BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Bahasa Inggris adalah bahasa komunikasi
Internasional. Hal ini bukan dikarenakan bahasa Inggris adalah bahasa terbaik
di dunia, namun lebih dikarenakan bahasa Inggris digunakan secara luas di
seluruh dunia. Terlebih lagi, Negara-negara maju di dunia merupakan negara yang
menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertama atau bahkan bahasa utama.
Oleh karena itu, untuk mengikuti perkembangan global di dunia, penguasaan
bahasa Inggris dipandang perlu.
Pada negara yang tidak memiliki bahasa
asli Inggris seperti Indonesia,
pengenalan bahasa Inggris sangat penting. Pengenalan bahasa Inggris secara
formal bahkan telah dimulai sejak di sekolah tingkat dasar. Dengan adanya
pemberlakuan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang secara formal
pemberlakuannya telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Nomor 24 Tahun 2006,
maka praktisi pendidikan harus juga memperhatikan Standar Isi dan Standar
Kompetensi Lulusan pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Untuk tingkat Madrasah
Tsanawiyah (MTs/ SMP), mata pelajaran ini diajarkan di kelas VII, VIII, dan IX.
Para siswa ditargetkan untuk mampu menggunakan bahasa
Inggris pada level functional. Pada level ini pengguna bahasa mampu
menggunakan bahasa Inggris sesuai dengan fungsinya; bukan lagi ditargetkan
untuk mahir dari segi struktur bahasa yang bukan pada penekanan berkomunikasi.
Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMP/MTs bertujuan
agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1. Mengembangkan kompetensi
berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulis untuk mencapai tingkat literasi functional
2. Memiliki kesadaran tentang
hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa
dalam masyarakat global
3. Mengembangkan pemahaman peserta didik tentang keterkaitan
antara bahasa dengan budaya.
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Inggris di
SMP/MTs meliputi:
1. kemampuan berwacana, yakni
kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang
direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa,
yakni mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis secara terpadu untuk
mencapai tingkat
literasi functional;
2. Kemampuan memahami dan
menciptakan berbagai teks fungsional pendek dan monolog serta esei berbentuk procedure,
descriptive, recount, narrative, dan report. Gradasi bahan ajar
tampak dalam penggunaan kosa kata, tata bahasa, dan langkah-langkah retorika;
3. Kompetensi pendukung, yakni kompetensi linguistik (menggunakan tata
bahasa dan kosa kata, tata bunyi, tata tulis), kompetensi sosiokultural
(menggunakan ungkapan dan tindak bahasa secara berterima dalam berbagai konteks
komunikasi), kompetensi strategi (mengatasi masalah yang timbul dalam proses
komunikasi dengan berbagai cara agar komunikasi tetap berlangsung), dan
kompetensi pembentuk wacana (menggunakan piranti pembentuk wacana).
Modul pendalaman materi Bahasa Inggris teridiri atas berbagai topik yang
disesuaikan dengan ruang lingkup, standar kompetensi, dan kompetensi dasar yang
terdapat dalam Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Modul
yang sedang Saudara baca ini mengurai tentang aspek membaca dan menulis teks
jenis Report dan secara Spesifik membahas Standar Kompetensi: Membaca;
Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sederhana berbentuk report
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari, yang akan dijabarkan
dalam Kompetensi Dasar: Merespon makna dan langkah retorika dalam esai pendek
sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam
kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk report serta Membaca nyaring
bermakna teks fungsional dan esai pendek berbentuk report dengan ucapan,
tekanan dan intonasi yang berterima untuk berinteraksi dalam kehidupan
sehari-hari
Pada Standar Kompetensi: Menulis;
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sederhana
berbentuk report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari,
yang akan dijabarkan dalam Kompetensi Dasar: Mengungkapkan makna dan langkah
retorika dalam esai pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk report.
B. Deskripsi Singkat
Dalam modul ini akan diberikan penjelasan
tentang pendalaman materi bahasa Inggris untuk guru MTs. Pendalaman materi
difokuskan pada teks report. Modul ini berisi lima
bab yang terdiri dari bab pendahuluan, kegiatan belajar 1, kegiatan belajar 2,
evaluasi, dan penutup.
Pada bab pendahuluan dijabarkan tentang
latar belakang, deskripsi singkat, standar kompetensi, peta kompetensi,
relevansi/ manfaat, tujuan pembelajaran, dan petunjuk penggunaan modul. Masing-masing
penjabaran telah terfokus pada pendalaman materi bahasa Inggris tentang teks report.
Pada bab ke dua memuat kegiatan belajar 1
yang membahas tentang “membaca teks report”. Pada kegiatan belajar ini
menyajikan penjelasan materi pokok yang terdiri pengertian, fungsi/ tujuan teks
report, generic structure teks report, dan linguistic feature teks
report. Untuk memperdalam pemahaman materi, bab ini juga dilangkapi
dengan latihan dan tes mandiri tentang “membaca teks report”.
Kegiatan belajar 2 ada pada bab ke tiga.
Bab ini fokus membahas tentang “menulis teks report”. Materi pokok yang
menjadi pembahasan pada bab ini terdiri dari pengertian dan langkah retorika
penulisan teks report. Seperti halnya pada kegiatan belajar sebelumnya,
kegiatan belajar ini juga menyajikan latihan/ tugas dan tes mandiri. Latihan/
tugas dan tes mandiri yang disajikan tentunya telah difokuskan pada topik
“menulis teks report”.
Pada bab ke empat menyajikan evaluasi.
Evaluasi ini sebenarnya merupakan bab yang memberikan pengayaan dari
keseluruhan kegiatan belajar yang ada dalam modul ini. Pada bab evaluasi
disajikan maksud dan tujuan evaluasi, materi evaluasi, dan soal-soal evaluasi.
Modul ini diakhiri dengan bab penutup. Bab
terakhir yang dalam modul ini menjadi urutan ke lima
memuat tentang tindak lanjut dan harapan. Pada bab ini dijelaskan bahwa
kegiatan pembelajaran pendalaman materi tidak hanya berhenti pada selesainya
pembelajaran dalam modul ini, maka diperlukan tindak lanjut. Disebutkan pula
harapan tentang pencapaian peserta diklat setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran.
C. Standar Kompetensi
1. Bahasa Inggris tingkat MTs tentang Report (Menulis)
a. SK: Membaca; Memahami berbagai makna (interpersonal, ideasional,
tekstual) dalam berbagai teks tulis interaksional dan monolog terutama yang
berbentuk report.
b. KD: Menjelaskan membaca teks report
c. Indikator:
1)
Mampu mengidentifikasi berbagai informasi
dalam teks report
2)
Mampu mengidentifikasi fungsi komunikatif
teks report
3)
Mampu menyebutkan ciri kebahasaan teks report
4) Membaca nyaring teks report dengan baik dan benar
2. Bahasa Inggris tingkat MTs tentang Report (Menulis)
a. SK: Menulis; Mengungkapkan berbagai makna
(interpersonal, ideasional, tekstual) dalam berbagai teks tulis interaksional
dan menolong terutama yang report.
b. KD: Menjelaskan menulis teks report
c. Indikator :
1)
Mampu mengidentifikasi langkah retorika
teks report
2)
Mampu menyusun teks report
3) Mampu menulis teks berbentuk report dengan langkah retorika yang
benar
D. Relevansi / Manfaat
Modul ini bermanfaat bagi peserta diklat
agar:
1. Menguasai dalam pengembangan indikator pencapaian berdasarkan contoh
pengembangan yang tersedia.
2. Menguasai materi-materi pembelajaran Bahasa Inggris tentang teks report.
3. Menguasai kompetensi membaca dan menulis teks berjenis report.
4. Manjadi bahan kajian dalam rangka peningkatan penguasaan meteri
pembelajaran Bahasa Inggris, khususnya teks report.
E. Tujuan Pembelajaran
1. Tujuan Pembelajaran Umum
Setelah mempelajari bahan ajar ini,
peserta diklat diharapkan mampu memahami tentang teks berjenis report.
Pemahaman tidak hanya berhenti pada sekedar mengetahui pengertian teks report,
namun juga memahami bagian-bagian nya, dan ciri-ciri kebahasaannya.
2. Tujuan Pembelajaran Khusus:
Secara khusus tujuan pembelajaran ini
adalah agar peserta diklat mampu:
a. Mengembangkan pemahamannya tentang teks report
b. Mampu mengenali teks dalam jenis report
c. Mampu memahami bagian-bagian dalam teks berjenis report
d. Mengembangkan keterampilannya dalam hal pemahaman bacaan berjenis report.
e. Mengembangkan keterampilannya dalam hal menuliskan teks dalam bentuk report.
