BAHAN AJAR
DASAR-DASAR
TEKNOLOGI INFORMASI
NAMA
DIKLAT : DIKLAT MANAJEMEN PERKANTORAN
A. Deskripsi Singkat
Mata pendidikan dan
pelatihan (mata diklat) ini menjelaskan tentang pengertian, urgensi informasi
bagi pimpinan, perkembangan, dan jenis-jenis aplikasi teknologi informasi bagi
perkantoran serta manfaat teknologi informasi berbasis internet bagi
perkantoran.
B. Indikator
Setelah mengikuti
pembelajaran ini, peserta diharapkan mampu menjelaskan pengertian, pentingnya
informasi bagi pimpinan, perkembangan dan jenis-jenis aplikasi teknologi
informasi serta manfaat teknologi informasi berbasis internet bagi perkantoran.
C. Pokok
Bahasan
1. Pengertian teknologi
informasi
2. Pentingnya informasi bagi pimpinan
3. Perkembangan teknologi
informasi
4. Jenis-jenis aplikasi
teknologi informasi pada perkantoran
5. Manjelaskan manfaat teknologi
informasi berbasis internet bagi perkantoran
DASAR-DASAR TEKNOLOGI INFORMASI
A.
Pengertian Teknologi Informasi
Istilah teknologi
informasi (TI) mulai populer di akhir tahun 70-an. Pada masa sebelumnya istilah
teknologi informasi biasa disebut
teknologi komputer atau pengolahan data elektronis (electronic data
processing). Teknologi informasi didefinisikan sebagai teknologi pengolahan
dan penyebaran data menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak
(software), komputer, komunikasi, dan elektronik digital.
Banyak kalangan berpendapat
bahwa saat ini adalah era informasi global, di mana manusia bisa memanfaatkan
teknologi informasi yang perangkat utamanya adalah komputer. Informasi yang
bisa diolah tidak hanya sekedar informasi suara atau gambar, namun informasi
bisa bersifat multimedia.
Manusia dapat memanfaatkan komputer dengan beragam cara mulai sebagai alat bantu menulis, menggambar, mengedit foto, memutar video, memutar lagu sampai analisis data hasil penelitian maupun untuk mengoperasikan program-program penyelesaian masalah-masalah ilmiah, bisnis, manajemen, mengendalikan mesin industri, bahkan mengendalikan pesawat ruang angkasa. Tujuan penggunaan komputer adalah agar setiap data yang diolah dapat dihasilkan informasi yang cepat, akurat, informatif, dan efisien.
TI merupakan elemen penting dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara. Peranan teknologi informasi pada aktivitas manusia pada saat ini
memang begitu besar. TI telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan berbagai
sector kehidupan dimana memberikan andil besar terhadap perubahan-perubahan
yang mendasar pada struktur operasi dan manajemen organisasi, pendidikan,
trasportasi, kesehatan dan penelitian. Oleh karena itu, sangatlah penting
peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) TI, mulai dari keterampilan dan
pengetahuan, perencanaan, pengoperasian, perawatan dan pengawasan, serta
peningkatan kemampuan TI para pimpinan di lembaga pemerintahan, pendidikan,
perusahaan, UKM (usaha kecil menengah) dan LSM. Sehingga pada akhirnya akan
dihasilkan output yang sangat bermanfaat baik bagi manusia sebagai individu itu
sendiri maupun bagi semua sektor kehidupan.
Peningkatan kualitas hidup
semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan
dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. TI yang perkembangannya
begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya
dalam segala aktivitasnya. TI tidak dapat
dipisahkan dari teknologi komunikasi. Istilah TI sering disambung dengan
istilah komunikasi sehingga yang sering terdengar adalah istilah teknologi
informasi dan komunikasi (TIK). Padahal kedua istilah tersebut memiliki
perbedaan.
TI lebih
ditekankan pada hasil data yang diperoleh. Teknologi ini meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses,
penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan pada teknologi
komunikasi ditekankan pada bagaimana suatu hasil data dapat disalurkan,
disebarkan dan disampaikan ke tempat tujuan. TI berkembang cepat
dengan meningkatnya perkembangan komputer dengan piranti pendukungnya serta
perkembangan teknologi komunikasi yang ada. Teknologi komunikasi berkembang cepat dengan
meningkatnya perkembangan teknologi elektronika, sistem transmisi dan sistem
modulasi, sehingga suatu informasi dapat disampaikan dengan cepat dan tepat.
Secara sederhana dapat
dideskripsikan bahwa TI adalah segala sesuatu tentang bagaimana komputer
bekerja dan apa yang dapat dilakukan oleh komputer. Sementara itu, teknologi
komunikasi adalah segala sesuatu tentang pemberian fasilitas untuk komunikasi
antara orang dengan orang atau orang dengan mesin/komputer atau mesin dengan
mesin.
Teknologi
komunikasi tidak hanya
mencakup komputer saja, tetapi juga termasuk telepon,
radio, fax dan peralatan lainnya. Teknologi informasi dibentuk dari
komponen teknologi komputer dan muatan informasi. Pada
awal ditemukannya komputer atau awal digunakannya komputer, istilah Teknologi
Informasi belum dikenal, yang dikenal adalah teknologi komputer, EDP (electronic
data processing) atau teknologi pengolahan data elektronik.
Baru
sekitar awal tahun 80-an, sebutan untuk unit kerja yang melakukan pengolahan
data elektronik berubah dari EDP menjadi unit kerja Teknologi Informasi,
kadang ada juga yang salah penulisannya, yaitu unit kerja Teknologi dan
Informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah identik dengan teknologi
telekomunikasi yang menjadi inti proses penyebaran informasi.
