movie. Finally, everybody fell asleep there.
We woke up very late in
the morning and had breakfast. In the afternoon we went home. We were all very
happy.
(Adapted from English
on Sky 2)
Questions:
1.
Where did they
spend the holiday?
2.
What did the
writer do first?
3.
When did they
have dinner?
4.
What did they
watch in the living room?
5.
How were they?
Dari teks di atas cobalah untuk menganalisa bagian-bagian dari teks recount!
Orientation
|
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
|
Series of events
|
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
|
Cobalah menganalisa
linguistic feature teks di atas dengan melengkapi isian berikut!
Specific
participants :
______________________________________________________
Use
of past tense : ______________________________________________________
Use
of action verbs :
______________________________________________________
Temporal
connectives :
______________________________________________________
Change the verbs in the brackets to make a recount text!
Last Sunday I (go) to the
village to see my grandma.
I (leave) at eight in the
morning. I (wait) for the bus at the bus stop. Five minutes later, a bus (come)
but it (be) full. I (can) not get in. I (wait) for the next bus. In a few
minutes another bus (come). It (be) not full so I (get) in. I (see) all
beautiful scenery on the road side because I (sit) by the window. When a
conductor (come) towards me, I (buy) a ticket from him. It (cost) two thousand
rupiah. I (get) off when the bus (reach) my grandma’s house.
I (be) glad because I (enjoy) my trip.
(Adapted from Smart
Steps Grade VIII)
Setelah teks di atas utuh menjadi teks recount, cobalah
menganalisa structurenya!
Orientation
|
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
|
Records of events
|
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
|
Conclusion
|
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
|
Jawablah pertanyaan-pertanyaan
berikut ini dengan tepat!
1.
Jelaskan secara
singkat yang Saudara pahami tentang membaca teks Recount!
2.
Sebutkan tujuan/
fungsi teks recount!
3.
Sebutkan
bagian-bagian dalam teks recount!
4.
Berikan contoh
dalam kalimat penggunaan action verbs!
5.
Jelaskan yang
dimaksud dengan ciri kebahasaan specific participant!
6.
Jelaskan secara
singkat yang Saudara pahami tentang menulis teks Recount!
7.
Jelaskan
perbedaan Three-part scaffold dan two-part scaffold!
8.
Berikan contoh temporal
conjunction yang dapat digunakan dalam teks recount
Cobalah untuk
menyusun teks jenis recount dengan cara two-part scaffold!
Setelah Saudara menyusun teks recount,
cobalah untuk menganalisa teks yang saudara susun dengan melihat ciri
kebahasaannya.
BAB V
PENUTUP
A.
Tindak Lanjut
Modul pendalaman materi
ini bukanlah satu-satunya sumber bagi guru mata diklat Bahasa Inggris MTs,
untuk mendalami materi Bahasa Inggris terutama tentang teks recount Saudara
diminta untuk mencari dan membaca lebih lanjut materi terkait dari berbagai
sumber yang terdapat di perpustakaan Diklat setempat, sumber dari internet, dan
sumber-sumber yang lain. Saudara dapat menyusun resume dari berbagai sumber
yang telah di dapatkan.
Bagi peserta diklat yang
masih kurang memahami materi diklat dalam modul ini diharapkan dapat memperluas
wawasannya dengan lebih banyak mengenali jenis-jenis teks dan mencoba berbagai
latihan yang serupa.
B.
Harapan
Harapan yang ditujukan
kepada peserta diklat setelah mempelajari bahan ajar (modul) ini adalah dapat
menguasai dengan baik. Penguasaan modul pendalaman materi Bahasa Inggris
tentang recount ini meliputi aspek membaca dan juga aspek menulis. Mengingat
inilah materi minimal yang harus dikuasai peserta diklat yang akan disajikan
dalam proses pembelajaran di kelas maka penguasaan atas materi dalam modul ini
bersifat mutlak.
Untuk langkah lebih
lanjut diharapkan peserta diklat akan mampu mengaplikasikan isi modul ini
dengan dikombinasikan dengan berbagai sumber belajar yang terdapat di lapangan.
Sehingga para peserta didik akan banyak terbantu oleh para pengajar yang telah
menguasai materi yang telah disesuaikan dengan SK dan KD mata diklat yang
sesuai dengan tingkatan masing-masing.
Glossarium
Coda
|
:
|
Bagian dalam
teks recount yang memuat komentar tentang kejadian
|
Closure of
events
|
:
|
Penutup cerita
|
Generic
Structure
|
:
|
Bagian-bagian
teks
|
Genre
|
:
|
Jenis teks
|
Introductory
|
:
|
Pengenalan
|
Linguistic
feature
|
:
|
Ciri-ciri
kebahasaan
|
Proper nouns
|
:
|
Kata benda yang
jelas
|
Record
|
:
|
Kenangan
|
Recount
|
:
|
Teks yang isinya
bertujuan untuk menceritakan kejadian yang telah lampau
|
Re-orientation
|
:
|
Bagian dalam
teks recount yang memuat opini penulis atau kesimpulan dari
kejadian-kejadian yang telah diceritakan
|
Scaffold
|
:
|
Langkah
penulisan
|
Sequence of
events
|
:
|
Urutan kejadian
|
Temporal
sequence
|
:
|
Penghubung yang
menunjukkan urutan waktu
|
No comments:
Post a Comment