F. Petunjuk Penggunaan Modul
Modul ini hendaknya digunakan sesuai
dengan petunjuk berikut ini:
1. Keseluruhan materi yang ada dalam modul ini hendaknya dibaca secara
seksama;
2. Bab Pendahuluan merupakan informasi yang menguraikan bagian penting
dalam memahami modul ini; karena itu untuk memahami, setiap peserta perlu
saling tanya jawab atau diskusi baik dengan sesama peserta maupun dengan
pelatih/ narasumber;
3. Modul akan lebih baik bila dipelajari secara berkelompok untuk memahami
hal-hal baik yang terkait dengan teknis maupun teoretis;
4. Bila ada materi-materi yang kurang dipahami, peserta diklat dapat
bertanya langsung kepada narasumber yang menyampaikan materi modul ini;
5. Tugas dan latihan yang terdapat pada setiap bab harap dikerjakan tanpa
melihat kunci jawaban terlebih dahulu.
6. Untuk menguji kemampuan terhadap penguasaan modul ini, peserta agar
mengerjakan soal-soal tes secara individu.
7. Bila peserta belum mampu menjawab sebagian besar dar soal yang
ditampilkan dalam latihan maupun tes formatif, perserta dapat mengulangi lagi
dalam mempelajarinya agar setiap kompetensi yang diharapkan dalam setiap babnya
dapat peserta penuhi.
BAB
II
KEGIATAN
BELAJAR 1
MEMBACA
TEKS REPORT
A. Kompetensi Dasar
Menjelaskan membaca teks report
B. Materi Pokok :
1. Pengertian Membaca Teks Report
2. Fungsi Teks Report
3. Generic Structure Teks Report
4. Linguistic Feature Teks Report
C. Uraian Materi
Pada uraian materi berikut ini akan
dibahas mengenai Pengertian Membaca Teks Report, Fungsi Teks Recount,
Generic Structure Teks Report, dan Linguistic Feature Teks Report.
Masing-masing materi pokok akan dibahas dengan lebih detail sebagai berikut.
1. Pengertian Membaca Teks Report
Dalam kegiatan membaca teks report, pembahasan
kita akan berkaitan dengan istilah “membaca” , “teks”, dan “report”. Karena
berkaitan dengan istilah-istilah tersebut maka perlu diberikan pengertian
terlebih dahulu. Pada penjelasan berikut ini diharapkan peserta diklat dapat
mendapatkan skemata tentang pengertian membaca teks report.
Kegiatan membaca adalah proses
menangkap gagasan yang terdapat dalam bacaan, selain merupakan pengalihan
lambang bahasa tulis ke dalam bentuk bunyi. Dalam pembelajaran Bahasa Inggris,
membaca merupakan salah satu dari keterampilan berbahasa yang berkaitan dengan
bahasa tulis. Bahasa tulis tidaklah selalu dalam wujud teks yang terdiri dari
kalimat-kalimat yang panjang dan banyak. Bahasa tulis memiliki karakteristik;
yaitu banyak diwarnai oleh padatnya leksikon,
banyaknya dan rumitnya susunan frasa nomina.
Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, bahasa tulis erat kaitannya dengan
teks. Sebuah teks adalah suatu bentuk tulisan yang memiliki makna tertentu. Anderson
& Anderson (2003: 1) memaknai
teks sebagai kumpulan kata-kata yang memiliki makna untuk berkomunikasi. Secara spesifik, Depdiknas memberikan
penjelasan tentang teks pada pelajaran Bahasa Inggris untuk SMP dan MTs dengan satuan makna. Dengan artian bahwa sekumpulan kata atau
bunyi pun juga dapat disebut teks apabila memiliki makna. Dalam hal ini, teks
dilihat sebagai sebuah produk komunikasi. Produk ini dapat dihasilkan dari
kegiatan berbicara ataupun dari kegiatan menulis.
Dalam ragam bahasa tulis, dikenal juga
berbagai macam bentuk tulisan dengan karakteristk yang berbeda-beda pula. Salah
satu dari tipe teks dalam Bahasa Ingris adalah teks report. Teks jenis ini termasuk dalam kelompok factual
text (Anderson & Anderson, 2003: 86). Teks report adalah suatu
teks yang menyajikan informasi tentang sesuatu hal berdasarkan kenyataan yang ada.
Berdasarkan pengertian istilah-istilah di
atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian “membaca teks report”
adalah suatu proses menangkap makna yang terdapat pada teks yang menyajikan
informasi mengenai suatu objek tertentu.
Dalam teks report pembaca harus
mengerti tujuan teks, bagian-bagian teks, dan juga ciri kebahasaannya untuk
menangkap pesan yang disampaikan. Dengan mengerti tujuan, bagian-bagian, dan
ciri kebahasaan teks pembaca juga akan lebih mudah mengenali jenis teks,
sehingga akan lebih mudah merespon makna yang ada dalam teks tersebut.
2. Fungsi/ Tujuan Teks Report
Teks jenis report adalah teks yang
pada prinsipnya memuat penggambaran tentang suatu pokok pembahasan. Hammond,
dkk (1992: 90) dalam bukunya yang berjudul “English for Social Purposes”
mengungkapkan bahwa fungsi teks jenis report adalah to provide
information about natural and non-natural phenomena. Secara sederhana dapat
dimengerti bahwa teks jenis report adalah teks yang menyajikan informasi
tentang hal yang alami dan bukan alami. Secara lebih detail, seperti yang
diungkapkan oleh Macken (1991: 14) bahwa teks jenis report dapat
dimengerti dengan factual text which describes the way things are, with
reference to a whole range of phenomena, natural, cultural, and social in our
environment. Dari pernyataan ini diperjelas bahwa yang dapat diungkapkan
dengan teks jenis report dapat
berupa pembahasan tentang segala fenomena; baik alami, budaya, dan social yang
ada di lingkungan.
Anderson
& Anderson dalam bukunya “Text
Types in English 2”
menggunakan istilah information report untuk membahas teks dengan jenis report.
Dengan istilah information report, mereka mengungkapkan bahwa teks
jenis report memiliki scope pembahasan yang luas. Menurut
Anderson & Anderson (2003: 86) information report is a piece of text
that presents information about a subject. Dari ungkapan ini, dengan
sederhana Anderson & Anderson
menyatakan bahwa teks report adalah teks yang menyajikan informasi
tentang suatu pokok pembahasan.
3. Generic Structure Teks Report
Dalam memahami suatu teks, setelah
mengenali tujuan dari teks, maka pembaca juga harus mengerti bagian-bagian teks.
Sehingga makna yang tertangkap dari teks jenis dapat dipahami dengan tepat.
Untuk memahami teks berjenis report, pembaca harus mengenali
bagian-bagian dari teks itu. Bagian-bagian teks yang disebut generic
structure dalam teks yang berjenis report secara umum terdiri dari
dua bagian; yaitu general classification dan description. Secara
lebih detail, masing-masing bagian akan di jelaskan pada paragraph berikut.
Sesuai dengan pendapat Macken (1991: 14)
yang menyatakan bahwa teks dengan genre report terdiri dari general
classification dan description. Pada bagian general
classification, terdapat informasi tentang pengenalan hal yang menjadi
pokok pembahasan dalam teks report. Bagian ini dapat berupa pengenalan
singkat, dan dapat pula berupa definisi secara singkat. Sedangkan pada bagian description,
dapat ditemukan informasi tentang penggambaran hal yang menjadi pokok
pembahasan. Penggambaran itu dapat berupa bagian-bagian, kualitas, kebiasaan
atau tingkah laku apabila yang menjadi pokok pembahasan adalah makhluk hidup,
dan kegunaan apabila yang menjadi pokok pembahasan bukan merupakan makhluk
hidup.
Perhatikanlah analisa generic structure
dari teks report berikut ini!
General
classification
|
A tornado is powerful, twisting wind storm. It is one of
the most destructive storms on earth. A tornado is also called a waterspout.
|
Description
|
A tornado is a long cloud which comes down from the sky.
It is shaped like a funnel and consists of wind which whirls around and
around extremely fast. In fact, the wind can reach a speed of more than 900 km per hour.
Most tornadoes form a long a front (boundary) between
cool, dry air and warm, humid air. Weather scientists are unable to know
exactly when tornados will occur. Fortunately, the tornado is not usually
very big and it does not last long.
|
Pendapat yang lain mengungkapkan bahwa
teks jenis report terdiri dari tiga bagian. Generic structure teks
report menurut Hammond, dkk
(1992: 90) meliputi titile, general statement, dan description.
Pada bagian tittle adalah judul yang dapat menunjukkan indikasi topic report
yang akan dibahas. Jadi dengan tittle pembaca dapat menangkap pokok
pembahasan yang ada dalam suatu teks report. Pada bagian general
statement memuat pengenalan tentang topik yang manjadi pembahasan dalam
teks report. Pengenalan ini dapat
juga berupa definisi singkat tentang pokok pembahasan atau topic yang menjadi
pembahasan dalam teks report. Sedangkan pada bagian description
menyajikan penggambaran dari pokok pembahasan secara detail. Penggambaran ini
meliputi penggambaran tampilan fisik, tingkah laku, tampilan alam, dan
kegunaan.
Perhatikanlah analisa generic structure
dari teks report berikut ini!