Uraian
tersebut di atas adalah perbedaan definisi antara teknologi informasi dan
teknologi komunikasi, jika memang diinginkan adanya pemisahan definisi dari
kedua istilah tersebut. Tetapi kenyataannya dalam konteks TIK kedua istilah
tersebut tidak dapat dipisahkan. Teknologi
Informasi dan Komunikasi merupakan teknologi yang dibangun dengan
basis utama teknologi komputer. Perkembangan teknologi komputer yang terus
berlanjut membawa implikasi utama teknologi ini pada proses pengolahan data
yang berujung pada informasi.
B. Pentingnya Informasi bagi Pimpinan
Informasi merupakan salah satu sumber daya
penting dalam manajemen modern. Dapat dikatakan bahwa informasi merupakan
aliran darah dalam tubuh organisasi, sehingga tanpa informasi maka organisasi
akan mati. Informasi diperoleh melalui pengolahan
data, sehingga data adalah bahan mentah informasi, dan informasi adalah
produk pengolahan data yang dilakukan oleh sistem informasi.
Pada awalnya semua organisasi mulai dengan
mengumpulkan data, data kemudian dimasukkan (data-entry) ke dalam sistem
komputer melalui perangkat masukan (input), dan disimpan ke dalam file basis
data. Data yang tersimpan dalam file basis data kemudian dibaca kembali dan
diproses menjadi informasi. Informasi ini disajikan pada perangkat output untuk
diberikan ke pimpinan. Pimpinan kemudian menggunakan informasi untuk melakukan
tindakan atau mengambil keputusan. Beberapa saat kemudian hasil tindakan atau
hasil pengambilan keputusan dievaluasi dan menjadi bahan untuk perbaikan data.
Data merupakan fakta dasar, data baru berarti
kalau sudah diolah dan dikaitkan dengan suatu konteks tertentu. Informasi adalah suatu
hasil pengolahan data dalam bentuk agregat untuk menghasilkan pengetahuan atau
kemampuan. Informasi adalah sesuatu yang dapat menambah pengetahuan penerimanya
jika dibangun dari data yang tepat dan sesuai dengan permasalahan yang
dihadapi. Informasi merupakan darah dan elemen penting dalam menjaga
kelangsungan hidup suatu organisasi
Kualitas
informasi yang dihasilkan oleh suatu sistem informasi bergantung pada beberapa
faktor, antara lain:
1. Ketepatan waktu : informasi harus tiba di tangan pimpinan
tepat waktu, tidak boleh terlambat, informasi yang terlambat akan berkurang
nilainya. Di samping ketepatan waktu (timeliness)
informasi juga ditentukan oleh usia (age),
berapa lama informasi tersebut berlaku. Faktor usia biasa dikaitkan dengan
rentang waktu (time frame), misalnya
laporan keuangan hanya berlaku 4 bulan.
2. Ketepatan isi : informasi harus tepat isinya, atau
harus akurat, tidak mengandung kesalahan. Ketepatan isi juga selain berkaitan
dengan akurasi juga berkaitan dengan presisi. Akurat berarti tidak mengandung
kesalahan, sedang presisi menyatakan derajat kerincian informasi, semakin rinci
berarti semakin presisi.
3. Ketepatan sasaran: informasi harus tiba di tangan
orang yang memerlukannya, apabila salah sasaran informasi tersebut tidak
berguna atau bisa disalah-gunakan.
4. Relevansi : informasi harus relevan dengan kebutuhan
pimpinan atau penggunanya, bila tidak maka informasi ini tidak berguna.
5. Kemudahan akses : informasi harus bisa diperoleh
dengan mudah agar dapat diterima oleh pimpinan atau pengguna tanpa hambatan dan
lancar. Misalnya informasi harus tersedia di jaringan dengan fasilitas akses
yang aman dari orang yang tidak berhak.
6. Kelengkapan : informasi harus lengkap sesuai dengan
kebutuhan, apabila tidak lengkap tentu nilai dan kualitasnya kurang.
Ada beberapa peranan penting
informasi bagi pimpinan dalam suatu organisasi, antara lain:
1. Meningkatkan kinerja organisasi melalui:
a. Peningkatan produktivitas
b. Pengurangan biaya
c. Peningkatan pengambilan keputusan
d. Peningkatan layanan ke pelanggan
e. Pengembangan aplikasi-aplikasi strategis
2. Mengaitkan perencanaan, pengerjaan, dan pengendalian
dalam organisasi
3. Mengkoordinasikan subsistem-subsistem dalam
organisasi
4. Mengintegrasikan subsistem-subsistem
Informasi
tidak hanya dipakai untuk pimpinan dan kepentingan internal organisasi tetapi
juga dipakai oleh pihak eksternal. Pemakai internal meliputi pimpinan, staf
operasi dan manajemen tingkat bawah sedangkan pengguna eksternal bisa berupa
para pelanggan, stakeholder, para pemasok barang dan jasa, para pemegang saham,
dinas-dinas pemerintahan, dan sebagainya. Informasi
merupakan bagian yang penting khususnya bagi pimpinan untuk mengambil keputusan
sehingga trial and error dapat dikurangi sekecil mungkin.
C. Perkembangan
Teknologi Informasi
Perkembangan peradaban manusia diiringi dengan perkembangan cara penyampaian
informasi. Mulai dari gambar-gambar yang tak bermakna di dinding-dinding, peletakkan
tonggak sejarah dalam bentuk prasasti sampai diperkenalkannya dunia arus
informasi yang kemudian dikenal dengan nama INTERNET. Informasi yang disampaikan
pun berkembang.