Tittle
|
Insect
|
General
statement
|
Insect
are small creatures.
|
Description
|
They have no bones, but have six legs. Insects live
everywhere, in the house, in our gardens, in the fields and in many other
places. Insects are not always bad as sometimes people think. Bad insects are
for instance flies, cockroaches, and mosquitoes. Such insects are not only
bad but sometimes also dangerous. Flies like to live on rubbish and other
dirty places. They may cause disease such as typhus, cholera, etc. A certain
type of mosquito brings malaria.
Some insects are very useful to people. For example, bees
which produce honey. Bees like to fly from one flower to other flowers. When
a bee moves from one flower to other flower, this may cause the flowers
produce seeds.
Bees
are not usually dangerous, except you make them angry. If you disturb bees
they will be angry. And if they are angry they will fly to attack you
wherever you go. This is a very dangerous.
|
Sedangkan menurut Anderson
& Anderson (2003: 88) yang
menggunakan istilah information report untuk teks jenis report
menyatakan bahwa generic structure nya terdiri dari tiga bagian.
Bagian-bagian tersebut adalah general opening statement, series of paragraphs
about the subject, dan conclusion. Pada pendapat ini, pengenalan
tentang hal yang menjadi pokok pembahasan dapat ditemukan pada bagian general
opening statement. Sebenarnya, bagian ini memiliki fungsi yang sama dengan general
classification ataupun general statement, yaitu untuk memberikan
pengenalan tentang hal yang menjadi pokok pembahasan dalam teks report.
Sedangkan penggambarannya secara detail dapat ditemukan pada series of
paragraphs about the subject. Anderson & Anderson menjelaskan bahwa
bagian ini describes one feature of the subject and begins with topic
sentence. Dengan demikian dapat dipahami bahwa penggambaran pokok
pembahasan dapat ditemukan pada lebih dari satu paragraf. Dan masing-masing
paragraf memiliki kalimat utama yang menunjukkan penggambaran pada paragraf
tersebut. Bagian-bagian teks belum
berakhir sampai pada description. Pendapat Anderson & Anderson
menyatakan bahwa teks jenis report diakhiri dengan conclusion. Bagian
conclusion memuat ringkasan informasi yang disampaikan dan sekaligus
menandai akhis dari suatu teks jenis report.
Perhatikanlah analisa generic structure
dari teks report berikut ini!
General opening statement
|
Skin
Skin is an important organ of the human body. It covers
all of the body and performs many special functions.
|
Series of paragraphs about the subject
|
Skin is the largest organ in the human body. It weighs
between two and three kilograms and is either glabrous or hairy. Glabrous
skin is that found on the palms of the hands and the soula of the feet. It is
smooth and hairless. Hairy skin covers the rest of the body and this varies
in texture, thickness and amount hair.
Skin is made up of two layers. The outer layer is the
epidermis. This is mainly desd or dying skin cells. Beneath the epidermis is
the dermis. The dermis is made from tougher fibres and is thicker than the
epidermis. Within the dermis are nerves, blood vessels and glands. Skin does
a number of important things for the body. It provides a protective covering
for the body, helps to prevent the body from drying out, holds the body
organs in place and regulates the body’s temperature.
|
Conlusion
|
The skin, therefore, is a
complex part of the human body.
|
Tugas/ Latihan: Cobalah
mengidentifikasi bagian-bagian teks report berikut ini!
Pertanyaan-pertanyaan berikut ini dapat
menuntun saudara!
1)
Berapa bagian yang saudara temukan dalam
teks report berikut?
2)
Apakah saudara menemukan tittle dalam
teks tersebut?
3)
Tunjukkan bagian pengenalannya!
4)
Tunjukkan bagian yang memberikan
penggambaran!
5)
Apakah saudara menemukan bagian conclusion?
Jika ya, tunjukkan!
Dolphin
Dolphins are sea mammals. They have to breathe air or
they will die. They are members of the Delphinidae Family.
Dolphins have smooth skin. Only bany dolphins are bors
with a few bristly hairs on their snouts. These hairs soon fall out. They
have a long tail and the fin on the top of their back keeps the dolphin from
rolling over. The female dolphins have a thick layer of fat under their skin
to keep them warm when they dive very deep. The dolphin’s front fins are
called flippers. They use them to turn left and right. Dolphins grow from 2
to 3 metres
long and weigh up to 75
kilograms.
Dolphins hunt together in a group. A group of dolphins is
called a pod. They eat fish, shrimps, and small aquid. They live in salt
water oceans. Dolphins can hold their breath for six minutes.
When dolphins hear or see a ship close by they go near it
and follow it for many kilometres. Dolphins can leap out of the water and do
somersaults. Sometimes they invent their own tricks and stunts after watching
other dolphins perform.
Dolphins are very friendly to people and
have never harmed anyone. They are very playful animals.
|
4. Linguistic Feature Teks Report
Untuk mengenali sebuah
teks sesuai dengan genre nya, kita dapat melihat pada ciri
kebahasaannya. Ciri kebahasaan atau yang lebih dikenal dengan linguistic
feature adalah petunjuk yang dapat dikenali dengan kasat mata tentang suatu
teks sesuai dengan genre nya. Menurut Macken (1991: 14), linguistic
feature dari teks report adalah focus on generic participants, use
of present simple tense, no temporal sequence, dan use of ‘being’ and
‘having’ clause. Pada ciri kebahasaan yang disampaikan oleh Macken ini,
dapat dimengerti bahwa teks jenis report menggunakan partisipan atau
pokok pembahasan yang umum (generic). Hal ini dapat dimengerti karena
untuk memberikan penggambaran yang detail, terlebih dahulu ada hal yang secara
umum dapat dipahami oleh pembaca. Ciri kebahasaan yang kedua adalah adanya use
of present simple tense. Ini berarti bahwa dalam teks jenis report menggunakan
tense dengan keterangan waktu present karena dalam penggambaran
mengungkapkan hal-hal yang nyata adanya.
Sehingga sesuai dengan kegunaan simple present tense yang
digunakan untuk mengungkapkan general truth. Ciri yang lainnya adalah
bahwa dalam teks jenis report no temporal sequence. Sehingga, dalam penggambaran
tidak ditemukan urutan waktu yang menunjukkan pada urutan kejadian. Hal ini
karena memang teks jenis report hanya mengungkapkan penggambaran dari
pokok pembahasan dan bukan menceritakan urutan urutan kejadian. Ciri kalimat
yang digunakan dalam teks report terdapat use of ‘being’ and ‘having’
clause. Klausa yang menunjukkan ‘being’ dan ‘having’ dapat mempertegas
penggambaran yang diungkapkan pada bagian description.
Ciri-ciri kebahasaan yang
dapat menjadi pengenal teks jenis report juga diungkapkan oleh Hammond,
dkk (1992: 90). Linguistic feature teks report meliputi focus
on generic participants, use of present simple tense to indicate ‘timeless’
nature of information, some technical vocabulary, use of long nominal groups to
compact information, dan principally the use of verbs of being and
having rather than action verbs. Pada ciri focus on generic participants
adalah sama dengan ciri yang diungkapkan pada pendapat sebelumnya; yaitu bahwa
teks report menggunakan partisipan yang umum. Sehingga pada
penggambarannya akan secara detail diungkapkan. Pada ciri use of present
simple tense dijelaskan bahwa tense jenis ini berfungsi to
indicate ‘timeless’ nature of information. Hal ini berarti bahwa penggunaan
simple present tense digunakan untuk mempertegas bahwa informasi yang
disampaikan adalah berdasarkan pada general truth yang tidak terbatas
oleh keterangan waktu. Ciri kebahasaan yang digunakan juga terdapat some
technical vocabulary. Kosakata teknis juga dapat ditemui dalam teks jenis report
karena teks ini memberikan penggambaran tentang sesuatu hal. Sehingga
istilah-istilah teknis juga akan memiliki arti sesuai dengan pokok
pembahasannya. Ciri use of long nominal groups to compact information. Pada ciri ini menunjukkan bahwa penggunaan
kelompok kata yang panjang memberikan penggambaran yang lebih jelas. Dengan
demikian informasi yang diterima oleh pembaca juga semakin lengkap. Rangkaian
kalimat dalam teks report lebih menggunakan kata kerja yang menunjukkan
‘being’ dan ‘having’ bukannya kata kerja yang menunjukkan
kegiatan (action verbs).
Linguistic structure teks
jenis report yang diungkapkan oleh Anderson
& Anderson (2003: 88) hanya ada
tiga hal; yaitu technical language related to the subject, generalised terms,
dan use of the timeless present tense. Pada ciri kebahasaan yang
pertama disebutkan bahwa dalam teks jenis report terdapat technical
language related to the subject. Hal ini berarti bahwa istilah-istilah
teknis yang terdapat pada suatu teks report hanya berkaitan dengan pokok
pembahasan yang ada dalam teks tersebut. Pada ciri generalised terms berarti
bahwa dalam teks report menggunakan istilah-istilah umum yang dapat
dimengerti oleh orang kebanyakan. Ciri bentuk kalimat yang digunakan dalam teks
report adalah use of the timeless present tense. Kalimatnya
menggunakan bentuk simple present tense yang tidak terikat oleh keterangan waktu.
Untuk pemahaman yang
lebih lanjut, cobalah memperhatikan contoh analisa teks report berdasarkan
linguistic feature nya berikut ini!
Example 1:
Dolphin
Dolphins
are sea mammals. They have to breathe air or they will die. They are members
of the Delphinidae Family.
Dolphins have smooth skin. Only bany
dolphins are bors with a few bristly hairs on their snouts. These hairs soon
fall out. They have a long tail and the fin on the top of their back keeps
the dolphin from rolling over. The female dolphins have a thick layer of fat
under their skin to keep them warm when they dive very deep. The dolphin’s
front fins are called flippers. They use them to turn left and right.
Dolphins grow from 2 to 3 metres
long and weigh up to 75
kilograms.
Dolphins
hunt together in a group. A group of dolphins
is called a pod. They eat fish, shrimps, and small aquid. They live in salt
water oceans. Dolphins can hold their breath for six minutes.
When dolphins hear or see a ship close
by they go near it and follow it for many kilometres. Dolphins can leap out
of the water and do somersaults. Sometimes they invent their own tricks and
stunts after watching other dolphins perform.
Dolphins
are very friendly to people and have never harmed anyone. They are very
playful animals.
|
Example 2:
Skin
Skin
is an important organ of the human body. It covers all of the body and
performs many special functions.
Skin is
the largest organ in the human body. It weighs between two and three
kilograms and is either glabrous or hairy. Glabrous skin is that found on the
palms of the hands and the soula of the feet. It is smooth and hairless.
Hairy skin covers the rest of the body and this varies in texture, thickness
and amount hair.
The
skin, therefore, is a complex part of the human body.
|
Example 3:
The
heart is a huge organ of muscle. The function of the heart is to pump the
blood through the body. The heart is made up of four chambers, but has two
hard working pumps; one is to force blood to the lungs and the other to force
blood to the rest of the body.
Each person’s body
contains about 4.7 litres
of blood. The function of blood is to help carry food and oxygen and the
other is to protect us from germs. The tubes that receive blood from the body
are called veins. The blood in the veins is dark red because it is full of
oxygen. The white cells act to protect the body from invading germs. The
blood receives oxygen from the lungs.
|
Tugas:
Cobalah untuk mengidentifikasi linguistic feature teks
report berikut ini!
Snakes
Snakes are reptiles. They belong to the
same group as lizards but from a sub-group of their own.
Snakes often sunbathe on rocks in the
warm weather. This is because they are cold-blooded so they need the Sun’s
warmth to heat their body up.
A snake usually feeds on frogs, rabbits,
or chickens. A Boa snake can give you a bear hug so powerful that crush every
single bone in your body. Cobras protect themselves by scaring their enemies.
The flying snake glides away from danger. Their ribs spread apart and the skin
stretches out.
|
D. Rangkuman
Membaca adalah salah satu keterampilan
berbahasa. Keterampilan ini berkaitan erat dengan bahasa tulis, sering pula
disebut teks. Teks merupakan rangkaian kata yang memiliki makna dalam
berkomunikasi. Membaca teks report merupakan salah satu kegiatan dalam
pembelajaran bahasa Inggris yang berkaitan dengan proses menangkap makna dari
suatu teks yang berisikan informasi tentang suatu pokok pembahasan.
Teks jenis report adalah
suatu teks yang bertujuan memberikan penggambaran tentang sesuatu hal. Pokok
pembahasan yang digambarkan dapat berupa benda sebagai makhluk hidup, seperti
tumbuh-tumbuhan, manusia, binatang, dsb dan juga dapat berupa benda mati dan
bukan alami.
Teks jenis ini pada
dasarnya terdiri dari dua bagian penting; yaitu pengenalan dan penggambaran.
Namun ada juga yang berpendapat bahwa teks jenis report diakhiri pada
bagian conclusion. Yang paling sederhana teks report terdiri dari
dua bagian; yaitu general classification dan description. Sedangkan
yang terdiri dari tiga bagian adalah tittle, general statement, dan description.
Pendapat yang menyebutkan bahwa teks report diakhiri dengan
conclusion menyatakan bahwa generic structure suatu teks report terdiri
dari general opening statement, series of paragraphs about the subject, dan
conclusion.
Ciri-ciri kebahasaan yang
ada dalam suatu teks report secara garis besar adalah focus on
generic participant, use of simple present tense, no temporal sequences, dan
use verbs of ‘being’ and ‘having’ rather than ‘action verbs’. Dengan
bahasa yang mudah dipahami, ciri kebahasaan teks report meliputi
penggunaan partisipan umum, penggunaan simple present tense, tidak
adanya keterangan waktu yang menunjukkan urutan kejadian, penggunaan kata kerja
yang menunjukkan ‘being’ dan ‘having’ bukan kata kerja yang
menunjukkan kegiatan (action verbs).
E. Latihan / Tugas
1.
Buatlah kelompok kecil untuk
mendiskusikan teks berikut ini!
Computer
A computer is an electrical device which is used to
score, process, and analyze data, or to solve mathematical calculation. A
computer unit usually consists of four main parts.
The first one is the CPU. CPU stands for Central
Processing Unit. This is considered as the brain of the computer as it
analyzes and processes all the data entered.
The second one is the keyboard. We use the keyboard to
feed the computer with information and commands. It looks like an ordinary
typewriter. Each button represents a different code.
The third one is the disk drive. It is placed in the CPU.
A computer unit usually has at least two disk drives. A disk functions as a
device that reads all the data from a diskette.
The forth part is the monitor. It looks like a television
set. It enables us to look at data we feed into the computer. All the data is
displayed on the screen.
Apart from these four main parts, we still need more
additional parts, such as a mouse and a printer. A mouse is used to make it
easier to run a command. A printer presents output in printed form. Another
thing that we need to operate a computer is a diskette. It may contain a
computer program, a game, or a word processing program. It may also contain
sets of data. All the data that we create is stored or recorded into a
diskette as a file.
All these parts of the computer can’t work on their own.
They must work together as a whole unit. If you have a personal computer at
home, you must learn how to use it. You will find it very helpful.
|
(Adapted from Bahan Ajar bahasa Inggris SMP
Kelas IX)
2. Pertanyaan-pertanyaan berikut ini
dapat menjadi bahan diskusi:
- Dapatkah Saudara menentukan function?
b.
Dapatkah Saudara menentukan generic
structure?
c.
Dapatkah Saudara menentukan linguistic
feature?
3. Bandingkan jawaban hasil diskusi kelompok Saudara dengan kelompok
yang lain!
4. Cobalah untuk bertanya kepada partner Saudara untuk memberikan
gambaran tentang binatang peliharaannya!
5. Cobalah untuk menganalisa hasil jawaban dari partner Saudara dari
segi generic structure dan linguistic feature nya!
F. Tes Mandiri
Choose the correct answer by
crossing choice A, B, C, or D!
Text 1
Rafflesia
Arnoldi
The vast archipelago and the great number
of islands has made Indonesia
the home of a large variety of plants. The Indonesian flora ranges the tiny
orchid to the giant rafflesia plant. No wonder many botanists are curious to
study these plants.
Rafflesia Arnoldi is the biggest flower in
the world. It is unusual because its large size. It has a flower almost a meter
in diameter and 1.40 meters
in height.
“Rafflesia” is derived from the name of
the British Governor General, Sir Thomas Stamford Raffles, who once governed
and built the Botanical Gardens in Bogor.
Though it is called Rafflessia after Raffles, the man who discovered the plant
was Beccary, an Italian botanist who visited Sumatera in 1928.
Rafflesia consists of two parts: the
stick-like part which grows in the middle and the petals around and below it.
Rafflesia begins to flower in its tenth year. It blooms three or four time a
year. Before it begins to flower, the leaves and the stem become dry and look
ahead, but the main root in the ground is still alive.
While the flower is blossoming, it has a
very unpleasant smell which attracts insects, especially green flies. They seem
eager to explore the flower. But when the flies touch the bottom part of the
stick, as the centre of the flower, they die.
(Adapted from English for Communication 3)
1.
Where did Sir Thomas Stamford Raffles
build the Botanical Gardens?
A.
In Italia
B.
In Bogor
C.
In Sumatera
D.
In Indonesia
2.
Rafflesia Arnoldi is the biggest flower
….
- In the world
- In Sumatera
- In Indonesia
- In Bogor
3.
The main idea of the second paragraph is
….
- The parts of the flower
- The beauty of the flower
- The variety of plant life
- The size of the flower
4.
The description of rafflesia that shows
its part can be found in ….
- Second paragraph
- Third paragraph
- Forth paragraph
- Last paragraphs
Text 2
Tornados
A tornado is powerful, twisting wind
storm. It is one of the most destructive storms on earth. A tornado is also
called a waterspout.