TI merupakan suatu
bidang industri yang berkembang dengan begitu pesatnya pada tahun-tahun
terakhir ini, dan akan terus berlangsung untuk tahun-tahun mendatang. Perkembangan
industri dalam bidang TI ini membutuhkan suatu formalisasi yang lebih baik dan
tepat mengenai pekerjaan, profesi berkaitan dengan keahlian di bidang TI. Perkembangan
bidang Telematika dan Teknologi Informasi yang sangat pesat perlu diimbangi
dengan penyiapan sumber daya manusia yang handal, untuk mengantisipasi
persaingan global yang sudah semakin dekat.
Salah satu ciri khusus
dari bidang ilmu Teknologi Informasi adalah fokus perhatian bidang ilmu
tersebut yang lebih bersifat aplikatif. Bidang ilmu teknologi informasi lebih
mengarah pada pengelolaan data dan informasi dalam sebuah enterprise
(perusahaan atau organisasi kerja lainnya). Dengan pemanfaatan teknologi
komputer dan komunikasi data serta lebih menekankan pada teknik pemanfaatan
perangkat-perangkat yang ada untuk meningkatkan produktifitas kerja. Dalam
perkembangannya sejalan dengan paradigma ekonomi baru, maka teknologi informasi
menjadi senjata yang handal dalam meningkatkan komunikasi dan interaksi
enterprise dengan stake holdernya.
Revolusi Informasi yang
merupakan gabungan antara ilmu pengetahuan dan teknologi telah merubah sumber
kekayaan tidak lagi berupa materi seperti pada revolusi industri tetapi berupa
informasi dan pengetahuan yang diterapkan pada pekerjaan untuk menciptakan
suatu nilai. Barangsiapa yang menguasai informasi maka ia akan menguasai dunia.
Perkembangan TI dalam 2 tahun belakangan ini banyak di monopoli oleh perangkat
mobile, baik dari Barat atau dari Asia. Menggilanya
perangkat tersebut bermula dari diciptakannya sistem operasi android yang berbasis linux sebagai open source
di mana setiap developer boleh mengembangkan sistem operasi tersebut. Para developer pun berlomba-lomba menghasilkan karyanya yang bagus untuk bisa
dijual ke perusahaan-perusahaan yang mau menerima hasil karya mereka. Maka
bermunculanlah perusahaan-perusahaan perangkat mobile baru yang menggunakan
sistem operasi android. Bagaikan jamur, perusahaan perangkat mobile juga banyak
berdatangan mulai dari low end sampai high end. Bahkan perusahaan electronic
rumahan seperti Samsung, Sony, LG, dan lain-lain juga membuat perangkat mobile.
Tingginya pengguna
perangkat mobile tersebut mendorong pengguna internet di Indonesia. Menurut http://www.internetworldstats.com
- suatu badan survery pengguna internet international - Negara Indonesaia
menjadi No 12 terbesar di Asia di bawah India. Mungkin jika masyarakat Indonesia sama dengan India, Indonesia bisa menjadi teratas.
Perkembangan teknologi informasi
yang cepat membawa pola pikir serba instan di masyarakat. Pola pikir inilah
yang akhirnya mengikat si user untuk menjadikan perangkat tersebut suatu
kebutuhan hidup. Tingkah laku tersebut bukan hanya pada masyarakat tingkat
atas, tapi masyarakat tingkat bawah pun sudah mejadikan teknologi sebagai suatu
sarana untuk mencapai tujuan mereka. Dulu mungkin tidak ada anak sekolah
tingkat dasar yang membawa Perangkat Mobile atau fasilitas obrol tanpa suara
melalui perangkat mobile. Dengan menjamurnya perangkat mobile dan semakin
terjangkau harga perangkat tersebut membuat perusahaan telekomunikasi makin
mempromosikan paket produk yang mereka tawarkan. Masyarakat pun mulai diberikan
tanyangan-tanyangan kemudahan tersebut. Pengaruh perkembangan teknologi
informasi di dalam 2 tahun belakang ini membawa pada kebutuhan serba instan,
bila tidak dipahami atau dicermati, teknologi informasi bisa menjadi candu bagi
penggunanya.
Perkembangan teknologi
informasi memberikan dampak yang besar dalam perubahan kehidupan, ada yang
beranggapan “Teknologi adalah suatu gagasan yang bisa memberikan kemudahan” atau
“Teknologi diciptakan karena memang ada kebutuhan”. Perkembangan Teknologi
dapat menjadi suatu masalah jika teknologi tersebut dimanfaatkan oleh orang-orang
yang tidak bertanggung jawab yang hanya menggunakan teknologi sebagai sarana
untuk mencapai tujuannya. Banyak praktek-praktek kejahatan yang juga
menggunakan teknologi saat ini, dengan perangkat mobile seseorang dapat
mempengaruhi lawan bicaranya untuk mentransfer uang ke rekening nya tanpa sadar
bahwa uang kita di bank telah dikuras orang lawan bicara kita. Mungkin sekarang
adalah makin maraknya pencurian pulsa atau sms penipuan atas nama orang tua
atau orang yang benar kita kenal. Modus-modus tersebut membuat perkembangan
Teknologi Informasi menjadi sia-sia, karena makin berkembangnya teknologi informasi
makin berkembang juga cara-cara pengguna yang tidak bertanggung jawab
menjalankan tujuannya.