A tornado is a long cloud which comes down
from the sky. It is shaped like a funnel and consists of wind which whirls
around and around extremely fast. In fact, the wind can reach a speed of more
than 900 km per
hour.
Most tornadoes form a long a front (boundary)
between cool, dry air and warm, humid air. Weather scientists are unable to
know exactly when tornados will occur. Fortunately, the tornado is not usually
very big and it does not last long.
(Adapted from Look Ahead 2)
5.
Which of the following statements belongs
to general classification?
A. A tornado is also called a waterspout
B. Most tornadoes form a long a front (boundary) between cool, dry air and
warm, humid air
C. the tornado is not usually very big and it does not last long
D. A tornado consists of consists of wind which whirls around and around
extremely fast
6.
The following sentences using the verbs
of ‘being’, except …
- A tornado is powerful, twisting wind storm
- It is one of the most destructive storms on earth
- A tornado is also called a waterspout.
- The wind can reach a speed of more than 900 km per hour
Text 3
The Jaguar (Panthera onea)
The jaguar belongs to the
cat family. It is one of the four big (roaring) cats: the lion, the tiger and
leopard. Because it has spots, a jaguar is often mistaken for the leopard.
However, a jaguar has larger rosette is a rose shaped spot on an animal. The
rosettes of jaguars sometimes look like the print of an animal paw.
The jaguar is
brownish-yellow in colour and has spots on the head, neck and legs, and
rosettes on other parts of its body. It can weigh up to 100 kilograms and has a
powerful jaw that it can easily crush the skull of its prey.
(Adapted from A Genre-Based Approach to Teaching Writing
Years 3-6)
7.
How do the rosettes of jaguar sometimes
look like?
- Like the red rose
- Like the print of animal paw
- Like the leopards
- Like the cats
8.
Why is Jaguar often mistaken for the
leopard?
- Because they live in the same habitat
- Because it has larger rosette
- Because it has a powerful jaw
- Because it has spots
9. The following statements describe the Jaguar, except …
- The jaguar is brownish-yellow in colour
- It can weigh up to 100 kilograms
- The Jaguar has spots on the head, neck and legs, and rosettes on other parts of its body
- The jaguar belongs to the cat family
Text 4
Snakes
Snakes are reptiles. They belong to the
same group as lizards but from a sub-group of their own.
Snakes often sunbathe on rocks in the warm
weather. This is because they are cold-blooded so they need the Sun’s warmth to
heat their body up.
A snake usually feeds on frogs, rabbits,
or chickens. A Boa snake can give you a bear hug so powerful that crush every
single bone in your body. Cobras protect themselves by scaring their enemies.
The flying snake glides away from danger. Their ribs spread apart and the skin
stretches out.
(Adapted from Look Ahead 2)
10. The function of the text above is …
- To provide information about snakes
- To describe the snakes’ food
- To defines the name of snakes
- To provide the information how to feed snakes
11. The generic structure of the text above is …
- Tittle – general statement – description
- General classification – description
- General opening statement – description – conclusion
- Description - conclusion
12. How do cobras protect themselves?
- By hugging powerfully
- By gliding away from danger
- By scaring their enemies
- By spreading apart
Text 5
The heart is a huge organ
of muscle. The function of the heart is to pump the blood through the body. The
heart is made up of four chambers, but has two hard working pumps; one is to
force blood to the lungs and the other to force blood to the rest of the body.
Each person’s body
contains about 4.7 litres
of blood. The function of blood is to help carry food and oxygen and the other
is to protect us from germs. The tubes that receive blood from the body are
called veins. The blood in the veins is dark red because it is full of oxygen.
The white cells act to protect the body from invading germs. The blood receives
oxygen from the lungs.
(Adapted from a genre-based approach to teaching writing
years 3-6)
13. Why is the blood in the vein dark red?
- Because it protects the germs
- Because it is in the heart
- Because it is full of oxygen
- Because it carries the food
14. The function of the heart is …
- to pump the blood through the body
- to help carry food and oxygen
- to protect us from germs
- to protect the body from invading germs
15. The generic structure of the text above is …
- General classification – conclusion
- Tittle – general statement – description
- General classification - description
- Opening statement – topic description
Read the following passage!
Coconut
Coconut is a common name for the fruit of
a tree of the palm family. People usually call the tree coconut palm. Coconuts
grow well in tropical countries. They can grow up to 30 m high. They have a single
cylindrical trunk. At the top of the trunk, there is a crown leaves. The leaves
are long. They are about 3 to 4.5 m
long.
The fruit grows in clusters. In one
cluster there are about 10 – 20 coconuts. The fruit is oval and about 30 cm long. It has a thick husk and a
hard shell. Inside the shell there is white oily meat. Inside there is also a
sweet fluid.
Coconut palms are very useful plants.
People can use every part of the tree in their lives. They dry coconut meat
into copra. After that they can get oil from it and use it in the daily dooking
or make it into soaps or candles. People also use the trunks to build the
houses. For the roof, they dry the leaves. People can also make rope and
doormats from the coconuts husk.
(Adapted from English on Sky 2)
Answer the following questions to identify the report text
above!
- What is the subject discussed on the passage?
- Is coconut a tree or a fruit?
- Where do coconuts usually grow?
- How tall can a coconut palm grow?
- Does a coconut palm have any branches?
- What is the coconut like?
- What are the leaves like?
- Why are coconut palms very useful?
Lengkapilah pernyataan-pernyataan berikut ini!
1. Teks report adalah teks yang berisi tentang ….
2. Teks report pada umumnya terdiri dari …. bagian
3. Bagian – bagian tersebut adalah …. dan ….
4. Generic structure teks report menurut Anderson
& Anderson terdiri dari …., ….,
dan ….
5. Pada bagian tittle memuat ….
6. Bagian general classification berisi tentang …
7. Bagian description berisi tentang ….
8. Bagian conclusion berisi tentang …
9. Tense dalam teks report menggunakan …..
10. Partisipant dalam teks report bersifat …
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan tepat!
1. Sebutkan social function dari teks report!
2. Sebutkan bagian-bagian yang ada dalam
teks report menurut Hammond
dkk!
3. Sebutkan isi description pada teks report
apabila yang menjadi pembahasan makhluk hidup!
4. Sebutkan isi description pada teks
report apabila yang menjadi pembahasan bukan makhluk hidup!
5. Sebutkan cirri kebahasaan tek report menurut
Anderson & Anderson!
Try to identify the following passage based on the generic
structure and linguistic feature!
A volcano is a mountain which is formed by the eruption
of material from the earth’s interior through a central opening or groups of
opening. Volcanoes are scatterd over the world. Volcanoes can be devided into
three categories based on volcano form and type of volcanic activity. They
are Shield, Composite, and Explosion volcanoes.
A Shield volcano is built chiefly of layers of basalt (a
dark and heavy lava). A few shield volcanoes are composed of andesite (a
related, less dense type of lava).
A composite
volcano has more frequent and violent explosive eruptions than shield
volcanoes do. Lava may be extruded from either central crater or fissures on
volcano’s sides.
Explosion volcanoes are composed of inclined layers of
pyroclastic debris and contain no lava. During an eruption, debris is ejected
from the crater. Most explosion volcanoes are built during one period of
eruption.
|
BAB
III
KEGIATAN
BELAJAR 2
MENULIS
TEKS REPORT
A. Kompetensi Dasar
Menjelaskan menulis teks report
B. Materi Pokok :
1. Pengertian Menulis Teks Report
2. Langkah retorika penulisan teks report
C. Uraian Materi
Setelah mengetahui dan mengenali teks
dengan jenis report, maka berikut ini kita akan membahas tentang
penulisannya. Pada uraian materi di bab ini, kita akan terlebih dahulu
mendalami pengertian dari “membaca teks report”. Setelah itu pembahasan
dilanjutkan dengan langkah penulisan teks report.
1. Pengertian Menulis Teks Report
Kegiatan menulis adalah kegiatan yang
seringkali dikaitkan dengan kegiatan membaca. Persepsi seperti ini muncul
karena memang kedua kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang berkaitan erat
dan saling memberi imbal balik. Pada kegiatan memabaca, subjek harus memiliki
objek yang berupa tulisan atau hasil dari kegiatan menulis. Pada kegiatan
menulis, subjek mendapatkan model dari kegiatan membaca. Dalam memaknai istilah
menulis secara umum, Nasrudin mengungkapkan bahwa menulis adalah segenap
rangkaian kegiatan seseorang dalam rangka mengungkapkan gagasan dan
menyampaikannya melalui bahasa tulis kepada orang lain agar mudah dipahami
(2007: 4). Secara khusus dalam pembelajaran bahasa Inggris keterampilan menulis
diawali dengan keterampilan membaca. Pada proses membaca, subjek yang belajar
bahasa diberi pajangan berbagai macam teks yang berbahasa Inggris.
Dalam rangka pembelajaran penulisan teks report,
maka subjek yang belajar harus terlebih dahulu mendapatkan exposure
dari beberapa teks jenis report. Seperti yang telah kita bahas pada bab
sebelumnya mengenai pengertian teks report, teks jenis ini merupakan
teks yang menyajikan informasi tentang fenomena tertentu; baik tentang makhluk
hidup ataupun benda mati.
Dengan
demikian, dapat diambil pengertian tentang “menulis teks report” sebagai
kegiatan mengungkapkan gagasan dalam bentuk informasi tentang suatu pokok
pembahasan tertentu dan menyampaikannya melalui bahasa tulis kepada orang lain
agar mudah dipahami.
2. Langkah retorika penulisan teks report
Teks jenis report memang memiliki
kemiripan dengan teks jenis descriptive; yaitu sama-sama memberikan
penggambaran. Secara garis besar dapat dibedakan bahwa teks jenis descriptive
memberikan penggambaran pada sesuatu yang khusus, sedangkan teks jenis report
memberikan penggambaran pada sesuatu yang masih umum. Kedua jenis teks ini
masing-masing menunjukkan partisipan yang berbeda. Pada teks descriptive menyoroti
partisipan yang spesifik, sedangkan pada teks report menyoroti
partisipan yang generic (umum).
Dalam menulis teks berjenis report,
perlu diperhatikan hal-hal yang menunjukkan ciri-ciri teks jenis tersebut.
Seperti halnya dalam mengenali teks report, maka dalam penulisan pun
penulis juga harus mampu menunjukkan identitas teks report. Hal-hal yang
perlu diperhatikan secara explisit adalah linguistic feature
(ciri kebahasaan) nya. Selain itu ciri implisit seperti tujuan teks, bagian-bagian
teks yang sangat dipengaruhi oleh pikiran utama juga harus diperhatikan dalam
penulisan.
Pada Bab ini akan banyak dibahas tentang
penulisan teks jenis report. Teks jenis ini dalam penulisannya juga
harus mengikuti structure-nya. Karena terdapat beberapa bagian, maka
pada masing-masing bagian penulis harus mampu menunjukkan identitas teks report.
Langkah utama tentu saja menentukan topik yang menjadi pokok pembahasan dalam
teks report. Setelah itu, memberikan pengenalan tentang subject yang
menjadi pembahasan. Pengenalan ini dituangkan pada bagian general
classification. Pengenalan ini dapat secara singkat memberikan pengertian
tentang pokok pembahasan dalam teks. Langkah selanjutnya adalah memberikan
deskripsi tentang subjek yang menjadi pembahasan. Pada langkah ini, penulis
mempunyai peranan yang sangat penting dalam memberikan penggambaran tentang
pokok pembahasa karena bagian inilah yang menjadi inti dari suatu teka report.
Bagian description dapat terdiri dari beberapa paragraf karena
penggambaran suatu pokok pembahasan dapat diberikan dari berbagai segi;
misalnya secara fisik, kebiasaan, keguanaan, dll. Secara khusus Macken (1991:
14) menjelaskan apabila yang menjadi pokok pembahasan adalah makhluk hidup maka
penggambaran dapat meliputi parts, qualities, dan habits/ behaviours.
Sedangkan apabila yang menjadi pokok pembahasan adalah bukan makhluk hidup,
maka penggambaran dapat meliputi parts, qualities, dan uses.
Menurut Anderson & Anderson (2003:
88), suatu teks report belum berakhir sampai pada description. Namun,
teks report diakhiri dengan bagian conclusion. Bagian ini memuat
ringkasan informasi yang telah disampaikan pada teks report dan
sekaligus sebagai pertanda berakhirnya suatu teks report. Meskipun
demikian banyak juga teks report yang tidak menyertakan conclusion dalam
penulisannya. Teks report yang tidak menggunakan conclusion juga
sudah lengkap apabila di dalamnya sudah memuat general classification dan
description.
Berikut ini bagan langkah penulisan teks report
yang paling sederhana:
Pada bagan di atas, bagian-bagian teks report hanya
terdiri dari general classification dan description. Langkah
penulisan yang ditempuh hanyalah memberikan pengenalan tentang pokok pembahasan
dan memberikan penggambaran secara detail.
Sebagai contoh kita akan menuliskan teks
jenis report tentang “Motorcycle”. Langkah pertama yang dilakukan
adalah memberikan pengenalan tentang “Motorcycle”. Pengenalan yang kita
berikan berfungsi sebagai pendahuluan atas pokok pembahasan yang kemudian
dideskripsikan. Misalnya:
Motorcycle is a kind of the land
transportations.
|
Langkah selanjutnya adalah mendeskripsikan
pokok pembahasan secara detail. Penggambaran ini meliputi bagian-bagiannya, kualitasnya,
dan juga kegunaannya. Misalnya saja:
Motorcycle consists of three main parts. Those are
machines, fuel tank, and body. The machine is the most important part of the
motorcycle because it is the power to move. The fuel tank functions as a
place to store the fuel as the source energy to the machine. The body is the
supporting part since it gives the protection to the machine from the
destruction. It also enhances the performance to the vehicle.
|
Dengan menggunakan langkah penulisan di
atas, teks report yang digunakan untuk mengungkapkan informasi tentang “motorcycle”
dapat diakhiri. Meskipun demikian, apabila penggambaran masih dianggap belum
cukup dapat dilengkapi dengan deskripsi dari segi penampilan fisik dan kegunaan
“motorcycle”.
Berikut
ini bagan langkah penulisan tek report yang terdiri dari tiga bagian
menurut Hammond, dkk:
Pada bagan di atas, bagian-bagian teks report yang
terdiri dari tittle, general statement dan description. Langkah
yang ditempuh dalam penulisan diawali dengan menentukan tittle yang
mampu memberikan indikasi topik pembahasan dalam teks report. Langkah
berikutnya memberikan pengenalan tentang pokok pembahasannya. Teks ini
dilengkapi dengan penggambaran pokok pembahasan secara detail dalam description.
Marilah kita buat contoh teks report dengan
menggunakan langkah penulisan di atas. Kita ambil saja tema tentang “Forest”.
Langkah penentuan topik ini merupakan langkah awal dalam penulisan. Misalnya:
Forest
|
Topik “Forest”
inilah yang memberikan indikasi kepada pembaca bahwa report yang
disampaikan adalah tentang “forest”.
Langkah selanjutnya adalah memberikan pengenalan dengan
menyampaikan skemata tentang “forest”. Misalnya:
Forest is a free land
area where the wildlifes live. It is a natural habitat with various flora and
fauna. We can find thousands species of the natural lifes there.
|
Setelah pengenalan seperti ini dilanjutkan dengan deskripsi
detail tentang “forest”. Penggambarannya dapat meliputi tampilan fisik, keadaan
tanah, dan kegunaan. Misalnya:
Forest is full of the
various trees. There are thousands or even millions species of tree. The land
is usually humid. The sunlight cannot shine the land area easily because
there are many big trees with the thick leaves. There are many kinds of
animals live in the forest also. Some of them are wild, such as lion, tiger,
snake, bear, and mny others. The forest is very useful in the world. It plays
many important rules to the environment. It is the source of oxygen, water,
science, wood, and etc.
|
Penggambaran seperti contoh di atas masih
dapat diperjelas dengan menambahkan kalimat-kalimat yang menunjukkan
penggambaran tentang “forest” secara detail. Namun, apabila teks ini
diakhiri maka sudah dapat ditemukan tiga bagian yang ada dalam langkah
penulisan teks report; yaitu tittle, general statement, dan description.
Berikut
ini bagan langkah penulisan tek report yang terdiri dari tiga bagian
menurut Anderson & Anderson:
Bagan di atas adalah bagian-bagian teks report yang
terdiri dari general opening statement, description, dan conclusion.
Maka langkah-langkah yang ditempuh juga terdiri dari tiga bagian. Penulisan
teks diawali dengan pengenalan pokok pembahasan dalam teks report. Kemudian
diikuti dengan penggambaran yang tertuang pada description yang terdiri
dari beberapa paragraf. Teks report diakhiri dengan memberikan ringkasan
informasi tentang pokok pembahasan dalam teks tersebut. Ringkasan ini sekaligus
sebagai tanda berakhirnya teks report. Bagian ini disebut dengan conclusion.
Dengan langkah penulisan teks report seperti
bagan di atas, marilah kita mencoba untuk menyusun teks jenis report.
Langkah pertama diawali dengan pengenalan pokok pembahasan pada teks report.
Seperti halnya pada cara penulisan teks report dengan menggunakan
langkah-langkah yang lain, pengenalan dapat disampaikan dengan singkat saja
namun dapat cukup menjadi pengantar untuk menuju pada pembahasan selanjutnya. Jika
kita akan memberikan informasi tentang “Water Pollution” maka
pengenalannya dapat berupa:
Water pollution is one of the big problem in this
world. It is the pollution that destrucs the water. It then, reduces the
clean water.
|
Langkah selanjutnya adalah memberikan
deskripsi tentang “water polution” dalam beberapa paragraf. Misalnya:
Water pollution can be detected from the colour. The
polluted water is usually dark. The darkness is also different. It depends on
the cause and the level of the pollution. When the cause of the pollution is
the waste of industry, the colour may be various and rather light. It may
consist of chemical materials that give the light colour to the water. When
the cause is the domestic garbage, it may give the dark colour to the water.