D. Jenis-jenis Aplikasi
Teknologi Informasi pada Perkantoran
Manajemen perkantoran
adalah rangkaian aktifitas merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan,
mengawasi, dan mengendalikan hingga penyelenggaraan terhadap suatu hal berjalan
tertib. Dalam perkantoran modern, segala kegiatan manajemen perkantoran
dikerjakan dengan menggunakan alat-alat otomasi perkantoran, diantaranya adalah
perangkat komputer dengan berbagai software yang dibutuhkan untuk menjalankan
kegiatan-kegiatan perkantoran, perangkat komunikasi yang memadai, kantor virtual,
organisasi virtual, dan lain-lain.
Sistem informasi
teknologi dibutuhkan dalam manajemen perkantoran modern dalam menjalankan
aktifitasnya, yaitu untuk mencatat segala transaksi yang terjadi dalam kegiatan
perkatoran tersebut. Selain itu juga untuk mengolah data-data
transaksi tersebut sehingga menjadi informasi yang lebih berguna berbentuk
laporan. Dari waktu ke waktu informasi mengalami perkembangan yang sangat cepat
seiring dengan perkembangan ilmu teknologi informasi. Dengan berkembangnya
teknologi informasi maka para pengguna informasi semakin mudah memperoleh
informasi sesuai dengan kebutuhan, namun perkembangan tersebut harus di imbangi
dengan perkembangan Sumber daya manusia dan didukung dengan media atau sarana
informasi yang memadai.
Informasi dalam perkantoran merupakan
informasi yang selalu bisa digunakan oleh pelaku atau personel yang
beraktifitas di dalam kantor tersebut ataupun berupa informasi yang sifatnya
untuk umum. Dengan berbagai macam jenis maupun tingkat pentingnya suatu
informasi yang harus disampaikan antara sumber-sumber informasi dengan penerima
informasi, maka perlu adaya pengaturan sistem didalam pengelolaan informasi
tersebur, yang biasa disebut sebagai Sistem Informasi Manajemen Perkantoran.
Sistem tersebut bejalan dan berkembang didalam perkantoran dan merupakan Sumber
daya konseptual sangat penting untuk mendukung berlangsungnya aktifitas
perkantoran.
Perlu diketahui apabila pada masa lalu
penanganan informasi mengandalkan pada kertas, artinya semakin banyak informasi
semakin banyak kertas dibutuhkan atau disimpan, sedangkan sekarang, hal itu
beralih kepada “impulses” elektrik yang berukuran mini dengan kemampuan
simpan lebih besar dibandingkan kertas; misalnya sekarang 1 buah flashdisk
seukuran 8 GB akan dapat memuat ribuan buku atau tulisan di dalamnya. Meskipun
softcopy sekarang sudah menjadi sesuatu yang lumrah dan ngetrend, namun tidak
dapat dipungkiri bahwa peranan kertas akan tetap penting sebagai media
penyajian informasi atau tukar menukar informasi antar manusia atau oragnisasi
(sering diistilahkan sebagai “hardcopy”).
Kantor adalah tempat dan proses penanganan
informasi. Dari pengertian ini dapat dipahami bahwa pekerjaan kantor adalah
semua kegiatan yang bertalian dengan penanganan informasi yang berkaitan dengan
bidang tugas dari kantor/instansi yang bersangkutan. Pengertian teknologi
Informasi yang mudah dipahami adalah: “perolehan, pemprosesan, penyimpanan dan
penyebaran informasi baik yang berbentuk angka, huruf, gambar, maupun suara
dengan suatu alat electrinics berdasarkan kombinasi antara perhitungan (computing)
dan komunikasi jarak jauh (telecomunications)”.
Ada tiga komponen utama teknologi informasi, yaitu komputer, mikro
elektronik, dan telekomunikasi.
1. Komputer, yakni
mesin elektronik yang mampu untuk membuat kalkulasi dengan kapasitas yang besar
dan sangat cepat.
2. Mikro elektronik,
yaitu rancang bangun (design) penerapan dan produksi dari peralatan elektronik
yang berukuran sangat kecil, terdiri atas komponen-komponen yang rumit.
3. Telekomunikasi
adalah transmisi informasi melalui kabel atau gelombang radio.
Adanya kemajuan teknologi, khususnya
teknologi informasi mempunyai pengaruh yang besar terhadap pekerjaan kantor.
Pekerjaan kantor dapat dilaksanakan dengan mudah dan cepat. Di bawah ini dapat
dilihat bagaimana teknologi informasi dapat membantu masing-masing pekerjaan
kantor.
1. Penanganan Surat dan Pembuatan
Laporan
Dengan diciptakannya mikro komputer yang sekaligus
dapat berfungsi sebagai word processor, maka dengan menggunakan komputer
semacam ini penyelesaian surat-surat dan laporan sangat dipermudah, cepat, dan
cermat.
Ada tiga jenis dasar word processor :
- Word-processor yang berperan sendiri dalam hal ini sifat penggunaan word processor independen, dan hanya digunakan untuk pengolahan teks, terdiri atas keyboard, processor, memory, layar, dan printer.
- Beberapa word processor digunakan secara bergabung sebagai suatu sistem, terdiri atas beberapa keyboard dan layarnya yang dihubungkan dengan komputer sentral yang berfungsi sebagai pusat pengolahan, penyimpanan dan pencetakan.
- Beberapa micro computer dengan tujuan umum di mana digunakan program pengolahan kata (a word-processing program).
Terdapat beberapa keuntungan dari penggunaan word-processor :
- Meningkatkan produktivitas dalam pengolahan dokumen, laporan atau surat, dan sebagainya.
- Menambah kepuasan kerja
- Meningkatkan kualitas dan konsistensi hasil akhir (output)
- Menghemat tenaga
- Mempermudah mengedit atau mengolah kalimat
- Mempermudah memperoleh kembali data yang tersimpan
- Kemampuan untuk mengintegrasikan wordprocessor dengan komputer - komputer lainnya.