The polluted water can be also detected from its
taste. The water may be very clear, but its taste is sour. The other polluted
water looks very attractive but when it is tasted, it is not fresh. The
polluted water has different tastes instead of fresh.
The water polluted water can also be detected from the
smell. Of course, when the smell is good the water is clean. But when the
smell is bad, the water is polluted.
|
Setelah memberikan penggambaran yang detail dalam beberapa
paragraf, teks report ditutup dengan ditandai adanya bagian yang
memberikn ringakasan. Misalnya:
In
conclusion, the water pollution can be detected from its color, taste, and smell.
|
Tugas: Cobalah untuk menyusun teks report
dari paragraf-paragraf yang belum beraturan berikut ini!
Galaxies
1. Tentukanlah ada berapa langkah yang ditempuh untuk menuliskan teks report
di atas?
2.
Sebutkan langkah-langkahnya!
D. Rangkuman
Menulis teks jenis report merupakan
kegiatan mengungkapkan gagasan atau ide yang berisi informasi tentang sesuatu
melalui bahasa tulis. Karena Pengungkapan ini memberikan pengenalan dan
penggambaran yang jelas dari suatu pokok pembahasan yang masih umum. Karena teks
berjenis report adalah teks yang berisi tentang penggambaran maka dalam
penulisannya juga harus memperhatikan fungsi teks yang menggambarkan sesuatu.
Dalam penulisan teks report, penulis harus mampu memunculkan identitas
teks report yang secara eksplisit termuat dalam linguistic feature
dan secara implisit dapat ditemukan pada tujuan/ fungsi teks dan juga pada generic
structure nya.
Suatu teks jenis report yang paling
sederhana terdiri dari dua bagian; yaitu general classification dan description.
Pada bagian general classification, penulis memberikan pengenalan
tentang hal yang menjadi pokok pembahasan. Kemudian, pada bagian description,
penulis memberikan penggambaran yang detail.
Pada teks jenis report, penulis
juga dapat menuliskan teks dengan terdiri dari tiga bagian; yaitu; tittle,
general statement, dan description. Pada bagian tittle, penulis
memberikan topik yang menjadi pembahasan dalam teks. Pengenalan tentang hal
yang menjadi pokok pembahasan dituangkan dalam bagian general
classification. Kemudian penulis memberikan penggamabran yang rinci pada
bagian description.
Suatu teks report yang terdiri dari
tiga bagian, bisa saja terdiri dari general opening statement, series of
paragraphs about the subject, dan conclusion. Pada teks dengan generic
structure seperti ini, teks report tidak cukup hanya mendeskripsikan
saja. Pada bagian general opening statement, penulis memberikan
pengenalan tentang hal yang menjadi pokok pembahasan dalam teks.
Penggambarannya dituangkan pada bagian description yang terdiri dari
beberapa paragraf. Kemudian, penulis menutup teks report dengan
memberikan ringkasan informasi yang terdapat pada bagian conclusion.
E. Latihan / Tugas
1.
Buatlah kelompok yang terdiri dari tiga
orang!
2. Tentukan tema yang akan menjadi pokok pembahasan. Kemudian
masing-masing dari kelompok agar merangkainya menjadi sebuah teks report
dengan lngkah-langkah penulisan yang berbeda-beda (Misal: peserta A menggunakan
langkah penulisan yang terdiri dari general statement dan description, peserta
B menggunakan langkah penulisan yang terdiri dari tittle, general statement,
dan description, dan peserta C menggunakan langkah penulisan yang
terdiri dari general opening statement, series of paragraphs about
the subject, dan conclusion)
3. Jika telah terangkai menjadi teks, tukarkan masing-masing teks dengan
peserta yang lain!
4. Bandingkan dan temukan persamaan dan perbedaannya!
F. Tes Mandiri
Read the following passage!
Skin
Skin is an important organ of the human body. It covers all
of the body and performs many special functions.
Skin is the largest organ in the human body. It weighs
between two and three kilograms and is either glabrous or hairy. Glabrous skin
is that found on the palms of the hands and the soula of the feet. It is smooth
and hairless. Hairy skin covers the rest of the body and this varies in
texture, thickness and amount hair.
Skin is made up of two layers. The outer layer is the
epidermis. This is mainly desd or dying skin cells. Beneath the epidermis is
the dermis. The dermis is made from tougher fibres and is thicker than the
epidermis. Within the dermis are nerves, blood vessels and glands. Skin does a
number of important things for the body. It provides a protective covering for
the body, helps to prevent the body from drying out, holds the body organs in
place and regulates the body’s temperature.
The skin, therefore, is a complex part of the human body.
(Adapted
from English Text Type 2)
After reading the text you
may anwer the following questions in order to show that you understand the
report text!
1. What is the subject discussed on the text?
2. What is the definition of skin?
3. What does skin do on the body?
4. What does skin consist of?
5. What are they?
Lengkapilah
pernyataan-pernyataan berikut dengan tepat!
1.
Pada penulisan teks harus memperhatikan
ciri-ciri ekplisit yang dapat dilihat pada ….
2.
Ciri implisit suatu teks terdapat pada ….
dan ….
3.
Teks report adalah teks yang bertujuan ….
4.
Yang paling sederhana, penulisan teks report
ada … langkah
5.
Tense yang digunakan dalam penulisan
kalimat dalam teks report adalah ….
6.
Partisipan yang disoroti dalam teks report
adalah …
7.
Partisipan yang disoroti dalam teks descriptive
adalah …
8.
Bagian yang memuat indikasi topik
pembahasan adalah …
9.
Bagian yang memuat ringkasan informasi
tentang pokok pembahasan disebut …
10. Bagian general opening statement memuat …
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan tepat!
1.
Jelaskan perbedaan teks report
dengan teks descriptive!
2.
Sebutkan tujuan dari teks report!
3.
Sebutkan linguistic feature dalam teks report!
4.
Sebutkan generic structure teks report
yang memuat ringkasan informasi!
5.
Jelaskan secara singkat langkah-langkah
penulisan teks report!
Constructing a report text:
Here are the subject and the list of facts
that can help you to construct the report text!
Subject :
Shark
Facts:
v
There are about 350 different
kinds of sharks.
v
Skeleton is made of cartilage, not
bone.
v
Cartilage is more flexible than
bone.
v
Sharks must keep swimming in order
to breathe and float.
v
Eighty-five different kinds of
sharks are found in Australia.
v
The largest shark is the whale
shark.
v
The white poiter shark grows to be
thirteen metres long.
v
The most dangerous shark is the
white pointer.
v
Shark attacks on human are rare.
v
About 100 people have been killed
by sharks in Australia.
The following passage is a report text.
There is no paragraph. Read the text, and then make the passage in to some
appropriate paragraphs!
Thermometer
A
thermometer is an instrument used to measure temperature. The first
thermometers were made about 400 years ago and today there are several
different kinds. One type of thermometer is the alcohol thermometer. An alcohol
thermometer has a glass tube with a bulb at the bottom. Inside the tube is
coloured alcohol that expands when the temperature rises and contracts when the
temperature falls. Some thermometers are made with mercury. Mercury also
expands and contracts depending on the temperature. Temperature is measured in
degrees. The two most used scales to measure temperature are Celcius and
Fahrenheit. In Australia,
the Celcius scaled is used.
BAB
IV
EVALUASI
A.
Maksud dan Tujuan Evaluasi
Setelah mendalami modul ini, diharapkan
peserta diklat dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan yang tertuang dalam
modul secara keseluruhan, sehingga akan lebih memahami bahan ajar yang
seharusnya dimiliki oleh seorang guru Bahasa Inggris. Dengan bekal itu, peserta
diklat akan mampu menjelaskan kepada anak didik secara memadai serta mampu
menerapkannya melalui metode mengajar yang tepat.
Tujuan dan maksud evaluasi ini sebenarnya
untuk mengetahui apakah para peserta diklat telah menerima, memahami, dan mempu
mencerna materi yang diberikan instruktur tanpa ada penyimpangan dari garis
besar isi modul, dan selanjutnya akan disebarluaskan kepada anak didik tingkat
MTs/ SMP.
Di samping itu, setelah membaca dan
menerima pengetahuan dari modul ini, para peserta diklat akan dapat
mengembangkan wawasannya sendiri dengan mengambil contoh-contoh yang terdapat
di lingkungan sekitar, sebagai ferifikasi dan juga klarifikasi sesuai dengan
apa yang diberikan secara teoretik oleh para instruktur. Pengembangan wawasan
oleh para peserta diklat tertentu saja tidak sama, bergantung pengalaman,
kemampuan merangkum, dan menganalisis bahan modul.
B.
Materi Evaluasi
Materi evaluasi ini diambil dari Kegiatan
Belajar 1 dan 2 yang telah memberikan penjelasan tentang teks report
hingga penjelasan dalam menyusun teks report. Oleh sebab itu, peserta diklat
diharapkan telah benar-benar memahami seluruh materi tersebut dalam modul ini.
Materi evaluasi dapat dibedakan menurut
kompetensi yang ditinjau dari aspek pemahaman atau pengetahuan, aspek daya
ingat, dan aspek keterampilan, mulai dari bagian awal modul sampai dengan
bagian akhir modul ini. Tingkat kemampuan orang dalam kecepatan mengerti,
menafsirkan, sampai tingkat memahami materi yanng tertuang dalam materi modul
tidak sama antara satu dan yang lainnya; bergantung pada kondisi psikologs dan
keniasaan seseorang memahami suatu bacaan.
C.
Soal-soal Evaluasi
Choose the correct answer by crossing choice A, B, C, or
D!
Text 1
Insect
Insect are small creatures. They have no
bones, but have six legs. Insects live everywhere, in the house, in our
gardens, in the fields and in many other places. Insects are not always bad as
sometimes people think. Bad insects are for instance flies, cockroaches, and
mosquitoes. Such insects are not only bad but sometimes also dangerous. Flies
like to live on rubbish and other dirty places. They may cause disease such as
typhus, cholera, etc. A certain type of mosquito brings malaria.
Some insects are very useful to people.
For example, bees which produce honey. Bees like to fly from one flower to
other flowers. When a bee moves from one flower to other flower, this may cause
the flowers produce seeds.
Bees are not usually dangerous, except you
make them angry. If you disturb bees they will be angry. And if they are angry
they will fly to attack you wherever you go. This is very dangerous.
(Adapted from English for Communication 3)
1.
What insects are dangerous for our
health?
- Mosquitoes which make people angry
- Certain type of bees and flies
- Insects which like to fly among the flowers
- Insects which live on dirty places
2.
What is the main idea in paragraph 3?
- Bees will disturb people if they are angry
- Bees always attack when people disturb them
- Bees fly to attack people wherever they do
- Bees are not usually dangerous
3.
Flies may cause disease because …
- They disturb us
- They are bad insects
- They are dirty
- They live on rubbish
4.
What is the function of the text above?
- To describe flies
- To describe the disease
- To describe insects
- To describe the bees
Text 2
The proboscis monkey is found only in
Borneo’s mangrove swamps, which are found on its coasts and tidal reaches of
its river. It lives in groups up to 30 animals.
The male makes a loud sound with his nose
to frighten predators, because the proboscis monkey is never far from danger.
In the tree, it is hunted by the clouded leopard and in water it is preyed on
by the crocodile. The nose is only fully developed in mature males and it
probably for attracting females.
The proboscis monkey can jump into the
water from a height of 16 meter
and stay submerged for 30 seconds. It is an excellent swimmer and is not afraid
to dive into water. Moving through the forest high above the ground, the
proboscis monkey swings and leaps from one branch to another. They are 56-76 centimeters tall. The
weight of the male is 16-21
kilogram and female 7-11 kilogram.
The proboscis monkey eats so much that its
stomach contents can be over a quarter of its body weight. Leaves and young
shoots are the proboscis monkey’s favourite food, although it will eat fruits
and flowers. Because the male is twice as heavy as the female, he moves more
slowly. The length of head and body of the male is 66-72 centimeters.
(Adapted from Bhan Ajar Bahasa Inggris SMP Kelas IX)
5.
What does the male proboscis monkey use
to frighten the predators?
- Its nose to smell
- Its nose to make a loud sound
- Its weight to hit the predator
- Its body to jump over the water
6.
What is the weight of the male proboscis
monkey?
- It’s 6 kg
- It’s 16 to 21 kg
- It’s 7 kg
- It’s 7 to 11 kg
7.
The generic structure of the text
above is …
- Tittle – general classification – conclusion
- General opening statement – description – conclusion
- Title – description – conclusion
- General classification - description
8.
The generic participant in the text above
is …
A. The proboscis monkey
B. The male proboscis monkey
C. The female proboscis monkey
D. The cubs of proboscis monkey
Text 3
The lost child
Attention shoppers. We
have a lost child at the information desk on level 1.
She is wearing a red
jumper with a picture of three pink teddy bears on the front, and blue jeans
with yellow patches on the knees.
She is approximately 100 centimetres tall; has
long, brown hair tied in a pony tail; and has a small scar on her left arm.
She was found outside the
toy store on level 3.
Would the mother or
father of this child please come to collect your daughter from the information
desk on level 1? Thank you.
(Adapted from Text Types in English 2)
9.
What is the picture on the jumper?
- a little child
- three teddy bears
- yellow patches
- a mother and a father
10. The following statement gives the signal of the end of the report:
- We have a lost child at the information desk on level 1
- She is approximately 100 centimetres tall
- She was found outside the toy store on level 3
- Would the mother or father of this child please come to collect your daughter from the information desk on level 1?
Susunlah teks report
dengan berdasarkan bagan informasi berikut ini!
Tittle
|
LION
|
General Classification
|
What kind of animal does a lion belong to?
Where can you find a lion?
|
Description
|
How does a lion move/ live/ survive?
What does a lion look like?
What does a lion feed on?
How does a lion reproduce their young (cubs)?
|
(Adapted from Look Ahead 2)
Rearrange the following paragraphs into
a good report text!
Computer
Cobalah menganalisa generic structure dan linguistic
feature teks berikut ini!
A
Tidal Wave
A tidal wave can burst upon a beach and smash a tree as
if it were a matchstick.
It can start when an earthquake makes the ground shake
under the ocean. The quake makes the water push up from the ocean floor, and
makes waves that can become one huge wall of rushing water. The water can
burst over the land, smashing boats, automobiles, houses, and other things
and kill people in its way.
Most tidal waves occur in the Pacific Ocean. Sometimes,
the waves are so small that they cause no damage at all. But people who live
along ocean shores have to be prepared for the worst. They can be saved from
dangerous tidal waves if they are warned ahead of time.
Most people call
the wave a tidal wave, but the scientific name for it is tsunami, a Japanese
word that means storm wave.
|
BAB
V
PENUTUP
A.
Tindakan Lanjut
Pendalaman materi dari Bahasa Inggris
tentang teks report tidak dapat hanya bergantung pada modul ini saja. Untuk
mendapatkan pemahaman yang luas maka diperlukan tindakan yang lebih lanjut dari
pada sekedar memahami modul ini. Untuk menindaklanjuti pembelajaran dalam modul
ini, Saudara diminta untuk mencari dan membaca lebih lanjut materi terkait dari
berbagai sumber yang terdapat di perpustakaan Diklat setempat, sumber dari
internet, dan sumber-sumber yang lain. Saudara dapat menyusun suatu resume
tentang teks report dari berbagai sumber yang telah audara dapatkan.
Meskipun dalam modul ini telah dilengkapi
dengan berbagai bentuk latihan/ tugas, tugas mandiri, dan soal-soal evaluasi,
nemun peserta diharapkan dapat menambah wawasannya dengan latihan-latihan lain
yang serupa. Khususnya bagi peserta diklat yang belum dapat menyelesaikan tugas
dengan baik (nilai evaluasi di bawah standar) diminta untuk lebih banyak
menambah wawasan dengan terus mencoba berbagai macam latihan yang serupa.
B.
Harapan
Harapan yang diberikan kepada peserta
diklat dari bahan ajar (modul) ini adalah penguasaan yang menyeluruh. Materi
yang diberikan dalam modul ini merupakan materi yang harus dikuasai oleh
peserta diklat. Penguasaan atas materi dalam modul ini bersifat mutlak
mengingat inilah materi minimal yang harus dikuasai peserta diklat yang akan
disajikan dalam proses pembelajaran di kelas.
Pada tahapan yang lebih jauh lagi, diharapkan
peserta diklat akan mampu mengaplikasikan isi modul ini dengan dikombinasikan
dengan berbagai sumber belajar yang terdapat di lapangan. Sehingga para peserta
didik akan banyak terbantu oleh para pengajar yang telah menguasai materi yang
telah disesuaikan dengan SK dan KD mata diklat yang sesuai dengan tingkatan
masing-masing.
Glossarium
Conclusion
|
:
|
Bagian penutup pada teks report
|
Factual
|
:
|
Berdasarkan pada kenyataan
|
General classification
|
:
|
Pengenalan pokok pembahasan teks report
|
Generic partisipant
|
:
|
Partisipan yang masih umum
|
General statement
|
:
|
Pengenalan pokok pembahasan teks report
|
Generic structure
|
:
|
Bagian-bagian teks
|
Habit
|
:
|
Kebiasaan
|
Linguistic feature
|
:
|
Ciri-ciri kebahasaan
|
Parts
|
:
|
Bagian-bagian suatu benda
|
Report
|
:
|
Teks yang isinya bertujuan untuk
menceritakan kejadian yang telah lampau
|
Use
|
:
|
Kegunaan
|
No comments:
Post a Comment