Beberapa kerugian juga ada dalam penggunaan word-processor.
- Memerlukan perubahan baik tata ruang fisik maupun prosedur kerja yang ada
- Memerlukan pelatihan yang memadai
- Menimbulkan gangguan pada mata karena terlalu banyak di muka layar
- Mengurangi kesempatan kerja seperti pekerjaan kesekretariatan.
2. Komunikasi Perkantoran
Komunikasi dapat diartikan sebagai proses
penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain melalui saluran. Komunikasi
merupakan sarana yang menghubungkan orang-orang dalam organisasi untuk mencapai
tujuan bersama. Dengan pesatnya kemajuan teknologi modern, alat-alat komukasi
beraneka-ragam, sarana komunikasi semakin canggih yang dikenal dengan
telekomunikasi (telecommunication) berasal dari kata tele artinya
pemindahan jarak jauh dan communication yang berarti hubungan. Dalam
pengertian yang sederhana, telekomunikasi adalah cara penyampaian informasi
jarak jauh melalui kabel/kawat listrik atau melalui gelombang radio. Telepon
dan telegram merupakan telekomunikasi yang cukup tua.
Dengan kemajuan teknologi informasi, maka
telekomunikasi makin dipermudah dan dipercepat. Informasi tidak saja dapat
dikirimkan dalam bentuk kata-kata dan sandi-sandi seperti halnya dapat
dilakukan melalui telepon dan telegram, tetapi dapat dikirim dalam bentuk
tulisan, angka, maupun gambar. Berkat kemajuan teknologi informasi tersebut,
sekarang jenis komunikasi yang termasuk ke dalam telekomunikasi makin bertambah
jumlahnya.
3. Pengiriman Surat
Setelah berkembangnya teknologi informasi yang
diterapkan pada telekomunikasi, pengiriman surat, terutama
pengiriman surat jarak jauh, dilakukan dengan pesawat elektronik, karena itu dikenal
nama Pos Elektronik (Electronic Mail). Karakteristik utama dari electronic
mail adalah transmisi informasi dari satu tempat ke tempat lain atau dari
seseorang kepada orang lain dengan menggunakan metode elektronik penangkapan,
pentransmisian, dan penyampaian informasi. Karena informasi disampaikan secara
visual, maka teks aslinya tidak perlu dikirimkan. Yang termasuk ke dalam pos
elektronik adalah teleks, faksimile, dan komunikasi antar komputer.
4. Tata laksana Arsip/Filing
Komputer mikro sangat membantu dalam hal
pelaksanaan pekerjaan mengarsip/filing warkat-warkat. Arsip yang semula
berupa tumpukan kertas dan disimpan di gedung arsip, sekarang arsip dapat
disimpan di dalam CD, flashdisk. Dengan demikian penyimpanan arsip
sekarang beralih kepada penyimpanan dan pemeliharaan yang memerlukan tempat
jauh lebih sedikit dari pada gudang arsip dalam bentuk kertas.
Dalam memperkirakan pengaruh teknologi
informasi terhadap perkantoran ada beberapa perspektif (harapan) yang perlu
dipertimbangkan:
1. Implikasi umum (aspek sosial,
ekonomi, dan sebagainya)
- Investasi di bidang teknologi mungkin akan menimbulkan persoalan-persoalan seperti kebosanan, keterampilan berulang-ulang yang digunakan, serta kehilangan kepuasan kerja.
- Pekerjaan perkantoran akan banyak mengalami perubahan.
- Pekerjaan-pekerjaan yang bersifat rutin cenderung diambil alih oleh mesin.
- Proses dan pengiriman informasi akan semakin cepat.
- Pekerjaan rutin kantor akan lebih efektif.
- Keluwesan pelayanan perkantoran dimungkinkan karena ditunjang oleh berbagai variasi peralatan yang tersedia.
- Komunikasi bisnis internasional akan dilakukan oleh kantor-kantor kecil sekalipun.
2. Implikasi terhadap karyawan
kantor
a. Keuntungan:
· Mendorong untuk
belajar keterampilan baru.
· Pekerjaan-pekerjaan
yang menjemukan dapat dialihkan ke mesin- mesin.
· Lebih mempermudah
dan mempercepat penanganan informasi.
· Lebih mudah dan
cepat dalam memperbaiki kesalahan-kesalahan.
· Bertambahnya
kesempatan dalam bidang pemeliharaan peralatan
elektronik, programmer dan rekayasa software .
elektronik, programmer dan rekayasa software .
· Kesempatan untuk
memperpendek hari kerja setiap minggu.
· Lebih sedikit
pekerjaan
b. Kerugian:
· Cenderung karyawan
menjadi “ machine-minders ”.
· Masalah kesehatan
sebagai ekses dari peralatan seperti layar, printer, dan
sebagainya.
· Kehilangan kontak
personal, karena penyampaian informasi dilakukan oleh mesin.
· Implikasi terhadap
pemberi kerja.
· Memerlukan waktu
untuk perubahan dari sistem manual ke sistem elektronik.
· Menimbulkan
keresahan pada sementara karyawan pada tahap penerapan.
· Tidak seluruh software yang
tersedia pasti sepenuhnya memenuhi kebutuhan.
Jadi secara keseluruhan keuntungan yang dapat
diperoleh perusahaan atau kantor dengan adanya teknologi perkantoran adalah :
1. Penghematan biaya
untuk gaji karena berkurangnya pegawai yang dibutuhkan.
2. Harga teknologi baru
ini relatif murah.
3. Penghematan biaya
ketatausahaan sebagai akibat penyimpangan data di-disk tidak
memerlukan ruang seluas filing cabinet.
memerlukan ruang seluas filing cabinet.
4. Untuk pengambilan
keputusan, data dapat diperoleh, diproses, disimpan, dan dicari secara cepat.
5. Produktivitas
meningkat secara cepat.
6. Keluwesan dalam
bekerja karena adanya berbagai variasi peralatan untuk berbagai keperluan.
7. Meningkatnya
komunikasi antara para eksekutif secara individual dari kantornya.
Perangkat lunak aplikasi merupakan program
yang dipakai untuk bidang tertentu. Aplikasi dibagi atas beberapa bidang, antara
lain :
1. Aplikasi perkantoran
dan bisnis. Dipergunakan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor,seperti mengetik
(word processing, manajemen dokumen), membuat tabel kerja,membuat database
sederhana ataupun mengolah gambar sederhana. Contoh aplikasi perkantoran yang
terpaket: Microsoft office, Koffice, StarOffice, Abiword, Open Office,
MS-Office for MAC dan lain sebagainya. Aplikasi bisnis lainnya juga meliputi
aplikasi pengolah data keuangan misalnya (personal finance application,business
account application). Contoh: aplikasi perhitungan neraca rugi laba perusahaan.
Aplikasi perhitungan pajak personal dan perusahaan, aplikasi manajemen proyek, aplikasi
persediaan stok barang dan penjualan, aplikasi pelayanan loket dan kredit
nasabah bank, aplikasi pemesanan tiket pesawat/kapal laut dan lain - lain.
2. Aplikasi Database. Digunakan
dalam pengolahan data baik yang berukuran kecil maupun besar bisa digunakan
secara stand alone/tunggal maupun dalam sistem berbasis jaringan lokal client
server maupun webbase (intranet maupun internet).Contoh : MS SQL, FoxBase,
Oracle, MySQL, PostgresSQL, SQL Server.
3. Aplikasi desain
grafis.digunakan untuk membuat sketsa dua dimensi untuk desain ruangan,
perabotan, mesin model industri,juga model tubuh manusia. Contoh : AutoCAD, Pro
Design, CorelDraw, Adobe Ilustrator.Ada juga dalam golongan ini aplikasi image,
audio, video manipulator, yaitu digunakan untuk mengolah citra, suara hingga
gambar 3 dimensi untuk pembuatan animasi, pengolahan image, foto , audio, video
editing. Contoh : Adobe photoshop, after effect, premiere, audition,coreldraw, corel
rave, corel photopaint, ulead media studio, gimp, cool edit pro,sound force,
adobe flash,director, 3D studio max,Maya.
4. Antivirus dan
utility tools.digunakan untuk operasi minor (background) yang bekerja
dibelakang sistem,berguna untuk meningkatkan kinerja sistem operasi atau
aplikasi dan juga performa hardware.Terdapat 2 jenis utilitas didalam sistem
operasi ; utilitas internal: sudah termasuk dalam paket installasi dalam
sistem operasi seperti scandisk di windows atau fsck (file system check) di OS
linux, dan utilitas eksternal : seperti system optimizer,PC tools, data/ file
recovery,PC maintenance, Internet utilities, Norton system work, Registry clean
and repair, hardware repair.Sementar untuk proteksi virus, contohnya adalah Mc
Affe, Grisoft, Norton, kaspersky, AVG.
5. Development
tools.Merupakan sistem bahasa pemrograman komputer yang dilengkapi dengan
kompiler tertentu sebagai media penyusunan program aplikasi.Contoh :
Quickbase,clipper,visual basic,turbo pascal, visual C++,phton,java.Termasuk
dalam aplikasi ini adalah web development tools yang digunakan untuk membuat
atau mendesain tampilan website di internet seperti aplikasi dreamweaver.
6. Aplikasi
komunikasi.digunakan untuk membangun komunikasi antara satu komputer dengan
komputer lain dalam jaringan lokal maupun global.contoh : aplikasi email dan
fax, remote acces, YM,ICQ,MSN terminal emulation, instant messaging, voice
recognition, web browser.
7. Jenis aplikasi
lain.Multimedia player : seperti winamp,powerdvd, windows media player. Aplikasi
jaringan dan keamanan : firewall, intruder detections, network
monitoring.Aplikasi games PC.
F. Manfaat Teknologi
Informasi Berbasis Internet bagi Perkantoran
Pada umumnya Internet
digunakan untuk bisa terhubung dengan jaringan komputer di seluruh dunia dan
sebagai media komunikasi. Kegunaan Internet Internet mempunyai banyak
kegunaan yang menguntungkan dalam berbagai bidang(bisnis, akademis,
pemerintahan, organisasi, dsb) antara lain:
- Informasi yang didapatkan lebih cepat dan murah dengan menggunakan berbagai aplikasi antara lain : email, NewsGroup, www, FTP. Dll
- Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, contoh : koran, majalah dan brosur.
- Sebagai media promosi, contoh : pengenalan dan pemesanan produk.
- Komunikasi interaktif, meliputi : email, dukungan pelanggan dengan www, video,conferencing, internet relay chat, internet phone.
- Sebagai alat untuk research dan development.
- Pertukaran data
Beberapa fenomena dan kelebihan internet
sebagai media informasi dan komunikasi dibandingkan dengan media lain,
Informasi yang didapatkan lebih mudah, cepat dan murah dengan jangkauan global.
Hal ini didukung dengan fakta bahwa untuk menjangkau pengguna sebanyak 60 juta
orang,
- Butuh 30 tahun untuk radio
- Butuh 15 tahun untuk televisi, dan
- Hanya Butuh 3 tahun untuk web dengan aplikasi: mail,WWW, NewsGroup FTP Gopher dan lain-lain
Kalau dilihat dari fakta demikian, tentu
Kegunaan Internet semakin berkembang dalam memenuhi tuntutan para penggunanya
yang mencakup media online, transportasi, transaksi, dan lain sebagainya.
Dalam bidang
perkantoran sangat banyak dibutuhkan aplikasi yang menunjang pekerjaan yang
dilakukan dalam perkantoran. Mulai dari membuat proposal, presentasi,
menampilkan laporan pada klien, share document, dan masih banyak lagi. Apalagi
sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jual beli, iklan yang sangat
membutuhkan banyak aplikasi. Namun jika hanya aplikasi offline saja rasanya
kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan perkantoran. Apalagi banyak aplikasi yang
harus berbayar dan menuntut perusahaan untuk mengeluarkan modal yang banyak.
Meskipun ada yang tidak berbayar tetap saja itu belum cukup untuk memenuhi
kebutuhan perkantoran. Oleh karena itu, di bidang perkantoran mulai dan sudah
banyak menggunakan aplikasi perkantoran berbasis internet. Aplikasi internet
untuk perkantoran ini juga sangat menguntungkan dalam berbagai hal. Layanannya
gratis, mudah untuk membagikan pada pihak yang terkait, menghemat biaya,
mengurangi jumlah pemakaian kertas, karena saat ini perusahaan dituntut untuk
tidak banyak mengeluarkan kertas, dan masih banyak lagi keuntungan yang didapat
saat menggunakan aplikasi internet untuk perkantoran.
Banyak sekali jenis-jenis aplikasi internet
untuk perkantoran mulai dari yang gratis hingga berbayar. Dan dibawah ini akan
dijelaskan beberapa aplikasi internet untuk perkantoran yang sangat bermanfaat
untuk kriteria hemat biaya, tenaga, kertas dan lain-lain. Aplikasi internet
untuk perkantoran yang akan dijelaskan adalah sebagai berikut:
- Google Drive atau Google Document
Google merupakan nama yang
sudah tidak asing bagi siapa pun apalagi pengguna setia internet. Selain
dikenal sebagai search engine, Google juga dikenal salah satunya karena layanan
yang ada dalam emailnya yaitu Google Drive atau Google Document. Google Drive adalah layanan yang disediakan secara otomatis jika
kita menggunakan email dari google, atau kita pun bisa menginstallnya secara
Online melalui Google Chrome. Fitur yang ada dalam Google Drive atau document ini banyak dan menarik. Layaknya
aplikasi office, google Drive ini juga menyediakan aplikasi office seperti
aplikasi pengolah kata, spreadsheet, presentasi, membuat formulir, membuat
kuesioner, dan lain-lain. Meskipun sebuah perkantoran tidak memiliki aplikasi
office, asalkan memiliki koneksi internet maka bisa menggunakan aplikasi Office
secara gratis dari google. Selain itu, dokumen yang kita buat pada google
document bisa di edit secara bersamaan secara real time. Misalnya ada dua orang
atau lebih pegawai perusahaan yang diberi tugas oleh atasannya membuat laporan.
Tapi salah satu dari mereka ada yang sedang bertugas diluar kota tapi laporan tetap harus diserahkan pada waktu yang
tepat kepada bos mereka. Jika menggunakan google document meskipun salah satu
mereka berada di belahan dunia manapun tetap bisa melakukan pekerjaan secara
real time misalnya saat mengedit laporan tersebut, tentunya harus ada koneksi
internet untuk menghubungkan ketiganya. Karena kelebihan itu, akan sangat
memudahkan dan menguntungkan bagi para pegawai tersebut mengerjakan laporan
dengan tepat waktu meskipun salah satu dari mereka sedang berada di tempat yang
jauh sekalipun dan terkoneksi dengan internet. Selain itu, document yang dibuat
digoogle document bisa langsung di sharing kepada siapapun yang diinginkan,
atau di sharing ke komunitas perusahaan tersebut secara cepat dan mudah tentu
saja sangat memerlukan koneksi internet.
- Google Calendar
Google calendar
merupakan salah satu aplikasi yang disediakan google. Fungsinya untuk membuat
agenda atau jadwal yang harus dilaksanakan. Misalnya sebuah perusahaan dengan
karyawan yang banyak mempunyai sebuah komunitas di google dan semua karyawannya
dapat menggunakan google calendar. Maka untuk setiap jadwal rapat, pertemuan
dengan klien, atau jadwal proyek dan lain-lain bisa dimasukkan dalam google
calendar dan dishare kepada seluruh pegawainya. Selain itu, meskipun para
pegawainya tidak sedang terkoneksi dengan internet, para pegawai bisa
diingatkan secara langsung oleh google calendar mengenai jadwal yang ditentukan
pada hari tertentu dengan cara memasukkan nomor handphonenya ke google
calendar. Dan secara otomatis akan terkirim ke para pegawainya. Hal ini akan
semakin memudahkan interaksi dan mengingatkan jika ada event-event khusus.
- Billing Boss
Billing Boss merupakan
sebuah situs online untuk pembuatan invoice online atau e-billing. Invoice
adalah surat tagihan untuk para konsumen yang belum membayar tagihan. Jika sebuah
perusahaan harus membuat invoice-nya sendiri buntu 10.000 konsumennya maka akan
menghabiskan waktu yang sangat banyak dan butuh tenaga ekstra juga biaya yang
banyak. Tapi jika menggunakan Billing Boss ini, sebuah perusahaan dengan mudah
akan mencatat apapun transaksi yang dilakukan dengan konsumennya. Jika ada
konsumen yang belum membayar tagihan maka dengan mudah kita bisa mengirimkan surat tagihan atau
invoice ini secara online kepada konsumen tersebut. Jadi tidak perlu mengirim surat tagihan via pos
atau sejenisnya, kita tinggal lihat saja diskus itu dan membuat surat tagihan dan
mengirimkan surat tagihan tersebut kepada konsumen secara digital melaui email. Selain
itu Billing Boss ini juga menyediakan pembukuan online untuk transaksi
keuangan. Dan data yang ada dalam billing boss bisa dishare kepada atasan
perusahaan itu untuk laporan keuangan, tentu saja Ike yang tersimpan pada
billing boss ini sangat terjamin kerahasiaannya. Bagi perusahaan baru yang
ingin menggunakan billing boss ini dana masih belum percaya maka akan
disediakan Free trial untuk menggunakan billing bos selama 30 hari.
- Bidsketch
Bidsketch adalah sebuah
situs yang menyediakan layanan membuat proposal secara Online dengan cepat.
Proposal merupakan hal yang penting ala perusahaan, dan tidak mudah untuk
membuat proposal dengan baik, detail, dan benar. Maka agar lebih mudah
gunakanlah Bidsketch yang menyediakan jasa pembuatan proposal Online. Dengan
menggunakan Bidsketch juga kita bisa menghemat penggunaan kertas karena
pembuatan proposalnya pun berbentuk digital.
Banyak sekali aplikasi
internet untuk perkantoran yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan di
bidang perkantoran. Fungsinya tidak kalah dengan aplikasi yang tidak berbasis
internet. Alternatif menggunakan aplikasi internet untuk perkantoran ini
menurut saya sangat menguntungkan. Selain menghemat biaya, tenaga, juga
menghemat penggunaan kertas di bidang perkantoran. Dengan semua penghematan ini
sebuah perusahaan yang menggunakan aplikasi untuk perkantoran akan semakin
efisien dalam mengerjakan suatu hal dan semakin banyak keuntungan yang didapat
karena biaya yang tadinya digunakan untuk membeli sebuah aplikasi perkantoran
bisa digunakan untuk keperluan yang lain. Selain itu dengan adanya aplikasi
internet untuk perkantoran disebuah perusahaan akan semakin memudahkan
interaksi antara pegawai dan pegawai atau pegawai dan atasan saat salah satunya
berada di suatu tempat yang jauh. Karena dengan koneksi internet dan aplikasi
yang tersedia meskipun berada di tempat yang jauh tetap tidak ada hambatan
untuk melakukan komunikasi. Selain itu, pengoperasian aplikasi internet untuk
perkantoran terbilang sangat mudah dan mudah dipelajari karena sebagian hampir
mirip dengan aplikasi biasa dalam perkantoran jadi tidak perlu sulit meskipun
seorang pegawai yang baru pertama menggunakannya.
DAFTAR PUSTAKA
Kadir, A
& Triwahyuni, T.Ch., Pengenalan Teknologi Informasi, Andi Offset,
Yogyakarta, 2003
Talib, Haer, Panduan Praktis Belajar Komputer. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Enterprise, J. (2010). Membangun
Kantor Ramah Lingkungan Dengan Internet. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Komputer, W. (2010). Kumpulan Aplikasi Perkantoran Online. Semarang: Penerbit Andi.
http://global-warming-1992.blogspot.com/2011/12/global-warming.html
diakses pada tanggal 12 Januari 2013 jam 7:57 am.
Hirakos.(2011). Implementasi
Teknologi Informasi Untuk Keunggulan Kompetitif Perusahaan
[online]. Tersedia:
http://hyrra.wordpress.com/2011/10/01/implementasi-teknologi-informasi-untuk-keunggulan-kompetitif-perusahaan/
(26 November 2011)
Raymond McLeod,Jr. Sistem
Informasi Manajamen. PT Prenhaslindo, Jakarta. 2001. Searching Google
Yaqin, Ainul.(2009).Peranan teknologi informasi khususnya system informasi dalam manajemen
perkantoran modern [online]. Tersedia: http://yaqinov.wordpress.com/2009/03/13/peranan-teknologi-informasi-khususnya-system-informasi-dalam-manajemen-perkantoran-modern/
(26 November 2011)
Peran Teknologi Informasi Dalam Dunia
Komunikasi” http://www.esaunggul.ac.id/article/peran-teknologi-informasi-dalam-dunia-komunikasi/
https://www.google.com/publicdata/explore?ds=d5bncppjof8f9_&met_y=it_net_user_p2&idim=country:IDN&dl=en&hl=en&q=indonesia%20internet%20usage
2 comments:
Platform Trading Berbasis di Indonesia
Trading Binary Option Indonesia | Binary Option Terpercaya | Trading Online Indonesia
✅ Akun Demo Gratis
✅ minimum Deposit 50.000
✅ Bonus Deposit 10%
✅ Customer support 24jam /7 hari
✅ Browser Gadget / komputer
✅ Proses Deposit & withdrawal cepat
✅ Pembayaran profit up to 80%
✅ Bonus Referral 1%
DETIKTRADE
Trading Binary Option Indonesia | Binary Option Terpercaya | Trading Online Indonesia
Trading lebih mudah & Rasakan pengalaman Trading dengan profit mudah . Bergabunglah Sekarang di DETIK TRADE.
Makasih atas waktunya ,bertambah wawasanku terimakasih
Post a Comment